The Influence of Financial Literacy and Spending Habits on Purchasing Decisions with Locus of Control as Intervening Variables for Implementing SDGs NO.8
Pengaruh Literasi Keuangan dan Spending Habits terhadap Keputusan Pembelian dengan Locus of Control sebagai Variabel Intervening untuk Implementasi SDGs No.8
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4574Keywords:
Financial Literacy, Spending Habits, Buying Decision, Locus of ControlAbstract
This research aims to determine the relationship between financial literacy and spending habits on purchasing decisions with locus of control as an intervening variable. Quantitative research is the research used. The sample used was 114 Accounting students from the Faculty of Business, Law and Social Sciences, Muhammadiyah University of Sidoarjo, using a purposive sampling technique for sampling. The data collection technique uses a Likert scale arranged based on items derived from the indicators of each variable. The data analysis technique uses SPSS 23 software. This research obtained results by concluding that financial literacy and spending habits have a direct and indirect influence on purchasing decisions through locus of control as an intervening variable
Downloads
References
A. F. Fasha, M. R. Robi, and S. Windasari, “Determinasi keputusan pembelian melalui minat beli: brand ambassador dan brand image (literature review manajemen pemasaran),” J. Manaj. Pendidik. dan ilmu Sos., vol. 3, no. 1, pp. 30–42, 2022.
N. S. Azizah, “Pengaruh literasi keuangan, gaya hidup pada perilaku keuangan pada generasi milenial,” Prism. (Platform Ris. Mhs. Akuntansi), vol. 1, no. 2, pp. 92–101, 2020.
A. I. Anwar, R. Putri, and S. Sabir, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Literasi Keuangan Pada Petani Tanaman Pangan dan Holtikultura di Kabupaten Maros Sulawesi Selatan,” E-Journal Ekon. Bisnis Dan Akunt., vol. 7, no. 2, pp. 125–130, 2020.
OJK, “Infografis Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan Tahun 2022.” [Online]. Available: https://ojk.go.id/id/berita-dan-kegiatan/info-terkini/Pages/Infografis-Survei-NasionalLiterasi-dan-Inklusi-Keuangan-Tahun-2022.aspx
I. W. R. Purnata and I. M. S. Suardikha, “Pengaruh E-Commerce, Budaya Organisasi, dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan pada UKM,” E-Jurnal Akunt., vol. 28, no. 1, pp. 296–321, 2019.
Y. Sutrisno, “Financial Attitudes dan Spending habits di kalangan Mahasiswa Ditinjau dari Perbedaan Jenis Kelamin,” 2012.
S. Masrohatin and S. Khodijah, “SPENDING HABITS: DIMENSI SOSIAL EKONOMI PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERIKANAN MASYARAKAT PESISIR PANTAI SELATAN MUNCAR BANYUWANGI: Spending Habits: Socio-Economic Dimensions Of Fisheries Resources Utilization Of Coastal Communities South Muncar Banyuwangi,” Fenomena, vol. 18, no. 2, pp. 238–250, 2019.
G. V. M. Tua and I. M. Andariyani, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru,” J. Ilm. Multidisiplin, vol. 1, no. 04, pp. 140–154, 2022.
G. E. Putri, “Faktor-Faktor Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Fashion Secara Online Melalui E-Commerce,” Pros. Pendidik. Tek. Boga Busana, vol. 16, no. 1, 2021.
A. Ahmad, “Dampak Locus Of Control, Sikap Keuangan, Pendapatan, dan Religiusitas terhadap Perilaku Keuangan,” Manag. Account. Expo., vol. 2, no. 2, pp. 105–115, 2019.
B. A. Rotter, “Invited review: Toxicology of deoxynivalenol (vomitoxin),” J. Toxicol. Environ. Heal. Part A, vol. 48, no. 1, pp. 1–34, 1996.
A. Ahdiat, “Pengunjung Shopee dan Blibli Naik pada Kuartal II 2023, E-Commerce Lain Turun,” databoks. Accessed: Nov. 05, 2023. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/07/pengunjung-shopee-dan-blibli-naik-pada-kuartal-ii-2023-e-commerce-lain-turun
V. A. Tampubolon, “Pengaruh Flash Sale terhadap Pembelian Impulsif Aplikasi Shopee.” Universitas Sumatera Utara, 2021.
M. Y. Ardiansyah and M. S. Budiani, “HUBUNGAN KONTROL DIRI DAN FINANCIAL LITERACY DENGAN COMPULSIVE BUYING PADA PENGGUNA APLIKASI BELANJA ONLINE”.
R. P. Febriani and S. Hermawan, “PENGARUH MOBILE SELF EFFICACY DAN SPENDING HABITS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MENGGUNAKAN SHOPEE PAYLATER DENGAN LITERASI KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING],” ResearchGate, 2023, doi: https://doi.org/10.21070/ups.617.
