Efforts Of Teacher in Formulating Relevant Student Learning in The Digital Era
Upaya-upaya Guru dalam Memformulasi Belajar Siswa yang Relevan di Era Digital
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6071Keywords:
Teacher's Efforts, Digitalization, Learning FormulationAbstract
This study aims to explore how teachers can utilize digital platforms to create relevant and engaging learning experiences in the digital era. The research employs a qualitative literature review method. The data analysis method used is content analysis, where findings from various sources are compared to identify patterns and draw conclusions that support the research argument. The results of this study indicate that digitalization has significantly entered the educational space, supported by educational platforms that have transformed learning styles into more engaging and easily accessible formats for students.
Downloads
References
M. Amin and A. Kholidy, “Work Readiness Bagi Gen Z: Peluang Dan Tantangan,” J. Publ. Ilmu Manaj. dan E-Commerce, vol. 2, no. 3, pp. 197–205, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.30640/digital.v2i3.1325
L. Y. Hastini, R. Fahmi, and H. Lukito, “Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?,” J. Manaj. Inform., vol. 10, no. 1, pp. 12–28, 2020, doi: 10.34010/jamika.v10i1.2678.
U. Usmeldi, R. Amini, and R. Darni, “Pelatihan Pembuatan E-Modul Interaktif berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru SD dan SMP di Kapau Kabupaten Agam,” J. Pengabdi. Pada Masy., vol. 8, no. 3, pp. 614–622, 2023, doi: 10.30653/jppm.v8i3.345.
D. S. Nahdi, A. Rasyid, and U. Cahyaningsih, “Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Melalui Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” BERNAS J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 1, no. 2, pp. 76–81, 2020, doi: 10.31949/jb.v1i2.234.
Y. Intaniasari and R. D. Utami, “Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran dan Program Literasi Sekolah,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, pp. 4987–4998, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2996.
S. Silvester, P. D. Purnasari, B. T. Aurelly, and R. Gunawan, “Analisis Kemampuan Guru Penggerak Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Wilayah Perbatasan Dalam Perspektif Literasi Teknologi Digital,” Sebatik, vol. 26, no. 2, pp. 412–419, 2022, doi: 10.46984/sebatik.v26i2.1978.
W. Winarti, S. Nurhayati, N. Rukanda, S. Musa, R. Jabar, and E. E. Rohaeti, “Analisis Kompetensi Digital Guru PAUD dalam Mengelola Pembelajaran Daring Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 6, pp. 5621–5629, 2022, doi: 10.31004/obsesi.v6i6.3111.
A. Abdullah, J. Copriady, B. Holiwarni, H. Herdini, and A. Ardiansyah, “Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Socrative Untuk Meningkatkan Literasi Digital Guru di Kecamatan Pangkalan Kuras,” Publ. Pendidik., vol. 11, no. 1, p. 42, 2021, doi: 10.26858/publikan.v11i1.14951.
H. Gazali, Islam Untuk Generasi-Z. Jakarta, 2019.
I. E. Prastiwi, “Digitalisasi Retail Sebagai Pemberdayaan Ekonomi Berbasis Masjid Dalam Tatanan New Normal,” Pros. Semin. Nas. Call Pap., no. November, pp. 531–542, 2020, [Online]. Available: http://prosiding.stie-aas.ac.id/index.php/prosenas/article/view/92
A. F. Syaputra, D. Hidayati, and N. Maya, “DIGITALISASI PENDIDIKAN PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA,” J. Syntax Dmiration, vol. 4, no. 11, pp. 2273–2292, 2023.
B. Sitompul, “Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 3, pp. 13953–13960, 2022, doi: 10.31004/jptam.v6i3.4823.
D. Y. Nama and F. S. TANGGUR, “Disparitas Media Pembelajaran Pada Era Digitalisasi Pendidikan Di Wilayah Perbatasan Ri-Rdtl (Refleksi Pembelajaran Online Daerah Perbatasan),” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 295–305, 2022, doi: 10.37792/jukanti.v5i2.797.
