Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Implementation of English Language Learning for Children Aged 5 – 6 Years at The Naff a Creative & Fun School Kindergarten


Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK The Naff a Creative & Fun School

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.6196

Keywords:

English, Implementation

Abstract

Teaching English in early childhood has the aim of introducing and teaching world languages from a young age. Data collection techniques in this research are observation and interviews. The observations used by researchers are structured observation and non-participant observation. The interview conducted by the researcher was a semi-structured interview where the researcher had prepared questions that would later be asked of the informant. The aim of the researcher is to study the implementation of the application of English in early childhood in order to determine the achievements of English language skills that can be achieved by children aged 5 - 6 years, and see the result of English learning for children aged 5-6 years at The Naff A Creative & Fun School.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. Na’imah, ‘Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 2564–2572, Jan. 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i4.1916.

N. Ulya and N. Na’imah, ‘Peran Bahan Ajar dalam Pengenalan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 5, pp. 5191–5199, Jul. 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i5.2925.

S. Sabaniah, D. F. Ramdhan, and S. K. Rohmah, ‘Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid - 19’, Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 43–54, Jan. 2021, doi: 10.51276/edu.v2i1.77.

Y. Vernandes Uzer, ‘Strategi Belajar Bahasa Inggris Yang Menyenangkan Untuk Pendidikan Anak Usia Dini’, 2019.

M. Qadafi, ‘Pembelajaran Bahasa Inggris pada Anak di Sangkhom Islam Wittaya School saat Pandemi Covid-19’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 422, Jul. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.591.

U. Kristen, S. Wacana, and M. Kurniawan, ‘Kelola Jurnal Manajemen Pendidikan Magister Manajemen Pendidikan FKIP The Implementation of English Language Teaching Management from An English-mediated Early Childhood Education School in Salatiga’, 2020.

C. E. Tri Widyahening and F. F. Sufa, ‘Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Inggris dengan Media Bingo Game bagi Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1135–1145, Aug. 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1638.

R. Oktaria and P. Putra, ‘ Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19’, Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, vol. 7, no. 1, p. 41, Jun. 2020, doi: 10.24036/108806.

Pratama Widya, ‘Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini’, vol. 7, no. 2, 2022.

Y. Novitasari, S. Fadillah, and A. A. Putri, ‘Impresi Guru pada Penggunaan Media Digital dalam Pembelajaran Awal Bahasa Inggris Anak Usia Prasekolah’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 7, no. 3, pp. 3745–3754, Jul. 2023, doi: 10.31004/obsesi.v7i3.4619.

S. Mar and R. Pransiska, “Permasalahan Guru Taman Kanak-kanak Dalam Mengenalkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini,” vol. 3, no. 2, pp. 79–87, 2022.

N. Na’imah, ‘Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 6, no. 4, pp. 2564–2572, Jan. 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i4.1916.

M. C. S. A. Castro, ‘The Impact of Information and Communication Technology on Pedagogy: Benefits, Issues, and Challenges’, Tamansiswa International Journal in Education and Science, vol. 1, no. 1, Oct. 2019, doi: 10.30738/tijes.v1i1.5444.

Y. Uzer, ‘ Implementasi Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Melalui Metode Gerak Dan Lagu Untuk Anak PAUD’, PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 2, no. 2, pp. 187–193, Aug. 2019, doi: 10.31851/pernik.v2i01.3117.

M. Herdyastika and M. Kurniawan, ‘Analisis Perbandingan Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Inggris Inovatif di Taman Kanak-Kanak’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 1585–1593, Dec. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i2.902.

La Jeti, Henny Henny, and Siti Misra Susanti, ‘ Introduction To English Language In Early Childhood Education’, jurnal pendidikan anak usia dini, pp. 2–2, 2018.

S. K. Alam and R. H. Lestari, ‘Pengembangan Kemampuan Bahasa Reseptif Anak Usia Dini dalam Memperkenalkan Bahasa Inggris melalui Flash Card’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 284, Nov. 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.301.

F. Firdaus, N. Andriani, R. S. A. Siregar, and R. I. W. Pangaribuan, ‘Penggunaan English Song Method untuk Pembelajaran Kosa – Kata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini oleh Guru Raudhatul Athfal Al-Muhajirin.’, Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, vol. 1, no. 5, pp. 379–387, Jul. 2023, doi: 10.59837/jpmba.v1i5.168.

M. Ulfa and N. Na’imah, ‘Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini’, Aulad : Journal on Early Childhood, vol. 3, no. 1, pp. 20–28, Apr. 2020, doi: 10.31004/aulad.v3i1.45.

R. Rahmadhani and / J Simanjuntak, ‘Pengaruh Kegiatan Bernyanyi Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun di TK Hikmatul Fadhillah Kota Medan’, vol. 4, no. 1, pp. 2502–7166, 2018.