L. T. Agustin and S. Sarsono, “Pengaruh Locus of Control Eksternal terhadap Impulsivebuying pada Mahasiswa dengan Jenis Kelamin sebagai Variabel Moderator,” Turast J. Penelit. dan Pengabdi., vol. 6, no. 1, pp. 1–10, 2018.
E. Nurchoiriah, R. T. Yusnita, and A. Arisman, “The ANALISIS PERILAKU ONLINE IMPULSE BUYING DITINJAU DARI FLASH SALE DAN LOCUS OF CONTROL PADA MAHASISWA UNPER KONSUMEN SHOPEE: Impulse Buying, Flash Sale, Locus of Control,” Oikos J. Ekon. dan Pendidik. Ekon., vol. 6, no. 2, pp. 159–167, 2022.
I. Ajzen, “Attitudes, personality, and behavior (2da ed.) Berkshire.” England: Open University Press,2005.
F. P. Pangestu, N. S. Rahmadianti, N. T. Hardiyanti, and E. Yusida, “Ekonomi Pancasila Sebagai Pedoman Dalam Tujuan Pembangunan Berkelanjutan SDGs (Sustainable Development Goals) 2030,” in Prosiding Seminar Nasional Ekonomi Pembangunan, 2021, pp. 210–219.
A. Lusardi and O. S. Mitchell, “Financial literacy and retirement planning: New evidence from the Rand American Life Panel,” Michigan Retire. Res. Cent. Res. Pap. No. WP, vol. 157, 2007.
D. Raphita, “Pengaruh Literasi Keuangan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Rumah Kost Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019-2020 Universitas Jambi.” Universitas Jambi, 2022.
R. Wahyuningsih, “PENGARUH LITERASI KEUANGAN, LITERASI DIGITAL DAN DIGITAL MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINE,” J. Cahaya Mandalika ISSN 2721-4796, vol. 4, no. 3, pp. 1361–1373, 2023.
K. B. Nikensari, D. K. Wardani, and F. Setyowibowo, “Pengaruh Promosi Online dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Yang Dimoderasi Oleh Literasi Keuangan,” J. Pendidik. Ekon. J. Ilm. Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekon. dan Ilmu Sos., vol. 16, no. 2, pp. 267–278, 2022.
N. Herlina, “Pengaruh Literasi Keuangan, Pengetahuan Produk, dan Pembelian Impulsif pada Festival Belanja Online terhadap Kerentanan Konsumen Pengguna Paylater”.
R. M. PRATIWI, “Pengaruh shopping lifestyle dan price discount terhadap impulsive buying di toko online Shopee dengan self control sebagai variabel moderating”.
R. Karim, T. Wolok, and D. L. Radji, “Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Online di kalangan mahasiswa fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo,” JAMBURA J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 88–99, 2020.
E. Dzulkharnain, “Pengaruh Persepsi Harga, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian,” IQTISHADequity J. Manaj., vol. 1, no. 2, 2020.
B. L. Connelly, S. T. Certo, R. D. Ireland, and C. R. Reutzel, “Signaling theory: A review and assessment,” J. Manage., vol. 37, no. 1, pp. 39–67, 2011.
J. B. Rotter, “Generalized expectancies for internal versus external control of reinforcement.,” Psychol. Monogr. Gen. Appl., vol. 80, no. 1, p. 1, 1966.
R. Camilia, “Pengaruh Cashback, Locus of Control, dan Financial Knowledge terhadap Penggunaan Shopee Paylater dengan Islamic Ethics sebagai Variabel Moderasi.” IAIN KUDUS, 2022.
M. D. Prasetyo, “PERBEDAAN TINGKAT ONLINE SHOPPING DITINJAU DARI ORIENTASI LOKUS KONTROL PADA MAHASISWI FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS SURABAYA (UBAYA)”.
W. Y. Maris and A. Listiadi, “Pengaruh lingkungan teman sebaya, status sosial ekonomi orang tua, dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif dengan locus of control sebagai variabel intervening,” Akuntabel, vol. 18, no. 3, pp. 574–584, 2021.
G. M. Hardanis and S. Rositawati, “Hubungan locus of control dengan impulse buying pembelanjaan online,” Pros. Psikol., pp. 20–22, 2015.
C. A. Girsang and N. S. Fadjar, “ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN, KONFORMITAS, DAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z DI KOTA MALANG,” J. Dev. Econ. Soc. Stud., vol. 1, no. 2, 2022.
S. P. Lestari and D. Ariska, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Pengelolaan Keuangan,” J. AKMAMI (Akuntansi Manaj. Ekon., vol. 4, no. 2, pp. 178–186, 2023.