H. Hikmawati, K. I. W. Sari, M. Malkan, T. G. Andani, and F. N. Habibah, “Pengembangan Literasi Digital Guru dan Siswa Melalui Program Kampus Mengajar di SMPN 19 Mataram,” Unram J. Community Serv., vol. 2, no. 3, pp. 83–88, 2021, doi: 10.29303/ujcs.v2i3.71.
A. J. Sodik, M. K. Rosyid, Nurlaila, W. Wargadinata, and Syukran, “Digitization of Teaching Qawâid ’Arabiyyah At Uin Fatmawati Sukarno Bengkulu,” J. Lughawiyah, vol. 5, no. 1, pp. 83–98, 2023.
P. W. Saputra and I. G. D. Gunawan, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Digital Dalam UpayaMeningkatkan Efektivitas PembelajaranDi Masa Covid-19,” Pros. Semin. Nas. IAIN Tampung Penyang Palang Karaya, no. 3, pp. 86–95, 2021, [Online]. Available: https://prosiding.iahntp.ac.id
A. S. Hidayati A, “Pengembangan BUKATBER (Buku Kata Bergambar) Berbasis NAdroid Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis,” J. Lesson Learn. Stud., vol. 3, no. 2, pp. 153–154, 2020.
Y. F. Nadirah, P s i k o l o g i. 2019.
A. Ghofur, Wasis, and U. D. Putri, “Blended Learning-the Learning Method for Gen Z,” Pros. Semin. Nas. Fis., vol. 3, pp. 54–59, 2019, [Online]. Available: https://fisika.fmipa.unesa.ac.id/proceedings/index.php/snf/article/view/106
A. Hamzah, Metode Penelitian Kepustakaan. Malang: Literasi Nusantara Abadi, 2020.
N. Larassati and A. Fauzi, “Strategi Meningkatkan Kualitas Layanan Melalui Digitalisasi Perbankan di BSI Trade Center Kota Kediri,” J. At-Tamwil Kaji. Ekon. Syariah, vol. 4, no. 2, pp. 202–217, 2022, doi: 10.33367/at.v4i2.1473.
M. A. Prayitno and W. Fadly, “Pelatihan Pemanfaatan dan Pendampingan Pembuatan QRIS (QR Code Indonesian Standard) Sebagai Media Digitalisasi ZIS di Desa Glinggang Kabupaten Ponorogo,” Bubungan Tinggi J. Pengabdi. Masy., vol. 4, no. 2, p. 543, 2022, doi: 10.20527/btjpm.v4i2.5254.
A. A. L. Gunawan and A. Winarti, “Pengaruh Aplikasi Dompet Digital Terhadap Transaksi Dimasa Kini,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 5, pp. 352–356, 2022.
Romadhona, “Teknologi Jadi Nafas Gen Z, Tonggak Penentu Indonesia Maju,” umsida. [Online]. Available: https://umsida.ac.id/8-karakteristik-gen-z-yang-jadi-penentu-indonesia/
A. Sakti, “Meningkatkan Pembelajaran Melalui Teknologi Digital,” J. Penelit. Rumpun Ilmu Tek., vol. 2, no. 2, pp. 212–219, 2023, [Online]. Available: https://doi.org/10.55606/juprit.v2i2.2025
N. Agustian and U. H. Salsabila, “Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran,” Islamika, vol. 3, no. 1, pp. 123–133, 2021, doi: 10.36088/islamika.v3i1.1047.
M. N. Ridho, “Pengenaan Pajak Pertambahan Nilai (Ppn) Pada Transaksi E-Commerce,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.58258/jisip.v5i1.1765.
Y. Fitriani, “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Penyajian Konten Edukasi Atau Pembelajaran Digital,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 5, no. 4, pp. 1006–1013, 2021, doi: 10.52362/jisamar.v5i4.609.
