Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Design and Build a 3D Dental Health Adventure Game


Rancang Bangun Game Adventure 3D Kesehatan Gigi

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.5080

Keywords:

3D Adventure Game, MDLC, Dental Health Care

Abstract

Since good practices in childhood will influence adult habits, dental health education should start early. Until recently, the only way to get information about dental health care and good and bad food choices for teeth was through lectures and pamphlets. The traditional approach is considered boring, unnecessarily visualized, and not difficult enough for children to understand. One way to do this is by creating a 3D adventure game for Android smartphones that teaches about oral health. The Multimedia Development Life Cycle (MDLC) approach, which consists of six stages-ideation, design, material collection, assembly, testing, and distribution-was used in making this application. With an indicator of 81% "Very Good", this 3D adventure game about dental health has gone through user acceptability testing and black box testing. This means that this application is suitable for use as an educational tool for children to help them care for and maintain oral health.

Downloads

Download data is not yet available.

References

S. Sussi et al., “Perancangan dan Implementasi Game Edukasi Kesehatan Gigi ‘Tooth and Fairy’ berbasis Android Menggunakan Unity Engine,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 2, p. 287, 2022, doi: 10.25126/jtiik.2021864992.

N. Y. W. Putri Abadi and S. Suparno, “Perspektif Orang Tua pada Kesehatan Gigi Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 3, no. 1, p. 161, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v3i1.161.

A. Riolina, “Peran Guru dalam meningkatkan kesehatan gigi dan mulut siswa di Sekolah Dasar,” J. Ilmu Kedokt. Gigi, vol. 1, no. 2, pp. 51–54, 2017.

H. Pramudita and A. Riyantomo, “Sosialisasi Perawatan Gigi dan Mulut pada Anak Berbasis Android,” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 2, p. 113, 2020, doi: 10.36499/jinrpl.v2i2.3567.

S. Ramadaniati, D. A. Sani, and M. F. Arif, “Rancang Bangun Mobile Game Adventure Of Studies Sebagai Media Pembelajaran,” INTEGER J. Inf. Technol., vol. 6, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.31284/j.integer.2021.v6i1.1200.

A. Amila and E. K. Hasibuan, “Peningkatan Pengetahuan Anak Usia Dini Dalam Perawatan Kesehatan Gigi Dan Mulut,” J. Abdimas Mutiara, vol. 1, no. 1, pp. 30–41, 2020, [Online]. Available: http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/JAM/article/view/1090

E. Yuniarly, R. Amalia, and W. Haryani, “Hubungan tingkat pengetahuan tentang kesehatan gigi dan mulut dengan tingkat kebersihan gigi dan mulut anak sekolah dasar,” J. Oral Heal. Care, vol. 7, no. 1, pp. 01–08, 2019, doi: 10.29238/ohc.v7i1.339.

M. N. Pay, A. Wali, F. Fankari, and T. Purnama, “Penerapan Permainan Puzzle Tentang Karies Gigi Sebagai Media Promosi Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Siswa Sekolah Dasar,” GEMAKES J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 3, no. 2, pp. 146–153, 2023, doi: 10.36082/gemakes.v3i2.1412.

N. Wirata, “Implementasi Game ‘ Sibasso Menyikat Gigi ’ sebagai Upaya Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan,” vol. 4, no. 4, pp. 4158–4164, 2023.

M. Kurniawan, “Aplikasi Pencarian Sekolah Berbasis Android (Studi Kasus : Smp Di Kota Bandar Lampung),” J. Inform. dan Rekayasa Perangkat Lunak, vol. 2, no. 2, pp. 169–179, 2021, [Online]. Available: http://jim.teknokrat.ac.id/index.php/informatika

M. N. Pay, A. L. Obi, M. S. Eluama, M. O. Nubatonis, L. M. . Pinat, and B. I. Sakbana, “Penerapan Permainan Kartu Tos Gambar Sebagai Media Edukasi Kesehatan Gigi Pada Siswa Sd Gmit Oehani Kecamatan Taebenu Kabupaten Kupang,” GEMAKES J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 90–97, 2022, doi: 10.36082/gemakes.v2i2.728.

I. S. Jatmiko, S. Kuswandari, L. G. S. Talida, and S. H. Ningrum, “Penggunaan Metode Game Interaktif untuk Edukasi Menggosok Gigi terhadap Kebersihan Gigi dan Mulut serta Kesehatan Gingiva pada Anak Tunanetra,” e-GiGi, vol. 13, no. 1, pp. 15–21, 2024, doi: 10.35790/eg.v13i1.52942.

M. N. Pay, A. L. Obi, M. O. Nubatonis, L. M. A. Pinat, and Y. E. Eky, “the Effectiveness of Counseling Using Puzzle and Snake and Ladder Game Media on Dental Caries Knowledge in Elementary School Students,” JDHT J. Dent. Hyg. Ther., vol. 4, no. 2, pp. 140–145, 2023, doi: 10.36082/jdht.v4i2.1311.

J. C. Wicaksono, T. A. S. Prasida, and J. Prestiliano, “Perancangan Card Game ‘Happy Teeth’ sebagai Media Edukasi Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut,” Nirmana, vol. 22, no. 2, pp. 78–88, 2022, doi: 10.9744/nirmana.22.2.78-88.

P. Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan, F. Nurlisa, S. Prasetyowati, S. Fitria Ulfah, J. Kesehatan Gigi, and P. Kesehatan Kemenkes Surabaya, “Mulut Pada Anak Sekolah Dasar Ditinjau Dari Media Permainan,” E-Indonesian J. Heal. Med., vol. 2, no. 4, pp. 596–603, 2022, [Online]. Available: http://ijohm.rcipublisher.org/index.php/ijohm

M. Akbar, A. Sofiawinoto, R. Meimaharani, T. Informatika, F. Teknik, and U. M. Kudus, “Perancangan Game Edukasi Pengenalan Makanan Sehat dan Tidak Sehat untuk Kesehatan Gigi Anak Berbasis Android Perkembangan media teknologi informasi dan komunikasi pada zaman sekarang sangatlah pesat serta menujukan semakin banyak media komunikasi yang beredar di masyarakat . Salah satu contoh yang bisa kita lihat di masyarakat cenderung namun banyak game yang bermanfaat untuk mengedukasi dan mengasah daya pikir dan usia dini . Oleh karena itu , penulis membuat game edukasi yaitu perancangan game Aplikasi adalah sebuah program siap pakai yang bisa dipakai untuk menjalankan sejumlah perintah dari pemecahan masalah yang memakai salah satu teknik pemrosesan data aplikasi pada sebuah komputerisasi atau smartphone dengan tujuan untuk memperoleh hasil yang lebih akurat dan sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi tersebut . ( Habibi , R ., &,” vol. 3, no. 1, pp. 1–8, 2024, doi: 10.55123/jumintal.v3i1.3331.

Sandri, P. R., Trisnadoli, A., & Nugroho, E. S. (2019). Pengembangan game edukasi pengenalan bahasa Inggris dasar untuk anak TK. SMATIKA JURNAL: STIKI Informatika Jurnal, 9(02), 59-64.

Posted

2024-07-09