Use of Geometrics Forest Worksheet Media to Improve Concentration Ability in Children Aged 4-5 Years at Kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Jetis Sidoarjo
Penggunaan Media Geometrics Forest Worksheet Guna Meningkatkan Kemampuan Konsentrasi Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Jetis Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6063Keywords:
Improving concentration ability,, Media Geometrics Forest Worksheet, Early Childhood EducationAbstract
Concentration is the ability to concentrate and focus on doing something. There are 75% of children aged 4-5 years who lack concentration at Aisyiyah Busthanul Athfal 2 Jetis Sidoarjo Kindergarten. Researchers use the Media Geometrics Forest Worksheet. Visual learning media which contains 3D elements in the form of a forest-themed scrapbook, measuring 15x20 cm containing images of geometric patterns of symbols (fruit and animals). This research uses the Classroom Action Research Method using a model according to Kemmis & Mc Taggart. Class action uses cycle I and cycle II stages. In cycle I activities achieved success with an average of 49% while cycle II reached 79%. From the percentage increase in the average value of cycle I and cycle II using the Geometrics Forest Worksheet media, it was stated that it was successful in increasing the concentration of children aged 4-5 years at Kindergarten Aisyiyah Busthanul Athfal 2 Jetis Sidoarjo.
Downloads
References
W. Chalidaziah, “Kondisi Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak X,” Aṭfālunā: Journal of Islamic Early Childhood Education, vol. 1, no. 1, pp. 24–28, Jun. 2018, doi: 10.32505/atfaluna.v1i1.771.
“UPAYA MENINGKATKAN PERHATIAN ANAK MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA TANGAN PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA JOGOYUDAN YOGYAKARTA.”
S. H. Khotimah, T. Sunaryati, and S. Suhartini, “Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 676, Aug. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.683.
“267824551”.
Ni’matuzahroh and S. Prasetyaningrum, Observasi : Teori dan Aplikasi dalam Psikologi. 2018.
“ANALISIS TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR SISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR.”
“IKHFA NUR FITRIANA_BAB 2”.
S. H. Khotimah, T. Sunaryati, and S. Suhartini, “Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini,” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 676, Aug. 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.683.
J. U. Dini, M. P. Manurung, and D. Simatupang, “Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai,” 2019.
M. Berliyani, M. T. B. S. Jaya, and M. Surahman, “Aktivitas Permainan Kartu Huruf Bergambar Meningkatkan Perkembangan Keaksaraan Anak,” Jurnal Pendidikan Anak, vol. 3, no. 1, 2017, Accessed: Mar. 07, 2024. [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/294952993.pdf
R. T. Puspita and S. Junanto, “Implementasi Penggunaan Media Visual Kartu Bergambar Dalam Mengenal Huruf Pada Anak Berkebutuhan Khusus Di TKLB-SLB Negeri Klaseman Gatak Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017,” IAIN Surakarta, Surakarta, 2018.
L. Masruro and G. Gunansyah, “PENGGUNAAN MEDIA CERITA BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI IPS KELAS III SD YPI DARUSSALAM CERME-GRESIK,” 2018.
W. Astuti et al., “PENGARUH MEDIA KARTU BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI JAMUR DI SMA.”
Rusmono and M. I. Alghazali, “Pengaruh Media Cerita Bergambar Dan Literasi Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, vol. 21, no. 3, pp. 269–282, Dec. 2019, doi: 10.21009/jtp.v21i3.13386.
D. Ayu Kesumadewi, A. A. Gede Agung, N. Wayan Rati, and P. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, “MODEL PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN MEDIA CERITA BERGAMBAR MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA SD,” vol. 8, no. 2, pp. 303–314, 2020.
S. Salingkat, T. Bidjai, and F. Yalumani, “PENERAPAN MEDIA GAMBAR SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KOSENTRASI BELAJAR ANAK USIA DINI,” Damhil Education Journal, vol. 2, no. 2, p. 96, Nov. 2022, doi: 10.37905/dej.v2i2.1590.
“MODUL PELATIHAN PENDIDIKAN PROFESI GURU FAKULTAS TEKNIK, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.”
J. U. Dini, M. P. Manurung, and D. Simatupang, “Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai,” 2019.
C. J. Stewart and W. B. Cash, INTERVIU : Prinsip dan Praktik. Salemba Humania, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. 2017.
Ni’matuzahroh and S. Prasetyaningrum, Observasi : Teori dan Aplikasi dalam Psikologi. UMM Press, 2018.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.