I. R. Khoirunnisa and R. Rochmawati, “Pengaruh Literasi Keuangan, Sikap Keuangan, dan Pendidikan Keuangan Keluarga Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi dengan Locus Of Control Sebagai Variabel Intervening,” J. Pendidik. Akunt., vol. 9, no. 2, pp. 210–219, 2021.
S. Syatriadin, “Locus of Control: Teori temuan penelitian dan reorientasinya dalam manajemen penanganan kesulitan belajar peserta didik,” Fondatia, vol. 1, no. 1, pp. 144–164, 2017.
N. Rozaini and B. A. Ginting, “Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Untuk Produk Fashion,” Niagawan, vol. 8, no. 1, pp. 1–9, 2019.
N. Ritakumalasari and A. Susanti, “Literasi Keuangan, Gaya Hidup, Locus of Control, Dan Parental Income Terhadap Perilaku Keuangan Mahasiswa,” J. Ilmu Manaj., vol. 9, no. 4, pp. 1440–1450, 2021.
A. Hasler, A. Lusardi, N. Yagnik, and P. Yakoboski, “Resilience and wellbeing in the midst of the COVID-19 pandemic: The role of financial literacy,” J. Account. Public Policy, vol. 42, no. 2, p. 107079, 2023.
B. Bado, M. Hasan, and A. Isma, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Melalui Locus of Control Sebagai Variabel Intervening,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 2, pp. 15604–15623, 2022.
P. M. Wening and A. Nurkhin, “Pengaruh Pengaruh Literasi Keuangan, Locus Of Control Dan Kepribadian Terhadap Perilaku Keuangan Melalui Financial Self-Efficacy Sebagai Variabel Intervening,” Bus. Account. Educ. J., vol. 3, no. 3, pp. 330–346, 2022.
R. N. Kusumadewi, “Pengaruh Locus of Control Dan Financial Literacy Terhadap Kinerja UKM Pada Pelaku UKM Desa Rawa Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka,” in Prosiding Seminar Nasional LPPM Unsoed, 2017.
Y. Suhari, “Keputusan membeli secara online dan faktor-faktor yang mempengaruhinya,” Dinamik, vol. 13, no. 2, 2008.
A. Jazuli, “Pengaruh Locus Of Control, Financial Socialization, Dan Parental Norms Terhadap Financial Management Behavior Dengan Financial Literacy Sebagai Variabel Intervening,” Skripsi Univ. Negeri Semarang, 2016.
N. Muna and S. Sulaiman, “Peranan Kebiasaan Berbelanja Yang Memediasi Pengaruh Persepsi Harga Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Rokok Marlboro Di Banda Aceh),” J. Manaj. Inov., vol. 11, no. 1, pp. 1–16, 2020.
S. Hermawan and A. Amirullah, “Metode penelitian bisnis pendekatan kuantitatif & kualitatif.” Media Nusa Creative, 2016.
H. Chen and R. P. Volpe, “An analysis of personal financial literacy among college students,” Financ. Serv. Rev., vol. 7, no. 2, pp. 107–128, 1998.
M. M. Cummins, J. H. Haskell, and S. J. Jenkins, “Financial attitudes and spending habits of university freshmen,” in Allied Academies International Conference. Academy for Economics and Economic Education. Proceedings, Jordan Whitney Enterprises, Inc, 2005, p. 3.
P. Kotler and G. Armstrong, Prinsip-prinsip pemasaran, vol. 1, no. 2. Jilid, 2008.
J. B. Rotter, “Internal versus external control of reinforcement: A case history of a variable.,” Am. Psychol., vol. 45, no. 4, p. 489, 1990.
D. Sugiyono, “Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D,” 2013.
J. A. Yani, A. Mangkunegara, and R. Aditama, “Sugiyono. 2017, Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. bandung: Alfabeta,” Procrastination Task Avoid. Theory, Res. Treat. New York Plenum Press. Yudistira P, Chandra, Diktat Ku, 1995.
N. M. Janna and H. Herianto, “Konsep uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS,” 2021.
I. Ghozali, “Aplikasi analisis multivariete dengan program IBM SPSS 23,” 2016.
N. K. D. S. Rahayu and M. A. Meitriana, “Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Undiksha,” Ekuitas J. Pendidik. Ekon., vol. 11, no. 2, pp. 219–225, 2024, doi: 10.23887/ekuitas.v11i2.65999.
Y. Rochaniah and R. C. Sari, “Pengaruh Literasi Keuangan Digital, Penghasilan Dan Gender Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen E-Commerce,” J. Student UNY, no. 4, pp. 1–20, 2017.
S. Suratno, R. Rosmiati, and E. Siswono, “Pengaruh Online Shop, Lingkungan Teman Sebaya Dan Literasi Keuangan Terhadap Pembelian Implusif Mahasiswa Jurusan Pips Fkip Universitas Jambi,” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 2, no. 1, pp. 61–75, 2021, doi: 10.38035/jmpis.v2i1.414.
