The Effect of Product Quality, Price Perception and Word Of Mouth (WOM) on Purchasing Decisions for Refill Perfume Products in Sidoarjo
Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Produk Parfum Refill di Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6338Keywords:
Product Quality, Price Perception, Word of Mouth, Purchase DecisionAbstract
The purpose of this study was to determine the effect of product quality, price perception, and Word of Mouth (WOM) on purchasing decisions for refill perfume products in Sidoarjo. The method used is a quantitative approach with sampling techniques using purposive sampling techniques using the Lemeshow formula, resulting in 96 respondents. Data collection was carried out through a questionnaire, which was then analyzed by multiple linear regression analysis. Data processing in this study using the SPSS 25 software program. The results of this study prove that product quality affects purchasing decisions, price perceptions affect purchasing decisions, and word of mouth affects purchasing decisions.
Downloads
References
Sagita, Fitri., Ayu W. Tanjung, Heldia Fitri dan Rizky Wahyudi, (2022) “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen terhadap Parfume Isi Ulang di Toko Galery Parfume,” El-Mal Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, vol. 3, no. 3, pp. 389–401, doi: 10.47467/elmal.v3i3.891.
Oktaviani, Anisa., Sandy Rizki Febriadi dan Nanik Eprianti, (2023). Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Jual Beli Parfum Refill (Isi Ulang) di Kecamatan Bandung Kulon. Bandung Conference Series: Sharia Economic Law, 3(1). https://doi.org/10.29313/bcssel.v3i1.6731
Serip, M., Elly Prihasti dan Raden Burhan SN, (2020). Optimalisasi Desain Promosi Media Sosial dan Manajemen Pemasaran Usaha Klub Parfum di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Abdidas, 1(6), 831–837. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i6.170
Agrapana, Muhammad Alghifari, Tasya Nafiisah dan Hamnah Najdah, (2021). Pelindungan Hukum pada Parfum Merek Terkenal yang Mereknya Digunakan oleh Toko Parfum Isi Ulang Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2016 Tentang Merek dan Indikasi Geografis. Padjadjaran Law Review, 9(2).
Nursabani, Sani Fauzi., Nana Darna dan Ali Muhidin, (2021). Pengaruh Integrated Marketing Communication dan Brand Equity Terhadap Keputusan Pembelian (Suatu Studi pada Konsumen Uchi Parfume Karangnunggal). Business Management and Entepreneurship Journal, vol. 3, no. 2, pp. 84-94.
Sander, Dapit Alex., Arianis Chan dan Herwan Abdul Muhyi, (2021) “Keterkaitan Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian,” Jurnal sains Pemasaran Indonesia, vol. XX, no. 3, pp. 241–257.
Maf’ula, Eka Riyadhatul., Alshaf Pebrianggara dan Mochamad Rizal Yulianto, (2024). “Efektivitas Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Dan Kondisi Yang Memfasilitasi Terhadap Keputusan Pembelian,” Management Studies and Entrepreneurship Journal, vol. 5, no. 2, pp. 4023–4037, [Online]. Available: http://journal.yrpipku.com/index.php/msej
Herdiyanti, Muh. Abduh. Anwar, Klemens Mere, Tri Apriyono dan Agus Suyatno, (2023). “Pengaruh Kualitas Produk Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian: Literature Review Manajemen Pemasaran,” Journa of Economic, Business and Accounting, vol. 7, no. 1, p. 796.
Sugianto, Aprilli dan Sarli Rahman, (2019). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lampu Shinyoku Di Cv. Sinar Abadi Pekanbaru,” Procuration: Jurnal Ilmiah Manajamen, vol. 7, no. 2, pp. 174–184.
Mufarokhah, Nur., Uswatun Khasanah, dan Susilo Aji, (2024). “Citra Merek, Kualitas Produk, dan Customer Perceived Value Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Pada Toko BO5 Parfum Gersik,” Inspirasi Ekonomi : Jurnal Ekonomi Manajemen, vol. 6, no. 2, pp. 168-176.
Al-Djufrie, Muhammad Agil, (2022). “Pengaruh Product Knowledge, Harga Produk, Dan Product Packagung Design Terhadap Keputusan Pembelian Produk Parfum Artfresh,” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, vol. 6, no. 5, pp. 390–398, doi: 10.37715/jp.v6i5.2562.
Andra, Agam Atylla dan Harry Soesanto, (2021). “Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Kepuasan terhadap Minat Beli Ulang dengan Citra Toko sebagai Variabel Intervening,” Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 6, no. 6, p. 2582, doi: 10.36418/syntax-literate.v6i6.3099.
Digdowiseiso, Kumba., Rahayu Lestari dan Deva Safrina, (2022). “Pengaruh persepsi harga dan promosi terhadap minat beli konsumen melalui brand image produk kecantikan di aplikasi sociolla,” Jurnal Ilmiah Indonesia, vol. 7, no. 3, pp. 2930–2947.
Marcelina, Putu Silvia., Yosephine Jessica Teyseran dan Catharina Aprilia Hellyani, (2023). “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Pada Konsumen Indonesia,” Jurnal Ilmu Manajamen, Ekonomi Dan Kewirausahaan, vol. 3, no. 2, pp. 252–262.
Jayanti, Suci Etri dan Muhlizar, (2020). “Pengaruh Gaya Hidup dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Parfum Isi Ulang N2N,” Jurnal Muhammadiyah Manajemen Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 103–108.
