Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Application of Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Method in Improving Maharah Qira'ah Class VIII C SMP Tahfidz Muhammadiyah Al Fattah Ngantang Malang


Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) dalam Meningkatkan Maharah Qira’ah Kelas VIII C SMP Tahfidz Muhammadiyah Al Fattah Ngantang Malang

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4635

Keywords:

Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) learning method., SQ3R, Learning Method

Abstract

This research is a classroom action research that aims to improve Arabic Maharah Qiraah for grade VIII C students of Tahfidz Muhammadiyah Al Fattah Junior High School Malang through the application of the SQ3R learning method. The data collection techniques used are observation, interviews, documentation and tests. Based on the results of the analysis and discussion that the application of  SQ3R method to Maharah Qiraah in grade VIII C students of Tahfidz Muhammadiyah Al Fattah Junior High School Malang has a positive effect on student learning. The increase obtained was 68.4 indicators of the first and 74.45% of the second indicator in cycle I. While 88.85 indicators of the first and the second indicator of 90.1 in cycle II. The application of the  SQ3R learning method can improve Arabic Maharah Qira'ah in grade VIII C students of Tahfidz Muhammadiyah Al Fattah Junior High School Malang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

E. Mariah, “Learning Strategy for Student’s Maharah Qiraáh of The Arabic Language Education Study Program,” Faculty of Language and Literature. Skripsi, Makassar State University. 2019

I. Mandhur, Lisan Al Arob Mujallad Ats Tsamin. Kairo: Darul Hadits, 2003.

A. Muhsin, Maharat Al Ittisolu Al Lughowi Wa Ta’limiha. Oman: Darul Minhaj, 2007.

A. Rathomi, “Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qira’ah Melalui Pendekatan Saintifik”. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8 No. 1, Oktober 2019. [Online]. doi: https://ejournal.unisba.ac.id/index.php/tadib/article/view/4315. [Diakses 14 Juni 2023]

F. Siti. Peningkatan Kemampuan Maharah Al-Qira’ah Bagi Siswa-Siswi Kelas VII-K Melalui Model Pembelajaran Inquiri Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Malang.” Proceeding of International Conference on Islamic Education, Vol 4, November 6-7, 2019. [Online]. doi: 1122-37-1939-1-10-20191228.pdf (uin-malang.ac.id)

A. Muhammad, Al Ikhtibarat Al Lughawi. Urdun : Darul Fikri, 2009.

N. Rohman. “Penerapan Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Untuk meningkatkan keterampilan membaca pada pembelajaran bahasa arab siswa kelas viii a mtsn karangmojo gunung kidul.” Fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan. Skripsi. UIN Sunan Kali Jaga. Bandung. 2014

R. Basyir, Tamniyah Maharat Al Isti’ab. Oman: Darul Bidayah, 2008.

U. Rahmi, Turdja’i, “Penerapan Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Bahasa Inggris. Diadik.” Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, Vol 9 (1) 2019. [Online]. doi: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/diadik/. [Diakses 14 Juni 2023]

I. Hasanah, “Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa,” Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta. 2010

A. Al Ghazo 2015 “The Effect of SQ3R and Semantic Mapping Strategies on Reading Comprehension Learning among Jordanian Universitu Students,” no. 3

ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar Fakultas Dharma Acarya Institut Hindu Dharma Negeri Denpasar Volume. 5, Nomor 2 Oktober 2020 ISSN: 2685-8312 (online) ISSN: 2527-5445 (cetak

H. Dewi, “Penerapan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD.” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Volume. 6 No. 3, Desember 2021, [Online]. doi: http://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/index. [Diakses 14 Juni 2023]

T. Jonatan, “Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3r) Dengan Media Kartu Berantai Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas X Ips,” Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 24 No. 2, Agustus Tahun 2021. [Online]. doi: http://jurnal.uns.ac.id/paedagogia. [Diakses 14 Juni 2023]

A. Rini, “Penerapan Metode Sq3r Dan Metode Pq3r Terhadap Keterampilan Membaca Pada Mahasiswa”. Aksis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Volume 2 Nomor 1, Juni 2018. [Online]. doi: https://doi.org/10.21009/AKSIS.020105.

F. Alni, “Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Pada Anak Melalui Pendekatan Experiential Learning.” Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, dan Pendidikan anak usia dini. Vol 16, no 1 2019. [Online]. doi: https://doi.org/10.17509/edukid.v16i1.20725.

M. Nasirun, Indrawati and A. Suprapti, “Studi Tingkat Pemahaman Guru PAUD Dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)”. Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 6 (1), 26-36, Januari 2021. [Online]. doi: https://ejournal.unib.ac.id/index.php/potensia. [Diakses 14 Juni 2023]

W. Sanjaya, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana, 2010.

Imam Zarkasyi, Imam syubani, Durusul Lughah Al-Arabiyah, 2nd ed. Ponorogo: Pondok Modern Darussalam Gontor, 2020.

A. Alhamid, At Ta’bir Silsilah Ta’lim Al-Lughah Al-Arobiyyah mustawa awwal. Riyadh: Jami’ah Al-Imam Muhammad bin Su’udi Al-Islamiyah, 2004.

Hardani, Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogjakarta: Pustaka Ilmu, 2020.

Nana Syaidih Sukmadanita, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005.

Jontarnababan, “Jenis-Jenis Penilaian Dengan Non Tes,” https://www.pengawas.xyz/, 2020. https://www.pengawas.xyz/2020/08/jenis-jenis-penilaian-dengan-non-tes.html (accessed Jan. 27, 2023).

M. Musfiqon, Metode Penelitian, 1st ed. Jakarta: Jakarta Prestasi Pustaka, 2012.

A. Kholil, Al Ikhtibarat Al Madrasiyah, Oman: Mkatabah Al Mujma Al Arabi, 2006

Ahmad Rijali, Analisis Data Kualitatif, UIN Antasari Banjarmasin, Vol. 17 No. 33 Januari – Juni 2018

Posted

2024-05-22