The Influence of Electronic Word of Mouth (E-WoM) in Social Media on Investment Decision
Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WoM) di Sosial Media pada Keputusan Investasi
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4652Keywords:
Electronic word of mouth, valance of opinion, intensity, content, investment decisionsAbstract
The research was conducted aimed to examine the influence of valance of opinion, intensity, and content in electronic word of mouth ((E-WoM) on investment decisions. This research uses a quantitative method. The sample in this study amounted to 400 twitter social media users who are members of the @saham_fess online investment forum selected using simple random sampling technique. The data used in this study are primary data taken by distributing questionnaires via Google Form. The data analysis used in this research is SPSS with the aim of testing the influence of valance of opinion, intensity, and content on investment decisions. The results showed a significant positive influence between valance of opinion, intensity, and content on investment decisions.
Downloads
References
A. Sofianto, “Integrasi Target dan Indikator Sustainable Development Goals (SDGs) ke dalam Perencanaan Pembangunan Daerah di Jawa Tengah,” J. Litbang Provinsi Jawa Teng., vol. 17, no. 1, pp. 25–41, 2019.
Bappenas, “8. Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi,” SDGs Bappenas. [Online]. Available: https://sdgs.bappenas.go.id/tujuan-8/
H. Damayanti, H. Sasana, and J. A. Prakoso, “ANALISIS PERTUMBUHAN INKLUSIF DALAM KEMISKINAN DI INDONESIA,” Din. Dir. J. Econ., vol. 3, no. 3, pp. 642–652, 2021.
N. N. Ain, “Pengaruh Investasi Terhadap Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi,” Al-tsaman J. Ekon. dan Keuang. Islam, vol. 3, no. 1, pp. 162–169, 2021.
T. Salvatore and M. A. Esra, “Pengaruh overconfidence, herding, regret aversion, dan risk tolerance terhadap pengambilan keputusan investasi investor,” J. Manaj., vol. 10, no. 2, pp. 48–56, 2020.
F. Mumtaz, Investasi : Keinginan dan Kebutuhan? Jakarta: Salemba Empat, 2010.
U. Hasanah and S. Budi, “Pengaruh Kinerja Keuangan terhadap Harga Saham Perusahan Properti dan Real Estate Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia,” Indones. J. Econ. Appl., vol. 3, no. 1, pp. 86–96, 2021.
R. R. Aditama and A. Nurkhin, “Pengaruh pelatihan pasar modal terhadap minat investasi mahasiswa di pasar modal dengan pengetahuan investasi dan manfaat investasi sebagai variabel intervening,” Bus. Account. Educ. J., vol. 1, no. 1, pp. 27–42, 2020.
D. Maharani, M. Masrina, and M. F. Albanjari, “Pengaruh Manfaat Dan Resiko Investasi Terhadap Minat Investasi,” J. Pendidikan, Sains Sos. Dan Agama, vol. 8, no. 1, pp. 179–186, 2022, doi: 10.53565/pssa.v8i1.472.
D. U. D. Ulhaqqi, S. Amamilah, L. Raharjo, and D. E. Hidayaty, “Aktivitas Pasar Modal Indonesia Selama Era Pandemi dan Pasca Pandemi,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 5, pp. 149–154, 2023.
A. Pangestu and B. D. Bagana, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Investasi Generasi Milenial di Kota Semarang,” vol. 15, no. 3, pp. 212–220, 2022.
E. L. M. Sitinjak, “Pola Strategi Investasi Investor Individu Saham Menurut Generasi X, Y, Dan Z,” 2019, vol. 1, no. 1, pp. 67–78, 2019.
A. Widyastuti and P. H. K. Seno, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Investasi Pada Generasi Milenial (Studi Pada Generasi Milenial Usia 18-34 Tahun di DKI Jakarta),” in Seminar Nasional Akuntansi dan Manajemen PNJ, 2022.
Z. Ahmed and U. Noreen, “Role of Behavioral Determinants for Investment Decision Making,” vol. 21, no. 2, 2021.
N. P. P. K. Dewi and A. Krisnawati, “Pengaruh financial literacy, risk tolerance dan overconfidence terhadap pengambilan keputusan investasi pada usia produktif di kota bandung,” J. Mitra Manaj., vol. 4, no. 2, pp. 236–250, 2020.
R. S. Prayuga, H. Lubis, D. Dwi, and N. Rahmah, “Komunikasi Dari Mulut ke Mulut Pada Media Elektronik Dengan Keputusan Investasi Saham Investor Saham Pemula,” vol. 10, no. 1, pp. 191–200, 2022, doi: 10.30872/psikoborneo.
