Preprint has been published in a journal as an article
DOI of the published article https://doi.org/10.23969/jp.v9i1.13134
Preprint / Version 1

Analysis of the Implementation of Global Diversity to Strengthen the Profile of Pancasila Students


Analisis Penerapan Berkebhinekaan Global Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5147

Keywords:

globalization, Pancasila, Character Education

Abstract

The purpose of this research is to analyze the extent to which the application of the concept of global diversity can strengthen understanding of Pancasila values, investigate its impact on increasing cultural insight and diversity, identify its influence on cross-cultural communication skills, and analyze. its relevance to the goals of character education and the formation of quality personalities in globalization context. This research uses a qualitative approach by observing, interviewing and reviewing literature. This approach was chosen to gain a deeper understanding, of the application of global.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. Rifqi Hamzah dan U. PGRI Wiranegara Yuniar Mujiwati, “Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik,” J. Jendela Pendidik., vol. 2, no. 04, 2022.

S. N. Kharunissa dan G. Santoso, “Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ) Kebermaknaan ( P5 ) Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Dimensi Kebhinekaan Global Di Kelas I SDN Jati Pulo 05 Pagi Jurnal Pendidikan Transformatif ( Jupetra ),” J. Pendidik. Transform. Kebermaknaan Proy. penguatanurnal Pendidik. Transform. Kebermaknaan Proy. penguatan, vol. 02, no. 02, hal. 127–140, 2023.

mohammad haris tantoko Aji, Sukamto, I. Purnamasari, dan S. khuluqul hasanah, “Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Melalui Pembiasaan Dan Pembelajaran Di SDN Karanganyar Gunung 02 Kota Semarang,” 2023.

A. Sapitri dan M. Maryati, “PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM REVITALISASI PENDIDIKAN KARAKTER ROLE OF ISLAMIC EDUCATION IN REVITALIZATION OF CHARACTER EDUCATION,” vol. 5, no. 1, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://al-afkar.com/

O. Ni, K. Narenthy, S. Dewi, N. Kadek, dan H. R. Putri, “Seminar Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya (Pedalitra II) Pembelajaran Bahasa dan Sastra Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila 31 Oktober 2022 PBID, FKIP Universitas PGRI Mahadewa Indonesia PEMBELAJARAN BAHASA SEBAGAI PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASIL,” 2022.

W. Ibad, “Penerapan Profil Pelajar Pancasila Di Tingkat Sekolah Dasar,” JIEES J. Islam. Educ. Elem. Sch. JIEES, vol. 3, no. 2, hal. 84–94, 2022, doi: 10.47400/jiees.v3i2.47.

I. S. S. S. Z. Y. Qiqi, “Analisis kebijakan penguatan pendidikan karakter dalam mewujudkan pelajar pancasila di sekolah,” Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 2, no. 1, 2021.

A. Purwanti et al., “Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Ke-6 (SNIP 2022) SHEs: Conference Series 6 (1) (2023) 329-335 Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri 1 Bocor,” 2023. [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.uns.ac.id/shes

Ghozali Solchan, “Pengembangan Karakter Kebhinekaan,” 2020.

F. Annisa, M. Karmelia, S. Tiara Maulia, U. Jambi, J. K. Raya Jambi -Ma Bulian, dan M. Indah, “Penerapan Pembelajaran Inovatif Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Dalam Membentuk Karakter Siswa,” J. Educ., vol. 05, no. 04, 2023.

irawati dini; iqbal muhammad aji; hasanah aan; arifin samsul bambang, “Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa,” pendidikan, 2022.

I. Kurniawaty, A. Faiz, dan P. Purwati, “Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar,” EDUKATIF J. ILMU Pendidik., vol. 4, no. 4, hal. 5170–5175, Jun 2022, doi: 10.31004/edukatif.v4i4.3139.

S. Ulandari dan D. Dwi Rapita, “Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik,” vol. 8, no. 2, hal. 12–28, 2023, doi: 10.21067/jmk.v8i2.8309.

P. T. Ahmad, “Implementasi Profil Pelajar Pancasila dalam Pembelajaran Kurikulum Merdeka,” 2022.

A. Kahfi, S. Binamadani, P. Guru, dan M. Ibtidaiyah, “IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KARAKTER SISWA DI SEKOLAH IMPLEMENTATION OF PANCASILA STUDENT PROFILE AND IMPLICATIONS FOR STUDENT CHARACTER AT SCHOOL,” 2020.

D. Tricahyono, “Pendidikan Sejarah Indonesia UPAYA MENGUATKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI DESAIN PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS KEBHINEKATUNGGALIKAAN,” J. Pendidik. Sej. Indones., vol. 5, no. 1, 2022.

A. Aziz dan U. Hasanah, “PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS NILAI-NILAI ISLAM DI MADRASAH IBTIDAIYAH,” J. Educ. Learn. Sci., vol. 2, no. 2, hal. 1–14, Okt 2022, doi: 10.56404/jels.v2i2.19.

G. Istiningsih dan D. S. A. Dharma, “INTEGRASI NILAI KARAKTER DIPONEGORO DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MEMBENTUK PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR,” Kebudayaan, vol. 16, no. 1, hal. 25–42, Jul 2021, doi: 10.24832/jk.v16i1.447.

S. I. Farida, R. Tajuddien, dan C. Dumarya Manik, “Penguatan Profil Pelajar Pancasila bagi Murid MTs. Baitis Salmah Ciputat dalam Menciptakan Generasi Sumber Daya Manusia yang Unggul,” Indones. J. Soc. Engagem., vol. 3, no. 2, hal. 91–105, Sep 2022, doi: 10.33753/ijse.v3i2.84.

Ntimuk Petronela; Hadi Yaurizqika Mokhamad; Arifin Imron, “Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Dasar (DIKDAS)-2022 ANALISIS KEBIJAKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM DUNIA PENDIDIKAN 1 st Petronela Ntimuk, 2 nd Mokhamad Yau,” 2022.

M. N. Lubaba dan I. Alfiansyah, “ANALISIS PENERAPAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR,” Sains dan Teknol., vol. 9, no. 3, hal. 2022–687, 2022, doi: 10.47668/edusaintek.v9i3.576.

Posted

2024-07-16