The Relationship Between Social Support And Academic Stress In Students At SMA Al-Islam Krian
Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Pelajar Di SMA Al-Islam Krian
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5929Keywords:
Academic Stress, Social Support, teenagerAbstract
When someone experiences academic stress, managing stress is very important. One way to deal with stress is to ask for help and support from the people closest to you. A sense of appreciation or appreciation can be felt by individuals who receive the social and emotional support they receive. This research uses quantitative methods. The population of this study consisted of 1,308 active students at Al-Islam Krian High School, with 213 students selected as simple random sample using a Likert scale. The hypothesis analysis used is a correlation test assisted by SPSS based on the results of data processing that has been carried out. The results of the tests that have been carried out show a correlation of -0.225 with a significance of 0.001 <0.005, which means that there is a negative correlation between the independent variable (social support) and the dependent variable. (Academic stress) but is classified as weak.
Downloads
References
N. S. Wahyuni, “Hubungan dukungan sosial teman sebaya dengan kemampuan bersosialisasi pada Siswa SMK negeri 3 medan,” J. Divers., vol. 2, no. 2, pp. 1–11, 2016.
A. A. A. Rianika and P. Nugrahaeni, “Hubungan Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Motivasi Berprestasi pada Remaja Awal di Kota Denpasar,” vol. 6, no. 2, pp. 261–269, 2019.
M. R. Rahadiansyah and A. Chusairi, “Pengaruh Dukungan Sosial Teman Sebaya terhadap Tingkat Stres Mahasiswa yang Mengerjakan Skripsi,” Bul. Ris. Psikol. dan Kesehat. Ment., vol. 1, no. 2, pp. 1290–1297, 2021, doi: 10.20473/brpkm.v1i2.29077.
N. M. Yusuf, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik,” vol. 13, no. 02, pp. 4–5, 2020.
N. Hayati and T. Tatiyani, “Hubungan Antara Self Effikasi Dan Dukungan Sosial Denganstress Akademik Pada Pembelajaran Daring Di Kalangan Mahasiswa Upi Yai Angkatan 2019,” Psikol. Kreat. Inov., vol. 2, no. 3, pp. 13–25, 2022, doi: 10.37817/psikologikreatifinovatif.v2i3.2503.
A. H. Budiani et al., “Hubungan antara stres akademik dan dukungan sosial teman dengan flow akademik mahasiswa (relationship between academic stress and peer social support with student academic flow),” J. Ilm. Psikol. Mind Set, vol. 12, no. 2, pp. 65–77, 2021.
F. Nurmaliyah, “Menurunkan Stres Akademik Siswa dengan Menggunakan Teknik Self-Instruction,” vol. 2, no. 3, pp. 273–282, 2014.
V. Priskila and S. I. Savira, “Hubungan antara self regulated learning dengan stres akademik pada siswa kelas XI SMA negeri X Tulungagung dengan sistem full day school,” J. Penelit. Psikol., vol. 6, no. 3, pp. 1–7, 2019.
M. Barseli, R. Ahmad, and I. Ifdil, “Hubungan stres akademik siswa dengan hasil belajar,” J. Educ. J. Pendidik. Indones., vol. 4, no. 1, pp. 40–47, 2018, doi: 10.29210/120182136.
O. Hamalik, psikologi remaja dimensi dimensi perkembangan. bandung: mandar maju, 1995.
Dianita Maulinda and Makmuroh Sri Rahayu, “Pengaruh Mindfulness terhadap Stres Akademik pada Siswa SMAN X Cianjur di Masa Pandemi COVID-19,” J. Ris. Psikol., vol. 1, no. 2, pp. 100–108, 2022, doi: 10.29313/jrp.v1i2.461.
S. M. Astry Safiany, “Hubungan self efficacy dan dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pada siswa-siswi kelas,” IKRAITH-humanira, vol. 2, no. 3, pp. 87–95, 2018.
L. Syachfitri, R. Fadhiya, and S. Rahman, “JOTE Volume 4 Nomor 3 Tahun 2023 Halaman 532-540 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Tingkat Stres Akademik pada Remaja,” vol. 4, pp. 532–540, 2023.
Taufik, Ifdil, and Z. Ardi, “Kondisi stres akademik siswa sma negeri di kota padang IICE-multikarya kons (padang-indonesia) dan IKI-ikatan konselor indonesia,” J. Konseling dan Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 143–150, 2013.
primalita putri Distina, “Intervensi Mindful Breathing Untuk Mengatasi Stres Akademik pada,” vol. 3, no. 2, 2021.
H. A. Mulya and E. S. Indrawati, “Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitass Diponegoro Semarang,” J. EMPATI, vol. 5, no. 2, pp. 296–302, 2017.
S. M. Jannah, “Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Yang Menjalani Pembelajaran Jarak Jauh Akibat Covid-19,” J. EMPATI, vol. 10, no. 4, pp. 255–259, 2021, doi: 10.14710/empati.2021.32580.
A. D. Nindyati, “Kecerdasan Emosi Dan Stres Akademik Mahasiswa: Peran Jenis Kelamin Sebagai Moderator Dalam Sebuah Studi Empirik Di Universitas Paramadina,” J. Psychol. Sci. Prof., vol. 4, no. 2, p. 127, 2020, doi: 10.24198/jpsp.v4i2.25505.
