Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Identifity Misconceptions of Junior High School Students Using the Four-Tier Diagnostic Test on Photosyinthesis Material


Identifikasi Miskonsepsi Siswa SMP Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test pada Materi Fotosintesis.

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5498

Keywords:

Misconception, Photosynthesis, Four-Tier Diagnostic Test

Abstract

The purpose of this research is to detect and identify misconceptions about photosynthesis among junior high school students. This study employs a descriptive method with a quantitative approach. Data collection was conducted using simple random sampling on 162 eighth-grade students from a junior high school in Pasuruan Regency, using a Four-Tier Diagnostic Test consisting of 15 questions and in-depth interviews with several students. The results of the study show that the average misconception among students about photosynthesis falls into the moderate category, with the percentages being 34.33% understanding the concept, 58.93% having misconceptions, and 6.53% not understanding the concept.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Christiani, Munzil, dan E. Yulianti, “Identifikasi Miskonsepsi Materi Getaran dan Gelombang Pada Siswa SMP kelas VIII Menggunakan three-tier test,” J. MIPA dan Pembelajarannya, vol. 1, no. 4, hal. 304–321, 2021, doi: 10.17977/um067v1i4p304-321.

A. Widiarti, W. Budijastuti, dan Raharjo, “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Konsep Sistem Reproduksi Dengan Menggunakan Three Tier Test pada Kelas IX SMP YPM 1 Sidoarjo,” hal. 86–90, 2020.

P. Yeni, S. P. Reza Karima, B. Yusuf, dan P. B. Adi, “Identifikasi miskonsepsi materi jaringan tumbuhan pada mahasiswa pendidikan biologi di salah satu universitas di surakarta,” BIOEDUKASI J. Pendidik. Biol. Univ. Muhammadiyah Metro, vol. 10, no. 2, hal. 171–178, 2019, doi: https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v10i2.2494.

N. Zakiah dan R. Diana, “Analisis Miskonsepsi Materi Ekosistem Pada Siswa Kelas X,” ISEJ Indones. Sci. Educ. J., vol. 2, no. 3, hal. 151–157, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://www.siducat.org/index.php/isej/article/view/326

N. Widiyowati, “Analisis miskonsepsi mengunakan instrumen four-tier diagnostic test materi tekanan zat dan penerapannya,” SKRIPSI, 2021.

P. winda May dan S. Kuntjoro, “profil miskonsepsi materi ekologi menggunakan four-tier test pada peserta didik kelas X sma,” BioEdu Berk. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 9, no. 3, hal. 414–421, 2020, doi: https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n3.p414-421.

S. Alwia, “Analisis Pemahaman Konsep Siswa Yang Diukur Menggunakan Tes Pilihan Ganda Biologi,” J. Pendidik. Glas., vol. 6, no. 1, hal. 109–120, 2022, doi: https://doi.org/10.32529/glasser.v6i1.1466.

P. Puspitasari, T. Jalmo, dan B. Yolida, “Identifikasi miskonsepsi siswa pada materi Fotosintesis dan respirasi Tumbuhan,” no. 1, hal. 1–10, 2017.

W. N. H. Nadhiful, T. Jalmo, dan Y. Berti, “Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan,” J. Bioterdidik Wahana Ekspresi Ilm., 2017.

A. A. Machshunah, “Profil Miskonsepsi Pada Materi Fotosintesis dan Respirasi Tumbuhan Menggunakan Three-Tier Multiple Choice Diagnostic Test.,” BioEdu Berk. Ilm. Pendidik. Biol., vol. 8, no. 2, hal. 201–207, 2019.

E. Irianti, “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Cahaya Menggunakan Four Tier Diagnostics Test,” J. Pendidik. Fis. Undiksha, vol. 11, no. 2, hal. 1–10, 2021, doi: https://doi.org/10.23887/jjpf.v11i2.33247.

