Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Stages and Strategies of Learning to Read Al Qur'an for the Severely Deaf


Tahapan dan Strategi Pembelajaran Baca Al Qur’an Tunarungu Dengan Taraf Sangat Berat

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5904

Keywords:

Qur'anic Learning, Methods for Deaf Children

Abstract

Islam in particular is a vital component of education that ought to be taught to all students, even those who are deaf. Due to their limited hearing, deaf youngsters have particular difficulties when learning the Qur'ān. The Qur'ānic learning strategies for profoundly deaf children—that is, children who are both deaf and have hearing loss—are covered in this article. Children who are profoundly deaf and have low literacy levels struggle to grasp language around them. The technique of lip reading and writing Hijaiyah letters is used in the Qur'an learning method used in this study. Children who are deaf are instructed to train their lips in accordance with the makhorijul sound of the letters in the hijaiyah. It takes around six months to learn the hijaiyah letters by heart, with certain stages and instructional techniques being used.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Azimah, “Implementasi Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Nurhadisah,” Dayah J. Islam. Educ., Vol. 1, No. 1, P. 104, 2019.

N. A. Rahma, N. Ramadhana, And U. L. Mangkurat, “Pembelajaran+Alquran+Untuk+Anak+Dengan+Hambatan+Penglihatan-1,” Vol. 1, No. 2023, Pp. 592–603.

D. N. Dan A. P. 1 Unik Hanifah Salsabila, Lathifah Irsyadiyah Husna, “Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus,” Vol. 2, No. 2, Pp. 7823–7830.

S. A. Fakhiratunnisa, A. A. P. Pitaloka, And T. K. Ningrum, “Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus,” Masaliq, Vol. 2, No. 1, Pp. 26–42, 2022, Doi: 10.58578/Masaliq.V2i1.83.

M. A. Saputri, N. Widianti, S. A. Lestari, And U. Hasanah, “Ragam Anak Berkebutuhan Khusus,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 1, Pp. 38–53, 2023.

A. Mawada, “Metode Al-Barqy Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Tunarungu,” J. Pendidik. Khusus, Vol. 12, No. 3, Pp. 1–16, 2019.

T. Kutlu, “Kajian Literatur Pembelajaran Iqro’isyarat,” Vol. 4, No. 1, Pp. 88–100, 2023.

S. Nurjannah, “Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Tunarungu Di Slb Negeri Bekasi Jaya,” 2019.

A. Supriyadi, F. Patmawati, And I. Waziroh, “Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Jenis Tunarungu Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,” Edupedia J. Stud. Pendidik. Dan Pedagog. Islam, Vol. 7, No. 2, Pp. 177–188, 2023, Doi: 10.35316/Edupedia.V7i2.2336.

D. A. Maulana, “Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Pai Bagi Siswa Difabel Di Slb Bunda Zikrillah Kabupaten Solok,” No. 8.5.2017, Pp. 2003–2005, 2022.

A. Alma‘Zumi, “Model Pembelajaran Membaca Al-Qur‘An Pada Anak Disabilitas Di Slb Santi Rama Jakarta Selatan,” Vol. 4, No. 1, Pp. 88–100, 2023.

M. R. Ahnafi, “Penerapan Metode A Ma Ba Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Tunarungu Di Tpa Iqro’ Nur ‘Aini Bantul,” Artikel, Vol. 15, No. 2, Pp. 1–23, 2020.

M. Z. Devita, S. Andryana, And D. Hidayatullah, “Augmented Reality Pengenalan Huruf Dan Angka Arab Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android,” J. Media Inform. Budidarma, Vol. 4, No. 1, P. 14, 2020, Doi: 10.30865/Mib.V4i1.1850.

Y. Siron, M. Hayati, R. Faeruz, E. Maghfiroh, And Z. Oktaviani, “Melibatkan Anak Dengan Gangguan Pendengaran Di Kelas: Pengalaman Guru,” Thufula J. Inov. Pendidik. Guru Raudhatul Athfal, Vol. 9, No. 1, P. 73, 2021, Doi: 10.21043/Thufula.V9i1.9918.

Y. S. Sininger, A. Grimes, And E. Christensen, “Perkembangan Pendengaran Pada Anak Dengan Gangguan Pendengaran Sejak Dini: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Komunikasi Berbasis Auditori Pada Anak-Anak Dengan Gangguan Pendengaran,” Ear Hear., Vol. 31, No. 2, Pp. 166–185, 2010, Doi: 10.1097/Aud.0b013e3181c8e7b6.

