Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Determinants of Interest in Using Paylater in Accounting Students of Muhammadiyah Sidoarjo University with Riba as Moderation


Determinan Minat Menggunakan Paylater pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan Riba Sebagai Pemoderasi

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4744

Keywords:

Financial Literacy, Self Control, Consumptive Behavior, interest in using paylater, usury

Abstract

This research aims to determine financial literacy skills, self-control and consumer behavior regarding interest in using paylater among accounting students at Muhammadiyah University of Sidoarjo with riba as the moderator. The population of this study were accounting students at Muhammadiyah University of Sidoarjo. The research method used a quantitative method and sample determination used a non-probability sampling method and the results obtained were 74 respondents. Data analysis techniques were carried out using Smart-PLS software. The results of this study found that usury strengthens the relationship between financial literacy and interest in using paylater, usury strengthens the relationship between self-control and interest in using paylater, usury weakens the relationship between consumptive behavior and interest in using paylater. The results of this research have implications for increasing knowledge about finance, being able to determine self-limitations regarding needs and desires, and still considering the Islamic perspective in managing individual financial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

L. S. M. Selvy Diana Putri, “PENGARUH LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN FINTECH PAYMENT ( PAYLATER ) PADA SHOPEE Pada Gambar 1 . 1 dapat diperoleh dalam penelitian ini model regresinya yaitu sebagai berikut :,” Semin. Nas. Manajemen, Ekon. dan Akuntasi Fak. Ekon. dan Bisnis UNP Kediri, vol. 10, no. 4, hal. 883, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://peneliti.net/index.php/IJEIT

V. Eviana dan A. J. Saputra, “Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Minat Penggunaan Sistem Pembayaran Pay Later,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 6, no. 1, hal. 1968–1977, 2022.

Sardiyo dan Martini, “Pengaruh Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif belanja Online,” Journal, vol. 6, no. 0292, hal. 50–76, 2022.

OJK, “https://www.ojk.go.id/id/kanal/iknb/financial-technology/Pages/Penyelenggara-Fintech-Lending-Berizin-di-OJK-per-22-April-2022.aspx,” 17 Mei 2022, 2022.

E. SAPUTRI, “PEMAKAIAN SISTEM PAYLATER DALAM PEMBAYARAN JUAL BELI ONLINE MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM,” Journal, vol. 2, no. 1, hal. 64, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://clik.dva.gov.au/rehabilitation-library/1-introduction-rehabilitation%0Ahttp://www.scirp.org/journal/doi.aspx?DOI=10.4236/as.2017.81005%0Ahttp://www.scirp.org/journal/PaperDownload.aspx?DOI=10.4236/as.2012.34066%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.pbi.201

I. E. Prastiwi dan T. N. Fitria, “Konsep Paylater Online Shopping dalam Pandangan Ekonomi Islam,” J. Ilm. Ekon. Islam, vol. 7, no. 1, hal. 425, 2021, doi: 10.29040/jiei.v7i1.1458.

M. Sudarini, “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT MAHASISWA FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA DALAM PENGGUNAAN FITUR PAYLATER PADA E_COMMERCE,” hal. 1–23, 2022.

E. R. Muas, “PENGARUH RELIGIUSITAS MAHASISWA DI YOGYAKARTA TERHADAP SHOPEE PAYLATER DENGAN HUTANG DAN RIBA SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI,” Journal, hal. 146, 2021.

D. R. Pulungan dan H. Febriaty, “Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa,” J. Ris. Sains Manaj., vol. 2, no. 3, hal. 1–8, 2018, doi: 10.5281/zenodo.1410873.

I. Nurwahyu, “‘Beli Sekarang Bayar Nanti’: Mahasiswi, Spay Later, dan Pandemi Covid-19,” J. Ilm. Ilmu-Ilmu Sos., vol. 5, no. 2, hal. 222–240, 2022.

N. Shara, “Gopay Paylater: Cara Daftar, Keuntungan dan Kekurangannya,” Finansialku, 2023.

Novi Yushita Amanita, “Pentinya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi,” Nominal Barom. Ris. Akunt. dan Manaj., vol. VI, hal. 15, 2017.

W. R. Amela, A. H. Lubis, dan H. Sabrina, “Penggunaan Theory of Planned Behavior untuk Menganalisis Niat Perilaku Milenial dalam Belanja Daring melalui Aplikasi Instagram,” JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Inform., vol. 16, no. 2, hal. 210–230, 2019, doi: 10.26487/jbmi.v16i2.7671.

S. S. Albertus, A. W. Leksono, dan R. Vhalery, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Lingkungan Kampus Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Mahasiswa,” Res. Dev. J. Educ., vol. 1, no. 1, hal. 33, 2020, doi: 10.30998/rdje.v1i1.7042.

H. Sugiharti dan K. A. Maula, “Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa,” Accounthink J. Account. Financ., vol. 4, no. 2, hal. 804–818, 2019, doi: 10.35706/acc.v4i2.2208.

