Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Aplication of Sel-Acceptance to Improve Positive Self-Concept in Hight School Student


Penerapan Penerimaan Diri untuk Meningkatkan Konsep Diri Positif pada Siswa SMA

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5516

Keywords:

self concept, Self-Acceptance

Abstract

This study aims to analyze how self-acceptance and its implementation can positively impact self-concept, particularly at the high school level. This research employs a quantitative experimental method of the Quasi-Experiment type with 120 students from SMA Negeri 1 Bangsal, Mojokerto, divided into two groups: an experimental group (60 students) and a control group (60 students). The implementation of self-acceptance was conducted through training focused on self-acceptance and appreciation of strengths and weaknesses. The research design uses a Non-Randomized Control Trial Experiment, as the subjects were not selected randomly. Parametric statistics using Independent Sample T-Test analysis were used to determine the difference in self-confidence scores between the experimental and control groups, while the Paired Sample T-test was used to observe differences in pre-test and post-test scores. The results show that self-acceptance training effectively enhances the positive self-concept of students.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. B. Riza, “Upaya Peningkatan Konsep Diri Positif Peserta Didik Kelas XII Sma Nahdlatul Ulama 1 Gresik Melalui Forgiveness Therapy,” Jurnal Mahasiswa Manajemen, vol. 1, no. 2, hlm. 81, 2020, doi: 10.30587/mahasiswamanajemen.v1i2.2013.

K. Hidayati, “Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri pada Remaja Khoirul Bariyyah Hidayati,” Persona Jurnal Psikologi Indonesia, vol. 5, no. 02, hlm. 137–144, 2016, doi: https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.730.

A. Budi dan A. Tina, “Konsep Diri, Harga Diri, Dan Kepercayaan Diri Remaja,” 2016. doi: 10.22146/jpsi.10046.

F. N. R. Dewi, “Konsep Diri pada Masa Remaja Akhir dalam Kematangan Karir Siswa,” KONSELING EDUKASI “Journal of Guidance and Counseling,” vol. 5, no. 1, hlm. 46–62, 2021, doi: 10.21043/konseling.v5i1.9746.

Oktariani dan E. Syaputri, “Meningkatkan Konsep Diri Positif Untuk Penyesuaian Diri Pada Remaja di Panti Asuhan,” Servitium Smart Journal, vol. 1, no. 1, hlm. 25–29, 2022, doi: 10.31154/servitium.v1i1.2.

F. I. P. Sari dan A. S. Maryatmi, “Hubungan Antara Konsep Diri (Dimensi Internal) Dan Optimisme Dengan Subjective Well-Being Siswa SMA Marsudirini Bekasi,” Ikraith-Humaniora, vol. 3, no. 1, hlm. 23–29, 2019, [Daring]. Tersedia pada: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-humaniora/article/view/371

H. V. Nur, “Peningkatan Penerimaan Diri Siswa Kelas XI SMK SMTI Yogyakarta Menggunakan Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior, Tahun Ajaran 2017/2018,” 2018.

A. Syahraeni, “Pembentukan Konsep Diri Remaja,” Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, vol. 7, no. 1, hlm. 61–76, 2020, doi: https://doi.org/10.24252/al-irsyad%20al-nafs.v7i1.14463.

R. Sekali, “Upaya Meningkatkan Penerimaan Diri (Selfacceptance) Siswa Melalui Konseling Individu Dengan Pendekatan Realita Kelas Xi Sma Negeri 15 Bandar Lampung,” Jurnal Evaluasi dan Pembelajaran, vol. 2, no. 2, hlm. 135–147, 2020, doi: 10.52647/jep.v2i2.21.

E. Hartawi dan Z. Yusra, “Kontribusi Penerimaan Diri dan Tipe Kepribadian Narsistik terhadap Penggunaan Aplikasi Photoeditor,” Jurnal RAP UNP, vol. 9, no. 1, hlm. 25–36, 2018, doi: https://doi.org/10.24036/rapun.v9i1.10385.