Rifka Andriani, Shafiah Shafiah, Maizal Efendi, Melisa Putri, And Wismanto Wismanto, “Analisis Penerapan Model Pendidikan Bagi Anak Yang Mengalami Hambatan Pendengaran Dan Bicara,” J. Insa. Pendidik. Dan Sos. Hum., Vol. 2, No. 2 Se-Articles, Pp. 184–193, 2024.

Dr. V. D. Juwitawati, “Deteksi Dini Gangguan Pendengaran Pada Anak,” Deteksi Dini Gangguan Pendengaran Pada Anak, 2019.

Dr. D. Upahita And G. P. • None, “Ciri-Ciri Demam Berdarah (Dbd) Pada Ibu Hamil,” 2019.

T. Ibrahim And A. Ridwan, “Determinan Penyebab Kematian Ibu Dan Neonatal Di Indonesia,” Conv. Cent. Di Kota Tegal, Vol. 4, No. 80, P. 4, 2020.

F. C. Ningrum, Hasil Wawancara Dengan Ibu Aminah Terkait Dengan Awalmula Memilih Ibu Zainab Menjadi Guru Pendamping Yusi Pada Tanggal 6 Juni 2024. 2024.

A. Tri Nurcahyo, “Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Siswa Tuna Rungu Di Slb Negeri I Wonosari Gunungkidul,” Skripsi S1, No. Pendidikan Agama Islam, 2020.

K. M. Nur Rifdah, “Implementasi Metode Amaba Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa Islam Qothrunnada Banguntapan Bantul Yogyakarta,” Fak. Terbiyan Dan Ilmu Kegur., 2023.

N. L. I. Inaya Az Zahra, Muh. Nur Rochim Maksum And . Ma’arif Jamuin, “Implementasi Metode Abjad Jari Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Slb-B Yayasan Rehabilitas Tuna Rungu Wicara (Yrtrw) Surakarta,” Vol. 6, No. November, Pp. 196–211, 2022.

M. Iqro, P. Anak, And U. Dini, “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro’ Pada Anak Usia Dini,” Vol. 16, No. 1, 2020, Doi: 10.21580/Nw.2017.11.1.1321.3.

R. B. Rohimah And I. Ngulwiyah, “Tren Metode Pembelajaran Al-Qur’an Di Indonesia Tahun 2019-2023: Sebuah Systematic Review,” J. Pendidik. Abad Ke-21, Vol. 1, No. 2, Pp. 85–94, 2023, Doi: 10.53889/Jpak.V1i2.329.

F. C. Ningrum, Hasil Observasi Wawancara Dengan Ibu Zainab Selaku Guru Pendamping Yusi, Membahas Tentang Metode Pembelajaran Pengenalan Huruh Hujaiyah Pada Tanggal 6 Juni 2024. 2024.

A. Khamid, D. Prasmanita, R. Munawaroh, A. Zamroni, And O. E. Nasitoh, “Implementasi Pembelajaran Tajwid Dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an Dalam Materi Al-Qur’an Hadist,” Attract. Innov. Educ. J., Vol. 2, No. 2, P. 45, 2020, Doi: 10.51278/Aj.V2i2.38.

L. N. Umayah And M. Misbah, “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Authors Laili Nur Umayah,” Maghza J. Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, Vol. 6, No. 1, Pp. 1–15, 2021, Doi: 10.24090/Maghza.V6i1.4603.

F. C. Ningrum, Hasil Observasi Wawancara Dengan Ibu Zainab Terkait Tentang Bagaiamana Cara Menyambung Huruf Haijaiyah Terhadap Yusi Pada Tanggal 7 Juni 2024. 2024.

S. Astuti, “Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Ditkintan Komara Kelompok B,” Cakrawala Dini J. Pendidik. Anak Usia Dini, Vol. 7, No. 1, 2020, Doi: 10.17509/Cd.V7i1.10546.

Z. Fauziah, “Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Aluna Jakarta,” Repository.Uinjkt.Ac.Id, No. 11150110000030, P. 10, 2020.

J. S. Ulfa, “Peranan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Mazaakhirah Baramuli Kelas Viii Pinrang,” Pp. 1–23, 2020.

