Analysis of Islamic Religious Education Learning on the Religious Character of Student at Pkbm Sunan Kalijaga Kediri
Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam terhadap Karakter Religius Siswa di PKBM Sunan Kalijaga Kediri
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5614Keywords:
Motivation, Charater, Methods Learning, religiousAbstract
The aim of non-formal Islamic education is to develop people who are able to understand Islamic teachings based on textual study and can then implement them in real life. Being tired after work is a factor in students' low interest in learning. Learning methods and media are less than optimal, thus affecting students' interest in learning at PKBM. Motivation and learning methods that are appropriate and enjoyable will be able to influence students' psychological factors. The delivery of Islamic teaching material must be creative and not monotonous, so that it can stimulate students' intentions and enthusiasm for implementing Islamic teachings. Descriptive qualitative research method. The results of this research show: Teachers are required to be more optimal in using learning methods and media. Providing training for PAI teachers to be able to motivate students to form religious character as an attitude towards life according to Islamic teachings.
Downloads
References
H. D. K. Pamungkas, Wahyu Agung Dwi, “Penggunaan Media Pembelajaran Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Editor. Off. J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, 2021, doi: 10.23887/jippg.v4i3.41223.
Jumal Ahmad, “Desain Penelitian Analisis Isi (Content Analysis),” researchgate, 2023, doi: 10.13140/RG.2.2.12201.08804.
S. Arikunto, Prosedur penelitian pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
R. A. Mayang Serungke, Parulian Sibuea, Annisa Azzahra, Mutia Asmi Fadillah, Suci Rahmadani, “Penggunaan Media Audio Visual Dalam Proses Pembelajaran Bagi Peserta Didik,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 6, doi: 10.31004/jrpp.v6i4.22891.
Y. Pakaya, “Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Warga Belajar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Kedondong Samarinda,” J. CSR, Pendidikan, dan Pemberdaya. Masy., vol. 1, 2020, doi: 10.30872/ls.v1i2.428.
I. A. Atik Maisaro, Bambang Budi Wiyono, “Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar,” JAMP J. Adminitrasi dan Manaj. Pendidik., vol. 1, 2018, doi: 10.17977/um027v1i32018p302.
W. A. W. Alim Harun Pamungkas, Vevi Sunarti, “Peran PKBM dalam Peningkatan Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Hidup Masyarakat Sesuai Target SDGs,” J. Pendidik. Luar Sekolah(PLS), vol. 6, 2018, doi: 10.24036/spektrumpls.v1i3.101240.
P. D. P. Pendidikan, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan Dan Penyelenggaraan Pendidikan. 2010. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/5025/pp-no-17-tahun-2010
A. A. Rizal Firdaus, Fadllurrohman Fadllurrohman, “Pembentukan Karakter Religius Siswa Di SDN 1 Palam Banjarbaru,” Al-Madrasah J. Ilm. Pendidik. Madrasah Ibtidaiyah, vol. 6, 2022, doi: 10.35931/am.v6i3.1090.
M. Munif, “strategi internalisasi nilai-nilai pai dalam membentuk karakter siswa,” Edureligia J. Pendidik. Agama Islam, vol. 1, 1017, doi: 10.33650/edureligia.v1i2.49.
Y. D. K. Enok Anggi Pridayanti, Ani Nurani Andrasari, “Urgensipenguatan Nilai-Nilai Religius Terhadap Karakter Anak SD,” J. Innov. Inpr., vol. 1, 2022, doi: 10.31004/jpdk.v4i6.9498.
P. P. Indonesia, Undang-undang (UU) Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. [Online]. Available: https://peraturan.bpk.go.id/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003
R. D. A. Laelatul Arofah, Santy Andrianie, “Skala Karakter Religius Sebagai Alat Ukur Karakter Religius Bagi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan,” PINUS J. Penelit. Inov. Pembelajaran, vol. 6, 2021, doi: 10.29407/pn.v6i2.14992.
R. S. U. Mochamad Nashrullah, Okvi Maharani, Abdul Rohman, Eni Fariyatul Fahyuni, Nurdyansyah, Mochamad Nashrullah; Okvi Maharani; Abdul Rohman; Eni Fariyatul Fahyuni; Nurdyansyah; Rahmania Sri Untari. Sidoarjo: UMSIDA Press, 2023.
S. Sauri, “Menuju Tenaga Kependidikan Profesional.” [Online]. Available: https://sofyanpu.blogspot.com/2009/05/menuju-tenaga-pendidikan-profesional.html
S. Arikunto, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2016.
H. Nawawi, Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2019.
A. N. Ali Ramadhan, “Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Solusi Alternatif Problematika Pembelajaran dengan Berbasis Kearifan Lokal dan Penulisan Artikel Ilmiah Sesuai dengan Kurikulum Tahun 2013 di Madrasah Tsanawiyah Darul Hikmah Medan,” Serunai J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 8, 2022, doi: 10.37755/sjip.v8i1.632.
H. S. Yulianto, “Pengertian Analisis beserta Tujuan dan Fungsinya,” Bola.com. [Online]. Available: https://www.bola.com/ragam/read/5065564/pengertian-analisis-beserta-tujuan-dan-fungsinya
M. R. Fitria Sartika, Elni Desriwita, “Pemanfaatan media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI di sekolah dan madrasah,” Humanika, Kaji. Ilm. Mata Kuliah Umum, vol. 20, 2020, doi: 10.21831/hum.v20i2.32598.
M. Ahsanulkhaq, “Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan,” J. Prakarsa Paedagog., vol. 2, 2019, doi: 10.24176/jpp.v2i1.4312.
B. H. Prasastia Maudita, “Peran Guru PAI Dalam Program Bimbingan dan Konseling Perkembangan,” J. Bimbing. dan Konseling, vol. 8, 2023, doi: 10.31316/gcouns.v8i01.5069.
A. R. N. Fajri, “Penguatan Karakter Peserta Didik melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kelas,” JES J. Eduscience, vol. 9, 2022, doi: 10.24967/ekombis.V21l,48.
M. D. K. W. Liantika Permatasari, Muhlasin Amrullah, “Penguatan Pendidikan Karakter Religius Siswa Berbasis Manajemen Kelas,” UMSIDA Prepr. Serv., 2023, doi: 10.21070/ups.1791.
N. K. Sutriana, Johanes Sapri, “Penerapan Metode Demonstrasi dalam Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Motorik Kasar (Studi pada Siswa PAUD Semarak Sanggar, Arga Makmur),” DIADIK J. Ilm. Teknol. Pendidik., vol. 8, 2018, doi: 10.33369/diadik.v8i2.17473.
L. I. R. Septi Budi Sartika, Rahmania Sri Untari, Vanda Rezania, “Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran,” in Umsida Press, Sidoarjo: UMSIDA Press, 2022. doi: 10.21070/2022/978-623-464-043-4.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.