Implementation of Augmented Reality for the NRKB Process for Motor Vehicles
Implementasi Augmented Reality untuk Proses NRKB Kendaraan Bermotor
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.5122Keywords:
Augmented Reality, Android, NRKB, Likert ScaleAbstract
Every five years, motor vehicle owners, who are called taxpayers, carry out the process of changing the NRKB. Lack of understanding of the NRKB replacement flow means that people are often confused. Many procedural flow errors occur due to people rarely reading the process flow instructions in the information room so that the process takes longer. The aim of creating the Motor Vehicle NRKB Change Process application based on Augmented Reality (AR) is as a more interesting and interactive information medium for taxpayers to understand the flow of the NRKB change process at the local Samsat. Augmented Reality is a combination of two- and three-dimensional virtual object technology to be projected into the real world. The public can interact directly with the AR application, through this information media the NRKB change flow is packaged more attractively and easily understood.
Downloads
References
Arif Supriyanto dkk. (Mei 2019). Aplikasi Augmented Reality (AR) Alur Pembuatan SIM C Berbasis Android. Jurnal Humaniora Teknologi. Volume 5, Nomor 1 p-ISSN: 2443-1842 e-ISSN: 2614-3682.
Atmoko Nugroh dkk. (Januari 2017). APLIKASI MOBILE AUGMENTED REALITY BERBASIS VUFORIA DAN UNITY PADA PENGENALAN OBJEK 3D DENGAN STUDI KASUS GEDUNG M UNIVERSITAS SEMARANG. JURNAL TRANSFORMATIKA. Volume 14, Nomor 2.
Ariawan Djoko Rachmanto dkk. (Mei 2018). IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PROMOSI UNIVERSITAS NURTANIO BANDUNG MENGGUNAKAN UNITY 3D. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi |ISSN : 2087-2372.
Ardyansyah Harahap dkk. (2020). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY (AR) PADA MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN KOMPONEN ELEKTRONIKA BERBASIS ANDROID. Jurnal Ilmiah Infrastruktur Teknologi Informasi (JIITI), Vol:1, No:1, 20-25.
Eril Zilfesra dkk. (Januari 2021). KUALITAS PELAYANAN SISTEM ADMINISTRASI MANUNGGAL SATU ATAP (SAMSAT) KERINCI. Jurnal Administrasi Nusantara Mahasiswa(JAN Maha). Vol 3 No.1.
Eka Wahyu Hidayat dkk. ( April 2019). Penerapan Finite State Machine pada Battle Game Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi dan Penelitian Informatika. Vol. 5 No. 1 April 2019. ISSN(e): 2548-9364 / ISSN(p) : 2460-0741.
Hendy Tannady dkk. (Juli 20210). PERANCANGAN TAMPILAN USER INTERFACE PADA WEBSITE KLINIK SEHAT BERDASARKAN METODE PAPER PROTOTYPE. Journal of Business and Audit Information Systems. Vol 4 (No.2) : 10-15. 2021 p-ISSN: 2615-6431 e-ISSN: 2620-7907.
Ika Devi Perwitasari. (Juni 2018). TEKNIK MARKER BASED TRACKING AUGMENTED REALITY UNTUK VISUALISASI ANATOMI ORGAN TUBUH MANUSIA BERBASIS ANDROID. Journal of Information Technology and Computer Science Volume 1 Nomor 1, Juni 2018 e-ISSN : 2614-1574 p-ISSN : 2621-3249.
Latius Hermawan dkk. (Maret 2015). PEMANFAATAN AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA INFORMASI KAMPUS MENGGUNAKAN BROSUR. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2015 (SENTIKA 2015). ISSN: XXXX-XXXX.
Mia Melinda dkk. (2017). RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PUBLIK BERBASIS WEB (STUDI KASUS : DESA DURIAN KECAMATAN PADANG CERMIN KABUPATEN PESAWARAN). Jurnal TEKNO KOMPAK. Vol. 11, No. 1, 2017, 1-4. ISSN 1412-9663.
Mardiana dkk. (Februari 2020). AUGMENTED REALITY PELACAK LOKASI PUSTAKA DENGAN AR MARKER. Jurnal Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer (JTIIK) Vol.7, No. 1, Februari 2020, hlm. 77-86 p-ISSN: 2355-7699 AkreditasiKEMRISTEKDIKTI, No. 30/E/KPT/2018 e-ISSN: 2528-6579.
Nur Asrori dkk. (Desember 2021). MEDIA PEMBELAJARAN OLAHRAGA SENAM LANTAI DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID. Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak (JATIKA) Vol. 2, No. 4, December 2021, 559 – 569.
Petrus Yan Fayaman Sanadi dkk. (April 2024). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PEMBAYARAN PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA KANTOR SAMSAT KABUPATEN BIAK NUMFOR. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak. Vol.19 No.1 Tahun 2024 P-ISSN 2085-3335; E-ISSN 2715-1840.
Putu Mas Anandania Pradnya Paramita dkk. (2024). Efektivitas Pelayanan Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap Ke Rumah Tinggal (SAMSAT KERTI) Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Kasus: Kantor Bersama Samsat Gianyar). ELJBN. Vol 2 No.1 2024 ISSN 2988-1293.
Rohmat Indra Borman dkk. (2018). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MULTIMEDIA PADA MATA KULIAH SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN. SEMNAS RISTEK 2018. ISSN: 2527-5321.
Rohmat Indra Borman dkk. (Februari 2018). GAME PENGENALAN HURUF HIJAIYAH UNTUK ANAK AUTIS DENGAN PENERPAN PENDEKATAN EDUKASI MULTISENSORI. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2018. ISSN : 2302-3805.
Reghie Wisnu Pradana. (Oktober 2020). PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI INDONESIA. Jurnal Teknologi Pendidikan P-ISSN : 2503-0620 Volume 5 Nomor 1 Edisi Oktober 2020 E-ISSN : 2656-1417.
Safwan Kasma dkk. (2024). Augmented Reality sebagai Alat Promosi Properti: Studi Kasus Pt. Fatihah Permata Propertindo di Platform Android. Journal of Informatics and Computer Engineering Vol. 02 No. 01.
Weksi Budiaji. (Desember 2013). SKALA PENGUKURAN DAN JUMLAH RESPON SKALA LIKERT. Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan. Vol. 2 No. 2 Hal : 127-133 ISSN 2302-6308.
Yusra Fernando dkk. (Maret 2021). Penerapan Teknologi Augmented Reality Katalog Perumahan Sebagai Media Pemasaran Pada PT. San Esha Arthamas. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI). Volume 5 Nomor 1, Maret 2021, pp. 62-71 ISSN: 2548-9771/EISSN: 2549-7200
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.