D. Nasihah dan A. Listiadi, “Pengaruh Pembelajaran Akuntansi Keuangan, Literasi Keuangan, Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya,” J. Pendidik. Akunt. UNESA, vol. 7, no. 3, hal. 336–341, 2019.

Y. Alamanda, “Pengaruh Harga Diri dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif,” Psikoborneo J. Ilm. Psikol., vol. 6, no. 2, hal. 273–279, 2018, doi: 10.30872/psikoborneo.v6i2.4570.

A. Nur Solihat dan S. Arnasik, “Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Siliwangi,” OIKOS J. Kaji. Pendidik. Ekon. dan Ilmu Ekon., vol. II, no. X, 2018, doi: 10.23969/oikos.v2i1.915.

M. I. Nurjaman dan S. Anwar, “Praktik Riba Dan Bunga Bank: Telaah Etika Dalam Ekonomi Islam,” Al Iqtishod J. Pemikir. dan Penelit. Ekon. Islam, vol. 10, no. 1, hal. 1–15, 2022, doi: 10.37812/aliqtishod.v10i1.296.

M. D. et Al, Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif Kualitatif, no. August. 2020.

J. H. Napitupulu, N. Ellyawati, dan R. F. Astuti, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Kota Samarinda,” J. Pendidik. Ekon., vol. 9, no. 3, hal. 138–144, 2021, doi: 10.26740/jupe.v9n3.p138-144.

I. Pratiwi, “Pengaruh Literasi Ekonomi, Kelompok Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion Di Online Shop Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Undiksha,” J. Pendidik. Ekon. Undiksha, vol. 9, no. 1, hal. 98, 2017, doi: 10.23887/jjpe.v9i1.19994.

E. Isnawati dan R. Y. Kurniawan, “Pengaruh Literasi Ekonomi dan Kelompok Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Melalui Gaya Hidup Sebagai Variabel Mediasi,” J. Pendidik. Ekon., vol. 14, no. 1, hal. 47–60, 2021.

L. Hananda, “ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN PAYLATER,” SKRIPSI, hal. 141, 2022.

E. Rosita, W. Hidayat, dan W. Yuliani, “Uji Validitas Dan Reliabilitas Kuesioner Perilaku Prososial,” FOKUS (Kajian Bimbing. Konseling dalam Pendidikan), vol. 4, no. 4, hal. 279, 2021, doi: 10.22460/fokus.v4i4.7413.

F. A. Alodya Ann Gita Alfa, Dewi Rachmatin, “ANALISIS PENGARUH FAKTOR KEPUTUSAN KONSUMEN DENGAN STRUCTURAL EQUATION MODELING PARTIAL LEAST SQUARE,” Int. Conf. Infrared, Millimeter, Terahertz Waves, IRMMW-THz, hal. 59–71, 2018, doi: 10.1109/IRMMW-THz.2014.6956015.

N. R. Furadantin, “Analisis Data Menggunakan Aplikasi SmartPLS v.3.2.7 2018,” Acad. (Accelerating world’s Res., hal. 1–8, 2018.

A. Mudrikah, “Pengaruh Tingkat Literasi Keuangan Terhadap minat Penggunaan Produk Finansial Teknologi Pada Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara,” Etn. J. Ekon. dan Tek., vol. 1, no. 2, hal. 57–68, 2021, doi: 10.54543/etnik.v1i2.23.

Pera Dwiwansi, Endah Dewi Purnamasari, dan Shafiera Lazuarni, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Financial Experience Generasi Milenial Terhadap Penggunaan Paylater Pada E-Commerce,” Ekon. Jurnal Ilm. Manajemen, Ekon. Bisnis, Kewirausahaan, vol. 10, no. 2, hal. 48–58, 2023, doi: 10.30640/ekonomika45.v10i2.781.

K. Indahyani, “PENGARUH NILAI HARGA, LITERASI KEUANGAN DAN KEMAMPUAN FINANSIAL TERHADAP MINAT PENGGUNAAN DOMPET DIGITAL (SHOPEEPAY) DALAM TRANSAKSI KEUANGAN (Studi,” no. 3, hal. 1–23, 2021.

W. Murti, R. Heni, M. Aswiyatul, dan Y. Tyna, “The Influence Of Financial Literature, Benefits, Easy And Income On Interest In Using Shopee Paylater (Study On Milenial Generation, Bekasi Regency),” Int. J. Educ. Inf. Technol. Others, vol. 5, no. 2, hal. 389–399, 2022, doi: 10.5281/zenodo.6631297.

W. Sri, “PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PARENTAL INCOME DAN SELF CONTROL TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN SHOPEEPAYLATER PADA MAHASISWA RANTAU,” hal. 1–14, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

N. H. Nasution dan M. Munir, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Menggunakan Paylater dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi,” Al-Buhuts, vol. 19, no. 1, hal. 106–121, 2023.

G. Rahmawati dan E. Mirati, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylater Pada Generasi Millenial,” J. Multidisiplin Madani, vol. 2, no. 5, hal. 2415–2430, 2022.

L. Tribuana, “PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGENDALIAN DIRI DAN KONFORMITAS HEDONIS TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA,” Journal, hal. 11, 2020.

