Personal Data Protection for TikTok Platform Users : TikTok Live Streaming Study
Perlindungan Data Pribadi Terhadap Pengguna Platfom TikTok : Studi Siaran Langsung TikTok
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5654Keywords:
Law, Fake Account, Tik TokAbstract
This research aims to evaluate the effectiveness of TikTok's provisions and policies, laws and government regulations in protecting individuals from misuse of social media in the digital era. This research uses normative legal analysis, the author examines TikTok's provisions and policies, statutory regulations, government regulations and related academic literature. The research results show that legally it has the potential to provide more effective protection if it is adapted to the dynamics of current digital technology. These findings have important implications in the legal field, by providing new understanding about the need to update and strengthen TikTok's provisions and policies in the context of social media abuse, which can contribute to better protection for individuals in the digital era.
Downloads
References
R. Priatama, I. H. Ramadhan, A.- Zuhaida, A. Akalili, dan F. Kulau, “Analisis Teknik Digital Marketing Pada Aplikasi TikTok (Studi Kasus Akun TikTok @jogjafoodhunterofficial),” SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, vol. 18, no. 1, Art. no. 1, Jun 2021, doi: 10.21831/socia.v18i1.40467.
A. P. Damayanti dan H. Prasetyawati, “Pengaruh Terpaan Berita Hoax dan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Penyebaran Berita Hoax di Media Sosial Tiktok,” Inter Script : Journal of Creative Communication, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Apr 2023, doi: 10.33376/is.v5i1.1978.
S. Septyaningsih, M. T. Multazam, dan B. Sobirov, “Legal Protection of Consumer Rights in Transactions at TikTok Shop: Unraveling New Legal Insights,” Kosmik Hukum, vol. 23, no. 3, Art. no. 3, Agu 2023, doi: 10.30595/kosmikhukum.v23i3.17396.
R. Agistiani dkk., “Live-streaming TikTok: Strategi mahasiswa cerdas untuk meningkatkan pendapatan di era digitalisasi,” Journal of Management and Digital Business, vol. 3, hlm. 1–19, Apr 2023, doi: 10.53088/jmdb.v3i1.607.
D. Hendryan, L. Ganiarta, dan G. Aryani, “Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Dalam Transaksi Jual Beli-Online (E-Commerce),” Viva Themis : Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora, vol. 6, no. 1, Art. no. 1, Jan 2024, doi: 10.24967/vt.v6i1.2766.
8111414057 Annas Tasyia Sakila, “Perlindungan Hukum Bagi Pengunggah Video di Youtube Atas Tindakan Reupload Video Untuk Monetize Perspektif Undangundang Nomer 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta,” other, Universitas Negeri Semarang, 2018. Diakses: 6 Desember 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://lib.unnes.ac.id/38281/
M. Munirah, “Fenomena pengguna aplikasi tiktok sebagai ajang eksistensi diri: studi di mahasiswa Bimbingan Konseling Islam UIN Mataram,” udergraduate, UIN Mataram, 2022. Diakses: 30 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://etheses.uinmataram.ac.id/3247/
Perusahaan TikTok Tentang “Apa itu TikTok LIVE? | Pusat Bantuan TikTok.” Diakses: 30 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://support.tiktok.com/id/live-gifts-wallet/tiktok-live/what-is-tiktok-live
T. Buana dan D. Maharani, “Penggunaan Aplikasi Tik Tok (Versi Terbaru) dan Kreatifitas Anak,” vol. 14, no. 1, 2020. Doi: 10.33557/Ji.V16i2.2227.
N. A. Saputri, “Perlindungan Hukum Kreator Konten TikTok yang Diunggah Ulang oleh Akun Lain dalam Aplikasi Berbeda untuk Tujuan Komersil,” other, Universitas Hasanuddin, 2022. Diakses: 30 November 2023. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/18654/
S. Sukarmi dan Y. T. Permono, “Perlindungan Hukum Konsumen Dalam Transaksi Secara Online,” Jurnal Hukum, vol. 35, no. 1, hlm. 77, Jun 2019, doi: 10.26532/jh.v35i1.11046.
U. Mutiara dan R. Maulana, “Perlindungan Data Pribadi Sebagai Bagian Dari Hak Asasi Manusia Atas Perlindungan Diri Pribadi,” Indonesian Journal of Law and Policy Studies, vol. 1, hlm. 42, Mei 2020, doi: 10.31000/ijlp.v1i1.2648.
W. Koswara, “Implementasi Aturan Perlindungan Data Pribadi Oleh Penyelenggara Sistem Elektronik Dikaitkan Dengan Teori Keadilan dan Kepastian Hukum,” Jurnal Paradigma Hukum Pembangunan, vol. 7, hlm. 86–103, Agu 2022, doi: 10.25170/paradigma.v7i2.3681.
Perusahaan TikTok Tentang “Ketentuan Layanan | TikTok.” Diakses: 30 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://www.tiktok.com/legal/page/row/terms-of-service/id
Perusahaan TikTok Tentang “Merek dagang dan pemalsuan | Pusat Bantuan TikTok.” Diakses: 30 Juli 2024. [Daring]. Tersedia pada: https://support.tiktok.com/id/safety-hc/account-and-user-safety/trademark-and-counterfeiting
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.