Utilization of the Library as a Resource for Learning Indonesian for Elementary School Students
Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5540Keywords:
Learning Resourch, indonesian, LibraryAbstract
This research was conducted with the aim of finding out how the library at SDN Tempel, Krian District is used as a learning resource as well as the supporting and inhibiting factors in utilizing these facilities. The approach used in this research is a qualitative approach. This research is a type of descriptive research. The data collection technique is triangulation, namely data collection techniques can be carried out using observation, interviews and documentation as well as a combination of the three. The results of the research can be concluded that the library at SDN Tempel, Krian District is very good at supporting Indonesian language learning, in terms of facilities and infrastructure it meets library standards, there are only a few facilities that are incomplete.
Downloads
References
Anwar, M. Menjadi Guru Profesional.2018. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
R. Rosmalah dan A. RIska, “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa SD Inpres 12/79 Biru II Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone,” JKP, vol. 3, no. 2, hlm. 165, Mei 2019, doi: 10.26858/jkp.v3i2.9124.
I. K. Artana, “Upaya Mengoptimalkan Peran Perpustakaan Sekolah Melalui Pengelolaan Yang Profesional”.
Menteri Pendidikan Nasional.Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
M. Iyuk, “Optimalisasi Perpustakaan sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 08 Marong,” Bahasa, vol. 10, no. 2, hlm. 253–260, Jan 2022, doi: 10.31571/bahasa.v10i2.3434
O. N. Karima, “Pengelolaan Perpustakaan sebagai Alternatif Penguatan Budaya Literasi di SD Muhammadiyah Sudagaran Wonosobo,” JDMP, vol. 6, no. 1, Okt 2022, doi: 10.26740/jdmp.v6n1.p85-96.
A. Eskha, “Peran Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar,” vol. 2, no. 1, 2018.
Syahdan. Pemanfaatan Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar Elektronik Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Tingkat SMA. 2021.Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 36 48.
Sri dkk. Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Untuk Bahasa Indonesia Di SD Negeri Krandon 1 Tegal. 2020. Universitas Pancasakti Tegal
A. U. Albab, “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai sumber belajar siswa di SDN Candiwatu Mojokerto,” 2018.
I. A. Lestari dan N. R. Harisuna, “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Siswa terhadap Minat Baca Siswa,” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 1, 2019.
Fadilah, N. Peranan Guru dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa SD Inpres Kassi-Kassi Makassar.2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.
I. A. Lestari dan N. R. Harisuna, “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Siswa terhadap Minat Baca Siswa,” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 1, 2019.
M. D. Y. Putri, “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Bahasa Indonesia di SMP Muhammdiyah 5 Surakarta,” Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), vol. 4, no. 2, hlm. 52–56, 2022.
M. Doni Akviansah dan S. Sariyatun, “Perpustakaan maya sebagai sumber belajar dan penunjang pembelajaran IPS secara daring di era pandemi COVID-19,” JTPPIPS, vol. 5, no. 2, hlm. 92–102, Okt 2020, doi: 10.17977/um022v5i22020p92
Fadilah, N. Peranan Guru dalam Pemanfaatan Perpustakaan Sebagai Sumber Belajar Siswa SD Inpres Kassi-Kassi Makassar.2017. Skripsi. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.
Syahdan. Pemanfaatan Perpustakaan Digital Sebagai Sumber Belajar Elektronik Pada Masa Pandemi COVID-19 Di Tingkat SMA. 2021.Jurnal Penelitian Pendidikan, 21(2), 3648
Budiarti, D. Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Keliling di Kantor Arsip, 2011,Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang)
I. A. Lestari dan N. R. Harisuna, “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran Siswa terhadap Minat Baca Siswa,” Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 1, 2019.
Budiarti, D. Efektivitas Pemanfaatan Perpustakaan Keliling di Kantor Arsip, 2011,Perpustakaan dan Dokumentasi Kota Padang (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang)
M. Iyuk, “Optimalisasi Perpustakaan sebagai Sumber Belajar di SD Negeri 08 Marong,” Bahasa, vol. 10, no. 2, hlm. 253–260, Jan 2022, doi: 10.31571/bahasa.v10i2.3434.
A. U. Albab, “Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah sebagai sumber belajar siswa di SDN Candiwatu Mojokerto,” 2018.
Anwar, M. Menjadi Guru Profesional.2018. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.