The Use of Electronic Modules Assisted by Wordwall Games on Students' Cognitive Science Learning Outcomes in Junior High School
Penggunaan Modul Elekteronik Berbantuan Game Wordwall Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa di SMP
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6079Keywords:
E-Module, Learning Outcomes, Cognitive, Game WordwallAbstract
This study investigates the impact of using electronic modules assisted by Wordwall games on cognitive learning outcomes in junior high school students studying Temperature, Heat, and Expansion. Conducted at SMP Muhammadiyah 1 Taman with 56 seventh-grade students, the research divided participants into an experimental class using electronic modules with Wordwall games and a control class using standard textbooks. Results showed that the experimental class had a higher N-Gain score of 0.56 compared to the control class's 0.26. A T-test score of 0.001 indicated a significant positive effect of the electronic modules on learning outcomes. Therefore, integrating Wordwall games into electronic modules enhances cognitive learning outcomes in junior high school students.
Downloads
References
R. E. Sari, L. Fitria, V. Tarisa, and U. M. Kotabumi, “STUDI LITERATUR TENTANG PENGGUNAAN MEDIA WEB SEKOLAH DASAR Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , Fakultas Keguruan dan Ilmu mengembangkan segala potensi yang,” vol. 02, no. 01, pp. 37–49, 2023.
L. Annisa, C. Oktaviana, and A. A. Habibi, “Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Peserta Didik,” Edubiologica J. Penelit. Ilmu dan Pendidik. Biol., vol. 8, no. 1, p. 35, 2020, doi: 10.25134/edubiologica.v8i1.2337.
D. I. Parawansa, Indrawati, and A. S. Budiarso, “Pengaruh Penggunaan E-book Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Terhadap Hasil Belajar dan Berpikir Kritis Siswa SMP,” FKIP e-PROCEEDING, [S.l.], p. 56-65, jan. 2023. ISSN 2527-5917., pp. 56–65, 2023, [Online]. Available: https://jurnal.unej.ac.id/index.php/fkip-epro/article/view/36064
R. Annisa, “Jurnal basicedu,” vol. 5, no. 5, pp. 3660–3667, 2021.
T. Suryansah and S. Suwarjo, “Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas Iv Sd,” J. Prima Edukasia, vol. 4, no. 2, p. 209, 2016, doi: 10.21831/jpe.v4i2.8393.
N. M. Uki and A. B. Liunokas, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Make A Match terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa,” J. Basicedu, vol. 5, no. 6, pp. 5542–5547, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1363.
H. K. Bentriska and A. Suprijono, “Pengaruh media pembelajaran educandy terhadap hasil belajar kognitif sejarah siswa SMAN 3 Sidoarjo,” AVATARA, e-Journal Pendidik. Sej., vol. 12, no. 4, pp. 1–6, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/48081/40129
I. D. C. K. Putri and S. A. Widodo, “Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa,” Pros. Semin. Nas. Etnomatnesia, vol. 6, no. 3, pp. 721–724, 2017.
I. Ansori, B. Endang, and A. Yusuf, “Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Prestasi Belajar Pada Siswa Kelas Viii Sekolah Menengah Pertama,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 5, no. 10, pp. 1–10, 2019.
A. Syakuro, D. Supriawan, and E. Permana, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together terhadap Hasil Belajar Siswa SMK,” J. Mech. Eng. Educ., vol. 4, no. 1, p. 6, 2017, doi: 10.17509/jmee.v4i1.7434.
R. Tatang, “Pengaruh Penggunaan Media Power Point Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa ( The Effect of the Powerpoint Media and the Learning Motivation Towards Student ’ s Learning Outcomes ),” JTPPm (Jurnal Teknol. Pendidik. dan Pembelajaran), vol. 3, no. 1, pp. 32–41, 2016.
A. Andini, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Word Wall terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Sistem Periodik Unsur,” p. 9, 2022.
U. Supriyadi, L. Marlina, and I. Sriyanti, “E-Module Pada Materi Suhu, Pemuaian, dan Kalor: Valid dan Praktis,” J. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 5, no. 2, p. 201, 2021, doi: 10.20527/jipf.v5i2.3787.
W. Widada and A. Rosyidi, “Perancangan Media Pembelajaran Fisika SMP Berbasis Multimedia Interaktif,” J. Ilm. IT CIDA, vol. 3, no. 2, pp. 53–68, 2018, doi: 10.55635/jic.v3i2.56.
