Literature Review: Arabic Language Learning Media in the Industrial Age 5.0
Literatur Review : Media Pembelajaran Bahasa Arab di Era Industri 5.0
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.6017Keywords:
Industrial Age 5.0, Arabic Language, Modern Learning MediaAbstract
This study identifies various types of digital learning media that can and have been implemented, ranging from social media to mobile applications to online learning platforms. It also explores the usefulness of digital media for Arabic language learning. An in-depth analysis of previous studies revealed that the integration of technology in Arabic language learning has great potential to improve the quality of learning, and the development of language skills, but it is also important to consider factors such as teacher readiness, technological accessibility and relevance of content to students' needs with Arabic language learning.
Downloads
References
A. H. Syahid, “Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Kajian Teoretis Pemerolehan Bahasa Arab Pada Siswa Non-Native),” Arab. J. Pendidik. Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 2, no. 1, pp. 86–97, 2020, doi: 10.15408/a.v2i1.1797.
A. Effendi, “zawahirul lughatil alarabiyyah wa mushkilaatin ’amaliyyah ta’liimiha lilnaatiqina bighayriha,” J. English Arab. Lang. Teach., vol. 4, no. 1, pp. 93–124, 2019.
A. Nurcholis and S. I. Hidayatullah, “Tantangan Bahasa Arab sebagai Alat Komunikasi di Era Revolusi Industri 4.0 pada Pascasarjana IAIN Tulungagung,” Arab. J. Bhs. Arab, vol. 3, no. 2, p. 283, 2019, doi: 10.29240/jba.v3i2.999.
Nandang Sarip Hidayat, “Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Oleh: Nandang Sarip Hidayat,” An-Nida’, vol. 37, no. 1, pp. 82–88, 2019.
Al-ihda, “kafa’at mudaris allughat alearabiat fi astikhdam alwasayil altaelimia (dirasat wasfiat fi almadrasat althaanawiat al’iislamiat alhukumiat 2 faydaa),” vol. 8, no. 2, pp. 1–35, 2020.
S. N. Aminah, “Metode-Metode Pembelajaran Bahasa Arab,” Pros. Semnasbam, vol. 1, p. hal.166, 2020.
A. V. Prananingrum, I. N. Rois, and A. Sholikhah, “KAJIAN TEORITIS MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB,” Kaji. Teor. Media Pembelajaran Bhs. Arab, pp. 303–319, 2020.
B. H. Husein, Media pembelajaran efektif. 2020.
M. Hasan, Milawati, Darodjat, H. Khairani, and T. Tahrim, Media Pembelajaran. 2021.
S. Haq, “Pembelajaran Bahasa Arab di Era Digital: Problematika dan Solusi dalam Pengembangan Media,” MUKADIMAH J. Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sos., vol. 7, no. 1, pp. 211–222, 2023, doi: 10.30743/mkd.v7i1.6937.
M. E. I. B. Mushfi, “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning,” TARBIYATUNA Kaji. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 29–40, 2019.
D. Safri, S. Negeri, and R. Ampat, “Pengaruh Keterampilan Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di SMP Negeri 18 Raja Ampat,” J. Pendidik., vol. 8, no. 1, pp. 30–36, 2020.
L. Fauziyah, “Merancang unit belajar digital dalam pengajaran bahasa arab pada siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri,” vol. 1.
H. Jamil and N. Agung, “Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif,” Alibbaa’ J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 3, no. 1, pp. 38–51, 2022, doi: 10.19105/ajpba.v3i1.5536.
S. Norkhafifah and N. Syahabuddin, “Desain Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Informasi Di Era New Normal,” Al Mi’yar J. Ilm. Pembelajaran Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 5, no. 1, p. 53, 2022, doi: 10.35931/am.v5i1.908.
D. D. Sari and R. Zulmaulida, “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis MOODLE terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII,” Suska J. Math. Educ., vol. 7, no. 2, p. 75, 2021, doi: 10.24014/sjme.v7i2.14674.
N. Stocks, metode penelitian kualitatif. 2021.
E. A. Cahyono, Sutomo, and A. Harsono, “Literatur Review: Panduan Penulisan dan Penyusunan,” J. Keperawatan, p. 12, 2019.
A. N. Putri and M. A. K. Hasan, “Penerapan kecerdasan buatan sebagai media pembelajaran bahasa arab di era society 5.0,” Tarling J. Lang. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 69–80, 2023.
M. Hilmi and N. Hasaniyah, “Penerapan Media Pembelajaran Digital dalam Pengajaran Bahasa Arab,” ICONTIES (International Conf. Islam. Civiliz. Humanit., pp. 488–496, 2023.
H. Jamil and N. Agung, “Tantangan Pembelajaran Bahasa Arab Di Era Society 5.0: Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Interaktif,” Alibbaa’ J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 3, no. 1, pp. 38–51, 2022.
D. Gemilang and H. Listiana, “Teaching Media in the Teaching of Arabic Language/ Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Bahasa Arab,” ATHLA J. Arab. Teaching, Linguist. Lit., vol. 1, no. 1, pp. 49–64, 2020, doi: 10.22515/athla.v1i1.3048.
R. Marini, “Pengaruh media sosial tik tok terhadap prestasi belajar peserta didik di SMPN 1 Gunung Sugih Kab. Lampung Tengah.” UIN Raden Intan Lampung, 2019.