Murtiningsih, Dewi., (2023). “Pengaruh Word of Mouth, Harga, Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minuman kopi,” Journal of Management., vol. 4, no. 1, pp. 29–37, doi: 10.37010/jdc.v4i1.1215.
Dewi, Ini Kadek Anita dan I Putu Gde Sukaatmadja, (2022). “Peran Brand Image Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Revisit Intention Di Era New Normal,” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, vol. 11, no. 4, p. 702, doi: 10.24843/ejmunud.2022.v11.i04.p04.
Kurniawan, Moch Agung dan Lilik Indayani, (2023). “Menganalisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga pada Keputusan Pembelian Konsumen: Studi Kuantitatif pada Konsumen Amanda Brownies,” Academia Open, vol. 8, no. 1, pp. 1–14, doi: 10.21070/acopen.8.2023.3854.
Aldyawan, Aling dan Dodi Kusuma Hadi Soedjoko, (2021). “Analisis Hubungan Kualitas Produk, Harga, Dan Word of Mouth (Wom) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Depot Tommy Kediri,” Semininar Nasional Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, vol. 6, no. 1, pp. 786–794.
Pauzi, Muhamad Riski., Hadita dan Dovina, (2023). “Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Variabel Intervening Minat Beli Voucher Game Valorant,” Jurnal Economia, vol. 2, no. 9, pp. 2453–2481, doi: 10.55681/economina.v2i9.827.
Febriandini, Feby., Depy Muhamad Pauzy dan Barin Barlian, (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Word of Mouth dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian (Survei pada Konsumen Wardah Cosmetic di Muara Cosmetic & Parfume),” Jurnal Ilmiah Multidisiplin, vol. 2, no. 1, pp. 99–103.
Patmala, Ressi., Yesi Gusteti dan Fenisi Resty, (2022). “Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Word Of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Butik Di Kecamatan Koto Salak (Studi Kasus Pada Wanita Di Kecamatan Koto Salak),” Jurnal Sinar Manajamen, vol. 09, no. 03, pp. 2337–8743.
Maulana, Rafli dan Dewi Komala Sari, (2024). “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Social Media Marketing terhadap Keputusan Pembelian Produk Talang Galvalum pada CV Gita Jaya,” Innovative Technologica: Methodical Research Journal, vol. 1, no. 2, p. 15, doi: 10.47134/innovative.v1i2.69.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong, (2018). Principles of Marketing. 17th edisi. United Kingdom: Pearson.
Zusrony, Edwin. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern. Edisi 1. Yayasan Prima Agus Teknik.
Doni Juni Priansa. (2017). Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontemporer. Cetakan 1. (Bandung: Alfabeta).
Tjiptono, Fandy. (2020). Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: Andi.
Rosnaini Daga. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan pertama Edisi pertama. Global Research and Consulting Institute.
Indrasari, Meithiana. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Edisi pertama cetak pertama. Surabaya.
Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek; Planning and Strategy. Cetakan pertama. Surabaya: CV. Penerbit Qiara Media.
Assauri, Sofjan. (2015). Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Schiffman, Leon dan Leslie Lazar Kanuk, (2018). Perilaku Konsumen. 7th Edisi. Penerbit: Indeks,Jakarta
Peter, J. Paul dan Jerry C Olson. (2014). Perilaku Konsumen Dan Marketing Strategi. Edisi 9. Selemba Empat: Jakarta
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta.
Sudaryono. (2014). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Pemasaran. Cetakan 1. Lentera Ilmu Cendekia.
Cockrill, Antje., dan Mark M. Goode, (2010). Perceived Price And Price Decay In The DVD Market, The Journal of Product and Brand Management, 19 (5).
Marissa Grace Haque Fawzi, Ahmad Syarief Iskandar, Heri Erlangga, Nurjaya, dan Denok Sunasi. (2022). Strategi Pemasaran, Konsep, Teori dan Implementasi. Edisi 1. Pascal Books.
Rusman Latief. (2018). Word Of Mouth Communication Penjualan Produk, Cetakan pertama, (Surabaya: Media Sahabat Cendekia).
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, (2009) ”Manajemen Pemasaran”, Edisi 12, Jilid 1. Terjemahan oleh Benyamin Molan, PT. Indeks, Jakarta.
Hasan, Ali. (2010). Marketing dari Mulut ke Mulut. Cetakan 1. Yogyakarta.
Abdullah, Karimuddin., Misbahul Jannah, Ummul Aiman, Suryadin Hasda, Zahara Fadilla, Taqwin, dan Nanda Saputra. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Cetakan Juli 2022. Pidie: Penerbit Zaini.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Cetakan 26. Bandung CV. Alfabeta.
Gunawan, Ce. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Budi Utama.
Ghozali, Imam. (2021). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 26. Edisi 10. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Cesarina, Carmelia., Fadlan Juliansyah, dan Rohani Fitriyani, (2022). "Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan," Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 1, p. 211-224.
Darmansah, Aprillia dan Sri Yanthy Yosepha, (2020). "Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee di Wilayah Jakarta Timur." Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, vol. 1, No.. 1, p. 15-30.
Liya, Inda., Heru Budiono, dan Karmila, (2021). "Pengaruh Hallyu Wafe, Brand Ambassador, Brand Image dan WOM Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Sedap Selection Korean Spicy Chicken." Jurnal Manajemen Bisnis Islam, vol. 2, no 1, p. 11-26, doi: 10.24042/revenue.v2iI.7700.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.