Application of SWOC Analysis as a Strategy to Increase the Advantage and Competitiveness of MSMEs ( Study of Shrimp Cracker MSMEs in Wonoayu )
Penerapan Analisis SWOC Sebagai Strategi Meningkatkan Keunggulan dan Daya Saing UMKM ( Studi Pada UMKM Kerupuk Udang di Wonoayu)
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6324Keywords:
SWOC analysis, Risk Management, UMKMAbstract
This research aims to analyze the obstacles faced by Wonoayu Shrimp Cracker MSMEs using SWOC analysis and minimizing problems using risk management. This research uses qualitative methods. The data analysis technique carried out in this research went through three steps, including reducing data, presenting data, and verifying data (conclusions). The research results reveal that the Shrimp Cracker UMKM is in the WO (weakness opportunity) strategy where this strategy uses existing (external) opportunity factors by reducing the (internal) weaknesses of the company. It is hoped that this research will have a good impact on MSMEs and can excel in the increasingly intense competition in the business world.
Downloads
References
Y. Rahajeng, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing,” J. Ilm. Ecobuss, vol. 10, no. 2, pp. 117–124, 2022, doi: 10.51747/ecobuss.v10i2.1136.
S. Maximillian, D. A. S. Fauji, and R. Sardanto, “Analisis swot untuk menentukan strategi pemasaran dan menciptakan competitive advantages pada produk sambel pecel,” Semin. Nas. Manajemen, Ekon. dan Akuntasi Fak. Ekon. dan Bisnis UNP Kediri, pp. 23–30, 2022.
. P. and Y. Hadi, “Analisis Swot Dan Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Ukm Es Puter Di Kota Malang,” Kurawal - J. Teknol. Inf. dan Ind., vol. 1, no. 1, pp. 52–57, 2018, doi: 10.33479/kurawal.v1i1.97.
N. D. Wahyuni and I. R. Kusumasari, “Peran Kreativitas Dan Inovasi Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Umkm Sandalku Handmade,” J. Community Serv., vol. 1, no. 3, pp. 289–298, 2023.
R. D. Sianturi, “Manajemen Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT Pada UMKM Guna Meningkatkan Daya Saing UMKM,” J. Bus. Econ. Res., vol. 1, no. 1, pp. 45–50, 2020, doi: 10.47065/jbe.v1i1.118.
S. N. Manajemen et al., “KECAMATAN NGRONGGOT,” pp. 716–724.
W. A. Sunarjo, A. Ilmiani, and A. Ardianingsih, “Analisis SWOT Sebagai Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif Destinasi Pariwisata Batik Kota Pekalongan,” Pena J. Ilmu Pengetah. dan Teknol., vol. 33, no. 2, p. 34, 2019, doi: 10.31941/jurnalpena.v33i2.900.
A. O. Siagian and Y. Cahyono, “Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 3, no. 1, pp. 206–217, 2021, doi: 10.47233/jiteksis.v3i1.212.
E. Agustian, I. Mutiara, and A. Rozi, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM Kota Jambi,” J-MAS (Jurnal Manaj. dan Sains), vol. 5, no. 2, p. 257, 2020, doi: 10.33087/jmas.v5i2.192.
D. R. Asri Setiyani, Tri Yuliyanti, “Pengembangan UMKM di Desa Pekarungan Kabupaten Sidoarjo,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 3, pp. 425–433, 2022.
S. A. Wijaya, J. Pudjowati, and A. Fattah, “Pengaruh Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Menengah (Umkm) Terhadap Tingkat Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Sidoarjo,” Bharanomics, vol. 1, no. 1, pp. 25–37, 2020, doi: 10.46821/bharanomicss.v1i1.14.
M. Anastasia and R. Oktafia, “Strategi Pemasaran Syariah Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Kerupuk Desa Tlasih Tulangan Sidoarjo,” J. Tabarru’ Islam. Bank. Financ., vol. 4, no. 2, pp. 431–444, 2021, doi: 10.25299/jtb.2021.vol4(2).7773.