Y. A. Bansa, D. Veronica, and R. Rosita, “The Use of Track-Changes and WhatsApp Group as Media on English Structure Learning in Higher Education,” in The 3rd Green Development International Conference (GDIC 2020), Atlantis Press, 2021, pp. 61–65.
N. A. Audina and M. Muassomah, “Instagram: Alternatif Media dalam Pengembangan Maharah Al-Kitabah,” Al-Ta’rib J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. Arab IAIN Palangka Raya, vol. 8, no. 1, pp. 77–90, 2020, doi: 10.23971/altarib.v8i1.1986.
M. S. Riqza and M. Muassomah, “Media sosial untuk pembelajaran bahasa Arab pada masa pandemi: Kajian kualitatif penggunaan whatsapp pada sekolah dasar di Indonesia,” Alsina J. Arab. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 71–94, 2020.
M. A. Mustofa, “Analisis penggunaan WhatsApp sebagai media pembelajaran bahasa Arab di era industri 4.0,” Arab. J. Bhs. Arab, vol. 4, no. 2, p. 333, 2020.
N. A. Audina and M. Muassomah, “Instagram: Alternatif Media dalam Pengembangan Maharah Al-Kitabah,” Al-Ta’rib J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. Arab IAIN Palangka Raya, vol. 8, no. 1, pp. 77–90, 2020.
S. Fuadah, “Penggunaan Media Instagram @Nahwu_Pedia dalam Mahārah Al Qira’ah dan Mahārah Al Kitabah Mahasiswa Bahasa Arab,” Stud. Arab, vol. 11, no. 2, pp. 137–151, 2020, doi: 10.35891/sa.v11i2.2513.
A. M. Qoirunnisa, “Penerapan media audio visual berbasis whatsapp pada pembelajaran bahasa arab siswa MI,” 2021.
M. Indarsih and D. Pangestu, “Pemanfaatan platform youtube sebagai media pembelajaran, dalam meningkatkan kreativitas mahasiswa universitas bina sarana informatika,” Akrab Juara J. Ilmu-ilmu Sos., vol. 6, no. 3, pp. 43–52, 2021.
H. Sa`diyah and I. Alfian, “Whatsapp Small Groups sebagai Media Pembelajaran Maharah Al-Kalam di Masa DARING,” Arabia, vol. 13, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.21043/arabia.v13i1.10217.
Rahmat Linur and Mahfuz Rizqi Mubarak, “Facebook Sebagai Alternatif Media Pengembangan Maharah Kitabah,” J. Naskhi J. Kaji. Pendidik. dan Bhs. Arab, vol. 2, no. 1, pp. 8–18, 2020, doi: 10.47435/naskhi.v2i1.154.
N. Syafiqah, N. Z. Ahmad, H. Yahaya, and I. Y. Abdelhamid, “Persepsi pelajar mengenai Facebook dalam mempelajari kemahiran bertutur Bahasa Arab,” Int. J. Educ. Sci. Lang. Arts 2021, vol. 2, no. 2, pp. 1–10, 2021.
I. N. Rois and C. E. Setyawan, “Penggunaan Aplikasi Telegram sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran Bahasa Arab Peminatan di MAN 1 Kulon Progo,” Proceeding Annu. Int. Symp. Arab. Lang. Cult. Lit., vol. 1, no. 1, pp. 59–68, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/aisall/article/view/4348
A. Zubaidi, J. Junanah, and M. J. Shodiq, “Pengembangan Media Pembelajaran Mahârah Al-Kalâm Berbasis Media Sosial Menggunakan Aplikasi Tiktok,” Arab. J. Arab. Stud., vol. 6, no. 1, pp. 119–134, 2021.
M. Taubah and M. N. Hadi, “Aplikasi Tik Tok sebagai media pembelajaran maharah kalam,” J. Mu’allim, vol. 2, no. 1, pp. 57–65, 2020.
M. Choiroh, “Evaluasi pembelajaran bahasa Arab berbasis media e-learning,” Naskhi J. Kaji. Pendidik. Dan Bhs. Arab, vol. 3, no. 1, pp. 41–47, 2021.
N. M. E. Juniartini and I. W. Rasna, “Pemanfaatan aplikasi Google Meet dalam keterampilan menyimak dan berbicara untuk pembelajaran bahasa pada masa pandemi Covid-19,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Bhs. Indones., vol. 9, no. 2, pp. 133–141, 2020.
H. Hamidah and M. Marsiah, “Pembelajaran maharah al-istima’dengan memanfaatkan media youtube: problematika dan solusi,” Al-Ta’rib J. Ilm. Progr. Stud. Pendidik. Bhs. Arab IAIN Palangka Raya, vol. 8, no. 2, pp. 147–160, 2020.
R. Sulistyawati and D. Hilmi, “Efektivitas Zoom Cloud Meeting sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Online di UIN Sunan Ampel Surabaya,” Tarbiyatuna J. Pendidik. Ilm., vol. 6, no. 2, pp. 145–156, 2021.
M. R. Mubarak, N. Wahdah, A. M. Ilmiana, and H. Hamidah, “Zoom cloud meeting: Media alternatif dalam pembelajaran maharah kalam di tengah wabah Virus Corona (Covid-19),” Arab. J. Bhs. Arab, vol. 4, no. 2, pp. 211–226, 2020.
R. Linur and M. R. Mubarak, “Facebook sebagai alternatif media pengembangan maharah kitabah,” Naskhi J. Kaji. Pendidik. Dan Bhs. Arab, vol. 2, no. 1, pp. 8–18, 2020.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.