M. F. Faqih, “Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa Malang yang bekerja,” Etheses.Uin-Malang, p. 116, 2020.
N. Z. Septiana, “Hubungan Antara Stres Akademik Dan Resiliensi Akademik Siswa Sekolah Dasar Di Masa Pandemi Covid-19 the Relationship Between Academic Stress and Academic Resilience of Primary School Students in the Pandemic Covid-19,” SITTAH J. Prim. Educ., vol. 2, no. 1, pp. 49–64, 2021.
D. N. Aulia Puspa Lestari Tari, “Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik sat pandemi covid-19 pada mahasiswa fakultas psikologi dan ilmu pendidikan semester 3 di universitas muhammdaiyah sidoarjo,” vol. 7, pp. 1–15, 2020, doi: 10.21070/acopen.6.2022.2193.
R. A. Rahayu, S. Kusdiyati, and I. S. Borualogo, “Pengaruh Stress Akademik terhadap Resiliensi Pada Remaja di Masa Pandemi COVID-19,” no. August, 2021, doi: 10.29313/.v0i0.28372.
Y. H. Indah Indria, Juliarni Siregar, “HUBUNGAN ANTARA KESABARAN DAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA DI PEKANBARU,” vol. 13, no. 1, pp. 21–34, 2002.
N. N. I. P. Wistarini and A. Marheni, “Peran dukungan sosial keluarga dan efikasi diri terhadap stres akademik mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana angkatan 2018,” J. Psikol. Udayana Ed. Khusus Psikol. Pendidik., vol. 000, pp. 164–173, 2019.
Aza N.I, Atmoko A, and Hitipeuw I, “Kontribusi Dukungan Sosial, Self-Esteem, dan Resiliensi terhadap Stres Akademik Siswa SMA,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 4, no. 4, pp. 491–498, 2019.
A. Safiany and A. S. Maryatmi, “Hubungan Self Efficacy dan Dukungan Sosial Teman Sebaya dengan Stres Akademik pada Siswa-Siswi Kelas XI di SMA Negeri 4 Jakarta Pusat,” IKRAITH-humanira, vol. 2, no. 3, pp. 87–95, 2018.
Y. A. Saputro and R. Sugiarti, “Pengaruh dukungan sosial teman sebaya dan konsep diri terhadap penyesuaian diri pada siswa sma kelas X,” Philanthr. J. Psychol., vol. 5, no. 1, pp. 59–72, 2021, doi: 10.26623/philanthropy.v5i1.3270.
I. Arum, R. P., & Wibawanti, “Hubungan antara Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Dengan Stres Akademik Pada mahasiswa yang sedang menyelesaikan skripsi di Fakultas Psikologi UPI YAI.,” Psikol. Kreat. Inov., vol. 3, no. 1, pp. 73–84, 2023.
A. A. D. Basar, R. M. Zukhra, and Nopriadi, “Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dengan stres akademik pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19,” Heal. Care J. Kesehat., vol. 10, no. 2, pp. 287–296, 2021, doi: 10.36763/healthcare.v10i2.140.
N. A. Fadliah, S. B. Thalib, and A. Pandang, “Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Stres Akademik Siswa di SMK Negeri 1 Polewali The Effect of Social Support on Student’s Academik Stress at SMK Negeri 1 Polewali,” pp. 1–7, 2020.
U. Estiane, “Pengaruh dukungan sosial sahabat terhadap penyesuaian sosial mahasiswa baru di lingkungan perguruan tinggi,” J. Psikol. Klin. dan Kesehat. Ment., vol. 4, no. 1, pp. 29–40, 2015.
M. Barseli, I. Ifdil, and N. Nikmarijal, “Konsep stres akademik siswa,” J. Konseling dan Pendidik., vol. 5, no. 3, pp. 143–148, 2017, doi: 10.29210/119800.
A. S. Baskoro Arie Nugroho, Christiana Hari Soetjiningsih, “Dukungan sosial orangtua, dukungan sosial teman sebaya dan kecerdasan emosional sebagai prediktor stres akademik siswa smk negeri 1 kedung,” Inq. J. Ilm. Psikol., vol. 10, no. 2, pp. 140–154, 2019.
S. Azwar, Metode Penelitihan Psikologi Edisi II. bandung: pustaka belajar, 2017.
Sugiyono, Metode Penelitihan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. bandung: alfabeta, 2018.
R. Y. Majrika, “Hubungan antara dukungan sosial dengan stres akademik pada remaja sma di sma yogyakarta,” World Dev., vol. 1, no. 1, pp. 1–15, 2018.
A. G. Salmon and D. E. Santi, “Dukungan sosial dengan stres akademik mahasiswa perantau dalam pembelajaran daring di masa pandemi,” Buku Abstr. Semin. Nas., vol. 1, no. 1, pp. 128–135, 2021.
D. Anadita, “Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Stres Akademik pada Siswa yang Mengikuti Pembelajaran Daring,” Borobudur Psychol. Rev., vol. 1, no. 1, pp. 38–45, 2021, doi: 10.31603/bpsr.4867.
E. Hidayat and I. Darmawanti, “Hubungan antara dukungan Sosial dengan stres akademik pada mahasiswa di masa pandemi Covid-19,” Character:JurnalPenelitianPsikologi, vol. 8, no. 9, pp. 166–178, 2022.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