Scottish Water, “Rahmawati, A. (2019). Efektivitas Pendekatan Individual Dalam Pembelajaran Membaca Alquran Bagi Anak Dengan Hambatan Pendengaran. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.,” Vol. 21, No. 1, Pp. 1–9, 2020.

A. Azimah, “Implementasi Pendidikan Inklusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Nurhadisah,” Dayah J. Islam. Educ., Vol. 1, No. 1, P. 104, 2019.

N. A. Rahma, N. Ramadhana, And U. L. Mangkurat, “Pembelajaran+Alquran+Untuk+Anak+Dengan+Hambatan+Penglihatan-1,” Vol. 1, No. 2023, Pp. 592–603.

D. N. Dan A. P. 1 Unik Hanifah Salsabila, Lathifah Irsyadiyah Husna, “Penggunaan Media Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Berkebutuhan Khusus,” Vol. 2, No. 2, Pp. 7823–7830.

S. A. Fakhiratunnisa, A. A. P. Pitaloka, And T. K. Ningrum, “Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus,” Masaliq, Vol. 2, No. 1, Pp. 26–42, 2022, Doi: 10.58578/Masaliq.V2i1.83.

M. A. Saputri, N. Widianti, S. A. Lestari, And U. Hasanah, “Ragam Anak Berkebutuhan Khusus,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, Vol. 4, No. 1, Pp. 38–53, 2023.

A. Mawada, “Metode Al-Barqy Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Anak Tunarungu,” J. Pendidik. Khusus, Vol. 12, No. 3, Pp. 1–16, 2019.

T. Kutlu, “Kajian Literatur Pembelajaran Iqro’isyarat,” Vol. 4, No. 1, Pp. 88–100, 2023.

S. Nurjannah, “Strategi Pembelajaran Al-Qur’an Pada Anak Tunarungu Di Slb Negeri Bekasi Jaya,” 2019.

A. Supriyadi, F. Patmawati, And I. Waziroh, “Strategi Pembelajaran Ekspositori Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Jenis Tunarungu Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam,” Edupedia J. Stud. Pendidik. Dan Pedagog. Islam, Vol. 7, No. 2, Pp. 177–188, 2023, Doi: 10.35316/Edupedia.V7i2.2336.

D. A. Maulana, “Pelaksanaan Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Pai Bagi Siswa Difabel Di Slb Bunda Zikrillah Kabupaten Solok,” No. 8.5.2017, Pp. 2003–2005, 2022.

A. Alma‘Zumi, “Model Pembelajaran Membaca Al-Qur‘An Pada Anak Disabilitas Di Slb Santi Rama Jakarta Selatan,” Vol. 4, No. 1, Pp. 88–100, 2023.

M. R. Ahnafi, “Penerapan Metode A Ma Ba Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Anak Tunarungu Di Tpa Iqro’ Nur ‘Aini Bantul,” Artikel, Vol. 15, No. 2, Pp. 1–23, 2020.

M. Z. Devita, S. Andryana, And D. Hidayatullah, “Augmented Reality Pengenalan Huruf Dan Angka Arab Menggunakan Metode Marker Based Tracking Berbasis Android,” J. Media Inform. Budidarma, Vol. 4, No. 1, P. 14, 2020, Doi: 10.30865/Mib.V4i1.1850.

Y. Siron, M. Hayati, R. Faeruz, E. Maghfiroh, And Z. Oktaviani, “Melibatkan Anak Dengan Gangguan Pendengaran Di Kelas: Pengalaman Guru,” Thufula J. Inov. Pendidik. Guru Raudhatul Athfal, Vol. 9, No. 1, P. 73, 2021, Doi: 10.21043/Thufula.V9i1.9918.

Y. S. Sininger, A. Grimes, And E. Christensen, “Perkembangan Pendengaran Pada Anak Dengan Gangguan Pendengaran Sejak Dini: Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Komunikasi Berbasis Auditori Pada Anak-Anak Dengan Gangguan Pendengaran,” Ear Hear., Vol. 31, No. 2, Pp. 166–185, 2010, Doi: 10.1097/Aud.0b013e3181c8e7b6.

Rifka Andriani, Shafiah Shafiah, Maizal Efendi, Melisa Putri, And Wismanto Wismanto, “Analisis Penerapan Model Pendidikan Bagi Anak Yang Mengalami Hambatan Pendengaran Dan Bicara,” J. Insa. Pendidik. Dan Sos. Hum., Vol. 2, No. 2 Se-Articles, Pp. 184–193, 2024.