A. Akhwani dan R. Nurizka, “Meta-Analisis Quasi Eksperimental Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar,” Jurnal Basicedu, vol. 5, no. 2, hlm. 446–454, 2021, doi: 10.31004/basicedu.v5i2.706.

A. N. Mochtan, “Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Konsep Diri Siswa SMA di Tangerang Selatan,” 2019. [Daring]. Tersedia pada: http://repository.unj.ac.id/3045/1/AISHA NABILA MOCHTAN.pdf

L. H. Rahmah, L. Nurlaela, M. Maspiyah, dan T. Rijanto, “Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19: Implementasi Flipped Classroom Berbantuan Youtube Di Lembaga Pendidikan dan Keterampilan,” JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), vol. 6, no. 2, hlm. 286–292, 2021, doi: 10.29100/jipi.v6i2.2060.

F. P. Rahmadani, “Hubungan Konsep Diri Dengan Penerimaan Diri Siswa,” e-Journal Pembelajaran Inovasi, Jurnal Ilmiah …, vol. 4, no. 2, hlm. 52–68, 2019, [Daring]. Tersedia pada: http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/5319

M. Megawati, L. Gaol, F. Psikologi, U. M. Area, dan U. M. Area, “Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Penerimaan Diri Remaja Di Panti Asuhan Puteri Aisiyah,” 2022. [Daring]. Tersedia pada: https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/907/814

L. Legistini, E. Flurentin, dan M. Ramli, “Hubungan Antara Konsep Diri dan Interaksi Sosial dengan Penerimaan Diri Siswa di SMA Negeri 10 Malang,” Prosiding Seminar Nasional …, no. 5, hlm. 10–16, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://conference.um.ac.id/index.php/bk/article/view/43

A. Rahmi dan S. Aisah, “Sosialisasi Konsep Diri Dalam Meningkatkan Penerimaan Diri dan Interaksi Sosial Yang Baik Pada Remaja,” Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung, vol. 1, no. 50, hlm. 24–32, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/download/907/814

C. R. Pradana, “Penerapan Teori REBT dengan Menggunakan Teknik Assertive Adaptive untuk Menumbuhkan Kemampuan Adaptasi pada Remaja,” Al Musyrif: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, vol. 5, no. 2, hlm. 106–113, 2022, doi: 10.38073/almusyrif.v5i2.840.

Y. A. Saputro dan R. Sugiarti, “Pengaruh Dukungan sosial teman sebaya dan Konsep Diri terhadap Penyesuaian Diri pada Siswa SMA Kelas X,” PHILANTHROPY: Journal of Psychology, vol. 5, no. 1, hlm. 59, 2021, doi: 10.26623/philanthropy.v5i1.3270.

J. Hartanti, Konsep Diri Karakteristik Berbagai Usia. 2018.

U. Lestari, L. Masluchah, dan W. Mufidah, “Konsep Diri Dalam Menghadapi Quarter Life Crisis,” IDEA: Jurnal Psikologi, vol. 6, no. 1, hlm. 14–28, 2022, doi: 10.32492/idea.v6i1.6102.

A. R. T. Utari dan I. M. Rustika, “Konsep Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Prososial Remaja Sekolah Menengah Atas,” Jurnal Studia Insania, vol. 8, no. 2, hlm. 80, 2021, doi: 10.18592/jsi.v8i2.3852.

N. Aini dan M. S. Zuhdi, “Penerimaan Diri Remaja Putri Terhadap Orang Tua Tiri (Studi Kasus Dua Remaja Putri Di Desa Mojopetung Gresik),” At-Taujih : Bimbingan dan Konseling Islam, vol. 4, no. 1, hlm. 97, 2021, doi: 10.22373/taujih.v4i1.11846.

Febriana dan Rahmasari, “Gambaran Penerimaan Diri Korban Bullying,” Jurnal Penelitian Psikologi, vol. 8, no. 5, hlm. 1–15, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41313

A. Ratih, “Peran Penerimaan Diri dan Dukungan Sosial terhadap Konsep Diri Remaja yang tinggal di Panti Asuhan di Bali,” Jurnal Psikologi Udayana, vol. 3, no. 3, hlm. 509–518, 2016.

Posted

2024-08-05