Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

The Effectiveness of Digital Flipbook Media on Writing Skills in Primary Schools


Efektifitas Media Flipbook Digital terhadap Keterampilan Menulis dI Sekolah Dasar

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6450

Keywords:

writing skills, flipbook media, elementary school

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas media flipbook pada keterampilan menulis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengevaluasi dampak media flipbook terhadap kemampuan menulis siswa kelas IV SD Negeri Wunut. Desain penelitian yang diterapkan bersifat pra-eksperimental, khususnya dengan pendekatan onegroup pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi dan pengujian yang dibagi menjadi pretest dan posttest. Peserta penelitian ini berjumlah 35 siswa kelas IV SD Negeri Wunut 1. Proses penilaian penelitian menggunakan rubrik keterampilan menulis. Dari hasil yang diperoleh, terdapat nilai signifikan (2-Tailed) senilai 0,000 dari hasil Sampel T-Test yaitu nilai Sig sebesar 0,000 <0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima sehingga hasil menunjukkan bahwa penggunaan media flipbook berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan menulis siswa di SD Negeri Wunut 1

Downloads

Download data is not yet available.

References

K. T. Hatmo, Keterampilan menulis bahasa Indonesia. Penerbit Lakeisha, 2021.

Sukirman, “Tes Kemampuan Keterampilan Menulis dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah,” J. Konsepsi, vol. 9, no. 2, pp. 72–81, 2020, [Online]. Available: https://p3i.my.id/index.php/konsepsi72

A. Masithoh, “Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Menggunakan Media Flipbook Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas V SD,” J. BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inov. Pendidikan), vol. 4, no. 1, pp. 21–27, 2022, doi: 10.52005/belaindika.v4i1.80.

H. G. Tarigan, “Menulis: sebagai suatu keterampilan berbahasa,” (No Title), 1986.

H. Subakti and E. S. Handayani, “Pengembangan Menulis Cerita Pendek Kearifan Lokal Menggunakan Model Mind Mapping Siswa SD Kota Samarinda,” J. Serambi Ilmu, vol. 21, no. 2, pp. 171–184, 2020, doi: 10.32672/si.v21i2.1941.

W. N. Sari and M. Ahmad, “Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Digital di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 5, pp. 2819–2826, 2021, [Online]. Available: https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/1012

S. Nurfadhillah, D. A. Ningsih, P. R. Ramadhania, and U. N. Sifa, “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod III,” Pensa J. Pendidik. dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 2, pp. 243–255, 2021.

E. Irma Sari, C. Wiarsih, and D. Bramasta, “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Pada Peserta Didik di Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 7, no. 1, pp. 74–82, 2021, doi: 10.31949/educatio.v7i1.847.

M. N. Ihsan, “Pengembangan modul elektronik microsoft excel 2007 untuk kelas xi sekolah menengah atas,” Disertasi tidak diterbitkan Yogyakarta Progr. Stud. Pendidik. Tek. Inform., 2014.

D. K. Wardani, U. K. N. Qomariah, S. Prihatiningtyas, A. M. Yazid, H. A. Zahro, and M. Nuriyah, “Penerapan Aplikasi Tilawati Mobile Berbasis Flipbook Untuk Standarisasi Guru Tpq Desa Pesantren Jombang,” in Prosiding Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (SNP2M), 2021, vol. 1, no. 1, pp. 91–96.

M. Thobroni, “Belajar & Pembelajaran: Teori dan Praktek. 2015,” Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

N. Yusuf, H. Setyawan, S. Immawati, G. Santoso, and M. Usman, “gembangan Media Flipbook Berbasis Fabel untuk Meningkatkan Pemahaman Pesan Moral pada Peserta Didik Kelas Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 5, pp. 8314–8330, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i5.3735.

E. Kurnia and A. Abdurrahman, “Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Audiovisual Terhadap Keterampilan Menulis Teks Fabel Siswa Kelas Vii Upt Smp Negeri 1 Koto Xi Tarusan,” Pendidik. Bhs. Indones., vol. 8, no. 3, p. 105, 2019, doi: 10.24036/107466-019883.

A. Azura and A. Syamsul, “Kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun pembelajaran 2017/2018,” Asas J. Sastra, vol. 6, no. 1, 2017.

S. Adam and M. T. Syastra, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Bagi Siswa Kelas X Sma Ananda Batam | Computer Based Information System Journal,” CBIS J., vol. 3, no. 2, pp. 1–13, 2015.

N. Lailiyah, “Pengembangan Media Interaktif Berbasis Flash Untuk Pembelajaran Keterampilan Menuliskan Kembali Cerita Siswa Kelas IV SD,” Jpgsd, vol. 06, no. 07, pp. 1150–1159, 2018, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/230635471.pdf

M. H. Wibowo and N. L. Purnamasari, “Pengaruh Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Gaya Belajar Visual Siswa Kelas X TKI SMKN 1 Boyolangu,” JOEICT (Jurnal Educ. Inf. Commun. Technol., vol. 3, no. 1, pp. 22–29, 2019.

A. D. A. Putri and S. Sumardi, “Pengembangan Bahan Ajar Digital Flipbook untuk Siswa SD,” PEDADIDAKTIKA J. Ilm. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 9, no. 1, pp. 173–186.

S. W. Anggraeni, Y. Alpian, D. Prihamdani, and E. Winarsih, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5313–5327, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1636.

N. Burhan, “Penilaian dalam pengajaran bahasa dan sastra,” Yogyakarta BPFE Yogyakarta, 2001.

D. Sugiyono, Metode penelitian k Kuantitatif,Kualitatif,dan Tindakan. 2013.

T. Aprilia, S. Sunardi, and D. Djono, “Penggunaan Media Sains Flipbook dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasarr,” Teknodika, vol. 15, no. 2, p. 75, 2017, doi: 10.20961/teknodika.v15i2.34749.

R. Susilana, Media Pembelajaran hakikat, pengembangan, pemanfaatan dan penilaian. 2009.

D. R. Ramdania, “PENGGUNAAN MEDIA FLASH FLIP BOOK DALAM PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA: Studi Eksperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas XII di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Cikancung Bandung.” Universitas Pendidikan Indonesia, 2010.

Posted

2024-08-23