The Influence of Financial Literacy, Self-Control and Religiosity on Consumptive Behavior (UMSIDA Student Case Study Program in Financial Management of 2022)
Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Mahasiswa UMSIDA Program Studi Manajemen Keuangan Angkatan Tahun 2022)
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6422Keywords:
Financial Literacy, Self-Control, Religiosity, Consumptive BehaviorAbstract
The purpose of this study was to determine how the behavior of UMSIDA Financial Management Study Program Batch 2022 students as consumers in relation to financial literacy, self-control, and religion. Ninety-seven students of the UMSIDA Financial Management Study Program Batch 2022 were used as research respondents. SPSS 22 software was used as an analytical tool, and statistical calculations were carried out in the form of validity and reliability tests. Traditional assumption tests (heteroscedasticity, multicollinearity, and normality tests), multiple linear regression analysis, and hypothesis testing in the form of t, F, and coefficient of determination (R²) tests are some of the techniques used in data analysis. The study findings on financial literacy have a major impact on the way people shop. Consumer behavior is strongly influenced by self-control. Religiosity has a significant effect on consumptive behavior. Simultaneously financial literacy, self-control and religiosity have a significant effect on consumptive behavior.
Downloads
References
I. Asisi and Purwantoro, “Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup Dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Pasir Pengaraian,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 107–118, 2020.
R. H. Ramadhani, “UNIVERSITAS SUMATERA UTARA Poliklinik UNIVERSITAS SUMATERA UTARA,” Skripsi, 2019.
Kurnia and L. Hakim, “Pengaruh Literasi Keuangan, Kontrol Diri Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” J. Manaj. dan Bisnis, vol. 4, no. 3, pp. 19–29, 2021.
E. Ulfatmi, “PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN SELF-CONTROL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI DI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA,” Skripsi, 2019, [Online]. Available: http://repository.fe.unj.ac.id/8074/.
al Abdullah et, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Majalengka,” J. Akunt. Kompetif, vol. 4, no. 1, p. 24, 2021.
O. Dikria, “PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGENDALIAN DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA JURUSAN EKONOMI PEMBANGUNAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MALANG ANGKATAN 2013,” JPE, vol. 9, no. 2, 2016, [Online]. Available: http://www.eldis.org/vfile/upload/1/document/0708/DOC23587.pdf%0Ahttp://socserv2.socsci.mcmaster.ca/~econ/ugcm/3ll3/michels/polipart.pdf%0Ahttps://www.theatlantic.com/magazine/archive/1994/02/the-coming-anarchy/304670/%0Ahttps://scholar.google.it/scholar?
F. A. Fattah and M. Indriayu, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar,” Sunarto J. Pendidik. Bisnis dan Ekon., vol. 4, no. 1, pp. 11–20, 2018.
S. Devi and M. Dr. Sriyono, “Mengkaji Perilaku Keuangan Pribadi ; Fokus pada Gaya Hidup, E-Commerce, Kontrol Diri dan Pendapatan,” J. Manaj., 2024.
D. Tiona, “PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE MAHASISWA,” Skripsi, 2019.
A. N. Mujahidah, “Analisis Perilaku Konsumtif Dan Penanganan (Studi Kasus Pada Satu Peserta Didik Di Smk Negeri 8 Makasar),” Anal. Perilaku Konsumtif dan Penanganan, p. 4, 2020, [Online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18970%0A.
P. muhammad Purnama, Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pada Masa Pandemi Covid-19. 2021.
Fitriani, “PENGARUH FAKTOR- FAKTOR DEMOGRAFI TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU (STUDI PADA FAKULTAS EKONOMI DAN ILMU SOSIAL RUMPUN ILMU AKUNTANSI DAN MANAJEMEN),” Научно-Техническое Творчество Аспирантов И Студентов, 2021, [Online]. Available: https://repository.uin-suska.ac.id/23210/.
N. A. Yushita, “Pentinya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi,” Nominal Barom. Ris. Akunt. dan Manaj., vol. VI, p. 15, 2017.
Silalahi and Program, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online,” Open J. Syst., vol. 3, no. 2, pp. 191–200, 2020.
J. Sustiyo and R. T. Hidayat, “Literasi Keuangan Dan Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) Pada Generasi Z,” J. PAJAK Indones. (Indonesian Tax Rev., vol. 3, no. 1, pp. 24–34, 2020, doi: 10.31092/jpi.v3i1.635.