R. Wahab, S. Saprudin, and R. Achmad, “E-Modul Interaktif Materi Kalor untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama,” J. Lumin. Ris. Ilm. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 1, pp. 33–38, 2023, doi: 10.31851/luminous.v4i1.10967.
P. Mata and P. Ipa, “PENERAPAN MEDIA E-BOOK BEREKSTENSI EPUB UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA SMP,” vol. 4, no. 1, pp. 0–5, 2017.
M. A. Nisa and R. Susanto, “Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar,” JPGI (Jurnal Penelit. Guru Indones., vol. 7, no. 1, p. 140, 2022, doi: 10.29210/022035jpgi0005.
K. Pada, M. Pelajaran, P. K. K. Melalui, and S. M. K. N. Kendal, “Jurnal Pendidikan Sultan Agung,” Buku, vol. 1, no. 005, pp. 198–205, 2021.
M. Miftah and C. A. Lamasitudju, “Penerapan Qugamee (Quiz dan Game Edukasi) Interaktif pada Pembelajaran IPA-Fisika Menjadi Lebih Menyenangkan dengan Menggunakan Wordwall,” J. Kreat. Online, vol. 10, no. 1, pp. 75–84, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jko
Mahfud, “pengembangan instrumen evaluasi pembelajaran sejarah berbasis aplikasi web wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA di MA Darul Huda Giri Kabupaten Banyuwangi,” pp. 1–23, 2018.
I. Kartiko and H. L. Mampouw, “Pengembangan E-Modul Berbasis Aplikasi Android pada Materi Perbandingan Berbalik Nilai,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 2, pp. 1700–1710, 2021, doi: 10.31004/cendekia.v5i2.695.
S. Deti Nurhamidah, A. Sujana, and D. A. Karlina, “Pengembangan Media Berbasis Android Pada Materi Sistem Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa,” J. Cakrawala Pendas, vol. 8, no. 4, pp. 1318–1329, 2022, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i2.3190
D. A. N. Hasil, B. Matematika, and P. Didik, “Pengaruh penggunaan game edukasi wordwall terhadap motivasi dan hasil belajar matematika peserta didik,” vol. 07, no. 02, pp. 105–115, 2022.
M. A. PENELITIAN Lokasi and dan Sampel Penelitian, “kd_Tasik_1004077_Chapter3,” pp. 23–37, 2013.
S. Dunakhri, “Uji Reliabilitas dan Normalitas Instrumen Kajian Literasi Keuangan,” Prosding Semin. Nas. Lemb. Penelit. Univ. Negeri Makassar, pp. 1–4, 2019.
M. Oktavia, A. T. Prasasty, and Isroyati, “Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test,” Simp. Nas. Ilm. dengan tema (Peningkatan Kualitas Publ. Ilm. melalui Has. Ris. dan Pengabdi. Kpd. Masyarakat), no. November, pp. 596–601, 2019, doi: 10.30998/simponi.v0i0.439.
S. Amanda, L. K. Muharrami, I. Rosidi, and M. Ahied, “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Yang Berbasis Sets,” Nat. Sci. Educ. Res., vol. 1, no. 1, pp. 57–64, 2018, doi: 10.21107/nser.v1i1.4199.
U. Usmadi, “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas),” Inov. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 50–62, 2020, doi: 10.31869/ip.v7i1.2281.
L. L. Syarifah, Y. Yenni, and W. K. Dewi, “Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Aspek Kognitif,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 4, no. 2, pp. 1259–1272, 2020, doi: 10.31004/cendekia.v4i2.335.
G. Gunawan, A. Harjono, and I. Imran, “Pengaruh Multimedia Interaktif Dan Gaya Belajar Terhadap Penguasaan Konsep Kalor Siswa,” J. Pendidik. Fis. Indones., vol. 12, no. 2, pp. 118–125, 2016, doi: 10.15294/jpfi.v12i2.5018.
Nur Syazwani Abdul Talib, Mohd Mahzan Awang, Kamarulzaman Abdul Ghani, and Nur Azuku Yusuff, “Penggunaan Multimedia Dalam Mata Pelajaran Sejarah,” Insa. Online J. Lang. Commun. Humanit., vol. 2, no. No. 2, pp. 76–88, 2019, [Online]. Available: http://103.101.244.124/journal/index.php/insaniah/article/view/57
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.