A. P. MARDIANA, A. OCTAVIA, and N. FARHANAH, “Keputusan Pembelian E-Commerce Shopee Ditinjau Dari Motivasi Hedonis, Utilitarian, Promosi Penjualan Dan Minat Konsumen,” J. Bisnis Dan Manaj. (Journal Bus. Manag., vol. 20, no. 2, pp. 1–14, 2020.
D. Harnadi, M. Salim, and S. E. Putri, “Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Kebiasaan, Brand Image dan Komitmen Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Pakan Ternak di Toko MA Ternak,” Student J. Bus. Manag., vol. 5, no. 1, pp. 495–520, 2022.
A. C. Devi and U. M. D. Fadli, “Analisis Keputusan Pembelian Produk E-Commerce Shopee di Kalangan Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang,” J. Student Res., vol. 1, no. 5, pp. 113–123, 2023.
N. L. R. & N. Asandimitra, “Pengaruh demografi, financial knowledge, financial attitude, locus of control dan financial self-efficacy terhadap financial management behavior masyarakat surabaya,” J. Ilmu Manaj., vol. 6, no. 2010, pp. 1–107, 2018, [Online]. Available: oai:ojs.journal.unesa.ac.id:article/23846
E. Nurchoiriah, R. T. Yusnita, and A. Arisman, “Analisis Perilaku Online Impulse Buying Ditinjau Dari Flash Sale Dan Locus of Control Pada Mahasiswa Unper Konsumen Shopee,” OIKOS J. Kaji. Pendidik. Ekon. dan Ilmu Ekon., vol. VI, no. Vol 6 No 2, pp. 159–167, 2022, doi: 10.23969/oikos.v6i2.5544.
S. S. Badi’ah and D. S. Hariyono, “Hubungan Kontrol Diri terhadap Keputusan Pembelian Menggunakan Spaylater”.
D. Arum and N. K. Riza, “Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Psikologi Pengguna E-Commerce Shopee,” J. Penelit. Psikol., vol. 8, pp. 92–102, 2021, [Online]. Available: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/42541
M. Ulumudiniati and N. Asandimitra, “Pengaruh Financial Literacy, Financial Self-Efficacy, Locus of Control, Parental Income, Love of Money terhadap Financial Management Behavior: Lifestyle sebagai Mediasi,” J. Ilmu Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 51–67, 2022.
L. A. Wardani and D. Fitrayati, “Pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan dengan locus of control sebagai variabel intervening,” Fair Value J. Ilm. Akunt. dan Keuang., vol. 4, no. 12, pp. 5827–5836, 2022, doi: 10.32670/fairvalue.v4i12.1894.
S. Susanti, “Pengaruh Locus of Control Internal Dan Pendapatan Terhadap Literasi Keuangan Mahasiswa,” J. Ekon. Pendidik. Dan Kewirausahaan, vol. 4, no. 1, p. 5, 2017, doi: 10.26740/jepk.v4n1.p517.
N. R. S. Mohd Dali, W. R. Wan Nawang, H. A. Hamid, U. H. M. Soffian Lee, and W. N. F. W. Mohamad Nazarie, “Compulsive Online Shopping, Spending Habits, And Locus of Control on Financial Vulnerability Among Malaysians,” Malaysian J. Consum. Fam. Econ., vol. 31, no. December, pp. 175–209, 2023, doi: 10.60016/majcafe.v31.07.
R. Tertierina, “Gambaran Kontrol Diri Dan Locus Of Control Dalam Berbelanja Produk Fashion Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2013.
M. Mahyarni, “Theori TRA Behavior(Sebuah Kajian Historis tentang Perilaku),” J. El- Rizasah, vol. 4, no. 1, pp. 13–23, 2013, [Online]. Available: https://ejournal.uinsuska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/17/0
I. B. P. F. Mahwan and N. T. Herawati, “Pengaruh Literasi Keuangan, Persepsi Risiko, dan Locus of Control Terhadap Keputusan Investasi Pengusaha Muda di Singaraja,” JIMAT (Jurnal Ilm. Mhs. Akuntansi), vol. 12, no. 3, pp. 768–780, 2021, [Online]. Available: https://repo.undiksha.ac.id/6498/
S. Setiyawan, “Pengaruh Literasi Keuangan, Lokus Kendali dan Kebiasaan Belanja terhadap Pengelolaan Keuangan Pribadi,” J. Ris. Manaj. dan Bisnis, pp. 53–60, 2023.
M. Khairat, N. A. Yusri, and S. Yuliana, “Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada MahasiswiKhairat, M., Yusri, N. A., & Yuliana, S. (2019). Hubungan Gaya Hidup Hedonis Dengan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswi. Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.,” Al-Qalb J. Psikol. Islam, vol. 10, no. 2, pp. 130–138, 2018.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.