Digital-Based Tourism Village Development Strategy and Local Potential with the Pentahelix Approach in Realizing Sustainable Tourism
Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Digital dan Potensi Lokal dengan Pendekatan Pentahelix dalam Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6398Keywords:
Tourism Village, Pentahelix, Sustainable developmentAbstract
Melalui implementasi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008 tentang Pemerintah Daerah telah memberikan peluang bagi pemerintah daerah untuk mengelola dan mengoptimalkan potensi daerahnya secara mandiri termasuk mengelola sektor pariwisata. Pengembangan desa wisata adalah sebuah perubahan terencana yang di dalamnya membutuhkan partisipasi masyarakat lokal secara holistic. Pembangunan berkelanjutan (Sustaniable Development) telah menjadi agenda global dalam setiap proses pembangunan. Oleh karenanya, seluruh pemangku kepentingan termasuk pemerintah dalam berbagai sektor pembangunan harus menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam setiap kebijakan maupun rencana pembangunan yang akan dilaksanakan. Dalam Strategi Pengembangan Desa Wisata Berbasis Digital dan Potensi Lokal Dalam Mewujudkan Pariwisata Berkelanjutan Di kabupaten Sidoarjo penulis akan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan pentahelix.
Downloads
References
P. Desa et al., “Pengertian Desa Menurut Ahli , Ciri-Ciri , dan Fungsinya,” pp. 1–5, 2023.
B. Terkini, “Pengertian Desa menurut R . Bintarto,” pp. 22–25, 2024.
Noor Faaizah - detikEdu, “7 Pengertian Desa Menurut Para Ahli.” [Online]. Available: https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6907700/7-pengertian-desa-menurut-para-ahli
JDIH BPK, Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009, vol. 19, no. 19. 2009.
P. Benyamin, E. Maryani, and M. Octavianti, “Penggunaan Media Digital Dalam Komunikasi Pemasaran Desa Wisata Ciburial, Samarang, Garut,” Communication, vol. 12, no. 2, p. 108, 2021, doi: 10.36080/comm.v12i2.1505.
V. Karunia Mulia Putri, “Desa Wisata: Pengertian, KarakteristikManfaat.”
R. I. UU No 12, “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2008 Tentang Perubahan Kedua Atas Undang-undang Nomor 32 Tahun Tentang Pemerintah Daerah,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2008.
P. P. Indonesia, “Undang-undang (UU) No. 6 Tahun 2014,” Undang. No. 6 Tahun 2014, 2014, doi: 10.1145/2904081.2904088.
Kemenparekaf, “Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2021 Tentang Pedoman Destinasi Pariwisata Berkelanjutan,” Kemenparekaf, pp. 2–75, 2021.
Kemenparekaf, “PERATURAN MENTERI PARIWISATA REPUBLIK INDONESIA NOMOR 14 TAHUN 2016 TENTANG PEDOMAN DESTINASI PARIWISATA BERKELANJUTAN,” 2016.
R. Kastori, “Desa Wisata : Pengertian , Karakteristik Manfaat,” 2024, [Online]. Available: https://www.kompas.com/skola/read/2023/10/04/110000869/desa-wisata--pengertian-karakteristik-tujuan-kriteria-dan-manfaat#google_vignette
S. Sukaris, A. Kurniawan, and M. D. Kurniawan, “Strategi Pengembangan Wisata Desa Yang Berkelanjutan,” J. Manajerial, vol. 10, no. 01, p. 17, 2023, doi: 10.30587/jurnalmanajerial.v10i1.4751.
L. Mahasiswa, I. Publik, P. Ditutup, and T. Kami, “Teori Pengembangan Pariwisata : Menjaga Kelestarian Budaya dan Alam di Era Modern !,” pp. 1–8.
D. Untuk, M. Salah, S. Syarat, G. Memperoleh, G. Sarjana, and N. Afni, “PERAN DIGITAL MARKETING SABAGAI STRATEGI DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS PADA TOKO,” 2023.
M. J. Ekonomi et al., “Strategi Meningkatkan Brand Awareness Melalui Konten Kreatif Dalam Pemasaran Media Sosial Tiktok Brand Tenue De Attire ( SMMA ) ( Alessandro , 2020 ). Pada pertengahan tahun 2021 , TikTok meluncurkan fitur TikTok,” vol. 2, no. 3, 2024.
