Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Learning Innovation: Application of Interactive Quizzes in Learning Arabic Vocabulary in Class X of SMA Muhammadiyah 3 Tulangan


Inovasi Pembelajaran: Penerapan Kuis Interaktif pada Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab di SMA Muhammadiyah 3 Tulangan

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5257

Keywords:

Response, Arabic, Interactive Quiz

Abstract

The purpose of this study is to find out how the responses obtained by the students from learning using the interactive tools they get. This study uses a descriptive quantitative method, namely research that presents the data in the form of numbers which are then described to complement the description. This research will be conducted on 32 students of class X-3 at SMA Muhammadiyah 3 Tulangan as a sample. The questionnaire will be given to each student in the form of a sheet of paper whose statement has been validated by an expert. This study resulted in a conclusion that the use of Interactive Quizzes in Learning Arabic Vocabulary in the ClassPoint application received a positive response from students in class X-3 of SMA Muhammadiyah 3 Tulangan. The positive response given by the students after carrying out the research can be a determinant of how the students' learning development.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. R. Affandi, M. Widyawati, dan Y. B. Bhakti, “Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pelajaran Fisika,” J. Pendidik. Fis., vol. 8, no. 2, hal. 150, 2020, doi: 10.24127/jpf.v8i2.2910.

N. Hidayah, H. Rusandi, dan H. Nurlaeli, “Analisis Problematika Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Madrasah Ibtidaiyah”.

I. Asakir dan F. Mahmudah, “Kreativitas dan Inisiatif Guru dalam Pengembanggan Mutu Pembelajaran Online,” J. Stud. Guru dan Pembelajaran, vol. 5, no. 1, hal. 31–40, 2022, doi: 10.30605/jsgp.5.1.2022.1541.

M. F. Nasrulloh, A. K. Nasoih, W. S. Satiti, S. Khansa, dan Afifa, “Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab melalui Pelatihan dan Permainan Bahasa Arab,” J. Pengabdi. Masy. Bid. Pendidik., vol. 1, no. 1, hal. 28–35, 2020.

T. A. Nengrum dan M. Arif, “Efektivitas Media Pembelajaran dalam Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab,” vol. 9, no. 1, hal. 1–15, 2020.

M. Ahmad, C. E. Setyawan, dan U. I. Situbondo, “Tathwiiru Wasaailu Al-i’laam At-ta’liimiiyyah Al-arobiyyah Allatii Binidhomi Andruwidi Bilmadrasah Al-islaamiyyah Al-hukumiyyah Al-ula Yugyakarta,” vol. 5, hal. 136–154, 2022.

F. Adib dan I. Fauji, “Penggunaan Media Poster Untuk Meningkatkan Pemahaman Mufradāt Di Sd Muhammadiyah 1 Sedati,” Al Mi’yar J. Ilm. Pembelajaran Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 7, no. 1, hal. 1, 2024, doi: 10.35931/am.v7i1.3003.

S. Panggabean dan T. Halomoan Harahap, “Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika,” J. Math. Educ. Sci., vol. 6, no. 1, hal. 78, 2020.

M. D. Virgiawan dan S. Marlini, “Pengembangan Kuis Interaktif Berbasis E-Learning Dengan Menggunakan Aplikasi Wondershare Quiz Creator Pada Mata Kuliah Belajar dan Pembelajaran Matematika,” vol. 12, no. 1, hal. 29–42, 2018.

H. Maulana, “Analisis Kualitas Instrumen Evaluasi Pembelajaran Menggunakan Media Digitalisasi Untuk Memotivasi Hasil Belajar Peserta Didik,” J. Pendidik. Bhinneka Tunggal Ika, vol. 1, no. 4, hal. 1–12, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.51903/bersatu.v1i4.255

W. Utari, R. B. Surya, dan A. C. K. Aziz, “Media Kuis Interaktif dengan Aplikasi Classpoint,” J. Indopedia, vol. 1, hal. 397–406, 2023.

N. D. Kurniawan dan I. Yatri, “Kuis Interaktif Menggunakan Aplikasi Classpoint pada Materi Indahnya Keragaman di Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar,” J. Ilm. Pendidik. Profesi Guru, vol. 5, no. 1, hal. 86–95, 2022.

Y. P. Wao, M. Priska, dan N. Peni, “Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Classpoint Pada Mata Kuliah Zoologi Invertebrata,” J. Inov. Pembelajaran Biol., vol. 3, no. 2, hal. 76–87, 2022, doi: 10.26740/jipb.v3n2.p76-87.

Sundari, D. Hadiyani, dan I. Muhlis, “Penerapan Media Presentasi Classpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta,” J. Pemikir. dan Pengemb. Pembelajaran, vol. 3, no. 3, hal. 1–9, 2021.

A. Jeklin, “Penerapan Media Presentasi Classpoint untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris MAN 19 Jakarta,” J. Pendidik., vol. 3, no. 1, hal. 1–23, 2021.

A. S. Robbani, “Alternative Game-Based Arabic Learning Using Lingohut,” Al Mi’yar J. Ilm. Pembelajaran Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 7, no. 1, hal. 291–310, 2024.

V. M. Indriani, “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Microsoft Power Point Pada Subtema Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV Sekolah Dasar,” Jpgsd, vol. 8, hal. 1044–1052, 2020, [Daring]. Tersedia pada: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/36681

Taufikurrohman, U. Hanifah, M. Abdullah, A. Ilzam, dan Sulfiatin, “Pembelajaran Mufradat Pada Anak Tingkat Pemula di Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen,” Al Mi’yar J. Ilm. Pembelajaran Bhs. Arab dan Kebahasaaraban, vol. 7, no. 1, hal. 97–116, 2024.

Samsiyati, “Peningkatan Motivasi Belajar Sistem Indera melalui Project Based Learning Menggunakan Kuis Interaktif Quizizz,” Ideguru (Jurna Karya Ilm. Guru), vol. 8, no. 2, hal. 263–269, 2023.

A. Azhari, O. K. Adhimah, dan S. Huda, “Penerapan Kuis Interaktif untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika,” vol. 1, no. 1, hal. 444–454.

G. D. K. Ningrum, “Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa,” VOX EDUKASI (Jurnal Ilm. Ilmu Pendidikan), vol. 9, no. 1, hal. 22–27, 2018.

H. M. Musfiqon, “Panduan Lengkap Metode Penelitian Pendidikan,” Penerbit Jakarta PT. Prestasi Pustakaraya, 2012.

P. D. Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan),” Metod. Penelit. Pendidik., vol. 67, 2019.

M. Rizal, Syihabuddin, dan Mad’ali, “Evaluasi Pembelajaran Bahasa Arab dengan Memanfaatkan Aplikasi MiSK,” Tsaqofiya J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Arab, vol. 9, no. 1, hal. 1–13, 2021.

R. A. Tha’imah, Al-maroji’ fi Ta’lim al-Lughoh Al-’Arobiyyah Juz 1. 1986.

Posted

2024-07-23