C. Sri, H. Ratih, and H. Sudradjat, “Pemanfaatan Tik Tok Sebagai Platform Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Brand Awareness Butik Aishable,” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 4, no. 3, pp. 415–426, 2022, doi: 10.37531/sejaman.v4i3.2785.
N. H. Hanifah, M. Syifa, P. Prasetyo, and ..., “Analisis Iklan Ruangguru: Beragam Fitur Belajar Seru# CumaAdaDiRuangguru,” … Nas. Desain dan …, pp. 900–912, 2023, [Online]. Available: https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/semnasdesainmedia/article/viewFile/6915/2083
A. A. Rokhim and E. F. Rusydiyah, “Pemanfaatan Massive Open Online Courses Dalam Pembelajaran Al Qur’an Di Era Digital,” EDURELIGIA J. Pendidik. Agama Islam, vol. 5, no. 2, pp. 83–96, 2021, doi: 10.33650/edureligia.v5i2.2518.
O. Marpaung, “Pengaruh Pengetahuan Penggunaan Fintech (Ovo Dan Gopay) Terhadap Literasi Keuangan,” J. Akunt. dan Perpajak. Jayakarta, vol. 2, no. 2, pp. 77–85, 2021, doi: 10.53825/japjayakarta.v2i2.57.
D. Gojek, G. A. Pratiwi, R. M. Almakhsum, and R. D. Setiyawati, “Kontestasi Start-up Ojek Online di Indonesia : Strategi Promosi,” 2024.
L. V. Hanif, “Platform Digital Adalah,” 2023. [Online]. Available: https://toffeedev.com/blog/business-and-marketing/platform-digital-adalah/
M. S. Nindi Silvia Rahmadani, “Aplikasi Pendidikan Online ‘Ruang Guru’ Sebagai Peningkatan Minat Belajar Generasi Milenial Dalam Menyikapi Perkembangan Revolusi Industri 4.0,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones., vol. 3, No 2, no. 2, pp. 241–246, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/3179
D. A. K. Arisanti, “Analisis Kurikulum Merdeka Dan Platform Merdeka Belajar Untuk Mewujudkan Pendidikan Yang Berkualitas,” J. Penjaminan Mutu, vol. 8, no. 02, pp. 243–250, 2022, doi: 10.25078/jpm.v8i02.1386.
D. P. Ayu and R. Amelia, “Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis E-Learning Di Era Digital,” Semin. Nas. Bhs. dan Sastra Indones., pp. 56–61, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SAMASTA/index
A. R. Wulandari, M. Masturi, and F. Fakhriyah, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 6, pp. 3779–3785, 2021, doi: 10.31004/edukatif.v3i6.1251.
E. Erlina, E. Lokaria, and L. A. Purwasih, “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Puzzle,” J. Elem. Sch., vol. 6, no. 2, pp. 260–271, 2023, doi: 10.31539/joes.v6i2.6663.
D. A. Bujuri, M. Sari, T. Handayani, and A. D. Saputra, “Penggunaan media sosial dalam pembelajaran: analisis dampak penggunaan media Tiktok terhadap motivasi belajar siswa di Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 10, no. 2, p. 112, 2023, doi: 10.30659/pendas.10.2.112-127.
A. Dewanta, “Pemanfaatan aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran bahasa Indonesia,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Bhs., vol. 9, no. 2, pp. 79–85, 2020.
I. M. Laily, A. P. Astutik, and B. Haryanto, “Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam di Era 4.0,” Munaddhomah J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 160–174, 2022, doi: 10.31538/munaddhomah.v3i2.250.
A. M. Rohim and D. Yulianti, “Pembelajaran Fisika Berbantuan Aplikasi Instagram untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,” Unnes Phys. Educ. J. Terakreditasi SINTA, vol. 9, no. 2, pp. 149–157, 2020, [Online]. Available: https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej/article/view/41921
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.