V. C. N. Mamuaja, A. P. Kumaat, and P. R. Rambing, “Strategi Pemasaran Digital Untuk Peningkatan Brand Awareness Produk Unggulan Daerah Minuman Berbahan Dasar Nira Aren,” vol. 1, no. 1, 2022.
C. B. Tourism, C. B. Tourism, and T. C. Development, “Mengenal Konsep Community Based Tourism Author : Very Yudha,” no. 2007, pp. 5–7, 2019.
N. S. Wijaya and I. W. E. Sudarmawan, “Community Based Tourism (Cbt) Sebagai Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Di Dtw Ceking Desa Pekraman Tegallalang,” J. Ilm. Hosp. Manag., vol. 10, no. 1, pp. 77–98, 2019, doi: 10.22334/jihm.v10i1.162.
M. H. U. Dewi, “Pengembangan Desa Wisata Berbasis Partisipasi Masyarakat Lokal Di Desa Wisata Jatiluwih Tabanan, Bali,” J. Kawistara, vol. 3, no. 2, pp. 129–139, 2013, doi: 10.22146/kawistara.3976.
I. Fatmawati and A. Sulistyo, “Peningkatan Daya Saing Objek Wisata Berbasis Masyarakat melalui Strategi Digital Marketing,” JPPM (Jurnal Pengabdi. dan Pemberdaya. Masyarakat), vol. 6, no. 2, p. 383, 2022, doi: 10.30595/jppm.v6i2.12400.
R. Herningtyas and A. M. Wirasenjaya, “Pengembangan Digital Marketing Desa Wisata Di Dusun Lopati Kelurahan Trimurti Kabupaten Bantul Yogyakarta,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., pp. 926–933, 2021, doi: 10.18196/ppm.23.403.
U. P. Pentahelix and P. D. Wisata, “Unsur Penting Pentahelix dalam Pengembangan Desa Wisata ,” vol. 5.
G. Thabroni, “Metode Penelitian Kualitatif_ Pengertian, Karakteristik & Jenis - serupa.id,” 2022, [Online]. Available: https://serupa.id/metode-penelitian-kualitatif/
Hilda, “FGD (Focus Group Discussion)_ Pengertian, Contoh, dan Metodenya,” 2022, [Online]. Available: https://blog.cakap.com/fgd-adalah/
A. Humairah, “FGD_ Ketahui Arti, Fungsi, dan Cara Menjalankannya di Sini - Glints Blog,” 2022, [Online]. Available: https://glints.com/id/lowongan/fgd-focus-group-discussion-adalah/
R. Muchlisin, “Fokus Grup Discussion (FGD) - Pengertian, Karakteristik dan Tahapan - KajianPustaka,” 2024, [Online]. Available: https://www.kajianpustaka.com/2024/01/fokus-grup-discussion.html
O. Lee, “Pengertian FGD (Focus Group Discussion) beserta Contoh dan Manfaatnya,” 2022, [Online]. Available: https://www.tokopedia.com/blog/pengertian-contoh-dan-manfaat-fgd-krj/
“Pengertian Focus Group Discussion (FGD) dan Cara Menjalankan,” Sampoerna Univ., 2022, [Online]. Available: https://www.sampoernauniversity.ac.id/id/focus-group-discussion-adalah/
Myskill.id, “Home » Triangulasi Data dalam Penelitian: Meningkatkan Validitas dan Reliabilitas,” 2024. [Online]. Available: https://myskill.id/
Revou, “Triangulasi Data,” 2024. [Online]. Available: https://revou.co/kosakata/triangulasi-data
T. Winarno, M. Mas, and ud Said, “Journal of Governance and Local Politics Pengembangan Desa Wisata Adat Using Kemiren Melalui Pendekatan Penta Helix,” J. Gov. Local Polit., vol. 3, no. 2, pp. 137–145, 2021, [Online]. Available: http://journal.unpacti.ac.id/index.php/jglp/index
PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA, “PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 44 TAHUN 2016 TENTANG KEWENANGAN DESA,” no. August, 2016.
F. Saiidah, “Pentahelix Memaksimalkan Peran Perguruan Tinggi,” 2023, [Online]. Available: https://elearning.stiemp.ac.id/2023/06/13/pentahelix-memaksimalkan-peran-perguruan-tinggi/
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.