Dr. V. D. Juwitawati, “Deteksi Dini Gangguan Pendengaran Pada Anak,” Deteksi Dini Gangguan Pendengaran Pada Anak, 2019.

Dr. D. Upahita And G. P. • None, “Ciri-Ciri Demam Berdarah (Dbd) Pada Ibu Hamil,” 2019.

T. Ibrahim And A. Ridwan, “Determinan Penyebab Kematian Ibu Dan Neonatal Di Indonesia,” Conv. Cent. Di Kota Tegal, Vol. 4, No. 80, P. 4, 2020.

F. C. Ningrum, Hasil Wawancara Dengan Ibu Aminah Terkait Dengan Awalmula Memilih Ibu Zainab Menjadi Guru Pendamping Yusi Pada Tanggal 6 Juni 2024. 2024.

A. Tri Nurcahyo, “Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Siswa Tuna Rungu Di Slb Negeri I Wonosari Gunungkidul,” Skripsi S1, No. Pendidikan Agama Islam, 2020.

K. M. Nur Rifdah, “Implementasi Metode Amaba Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak Tunarungu Di Sekolah Luar Biasa Islam Qothrunnada Banguntapan Bantul Yogyakarta,” Fak. Terbiyan Dan Ilmu Kegur., 2023.

N. L. I. Inaya Az Zahra, Muh. Nur Rochim Maksum And . Ma’arif Jamuin, “Implementasi Metode Abjad Jari Dalam Menghafal Al-Qur’an Pada Siswa Slb-B Yayasan Rehabilitas Tuna Rungu Wicara (Yrtrw) Surakarta,” Vol. 6, No. November, Pp. 196–211, 2022.

M. Iqro, P. Anak, And U. Dini, “Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Menggunakan Metode Iqro’ Pada Anak Usia Dini,” Vol. 16, No. 1, 2020, Doi: 10.21580/Nw.2017.11.1.1321.3.

R. B. Rohimah And I. Ngulwiyah, “Tren Metode Pembelajaran Al-Qur’an Di Indonesia Tahun 2019-2023: Sebuah Systematic Review,” J. Pendidik. Abad Ke-21, Vol. 1, No. 2, Pp. 85–94, 2023, Doi: 10.53889/Jpak.V1i2.329.

F. C. Ningrum, Hasil Observasi Wawancara Dengan Ibu Zainab Selaku Guru Pendamping Yusi, Membahas Tentang Metode Pembelajaran Pengenalan Huruh Hujaiyah Pada Tanggal 6 Juni 2024. 2024.

A. Khamid, D. Prasmanita, R. Munawaroh, A. Zamroni, And O. E. Nasitoh, “Implementasi Pembelajaran Tajwid Dan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an Dalam Materi Al-Qur’an Hadist,” Attract. Innov. Educ. J., Vol. 2, No. 2, P. 45, 2020, Doi: 10.51278/Aj.V2i2.38.

L. N. Umayah And M. Misbah, “Implementasi Metode Talaqqi Dalam Pembelajaran Tahfidz Al-Quran Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Authors Laili Nur Umayah,” Maghza J. Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, Vol. 6, No. 1, Pp. 1–15, 2021, Doi: 10.24090/Maghza.V6i1.4603.

F. C. Ningrum, Hasil Observasi Wawancara Dengan Ibu Zainab Terkait Tentang Bagaiamana Cara Menyambung Huruf Haijaiyah Terhadap Yusi Pada Tanggal 7 Juni 2024. 2024.

S. Astuti, “Penggunaan Media Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan Ditkintan Komara Kelompok B,” Cakrawala Dini J. Pendidik. Anak Usia Dini, Vol. 7, No. 1, 2020, Doi: 10.17509/Cd.V7i1.10546.

Z. Fauziah, “Pembelajaran Al-Qur’an Bagi Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi Aluna Jakarta,” Repository.Uinjkt.Ac.Id, No. 11150110000030, P. 10, 2020.

J. S. Ulfa, “Peranan Guru Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Mazaakhirah Baramuli Kelas Viii Pinrang,” Pp. 1–23, 2020.

Scottish Water, “Rahmawati, A. (2019). Efektivitas Pendekatan Individual Dalam Pembelajaran Membaca Alquran Bagi Anak Dengan Hambatan Pendengaran. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.,” Vol. 21, No. 1, Pp. 1–9, 2020.

Posted

2024-08-14