The Influence of Corporate Social Responsibility and Leverage on the Value of Manufacturing Companies with Profitability as a Moderating Variable Listed on the Indonesian Stock Exchange (Period 2019-2022)
Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (Periode 2019-2022)
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5647Keywords:
Corporate social responsibility, leverage, company value, profitabilityAbstract
This research aims to find out whether the level of profitability can moderate the relationship between corporate social responsibility and leverage on company value in manufacturing companies listed on the IDX in the 2019-2022 period. The sampling technique used purposive sampling to obtain 77 samples which were normally distributed. TThe data analysis technique used was SPSS 27. The results of the influence of the corporate social responsibility and leverage variablesin the research show that the corporate social responsibility variable has an effect on company value, just as the leverage variable has an effect on company value. Meanwhile, the results for the moderating variable on the effect of profitability on corporate social responsibility, leverage and company value show that profitability is able to moderate the relationship between the influence of corporate social responsibility on company value and profitability is also able to moderate the relationship between leverage and company value.
Downloads
References
. R. Umi Mardiyati, “Analisis Pengaruh Nilai Tukar, Tingkat Suku Bunga dan Inflansi Terhadap Indeks Harga Saham,” J. Ris. Manaj. Sains Indones., vol. 4, no. 1, pp. 1–15, 2015.
. N. L. Dimas Yuwono Prasetyo, “Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur di Bidang Otomotif Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Nur Laily Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya,” 2023.
. Sudiyatno, “Peran Kinerja Perusahaan Dalam Menentukan Pengaruh Faktor Fundamental Makroekonomi, Risiko Sistematis, dan Kebijakan Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi,” Disetrasi Undip Semarang, 2019.
. Andri, “Pengaruh Corporate Social Responsibility, Ukuran perusahaan, dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019 – 2020,” vol. 66, no. 4, pp. 37–39, 2020.
. A. Bella Angraini and Murtanto, “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi,” J. Ekon. Trisakti, vol. 3, no. 1, pp. 1823–1830, 2023, doi: 10.25105/jet.v3i1.16424.
. Z. B. Putri and Budiyanto, “Pengaruh corporate social responsibility terhadap nilai perusahaan dengan kepemilikan manajerial sebagai variabel moderating,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., vol. Vol.7, no. No.3, p. Hal.1-16, 2018.
. A. G. T. D. Putra and M. G. Wirakusuma, “Pengaruh Corporate Social Responsibility Disclosure TerhadapNilai Perusahaan Dengan Kepemilikan Asing Sebagai Variabel Pemoderasi,” E-Jurnal Akunt. Univ. Udayana, vol. 19, no. 3, pp. 1719–1746, 2017, [Online]. Available: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/22432
. Sri Fitri Wahyuni, “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi,” J. Ilm. Magister Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 551–558, 2018, doi: 10.37641/jiakes.v10i3.1484.
. M. S. Ance Cessilia Hutabarat Drs. I Gede Siswantaya, “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi,” pp. 1–13, 2017.
.Heliani, Nur Hidayah K Fadhilah, and Meutia Riany, “Analisis Pengaruh Profitabilitas, Ukuran PerusahaanDan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan,” J. Akt. Ris. Akunt. dan Keuang., vol. 5, no. 1, pp. 16–31, 2023, doi: 10.52005/aktiva.v5i1.177.
.Y. Zubki, Pengaruh Size, Return On Asset dan Leverage Terhadap Islamic Social Reporting (Studi Empirispada Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2015-2019), vol. 8, no. 1. 2020. doi: 10.29040/jiei.v8i1.4616.
.Octaviany and S. Hidayat, “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Intervening,” vol. 3, no. 1, pp. 30–36, 2019.
.P. Ina Alfira Riski, “Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2017-2021),” J. Ekon. Trisakti, vol. 3, no. 1, pp. 1823–1830, 2023, doi: 10.25105/jet.v3i1.16424.
.V Kolamban, S. Murni, and D. N. Baramuli, “Analisis Pengaruh Leverage, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Perbankan Yang Terdaftar Di Bei,” J. EMBA J. Ris. Ekon. Manajemen, Bisnis dan Akunt., vol. 8, no. 3, pp. 174–183, 2020.
