DOI of the published article https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v6i2.6044
Development of Pop-Up Book Media Based on Contextual Approach to Improve Mathematical Concepts Understanding of Elementary Students
Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SD
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5345Keywords:
Kontekstual, Pop Up Book, Understanding Of Mathematical ConseptsAbstract
This research is based on the results of the analysis at Singopadu Elementary School, namely research on the development of Pop-Up Book Media based on a contextual approach to improve understanding of mathematical concepts of fourth grade elementary school students, and to determine the application of Pop-Up Book media based on a contextual approach to improve understanding of mathematical concepts of fourth grade students.This type of research article is RnD (research and development). The model used is the ADDIE model. Development of Pop-Up Media Pop-Up Book Media Development based on Contextual approach to improve understanding of mathematical concepts of elementary school students is said to have met the criteria of valid, practical, and effective and feasible to be implemented to elementary school students.
Downloads
References
N. Setyaningsih dan M. N. Kustiana, “Analysis of Students ’ Creative Thinking Ability in Solving HOTS Problems Viewed from Numeration Ability Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 12, no. 2, hal. 351–362, 2023.
E. R. Ananda dan R. R. Wandini, “Analisis Perspektif Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 6, no. 3, hal. 4173–4181, 2022, doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2773.
A. M. Arifin, “Pengembangan media pembelajaran STEM dengan augmented reality untuk meningkatkan kemampuan spasial matematis siswa,” JRPM J. Ris. Pendidik. Mat., vol. 7, no. 1, hal. 59–73, 2020.
H. Prastitasari, A. Qohar, dan C. Sa’dijah, “Pengembangan bahan ajar Berdasarkan pendekatan kontekstual pada ateri bangun datar untuk siswa kelas IV,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 3, no. 2, hal. 1599–1605, 2018, doi: 10.17977.
N. P. Alvariani dan Sukmawarti, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Permainan Tradisional Jawa Untuk Pemahaman Konsep Bangun Datar,” J. Penelit. Pendidik. MIPA, vol. 6, no. 2, hal. 43–51, 2022.
I. F. Hidayat, I. Asih, V. Yandhari, dan T. Pamungkas, “Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematics Education ( RME ) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas V,” vol. 4, no. 1, hal. 106–113, 2020.
A. M. I. T. Asfar, A. Asmawaty, dan A. Nursyam, “Mathematical Concept Understanding: the Impact of Integrated Learning Model,” Al-Jabar J. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, hal. 211–222, 2019, doi: 10.24042/ajpm.v10i2.3880.
D. V. M. Asmara, D. Kuswandi, dan A. R. As’ari, “Pengembangan Media Kobaki pada Materi Perkalian dan Pembagian untuk Siswa Kelas II Sekolah Dasar,” J. Pendidik. Teor. Penelitian, dan Pengemb., vol. 5, no. 12, hal. 1839, 2020, doi: 10.17977/jptpp.v5i12.14358.
T. A. Ulfah, E. A. Wahyuni, dan M. E. Nurtamam, “Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Satuan Panjang,” Pros. Semin. Nas. Mat. dan Pembelajarannya. Jur. Mat., vol. 3, no. 3, hal. 955–961, 2016.
T. Nurrita, “Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” misykat, vol. 03, hal. 171–187, 2018.
P. C. Putro dan D. Setyadi, “Pengembangan Komik Petualangan Zahlen Sebagai Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” Mosharafa J. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, hal. 131–142, 2022, doi: 10.31980/mosharafa.v11i1.1041.
W. Asih, D.R, Sabatari, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMK Negeri 1 Tajinan,” Pros. Semin. Nas. IKIP Budi Utomo, vol. 2, no. 01, hal. 389–394, 2021, doi: 10.33503/prosiding.v2i01.1392.
I. K. Eri Karisma, I. G. Margunayasa, dan P. A. T. Prasasti, “Pengembangan Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan Kelas VI Sekolah Dasar,” J. Ilm. Sekol. Dasar, vol. 4, no. 2, hal. 121, 2020, doi: 10.23887/jisd.v4i2.24458.
N. Syalsyabila, Hetilaniar, dan A. Kuswidyanarko, “Pengembangan Media Pop-Up Book Pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SD Negeri 11 Gelumbang,” J. Pendidik. dan Konseling, vol. 4, hal. 1707–1715, 2022.
P. N. Widya, L. Ariyanto, dan Y. H. Murtianto, “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning Berbantuan Pop Up Book untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VII,” Imajiner J. Mat. dan Pendidik. Mat., vol. 2, no. 2, hal. 95–101, 2020, doi: 10.26877/imajiner.v2i2.5769.
R. Antari. L. , Muslimin, “Pengembangan Lkpd Berbasis Pendekatan Contextual Teaching And Learning (Ctl) Dengan Konten Nilai Islam Materi Himpunan,” Aksioma J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 11, no. 1, hal. 213–223, 2022, doi: https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4536.
T. Yuwono, A. D. I. Ningrum, dan D. A. Susilo, “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Discovery Learning Membuktikan Luas Dan Keliling Lingkaran,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 10, no. 2, hal. 479, 2021, doi: 10.24127/ajpm.v10i2.3091.
H. R. Maharani, N. Ubaidah, dan M. Aminudin, “Efektifitas Model Concept Attainment Ber-Budaya Akademik Islami Berbantuan Pop-Up Book pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar,” KREANO ( J. Mat. Ktreatif-inovatif), vol. 9, no. 1, hal. 100–106, 2018.
D. Oktaviana, I. Prihatin, dan F. Fahrizar, “Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching and Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp,” AKSIOMA J. Progr. Stud. Pendidik. Mat., vol. 9, no. 1, hal. 1, 2020, doi: 10.24127/ajpm.v9i1.2543.
R. Branch, Maribe, Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: springer, 2009.
“Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dasar Berbasis,” hal. 19–24, 2018.
S. M. A. N. Singosari, “Pengembangan multimedia interaktif powtoon pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan kebijakan moneter untuk siswa kelas xi ips di sma negeri 1 singosari,” vol. 11, no. 1, hal. 71–79, 2018.
D Meyninda“Analisis Kepraktisan Pengembangan Bahan Ajar Biologi Berbasis Islam-Sains Berbantuan Media Augmented Reality" Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Antasari Banjarmasin , Kota Banjarmasin
S. Arikunto, Prosedur Penelitian, suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
B. Diklat dan K. Surabaya, “Belajar Peserta Diklat Pkp Angkatan VI,” vol. 4, no. 1, 2020.
A. Roosyanti, “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Pendekatan Guided Discovery Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kreatif,” vol. 4, no. 1, hal. 60–73, 2017.
R. R. Hake, "Menganalisis skor perubahan/perolehan," Tidak diterbitkan. [Online]. Tersedia: http://www.fisika.indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf. [Diakses: 16-Jul-2024].
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.