Preprint has been published in a journal as an article
DOI of the published article https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1390
Preprint / Version 1

Inscreasing the Ability To Concentrate on Learning through Storytelling Methods Using Audio Visual Media


Peningkatkan Kemampuan Konsentrasi Belajar Melalui Metode Bercerita dengan Media Audio Visual

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4708

Keywords:

Tells, Audio Visual Media, Concrentation

Abstract

This research aims to increase learning concentration at the Muslimat NU Darussalam Candi Kindergarten for children aged 5-6 years through the storytelling method using audio-visual media. The method used in this research is Classroom Action Research (PTK) with data collection techniques using observation and documentation. Based on the results of data processing and analysis obtained from the field, the initial condition of children's learning concentration is very low with a 44% presentation in pre-action. The results of research using audio visual media in cycle I increased by a percentage of 60,9%. In cycle II the percentage increase in increased learning concentration reached 77,7%. Based on this, it can be concluded that the use of the storytelling method using audio-visual media is very effective in increasing children's learning concentration.

Downloads

Download data is not yet available.

References

H. Siahaan, W. S. Nasution, S. Ayunita, and N. Sa, “Peran Guru dalam Pengambangan Kognitif dan Strategi Pembelajaran pada Anak Usia Dini,” vol. 9, no. 1, pp. 15–24, 2023.

N. Luh, T. Angreni, and D. P. Ambara, “Creative Strategy for E-Scrapbook Media to Stimulate Early Childhood Creativity,” vol. 11, pp. 192–199, 2023.

A. Saputra, “Pendidikan Anak pada Usia Dini,” At-Ta’dib J. Ilm. Pendidik. Agama Islam , vol. 10, pp. 192–209, 2018.

P. Yulia and Y. Navia, “HUBUNGAN DISIPLIN BELAJAR DAN KONSENTRASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA,” PYTHAGORAS, vol. 6, no. 2, pp. 100–105, 2017.

M. P. Manurung and D. Simatupang, “Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai,” J. Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 65, 2019.

C. Cecep, D. Thosin Waskita, and N. Sabilah, “Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi,” J. Tahsinia, vol. 3, no. 1, pp. 63–70, 2022, doi: 10.57171/jt.v3i1.313.

A. D. Ismi, D. P. D. Hariyanti, and I. Khasanah, “Pengaruh Penggunaan “ Ice Breaking “ Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini,” Wawasan Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 197–203, 2021, doi: 10.26877/wp.v1i2.8640.

A. C. Setiani, N. Setyowani, K. Kurniawan, J. Bimbingan, and D. Konseling, “Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK,” 2014. [Online]. Available: http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jbk

W. Chalidaziah, “Kondisi Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak X,” Aṭfālunā J. Islam. Early Child. Educ., vol. 1, no. 1, pp. 24–28, 2018, doi: 10.32505/atfaluna.v1i1.771.

Y. Yuliati, A. Munajat, and A. Info, “Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia Dini Melalui Media Video Pembelajaran,” Indones. J. Instr. Technol., vol. 3, no. 2, pp. 26–35, 2022, [Online]. Available: http://journal.kurasinstitute.com/index.php/ijit

L. Rusyidiana, A. I. Fahmi, D. Sulaeman, S. Piaud, and I. Rakeyansantang, “UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL,” 2023.

D. Istiarni, I. Sa, and R. Novianti, “Penerapan Metode Bercerita Melalui Media Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Di Tk Al – Basyar Sumberagung Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu Tahun Pelajaran 2022 / 2023,” 2023.

W. Putri, Herwina, and S. Herlinda, “Mengenalkan Konsep Bilangan Melalui Media Audio Visual Pada Anak Usia 5-6 Tahun,” Talent. J. J. Early Child. Educ., vol. 13, no. 1, pp. 44–57, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.stkipaisyiyahriau.ac.id/index.php/talenta

D. M. Limarga, “Penerapan Metode Bercerita Dengan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini,” Tunas Siliwangi, vol. 3, no. 1, pp. 86–104, 2017, [Online]. Available: http://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&db=buh&AN=4407911&site=ehost-live

S. Turi, K. Pancur, B. Kabupaten, D. Serdang, W. Masitah, and J. Hastuti, “Meningkatkan Kemampuan Bahasa Melalui Metode Bercerita dengan Menggunakan Media Audio Visual di Kelompok B RA,” 2016.

A. Agusriani, S. Sumiati, W. Ismail, A. Nurhayati, and S. Rachmatiah, “Penggunaan Alat Peraga Dalam Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Perbendaharaan Kata Anak 5-6 Tahun,” KHIDMAH J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 2, no. 2, pp. 141–150, 2022, doi: 10.24252/khidmah.v2i2.30214.

A. Muttaqin and R. Kencana Program Magister Pendidikan Islam Anak Usia Dini, “Proceedings of The 3 rd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education PENERAPAN METODE BERCERITA DALAM MENGEMBANGKAN MORAL DAN AGAMA ANAK USIA DINI,” 2018, [Online]. Available: http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/conference/index.php/aciece/aciece3

N. Nyoman, T. A. Larashati, I. Nengah Suadnyana, M. Putra, and J. P. Dasar, “PENGARUH METODE BERCERITA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MORAL KELOMPOK B TK HANDAYANI I,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 7, no. 2, pp. 120–130, 2019, [Online]. Available: https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD

I. K. TANU, “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Agar Dapat Tumbuh Dan Berkembang Sebagai Generasi Bangsa Harapan Di Masa Depan,” Adi Widya J. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 2, p. 19, 2019, doi: 10.25078/aw.v2i2.960.

M. A. Yulianti, A. Kenedi, and M. N. L. Irawan, “Penerapan Metode Bercerita Melalui Media Audio Visual Untuk Mengembangkan Bahasa Anak Di Ra Al-Ishlah Sukadamai Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran,” 2023.

M. Widya and F. ’Aini Aini Lubis, “Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Pada Masa Pendemi,” Semin. Nas. Teknol. Edukasi dan Hum., vol. 1, no. 1, pp. 6–21, 2021, [Online]. Available: https://jurnal.ceredindonesia.or.id/index.php/sintesa/article/view/340

T. Hayati, H. Hidayat, and N. I. Nuri, “Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini Melalui Metode Bercakap-Cakap,” Murhum J. Pendidik. Anak Usia Dini, pp. 58–68, 2021, doi: 10.37985/murhum.v2i2.16.

Posted

2024-05-29