M. W. Fattah, “Pengaruh Kemajuan Teknologi Investasi, Sosial Media Edukasi Saham, dan Motivasi Terhadap Minat Investasi di Pasar Modal Indonesia,” J. Econ. Bus. UBS, vol. 12, no. 4, pp. 2026–2042, 2023.
F. Fitriyani, “Pengaruh Sosial Media Marketing, E-Wom dan Kualitas Pelayanan pada Keputusan Pembelian di Perusahaan Investasi,” Kaji. Brand. Indones., vol. 5, no. 1, p. 35, 2023, doi: 10.21632/kbi.5.1.35-49.
E. P. Innayah, “Pengaruh Electronic Word-Of-Mouth (E-WoM) pada media sosial terhadap niat berinvestasi di pasar modal dengan Brand Image dan Trust sebagai variabel mediasi di kota Jayapura, Provinsi Papua.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2022.
R. Q. Aynie, R. Hurriyati, and P. D. Dirgantari, “Strategi pemasaran electronic word of mouth pada e- commerce dalam menghadapi era digital 4 . 0 di indonesia Electronic word of mouth marketing strategy on e-commerce in facing the digital era,” vol. 17, no. 1, pp. 136–143, 2021.
F. H. Mubarok, “Pengaruh Herding Behavior Terhadap Keputusan Investasi.” STIE YKPN, 2020.
S. A. Oktavia, R. Mu’ayanah, and K. F. Hana, “Pengaruh Edukasi, Manfaat, Rekomendasi Pasar Modal Syariah terhadap Minat Berinvestasi Mahasiswa FEBI IAIN Kudus,” BanKu J. Perbank. Dan Keuang., vol. 1, no. 2, pp. 75–84, 2020.
F. S. Alvionita, “Pengaruh Intensitas, Kualitas, Dan Sikap Atas Electronic Word Of Mouth di Instagram Terhadap Keputusan Berinvestasi Generasi Z (Studi Kuantitatif Pada Investor Generasi Z Di Jawa Barat).” UNIVERSITAS ATMA JAYA YOGYAKARTA, 2021.
S. Marini and I. S. Wibawa, “Efektivitas Dimensi Electronic Word Of Mouth (E-WOM) Di Instagram Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan,” J. E-Bis, vol. 6, no. 2, pp. 482–497, 2022.
Y. D. Rahmawati, “Pengaruh Content Marketing Melalui Media Sosial Sekuritas Dan Influencer Saham terhadap Minat Investasi Di Pasar Modal Syariah (Studi pada Generasi Z Di Surabaya),” UIN SUNAN AMPEL SURABAYA, 2023.
I. Ajzen, “Understanding attitudes and predictiing social behavior,” Englewood cliffs, 1980.
H. F. Afza, “Pengaruh Kualitas Produk Persepsi Harga Electronic Word Of Mouth (E-WOM) dan Brand Brand Ambassador Terhadap Minat Beli Produk Ms Glow di Kabupaten Tegal,” Purwakarta, 2023.
E. Purwanto, Technology Adaption : A Conceptual Framework. Tangerang: Yayasan Pendidikan Philadelphia, 2020.
A. E. L. Nyoko and A. D. D. Semuel, “Pengaruh Electronic Word of Mouth (E-WOM) di media sosial Facebook terhadap keputusan pembelian,” J. Manag. Small Mediu. Enterp., vol. 14, no. 1, pp. 63–76, 2021.
M. T. R. Sagala, Z. Abidin, and M. Rifai, “Valence of Opinion: Keputusan Pembelian Produk Skintific pada Akun Instagram@ skintificid,” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 20, pp. 467–475, 2023.
N. Nursavira and N. Nurainun, “Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Zhalsa. Id Melalui Shopee,” J. Visioner Strateg., vol. 11, no. 1, 2022.
A. Rokhim, “PENGARUH TERPAAN KONTEN@ NGERTISAHAM TERHADAP MINAT ANAK MUDA BERINVESTASI SAHAM DI PASAR MODAL (Survey Pada Followers Akun Instagram@ ngertisaham).” UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA, 2022.
Sugiyono, Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2018.
S. Sinulingga, “Metode Penelitian Edisi 3,” Medan USU Pres, 2013.
H. H. Kamil and A. Tanno, “PengaruhMedia Sosial Sebagai Sumber Informasi Dalam PengambilanKeputusan Investor Berinvestasi , Latar Belakang Pendidikan dan Penghasilan Sebagai Variabel Kontrol,” vol. 6, no. April, pp. 1622–1637, 2022.
I. Ghozali, “Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23,” 2016.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.