Influence Between Promotion, Price and Tangible with Consumer Purchase Intention at MSME’S YEYESHOP
Pengaruh antara Promosi, Harga dan Bukti Fisik Terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk UMKM YEYESHOP
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6381Keywords:
Promotion, Price, Consumer Purchase Interest, Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs)Abstract
This study aims to determine the effect of promotion, price and tangible on consumer purchasing interest. The sampling technique used in this study utilized a non-probability sampling method with a purposive sampling technique, namely a random sampling technique that is motivated by a specific purpose to obtain answers to the researcher's problem formulation. The researcher distributed E-Questionnaires to 100 respondents. The data analysis method used several data quality tests including Validity Test, Reliability Test, Classical Assumption Test and Multiple Linear Regression Analysis. The second test is a Hypothesis test which includes the Determination Coefficient Test (R2) and T-Test (Partial). The results of this study indicate that 1) Promotion has a positive and significant effect on consumer purchasing interest. 2) price has a positive and significant effect on consumer purchasing interest. 3) tangible (physical evidence) has a positive and significant effect on consumer purchasing interest.
Downloads
References
A. Halim, “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Mamuju,” vol. 1, no. 2, 2020.
S. Gustika and K. C. Susena, “Umkm Sebagai Pilar Membangun Ekonomi Bangsa,” Seminar Nasional Ekonomi, Manajemen, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2022.
Y. Agustina and F. Khaira, “Analisis Pengembangan Home Industry Kerupuk Tempe Di Desa Kubu Kecamatan Peusangan Siblah Krueng Kabupaten Bireuen (Studi Kasus Usaha Bapak Mulyadi),” Jurnal Sains Ekonomi dan Edukasi, vol. 3, no. 1, pp. 44–54, 2020.
N. Laura and M. Afivah, “Pengaruh Lokasi Dan Keberagaman Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Dengan Harga Sebagai Variable Moderasi Pada Umkm Di Sepanjang Jalan Semangka,” Owner, vol. 6, no. 3, pp. 1560–1567, Jul. 2022, doi: 10.33395/owner.v6i3.976.
A. Caniago and A. E. Rustanto, “Kualitas Produk Dalam Meningkatkan Minat Beli Konsumen Pada Umkm Di Jakarta (Studi Kasus Pembelian Melalui Tokopedia),” J Manage, vol. 15, no. 3, pp. 367– 378, 2022.
N. Karundeng, J. A. F. Kalangi, O. Walangitan, J. I. Administrasi, and A. Bisnis, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Home Industri Pia Deisy Desa Kapitu Kecamatan Amurang Barat,” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 8, no. 2, 2019.
Savitri, Citra, and Angela, “Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan pelanggan pt. xxx.,” Buana Ilmu, vol. 4, no. 2, pp. 234–252, 2020.
R. D. Wijiastuti and N. Cantika, “Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Gofood Di Kota Sorong,” Kalianda Halok Gagas, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, Jun. 2021, doi: 10.52655/khg.v1i1.3.
R. A. Alfatiha and A. Budiatmo, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Du Café Semarang),” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. IX, no. IV, p. 522, 2020.
A. H. Mantu, Y. L. Ismail, Z. K. Abdussamad, and I. Y. Niode, “Pengaruh Responsiveness Dan Tangible Terhadap Minat Beli Di Rumah Makan Mawar Sharon Kota Gorontalo,” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, vol. 2, no. 10, pp. 4046–4057, 2023.
D. Solihin, “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening,” Jurnal Mandiri : Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, vol. 4, no. 1, pp. 38–51, Jun. 2020, doi: 10.33753/mandiri.v4i1.99.
H. Taan, “Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen,” Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, vol. 8, no. 1, pp. 89–96, 2021.
A. H. Mantu, Y. L. Ismail, Z. K. Abdussamad, and I. Y. Niode, “Pengaruh Responsiveness Dan Tangible Terhadap Minat Beli Di Rumah Makan Mawar Sharon Kota Gorontalo,” SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, vol. 2, no. 10, pp. 4046–4057, 2023, [Online]. Available: file:///C:/Users/User/Downloads/28.+Naskah+Skripsi+Minarni-Selesai.pdf
A. N. Safitri, “Pengaruh brand image, persepsi harga dan kualitas layanan terhadap minat beli ulang pada Lazada,” Entrepreneurship Bisnis Manajemen Akuntansi (E-BISMA), pp. 1–9, Feb. 2021, doi: 10.37631/e-bisma.v1i1.212.