R. C. M. Chita, L. David, dan C. Pali, “Hubungan Antara Self-Control Dengan Perilaku Konsumtif Online Shopping Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Angkatan 2011,” J. e-Biomedik, vol. 3, no. 1, 2015, doi: 10.35790/ebm.3.1.2015.7124.

S. Saniyah, “PENGARUH LITERASI KEUANGAN, PENGENDALIAN DIRI, DAN PENGARUH SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PENGGUNA PAYLATER PADA E-COMMERCE,” hal. 1–14, 2023, [Daring]. Tersedia pada: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/

S. V. Agustin, “KORELASI ANTARA KONTROL DIRI TERHADAP PEMBELIAN IMPULSIF PADA KONSUMEN WANITA DEWASA DINI E-COMMERCE SHOPEE,” hal. 50–51, 2022.

S. Hidayat dan W. Hidayat, “Analisis Perilaku Konsumtif Terhadap Penggunaan Shopee Paylater Mahasiswa FEBI UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten,” IJM Indones. J. Multidiscip., vol. 1, hal. 586–594, 2023.

A. H. Hafsyah, “Pengaruh Kepuasan Konsumen, Perilaku Konsumtif, Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Transaksi Online (E-Commerce),” Prism. (Platform Ris. Mhs. Akuntansi), vol. 01, hal. 94–103, 2020, [Daring]. Tersedia pada: http://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/view/695%0Ahttp://ojs.stiesa.ac.id/index.php/prisma/article/download/695/266

D. Ay. M. Lestari, “Pengaruh Perilaku Konsumtif Mahasiswa Terhadap Penggunaan Fitur Shopee PayLater,” Braz Dent J., vol. 33, no. 1, hal. 1–12, 2022.

R. ALDES, “Pengaruh Perilaku Konsumtif Terhadap Penggunaan Fitur Paylater Pada Mahasiswa Uin Raden Intan Lampung Dalam Perspektif Ekonomi Islam Dengan Riba Sebagai Pemoderasi,” Univ. Islam Negeri Raden Intan Lampung, 2022, [Daring]. Tersedia pada: http://repository.radenintan.ac.id/21127/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/21127/1/SKRIPSI BAB 1 %26 BAB 5.pdf

M. I. Amal, “Pengaruh Sikap Konsumtif Terhadap Niat Menggunakan Layanan PayLater dengan Riba sebagai Pemoderasi,” hal. 174, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/34953

M. Rahman, “Pengaruh Pengetahuan Hukum Riba Terhadap Pengguna Spaylatter Terhadap Akad Jual Beli,” an Nuqud, vol. 2, no. 1, hal. 17–24, 2023, doi: 10.51192/annuqud.v2i1.418.

S. E. Putri, H. Safitri, dan D. Hariyanto, “Pengaruh literasi keuangan dan technology acceptance model terhadap minat menggunakan paylater pada mahasiswa,” J. Ekon. Keuang. dan Manaj., vol. 19, no. 1, hal. 64–72, 2023.

A. Chandra Septin, Z. Abdul Haris, dan R. Widiastuti, “Pengaruh Literasi Keuangan Syariah Terhadap Minat Mahasiswa Menggunakan Produk Paylater Non Syariah,” J. Akunt. Bisnis dan Hum., vol. 10, no. 1, hal. 25–31, 2023, doi: 10.33795/jabh.v10i1.4125.

P. D. Wardani dan Susanti, “Pengaruh Kontrol Diri, Religiusitas, Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan terhadap Perilaku Menabung di Bank Syariah Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya,” J. Pendidik. Akunt., vol. 7, no. 2, hal. 189–196, 2019.

O. Z. R. Putri, “PENGARUH RELIGIUSITAS MAHASISWA DI YOGYAKARTA TERHADAP PENGGUNAAN TRAVELOKA PAYLATER DENGAN MODERASI HUTANG DAN RIBA,” no. 8.5.2017, hal. 2003–2005, 2022.

A. et Al, “The Moderating Role of Knowledge about Riba on Intention to Use E-Money: Findings from Indonesia.” 2019. [Daring]. Tersedia pada: http://www.bioon.com/Soft/Class1/Class19/200512/451.html

A. A. Nerissa, W. A. Langgeng, dan U. Moh, “Pengaruh Financial Literacy, Opportunity cost, Kontrol Diri dan Financial Hedonism Terhadap Minat Penggunaan Fitur PayLater Pada Generasi Milenial,” Semin. Inov. Manaj. Bisnis dan Akunt. 5, no. September, 2023.

G. H. Gili, “Pengaruh Literasi Keuangan, Penggunaan Shopee PayLater, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri terhadap Perilaku Konsumtif Berbelanja Online pada Mahasiswa,” hal. 6, 2021.

N. I. Laili, “Analisis Dampak Perilaku Konsumtif Remaja : Perspektif Riba Sebagai Pemoderasi Dalam Penggunaan PayLater di Platform E-Commerce Shopee,” no. 2, 2024.

Posted

2024-05-29