Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Influence of Marketing Communication, Service Quality, Price and Product Quality on Repeat Purchases of Gacoan Noodle Products in Sidoarjo


Pengaruh Komunikasi Pemasaran, Kualitas Layanan, Harga, Kualitas Produk Terhadap Pembelian Ulang Produk Mie Gacoan Di Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4632

Keywords:

Communication Marketing, Service Quality, Price, Product Quality, Repeat Purchasing

Abstract

This research aims to determine the influence of marketing communications, service quality, price and product quality on repeat purchases of Mie Gacoan products in Sidoarjo This research uses quantitative research with hypothesis testing The sample used in this research was 96 respondents The analysis tool used in this research, namely the path analysis technique, was carried out using SmartPLS (Partial Least Square) software version 3.0 for Windows Primary data in this research was obtained from a questionnaire whose measurement used a Likert scale which was tested for validity and reliability The results of this research prove that (1) marketing communication influences repeat purchases, (2) service quality influences repeat purchases, (3) price influences repeat purchases, (4) product quality influences repeat purchases

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Rahmawati, “Pengaruh Kualitas Produk, Variasi Produk dan Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Konsumen Mie Gacoan,” Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2023.

R. Alinda and H. H. Adinugraha, “Pengaruh Logo Halal, Kesadaran Halal, dan Sikap Konsumen untuk Kembali Membeli Produk Makanan dan Minuman Kemasan,” J. Penelit. Mhs. Ilmu Sos. , Ekon. dan Bisnis Islam, vol. 153, no. 2, pp. 2808–7089, 2022, doi: 10.21274.

D. S. Andari and M. Mathori, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Mie Gacoan Yogyakarta Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi,” J. Ris. Akunt. dan Bisnis Indones., vol. 3, no. 2, pp. 468–489, 2023, doi: 10.32477/jrabi.v3i2.718.

P. Sembiring, “Hubungan Komunikasi Pemasaran dengan Minat Membeli Kembali Konsumen Pada Restoran Song FA Lippo Plaza Medan,” Universitas Medan Area, 2023.

Kotler and G. Amstrong, Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kese. Jakarta: Erlangga, 2016.

Y. Praja, “Peranan Loyalitas Dalam Memediasi Brand Image Dan Experiential Marketing Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Kopi Kapal Api Di Kabupaten Bondowoso,” CERMIN J. Penelit., vol. 6, no. 2, pp. 572–583, 2022.

B. Bharotodiasto, “Analisis Komunikasi Pemasaran Terpadu Terhadap Citra Perusahaan Dan Dampaknya Pada Minat Menggunakan Layanan Kembali,” J. Ilmu Manaj. Dan Bisnis, vol. 8, no. 1, p. 22, 2020, doi: 10.17509/jimb.v8i1.12658.

S. T. Dewi, O. Oxygentri, and W. A. Arindawati, “Strategi Komunikasi Pemasaran Bittersweet By Najla Dalam Menarik Minat Konsumen,” J. Ilm. Muqoddimah J. Ilmu Sos. Polit. dan Hummanioramaniora, vol. 6, no. 2, p. 438, 2022, doi: 10.31604/jim.v6i2.2022.438-443.

D. Mardiyanto and G. Slamet, “Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise Di Kedai Digital 8 Solo (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran),” Surakarta Manag. J., vol. 1, no. 1, p. 43, 2020, doi: 10.52429/smj.v1i1.329.

R. D. Wijiastuti and N. Cantika, “Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Jasa Gofood Di Kota Sorong,” Kalianda Halok Gagas, vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.52655/khg.v1i1.3.

D. S. Sulastri, “The Effect of Service Quality on Repurchase Interest at Mie Gacoan Restaurant in Bandung, Indonesia,” Int. J. Adm. Bus. Organ., vol. 3, no. 2, pp. 43–51, 2022, [Online]. Available: https://ijabo.a3i.or.id

S. T. W. Law and J. A. Fridayani, “Kepuasan Konsumen Sebagai Mediasi Pengaruh E-WOM, Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Store Atmosphere terhadap Minat Belu Ulang Mie Gacoan di Yogyakarta,” J. Ekon. Pendidik. dan Kewirausahaan, vol. 12, no. 1, pp. 36–43, 2024, doi: 10.26740/jepk.v12n1.p35-56.

N. E. Lestari, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lipstik Oriflame (Studi Pada Consultant Oriflame Spo 1295),” Skripsi Univ. Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, 2021.

