Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Improving Fine Motor Skills in Children Aged 4-5 Years Through Weaving Activities with Natural Materials at Kindergarten Aisyiyah 2 Waru


Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Menganyam dengan Bahan Alam di TK Aisyiyah 2 Waru

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5485

Keywords:

Fine Motor Skills, Weaving, Early Chilhood

Abstract

It is important to train children's fine motor development because fine motor movement skills are an integral part of their development. This will help children in carrying out various activities. The purpose of this study was to improve the fine motor skills of children aged 4-5 years at Aisyiyah 2 Waru Kindergarten. This research uses class action research. Data collection techniques in this study using observation sheets. The results showed that the fine motor skills of children aged 4-5 years had increased, this occurred after stimulation efforts made by researchers with the practice of weaving activities carried out for 4 actions in 2 cycles.

Downloads

Download data is not yet available.

References

W. C. Daulay and N. Nurmaniah, “Pengaruh Kegiatan Menganyam Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Ihsan Medan T.A 2018/2019,” J. Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 7–19, 2020, [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/16200

Z. N. Wandi and F. Mayar, “Analisis Kemampuan Motorik Halus dan Kreativitas pada Anak Usia Dini melalui Kegiatan Kolase,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 363, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.347.

M. Marfuah, “Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Rabbani Kedamaian Bandar Lampung,” UIN Raden Intan Lampung, pp. 1–11, 2019, [Online]. Available: http://repository.radenintan.ac.id/5520/1/Skripsi Full.pdf

P. Melati and L. Suzanti, “Pengembangan Aspek Motorik Halus Anak Pada Usia 5-6 Tahun Dengan Kegiatan Menganyam,” Al-Abyadh, vol. 5, no. 1, pp. 30–36, 2022, doi: 10.46781/al-abyadh.v5i1.469.

M. Meriyati, C. W. Kuswanto, D. D. Pratiwi, and E. Apriyanti, “Kegiatan Menganyam dengan Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 729, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.667.

E. F. A. Ningsih, “Pemanfaatan Bahan Alam Dalam kegiatan Menganyam Untuk Mengembangkan Motorik halus Anak1usia Dini Di Raudhatul Athfal Hidayatul Islam Krucil,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 105, no. 2, p. 79, 2022, [Online]. Available: https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

A. F. Lydia Ersta Kusumaningtyas, “Meningkatkan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Pada Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun,” J. Audi, vol. 2, no. 2, pp. 70–75, 2018, doi: 10.33061/ad.v2i2.1971.

R. N. Aini, “PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI DENGAN KEGIATAN MENGANYAM DI TK GAUM 02 TASIKMADU KARANGANYAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023,” vol. 4, no. 1, pp. 88–100, 2023.

D. Via, C. Bulan, and L. Suzanti, “Optimalisasi Perkembangan Motorik Halus Anak Menggunakan Media Menganyam Dengan Kertas,” JIEEC (Journal Islam. Educ. Early Childhood), vol. 4, no. 2, pp. 26–37, 2022, [Online]. Available: http://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/4060

J. Hasrita, H. Herman, and I. Zainuddin, “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak di Taman Kanak-Kanak Usia 5–6 Tahun,” J. Profesi Kependidikan, pp. 217–224, 2022, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/29357%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/JPK/article/viewFile/29357/13786

D. Refiani, “Ahmad Susanto, Bimbingan Konseling Di Taman Kanak-Kanak, (Jakarta:Kencana,2015),43 1 9,” pp. 9–45, 2019.

S. M. Zakir, Rusmayadi, and A. S. W. Asti, “Pengaruh Kegiatan Menganyam Menggunakan Bahan Alam Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun,” Univ. Negeri Makassar, 2022, [Online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/23783/

D. Untuk, M. Salah, S. Syarat, M. Ujian, and S. Pada, “Meningkatkan keterampilan menganyam melalui media bahan alam pada anak ra dwp stain datokarama palu skripsi,” 2019.

A. R. Ningtyas, “MENINGKATKAN KEMAMPUAN FISIK MOTORIK HALUS ALAM PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PEMBINAAMEN,” vol. 2, no. 1, pp. 1–6, 2021.

Ninik Utami Ningsih, “Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Menganyam Dengan Berbagai Media Pada Kelompok A2,” J. Pendidik. Anak, vol. 2, no. 2, pp. 631–637, 2021.

D. Sulaeman, Y. Milawati, S. E. Budiarti, and I. Rosidah, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Pada Anak 5-6 Tahun,” J. Plamboyan Edu, vol. 1, no. 1, pp. 45–57, 2023.

D. E. Journal, “Upaya meningkatkan kecerdasan melalui kegiatan menganyam emosional anak,” vol. 3, pp. 65–72, 2023, doi: 10.37905/dej.v3i2.2080.

A. Gani, “Metodologi Penelitian: Metodologi penelitian Skripsi,” Rake Sar., pp. 1–67, 2020.

P. Pratiwi, “Peningkatan Kemampuan Motorik Halus melalui Kegiatan Menggambar Anak Kelompok A di TKN Pekunden 1,” Briliant J. Ris. dan Konseptual, vol. 4, no. 4, p. 521, 2019, doi: 10.28926/briliant.v4i4.410.

Hikmah, Herman, and I. Zainuddin, “Upaya Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dengan Menggunakan Pola Pada Anak Usia Dini,” J. Ilm. Abdi Ilmu, vol. 13, no. 1, pp. 115–130, 2020, [Online]. Available: https://journal.pancabudi.ac.id/index.php/abdiilmu/article/view/897

A. Isnaeni, “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Bahan Alam,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 10, 2021.

Posted

2024-08-05