D. Dahmiri, S. K. W. Bhayangkari, and I. Khalik, “Pengaruh Kualitas Produk dan Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing UMKM Kuliner di Masa Pandemi Covid-19,” Ekon. J. Econ. Bus., vol. 5, no. 2, p. 434, 2021, doi: 10.33087/ekonomis.v5i2.401.
R. Pasaribu, “Analisis Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Kota Medan,” J. Econ. Bus., vol. 2, no. 1, pp. 50–60, 2021, doi: 10.36655/jeb.v2i1.495.
S. R. Arifen, V. D. Purwanty, and D. A. Suci, “Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM,” J. Adm. Bisnis, vol. 29, no. 1, pp. 59–66, 2019.
M. F. Nizam, E. Mufidah, and V. Fibriyani, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm,” J. EMA, vol. 5, no. 2, pp. 100–109, 2020, doi: 10.47335/ema.v5i2.55.
Nurlaili, “Analisis daya saing dan faktor-faktor yang mempengaruhi ekspor produk alas kaki Indonesia ke Amerika Serikat ditinjau dalam perspektif ekonomi islam,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 7, no. 2, pp. 1019–1029, 2021.
Nana Rahdiana and Sukarman, “Analisis Swot Sebagai Upaya Peningkatan Daya Saing Umkm Keripik Pisang Di Kabupaten Karawang,” Buana Ilmu, vol. 6, no. 1, pp. 162–170, 2021, doi: 10.36805/bi.v6i1.1992.
M. Sumarni, “Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Kota Langsa,” IHTIYATH J. Manaj. Keuang. Syariah, vol. 6, no. 2, pp. 121–136, 2022.
N. Syakira Haq et al., “Analisis Swot Pada Umkm Bola Ubi Lumer Crispy Dalam Meningkatkan Strategi Dan Daya Saing,” J. Ilm. Wahana Pendidikan, Juli, vol. 2023, no. 13, pp. 444–453, 2023.
R. D. Maulidina and H. Fitriyah, “Home Industry Strategy In Increasing Income For Sandal Craftmen In Gresikan Village Krian Sub-District [ Strategi Home Industri Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada Pengrajin Sandal Di Desa Gresikan Kecamatan Krian ],” pp. 1–18.
Imsar, “Analisis Strategi Pengembangan Usaha Ucok Durian Medan,” Repository.Uinsu.Ac.Id, pp. 1–72, 2018.
D. Prayudi and R. Yulistria, “Penggunaan Matriks SWOT dan Metode QSPM pada Strategi Pemasaran Jasa Wedding Organizer: Studi Kasus pada UMKM Gosimplywedding Sukabumi,” J. Maksipreneur Manajemen, Koperasi, dan Entrep., vol. 9, no. 2, p. 225, 2020, doi: 10.30588/jmp.v9i2.516.
R. S. Sanadji and J. Abolladaka, “Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Jasa Transportasi Online Ao Rider Kupang,” J. Econ., vol. 1, no. 2, pp. 365–376, 2022, doi: 10.55681/economina.v1i2.77.
G. Sugiri, “Analisis Strategi Pemasaran dalam Upaya Peningkatan Daya Saing UMKM Kabupaten Bekasi,” J. Econ. Manag., vol. 4, no. 1, pp. 1–10, 2022, doi: 10.46772/jecma.v4i1.1057.
D. T. Widodo and H. Setyowardhani, “Analysis of Factors Affecting Brand Loyalty: A Case Study of Janji Jiwa Coffee,” AFEBI Manag. Bus. Rev., vol. 4, no. 2, p. 72, 2019, doi: 10.47312/ambr.v4i2.302.