D. Ramdhani and S. Widyasari, “Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Minat Beli Ulang Smartphone Oppo,” J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 4, no. 3, pp. 1651–1667, 2022.

B. Lestari and I. Novitaningtyas, “Pengaruh Variasi Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Ulang Konsumen pada Coffeeville-Oishi Pan Magelang,” J. Nas. Manaj. Pemasar. SDM, vol. 2, no. 3, pp. 150–159, 2021, doi: 10.47747/jnmpsdm.v2i3.374.

Suryati and Z. N. Rahmat, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Pada Rumah Makan Super Chiken di Jambangan Kecamatan Kedawung Kabupaten Sragen,” J. Penelit. dan Kaji. Ilm., vol. 18, no. 4, pp. 291–297, 2020.

A. Jiwandono, R. Arifin, and M. Hufron, “Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Promosi, Dan Lokasi Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Warung Bakso Tiara Kediri (Studi Pada Konsumen Bakso Tiara Kediri Di Tulungagung),” e–Jurnal Ris. Manaj. Prodi Manaj., pp. 105–124, 2020, [Online]. Available: www.fe.unisma.ac.id

E. Permatasari, H. Luthfiana, N. A. Pratama, and H. Ali, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Ulang: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen),” J. Ilmu Multidisiplin, vol. 3, no. 5, pp. 469–478, 2022.

D. Sartika, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Produk You C 1000 Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Konsumen,” J. Penelitan Ekon. dan Bisnis, vol. 2, no. 1, pp. 10–21, 2020, doi: 10.33633/jpeb.v2i1.2231.

F. Tjiptono, Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.

P. I. Afganshari, “Analisis Penerapan Komunikasi Pemasaran dalam Upaya Membangun Kesadaran Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian di Tiket.com,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidyatullah Jakarta, 2021.

S. A. Febriatu and Hadita, “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan Mie Gacoan Di Bekasi Timur,” J. Econ., vol. 2, no. 2, pp. 693–708, 2023.

A. Salsabila and A. Maskur, “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang),” SEIKO J. Manag. Bus., vol. 5, no. 1, pp. 2021–156, 2022, doi: 10.37531/sejaman.v5i1.1902.

D. C. Nugroho, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Di Mie Gacoan Dengan Minat Pembelian Ulang Sebagai Variabel Mediasi,” Surakarta, 2022.

Y. H. Wahyudi, D. Kristianti, and R. Nurbambang, “Analisis Pengaruh Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Bakpia Endous Kediri,” J. Ris. Bisnis dan Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 47–67, 2020.

H. Afifah, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Niat Pembelian Ulang Melalui Mediasi Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus pada Matahari Departemen Store Yogyakarta),” Universitas Islam Indonesia, 2020. [Online]. Available: http://www.uib.no/sites/w3.uib.no/files/attachments/1._ahmed-affective_economies_0.pdf%0Ahttp://www.laviedesidees.fr/Vers-une-anthropologie-critique.html%0Ahttp://www.cairn.info.lama.univ-amu.fr/resume.php?ID_ARTICLE=CEA_202_0563%5Cnhttp://www.cairn.info.

E. Permatasari, H. Luthfiana, N. A. Pratama, and H. Ali, “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Ulang: Promosi, Harga Dan Produk (Literature Review Perilaku Konsumen),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 3, no. 5, pp. 469–478, 2022, doi: 10.31933/jimt.v3i5.

Y. H. Wahyudi, D. Kristanti, and R. Nurbambang, “Analisis Pengaruh Produk, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pada Bakpia Endous Kediri,” J. Ris. Bisnis dan Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 47–67, 2020.

F. O. Farahan and W. D. Lestari, “Pengaruh Bauran Pemasaran Dan Citra Merek Terhadap Niat Beli Ulang Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Mie Gacoan Di Kota Surakarta),” J. Ilm. Wahana Pendidik., vol. 9, no. 16, pp. 263–275, 2023, doi: 10.5281/zenodo.8240231.

A. N. Fathiyyah, “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk, Presepsi Harga, dan Promosi Terhadap Minat Beli Ulang Produk Fiesta Pada Prima Freshmart di Jakarta Selatan,” Universitas Nasional Jakarta, 2022.

J. Supranto, Analisis Multivariat Arti & Interpretasi. Jakarta: Rieneka Cipta, 2004.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS-23, Edisi ke-8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016.

Posted

2024-05-17