The Effect of Using PJBL (Project Based Learning) Method on Learning Creativity and Student Learning Outcomes at SDN Balongdowo 1 Candi
Pengaruh Penggunaan Metode PJBL (Project Based Learning) Terhadap Kreatifitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa Di SDN Balongdowo 1 Candi
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5908Keywords:
PJBL, Creativity, Student Learning OutcomesAbstract
Learning that encourages creativity provides opportunities to create ideas to express something new. By involving students to seek experience in completing practical learning and finding unique and innovative solutions. Freedom to students in terms of approaches that are in accordance with talent interests that can encourage student creativity. The purpose of this research is to test the influence of the use of PJBL method on creativity and student learning, then this research wants to know the ability of student learning in PJBL and to analyze how much influence the use of PJBL method. The approach used in this research is quantitative method using experimental method.
Downloads
References
“Pengembangan Bahan Ajar Modul Ilmu Pengetahuan Alambagi Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar.”
H. Belajar, “Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dimana waktu yang dilakukan pada hari selasa , tangal 26 Februari 2020 di SDN telang . Instrumen yangdigunakan peneliti dalam studi pendahuluan ini adalah Angket sebagai alat untuk
memperoleh informasi dari responden tentang diri pribadi , lembar pedoman observasi , sebagai alat untuk mengamati proses kegiatan pembelajaran di kelas . Lembar wawancara digunakan untuk memperoleh informasi dari guru kelas . Instrumen tes hasil belajar ( kognitif ) digunakan untuk mengetahui tingkat ketercapaian hasil belajar siswa . Tes digunakan untukmelihat hasil dari belajar siswa . Pada tehnik pengumpulan data merupakan langkah paling strategis dalam penelitian , karena tujuan utama dari penelitian adalah mendapatkan data . Angket untuk mengetahui apakah materi tersebut sulit di menegrti oleh siswa , Data yang di peroleh dari angket selanjutnya di kuatkan dengan wawancara mendalam dengan guru dengan,” pp. 667–671, 2020.
I. A. Pratiwi, S. D. Ardianti, and I. Artikel, “PENINGKATAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) BERBANTUAN METODE EDUTAINMENT PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL,” vol. 8, no. 2, 2018.
R. Wahyu, “Implementasi Model Project Based Learning ( PJBL ) Ditinjau dari Penerapan Kurikulum 2013,” no. 2009, 2013.
P. A. Islam, M. P. Islam, A. Universitas, and N. Ulama, “PERANAN METODE PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Oleh : Siti Maesaroh,” vol. 1, no. 1, pp. 150–168, 2013.
O. Nurdyansyah, S. Pd, and M. Pd, MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF Diterbitkan oleh 11. 2019.
“PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DARING DALAM MIFTAHUL HUDA Oleh : ULFAH HAMIDATUS SHOFIAH Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan NSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) METRO,” 2020.
U. Azzahra, F. Arsih, and H. Alberida, “BIOCHEPHY : Journal of Science Education PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT-BASED LEARNING ( PjBL ) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI : LITERATURE REVIEW,” vol. 03, no. 1, pp. 49–60, 2023.8 | PageCopyright © Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution License (CC BY). The use, distribution or reproduction in other forums is permitted, provided the original author(s) and the copyright owner(s) are credited and that the original publication in this journal is cited, in accordance with accepted academic practice. No use, distribution or reproduction is permitted which does not comply with these
terms.Conflict of Interest Statement:The author declares that the research was conducted in the absence of any commercial or financial
relationships that could be construed as a potential conflict of interest.
D. Insyasiska, S. Zubaidah, H. Susilo, P. Biologi, and U. N. Malang, “PENGARUH PROJECT BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR , KREATIVITAS , KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS , DAN”.
R. T. Sari and S. Angreni, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING ( PjBL ) UPAYA PENINGKATAN KREATIVITAS MAHASISWA,” vol. 30, no. 1, pp. 79–83, 2018.
K. Merdeka, M. R. Dewi, U. Jember, and J. Timur, “Inovasi Kurikulum,” vol. 19, no. 2, pp. 213–226, 2023.
U. P. Harapan, “Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa dengan Penggunaan Metode Ceramah Interaktif,” vol. 2, no. 2, pp. 40–48, 2020, doi: 10.21580/jec.2020.2.2.6059.
F. Umsu, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA 3 . Penyusunan Jadwal Pelaksanaan Proyek Proses Dan Hasil Proyek Laporan Dan Presentase Publikasi Hasil Proyek 4 . Penyelesaian Proyek Dengan Fasilitas dan Monitoring,” vol. 5, no. 1, pp. 84–88, 2019.
U. Press, Buku Ajar Statistik Pendidikan.
N. Isnawati and Samian, “Kemandirian Belajar Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Dan Motivasi Belajar Mahasiswa,” Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, vol. 1, pp. 128–144, 2010.
Huberman and Miles, “Teknik Pengumpulan dan Analisis Data Kualitatif,” Jurnal Studi Komunikasi dan Media, vol. 02, no. 1998, pp. 1–11, 1992.
M. Bahak Udin By Arifin and M. Alfan Rosid, “PENGEMBANGAN MEDIA ALAT PERAGA EDUKATIF INTERAKTIF (APEI) LABORATORIUM BENGKEL BELAJAR BERBASIS CUSTOM BY USER,” vol. 6, no. 1, pp. 54–71, 2021, doi: 10.32832/educate.v6i1.4047.
U. J. I. Homogenitas and D. A. N. Uji, “PENGUJIAN PERSYARATAN ANALISIS,” vol. 7, no. 1, pp. 50–62, 2020.
N. Haniah, “Uji Normalitas Dengan Metode Liliefors,” pp. 1–17, 2013.
A. Q. Sari, Y. L. Sukestiyarno, and A. Agoestanto, “Unnes Journal of Mathematics,” vol. 6, no. 2, pp. 168–177, 2017.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.