M. Albi, R. Parlyna, and N. Hidayat, “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Aplikasi Belanja Online X,” Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Keuangan, vol. 2, no. 3, pp. 787–891, 2021.
M. Indrasari, Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press, 2019.
H. Suryawijaya and F. Rusdi, “Pengaruh Daya Tarik Iklan di Media Sosial Instagram terhadap Minat Beli Konsumen (Survei Terhadap Produk Sepatu Brodo di Kalangan Anak Muda Jakarta Barat),” Prologia, vol. 5, no. 1, p. 60, 2021, doi: 10.24912/pr.v5i1.8111.
V. W. Sujarweni, Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press, 2019.
M. H. Setiawan, R. Komarudin, and D. N. Kholifah, “Pengaruh Kepercayaan, Tampilan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace,” Jurnal Infortech, vol. 4, no. 2, p. 141, 2022.
G. Priyambodo, “Pengaruh Marketing Public Relations Tools Dbl Academy Terhadap Brand Awareness Pada Orang Tua Yang Memiliki Anak Usia 5-15 Tahun Disurabaya,” Repository.Unair.Ac.Id, no. 071511533035, pp. 1–19, 2019.
S. Hartini and D. R. Sari, “Pengaruh Promosi dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Mie Korea,” Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis dan Manajemen, vol. 2, no. 1, pp. 31–42, 2020, doi: 10.52005/bisnisman.v2i1.15.
S. Rahmawati, N. Made, and I. P. Endro tjahjono, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek danGaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Produk Merek Consina di Surabaya (Studi Kasus Pada Consina Store Dharmahusada Surabaya),” Dinamika Administrasi Bisnis, vol. 6, no. Vol 6 No 2 (2020): Jurnal Dinamika Administrasi Bisnis, 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Cetakan ke-2. Bandung: Alfabeta, 2019.
Andrian, “Pengaruh Kualitas Produk, Layanan Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan ( Studi Pada Warung Kopi Mini Coffee Di Banda Aceh ),” 2020.
R. Priyanto, “Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Produk, dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Toko Prahasta Purbalingga Rofik Priyanto Lecturers in Businness and Retail Management Study Program, Madyathika Polytechnic Purbalingga,” EKOMA J. Ekon., vol. 3, no. 2, pp. 898–906, 2024.
A. A. Satria, “Pengaruh Harga, Promosi, Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Perusahaan A-36,” J. Lentera Bisnis, vol. 6, no. 1, p. 85, 2017, doi: 10.34127/jrlab.v6i1.169.
R. Racellita and M. Megawati, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Terhadap Operator Kartu Seluler Tri (3) Di Palembang,” Publ. Ris. Mhs. Manaj., vol. 3, no. 1, pp. 78–91, 2021, doi: 10.35957/prmm.v3i1.1618.
D. Prajarini and D. Sayogo, “Pengaruh Desain Post Instagram Terhadap Minat Pembelian Produk Umkm Kedai Kopi Di Kabupaten Sleman,” ANDHARUPA J. Desain Komun. Vis. Multimed., vol. 7, no. 01, pp. 187–199, 2021, doi: 10.33633/andharupa.v7i01.4139.
D. Solihin, “Pengaruh Kepercayaan Pelanggan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening,” J. Mandiri Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknol., vol. 4, no. 1, pp. 38–51, 2020, doi: 10.33753/mandiri.v4i1.99.
N. I. Narulita, “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen,” no. 2016, pp. 681–693, 2019.
F. Irmaliya and F. Anisa, “Pengaruh harga , citra merek , dan promosi terhadap minat di kota magelang,” UM Magelang Conf. Ser., pp. 928–937, 2022.
H. Taan, “Kemudahan Penggunaan dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen,” e-Journal Ekon. Bisnis dan Akunt., vol. 8, no. 1, pp. 29–30, 2021.
Sehani, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Ruma Makan Warung Buk’de Di Gomongmataran,” Angew. Chemie Int. Ed. 6(11), 951–952., pp. 2013–2015, 2021.
H. Bariroh, “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Membeli Konsumen pada Minimarket Indomaret dan Minimarket Alfamart,” CWL Publ. Enterp. Inc., Madison, pp. 1–159, 2018, [Online]. Available: http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/1552%0Ahttp://etheses.uin-malang.ac.id/1552/
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.