Y. Alfiani and Y. Rukhiyah, ‘Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 5-7 Tahun di TK Kharisma Global School Kec. Panunggangan Barat Kab. Tangerang’, Ceria: Jurnal Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 8, no. 1, p. 44, Jul. 2019, doi: 10.31000/ceria.v10i1.1766.

J. Pendidikan and A. Usia, “Upaya Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Usia 5-7 Tahun di TK Kharisma Global School Kec. Panunggangan Barat Kab. Tangerang,” J. Pendidik. anak usia dini, vol. 10, no. 1, pp. 44–53, 2019, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.31000/ceria.v10i1.1766

D. P. A. R. S. L. I. Yesi Novitasari(1), ‘Kemampuan Bahasa Inggris Awal pada Periode Linguistik Anak Usia Dini’, obsesi, vol. 7, no. 5, pp. 5343–5350, Oct. 2023, Accessed: Nov. 06, 2023. [Online]. Available: file:///C:/Users/User/Downloads/5324-23727-1-PB.pdf

I. Nurzaman, Y. Yasbiati, and E. Rahmattya, ‘Penggunaan Permainan Pesan Gambar Berantai untuk Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini’, JURNAL PAUD AGAPEDIA, vol. 1, no. 1, pp. 40–52, Jun. 2017, doi: 10.17509/jpa.v1i1.7159.

Zakaria Bintang Pamungkas and Risma Fahrul Amin, ‘ Peran Pendidikan Bahasa Inggris Untuk Anak Usia “ Golden Age “’, articles, vol. 1, no. Vol. 2 No. 1 (2022), pp. 1–24, Dec. 2021.

W. A. F. Dewi, ‘Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar’, Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. 2, no. 1, pp. 55–61, Apr. 2020, doi: 10.31004/edukatif.v2i1.89.

R. Marguri and R. Pransiska, ‘Analisis Film Serial Televisi "Sesame Street "Dalam Pengembangan Bahasa Inggris Anak Usia Dini’, Universitas Hamzanwadi, vol. 5, no. 02, pp. 185–195, 2021, doi: 10.29408/jga.v5i01.3489.

A. History, “Pemerplehan Bahasa Kedua Pada Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak Dewi Masyithoh I Kraton Kencong Jember St. Mislikhah,” vol. 6, no. IV, pp. 1–13, 2018, doi: 10.32682/sastranesia.v6i4.958.

T. Z. Amalia, ‘Peran Guru Anak Usia Dini Dalam Pengenalan Bahasa Inggris Dasar di PAUD’, Indonesian Journal of Islamic Early Childhood Education, vol. 5, no. 2, pp. 21–35, Jan. 2021, doi: 10.51529/ijiece.v5i2.195.

Anis Sukmawati, Dine Fitriana Rohmah, and Jihan Abyaz Nadia Sabrina, “Urgensi Mengenalkan Bahasa Inggris Anak Usia Dini Dalam Menyongsong Pendidikan Abad 21,” J. Pendidik. Indones., vol. 12, no. 1, Jul. 2023.

Solihati, ‘Implementasi Metode Bermain, Cerita, Dan Menyanyi Dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Di TK Al Irsyad Al Islamiyyah Purwokerto’, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto, purwokerto, 2019.

Illiyyin, L. F. A., & Ruhaena, L. (2024). Stimulasi Kemampuan Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 343–352. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i2.5381

Khomsin, K., & Rahimmatussalisa, R. (2021). Efektivitas Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Bahasa Inggris pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 25–33. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i1.37872

Y. Novitasari, Sri Wahyuni, and Suci Romadayani, ‘Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Awal Melalui Metode Total Physical Response pada Anak Usia Dini’, PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 3, no. 02, pp. 19–27, Apr. 2020, doi: 10.31849/paud-lectura.v3i02.3852.

Desi Surlitasari and Eka Wilany, ‘Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak-Anak Usia Dini’, Awam, vol. 2, no. 2, pp. 1–11, Dec. 2022.

Meylina, M., & Wijaya, R. (2024). Mengoptimalkan Perkembangan Kemampuan Bahasa Inggris Anak Usia Dini melalui Parenting Orang Tua. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 4(3), 98–104. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v4i3.718

Amelia, F., & Lailiyah, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Bagi Guru Pendidikan Guru Anak Usia Dini (PAUD) Di Kecamatan Asembagus Kabupaten Situbondo. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 75. https://doi.org/10.25273/jta.v5i1.4441

Haura Asadi, & Dadan Suryana. (2020). Studi Deskriptif Pengaruh Permainan Snakes and Ladders Terhadap Perkenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini. 4(Vol. 4 No. 3 (2020): December 2020), 2993–3006.

Harahap, N., & Br Hasibuan, H. (2023). Implementasi Standar Pengelolaan Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 470–481. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.254

Posted

2024-08-15