Z. Abidin, R. Bungsu, M. Djuddah, M. Alamsyah, and M. Maisah, “Analisis Swot Dan Pemetaan Strategi Pada Stie Syari’Ah Al-Mujaddid Tanjung Jabung Timur,” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 160–170, 2020, doi: 10.31933/jemsi.v2i2.381.
Y. Afandrianti Maulida and H. Habiburahman, “Analisis Strategi Pemasaran Keripik Pisang Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Pada Umkm Keripik Sumber Rezeki),” SIBATIK J. J. Ilm. Bid. Sos. Ekon. Budaya, Teknol. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 303–314, 2022, doi: 10.54443/sibatik.v1i4.34.
A. I. S. Basri, “Analisis Swot Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Penjualan Keripik Balado,” J. Appl. Eng. Sci., vol. 4, no. 2, pp. 1–11, 2021.
Awaluddin, “Pelatihan Swot Dan Business Model Canvas Pada Ukm Keripik Kere Di Kabupaten Kuningan. Humanis,” Humanis, pp. 47–58, 2021.
S. Rahmawati and Sutantri, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Bisnis Toko Surabaya Ampel Kota Kediri,” J. At-Tamwil Kaji. Ekon. Syariah, vol. 1, no. 2, pp. 90–117, 2019.
M. R. Fadli, “Memahami desain metode penelitian kualitatif,” Humanika, vol. 21, no. 1, pp. 33–54, 2021, doi: 10.21831/hum.v21i1.38075.
S. Hanyfah, G. R. Fernandes, and I. Budiarso, “Penerapan Metode Kualitatif Deskriptif Untuk Aplikasi Pengolahan Data Pelanggan Pada Car Wash,” Semnas Ristek (Seminar Nas. Ris. dan Inov. Teknol., vol. 6, no. 1, pp. 339–344, 2022, doi: 10.30998/semnasristek.v6i1.5697.
A. N. Siburian and N. Anggrainie, “Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Brand Image, Brand Ambassador, Diskon, Harga dan Sales Promotion terhadap Pembelian Implusif Pada e-Commerce Tiktok Shop Dimasa Pandemi Covid-19,” J. Mirai Manag., vol. 7, no. 3, pp. 176–191, 2022, doi: 10.37531/mirai.v7i3.2492.
Y. N. Qintharah, “Perancangan Penerapan Manajemen Risiko,” JRAK J. Ris. Akunt. dan Komputerisasi Akunt., vol. 10, no. 1, pp. 67–86, 2019, doi: 10.33558/jrak.v10i1.1645.
T. H. Suryatman, M. E. Kosim, and G. E. Samudra, “Perencanaan Strategi Pemasaran Dengan Analisis Swot Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Sepatu Adidas Di Pt. Panarub Industry,” J. Ind. Manuf., vol. 6, no. 1, p. 43, 2021, doi: 10.31000/jim.v6i1.4117.
Elinda Dwi Kusuma and Deni Ramdani, “Analisis SWOT Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing UMKM Hoki Souvenir,” J. Kewirausahaan dan Manaj. Bisnis Cuan, vol. 1, no. 1, pp. 12–20, 2023, doi: 10.59603/cuan.v1i1.8.
F. Ekonomi, “Analisis SWOT dengan Pendekatan Manajemen Risiko Pada UMKM di Kabupaten Kuningan ( Studi Kasus Pada UMKM Telur Asin Khas Brebes ‘ Mbak Wil ’ di Kabupaten Kuningan ),” vol. 7, pp. 3881–3890, 2023.
Hasiah, M. Arsyad, and Sukriah, “Desain Model Matris Penilaian Risiko (Risk Assessment) dalam Perencanaan Audit Umum (Studi pada Satuan Pengawas Internal (SPI), Bagian Keuangan dan Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Politeknik Negeri Ujung Pandang) Hasiah Muhammad Arsyad,” J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 3, no. 1, pp. 42–60, 2016, [Online]. Available: http://jurnal.poliupg.ac.id/index.php/infak
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.