E. Maryam, “Identifikasi miskonsepsi menggunakan Three-tier diagnistic test berbasis google form pada pokok bahasan potensial listrik,” Silampari J. Pendidik. Ilmu Fis., vol. 2, no. 2, hal. 149–162, 2020, doi: https://doi.org/10.31540/sjpif.v2i2.1083.

L. Missa, R. N. K. Mellu, dan D. Langtang, “Pengembangan Alat Evaluasi Fisika Untuk Mengidentifikasi Miskonsepsi Siswa Kelas VIII SMP Negeri Oenino,” hal. 164–169, 2020, doi: 10.22146/jfi.v24i3.57639.

I. Yuliana, “miskonsepsi dan metode identifikasinya,” J. Pendidik. undiksha, vol. 13, no. 1, hal. 267–275, 2023.

Q. Fariyani, A. Rusilowati, dan Sugianto, “pengembangan four-tier diagnostic test untuk mengungkap miskonsepsi fisika siswa sma kelas X,” J. Innov. Sci. Educ., vol. 4, no. 2, hal. 41–49, 2015, [Daring]. Tersedia pada: https://journal.unnes.ac.id/sju/jise/article/view/9903

D. Ergantara dan E. Y. Sari, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi 3D Berbasis Aplikasi Z-Cut dan CapCut pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Materi Fotosintesis di SDN 1 wajakkidul boyolangu tulungaung,” vol. 7, hal. 14882–14894, 2023, doi: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8751.

Sugiyono, Metode penelitian pendidikan. 2015.

D. Listya, “pengembangan dan implementasi four-tier diagnostic test untuk mengungkap miskonsepsi pada materi fotosintesis kelas VII di ms al-hikmah tayan hilir,” Skripsi, 2018.

N. Wilantika, N. Khoiri, dan S. Hidayat, “pengembangan penyusunan instrumen four-tier diagnostic test untuk mengungkap miskonsepsi materi sistem ekskresi di sma negri 1 mayong jepara,” J. Phenom., vol. 08, no. 2, hal. 200–214, 2018, doi: https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2699.

I. Laily, “Profil Miskonsepsi Siswa Pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan,” BioEdu, vol. 4, no. 3, hal. 21–30, 2015.

Khairunisa, “miskonsepsi dan pemahaman materi fotosintesis pada sekoah menengah atas di kabupaten pamekasan,” Biopedagogia, vol. 5, no. 1, hal. 13–25, 2023, doi: https://doi.org/10.35334/biopedagogia.v5i1.3393.

Haerunnisa, Prasetyaningsih, dan L. T. Biru, “Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Konsep Getaran dan Gelombang,” pendIPA journa sceince Educ., vol. 6, no. 2, hal. 428–433, 2022, doi: https://doi.org/10.33369/pendipa.6.2.428-433.

S. yulia Tri, A. Erie, dan R. Gestri, “Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Penukal Utara Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Pendopo,” Bioilmi, vol. 3, no. 1, hal. 38–46, 2017, doi: https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i1.1338.

F. Yona dan A. Ilhami, “Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas VIISMP Negeri 1 Tebing Tinggi Timur Kabupaten Kepulauan Meranti,” J. Nat. Sci. Learn., vol. 01, no. 01, hal. 19–26, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://jom.uin-suska.ac.id/index.php/JNSL/article/view/12

R. H. Nasution, T. T. Wijaya, M. J. Adi Putra, dan N. Hermita, “Analisis Miskonsepsi Siswa SD pada Materi Gaya dan Gerak,” J. Nat. Sci. Integr., vol. 4, no. 1, hal. 11, 2021, doi: 10.24014/jnsi.v4i1.10851.

A. N. Ciptasari, E. H. W. H, R. Setiyono, dan P. P. Biologi, “Analisis Butir Soal Tes Objektif Penilaian Tengah Semester Mata Pelajaran Evolusi dan Bioteknologi,” Eduproxima J. Ilm. Pendidik. IPA, hal. 393–402, 2024, doi: https://doi.org/10.29100/.v6i2.4488.

Posted

2024-08-02