R. A. Wahyudi and R. Rochmawati, “Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Konsumtif Siswa Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Surabaya,” J. Pendidik. Akunt., vol. 8, no. 2, pp. 52–62, 2020, doi: 10.26740/jpak.v8n2.p52-62.
I. Amaliia, “PENGARUH KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUM PENGGEMAR K-POP DEWASA AWAL,” Skripsi, 2019.
C. T. Agustina, Skripsi Pengaruh Hedonisme, Literasi Keuangan dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Dalam Perspektif Ekonomi Islam (Studi Terhadap Mahasiswa Prodi Ekonomi Syariah Univeritas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh). 2021.
A. B. Hidayatulllah, “PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang),” Skripsi, 2022.
A. H. Winarta, H. Djajadikerta, and S. Wirawan, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” J. Account. Bus. Stud., vol. 4, no. 2, pp. 76–91, 2019, doi: 10.61769/jabs.v4i2.472.
W. Ngampus, N. L. W. S. Telagawathi, and F. Yudiaatmaja, “Pengaruh Literasi Keuangan, Gaya Hidup dan Penggunaan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial Kota Denpasar,” J. Manaj. Sumber Daya Manusia, Adm. dan Pelayanan Publik, vol. 10, no. 3, pp. 971–985, 2023.
M. I. Iqbal, Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam negeri (iain) manado, vol. 1, no. 1. 2020.
V. H. I. Amelia, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan Fitur Spaylater Pada Aplikasi Shopee Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Konsumtif,” Skripsi Univ. Islam Indones. Yogyakarta, p. 17, 2021.
M. Widyawati, “PENGARUH KONFORMITAS DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BERBELANJA ONLINE DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Mahasiswa UIN Raden Intan Lampung),” Skripsi, 2023.
V. Yolanda and T. Taufiqurrahman, “Hubungan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif pada Remaja Akhir Pengguna Shopee,” Semin. Nas. Sist. …, no. September, pp. 3670–3679, 2022, [Online]. Available: https://www.jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/449%0Ahttps://www.jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/download/449/404.
R. C. M. Chita, L. David, and C. Pali, “Hubungan Antara Self-Control Dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011,” J. e-Biomedik, vol. 3, no. 1, 2015, doi: 10.35790/ebm.3.1.2015.7124.
Hpcklay Kornelius Sipahutar, “BELANJA ONLINE PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI SKRIPSI OLEH : FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS MEDAN AREA MEDAN Gelar Sarjana di Fakultas Psikologi,” pp. 1–90, 2023.
D. Rahayu, “PENGARUH KONTROL DIRI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PADA MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI ANGKATAN 2015,” Skripsi, 2017.
E. Devi, “ANALISIS PENGARUH PRAKTIK RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF SANTRI DI PONDOK PESANTREN MAHASISWA BAITUL JANNAH MALANG,” J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, 2020.
R. Rafidah, R. Alawiyah, and M. Muliyana, “Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa,” J. Econ., vol. 1, no. 1, pp. 49–62, 2020, doi: 10.55681/economina.v1i1.25.
A. A. Mahmudah, “Analisis pengaruh religiusitas terhadap perilaku konsumtif santri di Pesantren Al-hikmah Tugurejo Semarang,” Skripsi, 2017.
A. Rahmat, A. Asyari, and H. E. Puteri, “Pengaruh Hedonisme dan Religiusitas Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” Ekon. SYARIAH J. Econ. Stud., vol. 4, no. 1, p. 39, 2020, doi: 10.30983/es.v4i1.3198.
R. A. Asmarani, “pengaruh religiositas dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee paylater dengan kontrol diri sebagai variabel moderating (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan)”,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 5–24, 2024.
Rostika, “Pengaruh gaya hidup, religiusitas dan kontrol diri terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee,” Skripsi, 2023.
A. R. Kiswoyo and H. M. Kumalasari, “The Effect of Financial Literacy, Lifestyle and Personal Income on Consumptive Behavior in Millennial Generation in the Pandemic Era,” Indones. J. Innov. Stud., vol. 20, pp. 1–14, 2022, doi: 10.21070/ijins.v20i.718.
U. Albab, “PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN KONTROL DIRI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF BELANJA ONLINE DENGAN GAYA HIDUP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang Angkatan Tahun 2017),” Skripsi, 2020.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.