.R. S. E. Lisa, “Pengaruh Leverage dan Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan (Studi pada Perusahaan Sektor Manufaktur Food and Beverage yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia),” Sains Manaj. dan Akunt.,vol. X, no. 2, pp. 65–85, 2018.
.K. M. I Nyoman Agus Suwardika, “Pengaruh Leverage, Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Perusahaan, dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Properti,” E-Jurnal Manaj. Unud, vol. 6, no. 3, pp. 1248–1277, 2017, doi: 10.21067/jrmm.v6i1.4467.
.Laila Khanifa Fitriana, “Pengaruh Tata Kelola Perusahaan Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2017,” Galang Tanjung, no. 2504, pp. 1– 9, 2019.
.Z. La Ode Anto, Safaruddin, “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan,” vol. 5, no. 1, pp. 21–29, 2021.
.V. Krisdayanti, “Pengaruh Good Corporate Governance, Ukuran Perusahaan, Leverage Dan Likuiditas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi,” Suparyanto dan Rosad (2015, vol. 5, no. 3, pp. 248–253, 2020.
.L. R. A. Rilla Gantino, “Pengaruh Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dimoderasi oleh Kinerja,” J. Bisnis dan Manaj., vol. 10, no. 2, pp. 215–230, 2020.
.Maria Shinta Legina Melati, “Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) dan Good Corporate Governance (GCG) Terhadap Nilai Perusahaan di Bursa Efek Indonesia,” J. Ilmu dan Ris. Akunt., vol. 12, no. 4, pp. 1–15, 2023.
.Y. Firda and A. R. Efriadi, “Pengaruh CSR Disclosure, Firm Size, dan Leverage terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Moderasi Perusahaan Pertambangan Di BEI,” IJEA (Indonesia J. Econ. Appl.,vol. 2, no. 1, pp. 34–43, 2020.
.C. A. M. P. Rasyid, E. Indriani, and R. Hudaya, “Pengaruh Corporate Social Responsibility Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Ukuran Perusahaan Dan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi Pada Perusahaan Pertambangan,” J. Apl. Akunt., vol. 7, no. 1, pp. 135–156, 2022, doi: 10.29303/jaa.v7i1.146.
.Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.
.W. Nurani, “Pengaruh pengungkapan corporate social resposibility (CSR) terhadap nilai perusahaan dengan kinerja lingkungan dan struktur kepemilikan modal asing,” J. Akunt., no. 1, pp. 10–41, 2019.
.D. Lestari and Zulaikha, “Pengaruh Good Corporate Governance Dan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan (Kajian Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2015-2019),” J. Akunt. Manaj., vol. 10, no. 2011, p. h. 3., 2021.
. G. B. W. I Gusti Bagus Angga Pratama, “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Mediasi,” Postgrad. Manag. J., vol. 2, no. 5, pp. 30–41, 2016, doi: 10.36352/pmj.v2i2.502.
. N. TENRIWARU, “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi,” Energy Sustain. Dev. Demand, Supply, Convers. Manag., vol. 3, no. 01, pp. 1–14, 2020.
. R. J. S. N. D. Afifudin, “Pengaruh Corporate Social responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderating (Studi empiris pada Perusahaan Food and Beverage yang terdaftar di BEI Tahun 2013-2015),” J. Ilm. dan Ris. Akunt., vol. 6, no. 06, pp. 1–21, 2017.
. M. H. Bawafi and A. Prasetyo, “Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Pemoderasi,” J. Reviu Akunt. dan Keuang., vol. 5, no. 1,pp. 721–730, 2016.
. R. I. M. A. R. Sari, “Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi,” J. Ris. Inspirasi Manaj. dan Kewirausahaan, vol. Volume 8, no. 1, pp. 30–36, 2020, doi: 10.35130/jrimk.v3i1.48.
. M. D. M. R. S. R. B. Wisra, “Pengaruh Gcg, Csr, Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Moderasi,” Postgrad. Manag. J., vol. 3, no. 1, pp. 49–60, 2023, doi: 10.36352/pmj.v3i1.435.
. Z. Muttaqin, A. Fitriyani, T. K. Ridho, and D. P. Nugraha, “Analisis Good Corporate Governance, Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Pemoderasi,” Tirtayasa Ekon., vol. 14, no. 2, p. 293, 2019, doi: 10.35448/jte.v14i2.6525
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.