The Influence of Interactive Media "Calticden" on the Numeracy Ability of Children Aged 5-6 Years
Pengaruh Media Interaktif “Calticden” Terhadap Kemampuan Berhitung Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5755Keywords:
interactive media, numeracyAbstract
The ability to count is the initial foundation for children's mathematics learning in school as a provision for living their lives in the future. This study aims to analyze the influence of interactive media Calticden on the numeracy skills of group B aged 5-6 years. This study uses a quantitative method with True Experiment Design type Pretest-Posttest Control Group Design as a research design. The results of the confidence interval show the regional value using 95% confidence from the experimental difference, namely 0.7515 to 5.084. The difference in the average pre-test and post-test values is 2.90. The average value of the class given the Calticden treatment, namely (45.00) is higher than the average value of the class using the Children's Worksheet (LKA), namely (42.10) with a significance level of 0.009. This shows that the interactive media Calticden improves the numeracy skills of group B aged 5-6 years.
Downloads
References
M. Amini, “Hakikat Anak Usia Dini,” Perkemb. dan Konsep Dasar Pengemb. Anak Usia Dini, p. 65, 2014, [Online]. Available: repository.ut.ac.id/4697/1/PAUD4107-M1.pdf.
N. M. Sari, “Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 2, p. 831, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v4i2.428.
A. Setiawan, “Meningkatkan kemampuan berhitung anak usia dini melalui media pembelajaran matematika di RA Ma’arif 1 Kota Metro,” J. Progr. Stud. PGRA, vol. 4, no. 2, pp. 181–188, 2018.
B. F. A. Piningit, “Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah Literatur Review,” 2021.
M. Christianti, “Profesionalisme Pendidik Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, vol. 1, no. 1, 2015, doi: 10.21831/jpa.v1i1.2923.
C. D. E. Placas, “BAB I PENDAHULUAN ,Latar Belakang Masalah Skripsi,” vol. 2015, pp. 1–239, 2015, [Online]. Available: http://eprints.ums.ac.id/14213/2/BAB_I.pdf.
F. Annisa, Nurhafizah, and Yaswinda, “Pengaruh Media Puzzle Angka Modifikasi Terhadap Kemampuan Behitung Anak Taman Kanak-Kanak,” vol. 4, pp. 17–18, 2020.
K. D. Dhiu and E. T. Ngura, “Pengembangan Media Permainan Congklak Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif (Mampu Berpikir Simbolik) Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Terpadu Citra Bakti,” J. Pengabdi. Masy. Pemberdayaan, Inov. dan Perubahan, vol. 3, no. 1, pp. 14–23, 2023, doi: 10.59818/jpm.v3i1.221.
H. Farihah, “Mengembangkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Stick Angka,” Seling J. Progr. Stud. PGRA, vol. 3, no. 5, pp. 24–39, 2017.
J. U. Dini et al., “Pengaruh Permainan Tradisional Congklak Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun di KB Tunas Harapan Kecamatan Sunggal Kab. Deli Serdang,” J. Usia Dini, vol. 4, no. 1, pp. 28–38, 2018, [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/14639.
P. M. Hasanah, B. Martati, and A. P. Rahayu, “Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Berhitung Permulaan Pada Anak Usia 4-5Tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 14 Surabaya,” Pedagog. J. Anak Usia Dini dan Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 7, no. 1, p. 116, 2021, doi: 10.30651/pedagogi.v7i1.6999.
E. Malapata and L. Wijayanigsih, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia 4-5 Tahun melalui Media Lumbung Hitung,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, p. 283, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v3i1.183.
Nurhamidah and Yaswinda, “Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 240, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.311.
E. A. Ramadhani and R. S. Wulandari, “Pengaruh Permainan jepit Angka terhadap kemampuan Berhitung Anak Usia Dini,” MENTARI J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 1, no. 1, pp. 1–10, 2021.
L. A. Aritonang and D. S. Elsap, “Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pada Anak Usia Dini Dengan Menggunakan Metode Jarimatika,” CERIA (Cerdas Energik Responsif Inov. Adapt., vol. 2, no. 6, p. 363, 2019, doi: 10.22460/ceria.v2i6.p363-369.
A. Matulessy and A. Muhid, “Efektivitas permainan tradisional congklak untuk meningkatkan kemampuan matematika siswa: literature review,” AKSIOMA J. Mat. dan …, vol. 13, no. 1, pp. 165–178, 2022, [Online]. Available: http://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/view/8834%0Ahttp://103.98.176.9/index.php/aksioma/article/viewFile/8834/5341.
H. Khairi, “Karakteristik Perkembangan Anak Usia Dini dari 0-6 Tahun,” J. Warn., vol. 2, no. 2, pp. 15–28, 2018, [Online]. Available: ejournal.iaiig.ac.id ? index.php ? warna ? article ? download.
T. Miller, “Developing numeracy skills using interactive technology in a play-based learning environment,” Int. J. STEM Educ., vol. 5, no. 1, 2018, doi: 10.1186/s40594-018-0135-2.
M. Istiqlal, “Pengaruh Multimedia Ibteraktif Dalam Pembelajaran Matematika,” J. Pendidik. Mat., vol. 2, no. 1, pp. 43–54, 2017, [Online]. Available: https://journal.upgris.ac.id/index.php/JIPMat/article/view/1480/1241.
Dony Novaliendry, “Aplikasi Game Geografi Berbasis Multimedia Interaktif ( Studi Kasus Siswa Kelas IX SMPN 1 RAO ),” J. Teknol. Dan Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 106–118, 2013, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/321193593_APLIKASI_GAME_GEOGRAFI_BERBASIS_MULTIMEDIA_INTERAKTIF_STUDI_KASUS_SISWA_KELAS_IX_SMPN_1_RAO%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/321193593%0AAPLIKASI.
N. Zaranis and M. Kalogiannakis, “Using Mobile Devices for Teaching Realistic Mathematics in Kindergarten Education,” Creat. Educ., vol. 04, no. 07, pp. 1–10, 2013, doi: 10.4236/ce.2013.47a1001.
R. A. Setia, “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan,” Perpustakaan.Upi.Edu, pp. 46–70, 2014.
D. Fierro, Iván; Pinto, Diego; Afanador, “Analisis Validitas Dan Reabilitas Dengan Skala Linkert Terhadap Pengembangan SI/TI Dalam Penentuan Pengambilan Keputusan Penerapan Strategic Planning Pada Industri Garmen,” no. August, pp. 1–43, 2014.
J. M. Zosh et al., Learning through play: A review of the evidence, no. November. 2017.
R. I. M. Pratiwi and I. W. Wiarta, “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD,” J. Edutech Undiksha, vol. 9, no. 1, pp. 85–94, 2021, doi: 10.23887/jeu.v9i1.32220.
Downloads
Additional Files
Posted
Categories
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.