Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Effect of Interactive Video Learning Media (PWZ) Changes in Forms and Subtances on Understanding Science Concepts for Elementary School Students


Pengaruh Media Pembelajaran Video Interaktif (PWZ) Perubahan Wujud dan Zat Terhadap Pemahaman Konsep IPA Untuk Siswa Sekolah Dasar

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5370

Keywords:

Learning Media, Interactive Video, Science Concept Understanding

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran video interaktif (PWZ) perubahan wujud dansubstansi terhadap pemahaman konsep IPA siswa kelas IV SDN Krembung I Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metodologi kuantitatif dengan rencana nonequivalent control group design (pretest-posttest) yangdibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang dipilih secara acak, penelitian ini dilaksanakan di SDN Krembung I yang berjumlah 41 siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam metode kuantitatif adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (Independent Sample T test) sebagai bagian dari proses analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor posttest kelas eksperimen yaitu 76,5 dan kelas kontrol sebesar 56,6. Pada uji hipotesis yang dilakukan dengan uji Independent Sample T test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) > a = 0,05 yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan media pembelajaran video interaktif (PWZ) terhadap perubahan wujud dan substansi terhadap pemahaman konsep IPA dan teknologi siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Fauzan, "Kurikulum dan Pembelajaran," Jurnal Sains dan Seni ITS, vol. 6, no. 1, 2017. [Online]. Available: http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf%0Ahttp://fiskal.kemenkeu.go.id/ejournal%0Ahttp://dx.doi.org/0.1016/j.cirp.2016.06.001%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.powtec.2016.12.055%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.ijfatigue.2019.02.006%0Ahttps://doi.org/10.1

Y. Yulisa, L. Hakim, and L. Lia, "Pengaruh Video Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP," Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, vol. 1, no. 1, pp. 37, 2020. [Online]. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3445

L. Hewi and M. Shaleh, "Penguatan Peran Lembaga PAUD untuk The Programme for International Student Assessment," vol. 6, no. 2, pp. 63–70, 2020.

A. S. Argawi and H. Pujiastuti, "Pemahaman Konsep SD - 3," Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, vol. 5, no. 1, pp. 64–75, 2021.

A. Khairunnisa, D. Juandi, and S. M. Gozali, "Systematic Literature Review: Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika," urnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 6, no. 2, pp. 1846–1856, 2022. [Online]. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1405

S. A. Nuriya, E. Setiyawati, Fpip, and U. M. Sidoarjo, "Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Konkret terhadap Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik Kelas V," Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, vol. 8, no. 1, pp. 1829–1843, 2023. [Online]. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/pendas/article/view/7717

N. Dede, S. Afriyuni, Y. Devi, and A. Fauziah, "Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Mata Pelajaran IPA," Jurnal Cakrawala Pendas*, vol. 4, no. 2, pp. 9–16, 2018.

L. S. Astuti, "Penguasaan Konsep IPA Ditinjau dari Konsep Diri dan Minat Belajar Siswa," Formative: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA*, vol. 7, no. 1, pp. 40–48, 2017. [Online]. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1293

N. Ismiyanti, "Perancangan Pembelajaran IPA Menggunakan Software Videoscribe," VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, vol. 1, no. 2, pp. 50–58, 2020. [Online]. https://doi.org/10.35719/vektor.v1i2.11

H. Syahputra, D. Friansah, and others, "Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Pada Materi Organ Gerak Manusia Siswa Kelas V SD Negeri 48 Kota Lubuklinggau," Linggau Journal , vol. 3, no. 1, 2023. [Online]. http://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/view/451%0Ahttps://jurnal.lp3mkil.or.id/index.php/ljese/article/download/451/394

D. Fitriah and M. U. Mirianda, "Kesiapan Guru Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Berbasis Teknologi," Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI, pp. 148–153, 2019.

R. P. Kusuma Wardhany and S. Subiki, "Jurnal Pembelajaran Fisika," SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 2014.

Z. Aqib, Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya, 2016.

I. Rahmatul, Sutikno, and Masturi, "Video Terjadinya Petir Sebagai Media Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Listrik Statis," Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal)*, vol. IV, pp. 141–144, 2015.

D. Yunita and A. Wijayanti, "Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa," SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora*, vol. 3, no. 2, pp. 153–160, 2017. [Online]. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1614

G. P. Adnyana, "Video Eksperimen dan Animasi untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Kimia," Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, vol. 46, no. 3, pp. 266–277, 2013.

S. Wartono, Sumarjo1, T. Dini, S. Yuliana, and J. R. Batlolona, "Penguasaan Konsep Fisika Disertai Video Dengan Menunggunakan Model Interactive Demonstration (Levels of Inquiry)," Jurnal Pendidikan Fisika, vol. 6, no. 2, pp. 71–75, 2018.

Sugiyono, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, 2020.

L. Rosalina, R. Oktarina, R. Rahmiati, and I. Saputra, Buku Ajar Statistika, FEBS Letters, vol. 185, no. 1, pp. 4–8, 2023.

Posted

2024-07-29