DOI of the published article https://doi.org/10.35878/guru.v4i1.1095
The Effect of Big Book Media Use on Elementary School Learners’ Begining Reading Difficulties
Pengaruh Penggunaan Media Big Book terhadap Kesulitan Membaca Peserta Didik Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4563Keywords:
Big Book, Reading Difficulty, Early ReadingAbstract
Hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Big Book terhadap kesulitan membaca membaca nyaring selama pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada bagaimana penggunaan Big Book sebagai media pembelajaran dapat mempengaruhi proses belajar siswa ketika mereka belajar untuk menghadapi ujian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 1 Sekolah Dasar. Sampel penelitian hanya mencakup satu kelas, dengan jumlah peserta 30 orang. Totalnya ada 16 laki-laki dan 14 perempuan. Penelitian ini menggunakan tes sebagai metode pengumpulan data, dan alat penelitiannya berupa tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas untuk mengidentifikasi data asal normal dan uji beda sampel berpasangan (paired sample t-test). Teknik analisis dilakukan dengan menggunakan Uji Paired Sample T-Test serta Uji Normalitas dan Hipotesis.
Downloads
References
A. H. S. P. M.Pd, “Pengembangan Model Til (the Information Literacy) Tipe the Big6 Dalam Proses Pembelajaran Sebagai Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Di Sekolah,” J. PENA Penelit. dan Penal., vol. 9, no. 2, pp. 173–180, 2022, doi: 10.26618/jp.v9i2.9067.
Miftahur Rohmah and Muhamad Taufik Hidayat, “The Effectiveness of Media Games Books and Big Books on the Learning Outcomes of Indonesia Language for Elementary School Students,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 340–348, 2022, doi: 10.23887/jppp.v6i2.51216.
M. Aulia, Adnan, M. Yamin, and R. Kurniawati, “Penggunaan Big Book Dalam Pembelajaran Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar,” J. Basicedu, vol. 3, no. 3, pp. 963–969, 2019.
B. Oktadiana, “Analisis Kesulitan Belajar Membaca Permulaan Siswa Kelas II pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Madrasah Ibtidaiyah Munawariyah Palembang,” JIP J. Ilm. PGMI, vol. 5, no. 2, pp. 143–164, 2019, doi: 10.19109/jip.v5i2.3606.
. L. E. J. A., . M. M. S. P. . M. P., and . P. R. U. S. P. . M. P. . P., “Pengaruh Metode Membaca Dasar Bermediakan Big Book Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Kelompok A*,” J. Pendidik. Anak Usia Dini Undiksha, vol. 7, no. 2, p. 195, 2019, doi: 10.23887/paud.v7i2.18994.
R. Iskandar, Z. MS, and F. Fahrurrozi, “Menstimulasi Peserta Didik yang Mengalami Kesulitan Belajar Membaca Permulaan di Sekolah Dasar,” Mimb. Pgsd Undiksha, vol. 9, no. 2, p. 330, 2021, doi: 10.23887/jjpgsd.v9i2.34362.
R. Yusuf Abdul Rohman1 and Vismaia S. Damayanti3, “Jurnal basicedu,” vol. 6, no. 3, pp. 5388–5396, 2022.
A. Y. Sedyowati and M. Abduh, “Difficulties on Reading and Writing Faced by Fifth Graders: a Case Study,” Int. J. Elem. Educ., vol. 6, no. 3, pp. 379–385, 2022.
T. Mardika, “Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis Dan Berhitung Siswa Kelas 1 Sd,” Din. J. Ilm. Pendidik. Dasar, vol. 10, no. 1, pp. 28–33, 2019, doi: 10.30595/dinamika.v10i1.4049.
Pratiwi & Ariawan (2017) dan Oktadiana (2019), “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I,” J. Penelit. dan Pengemb. Pendidik., vol. vol 5, 2021.
R. Z. Nurani, F. Nugraha, and H. H. Mahendra, “Jurnal basicedu,” vol. 5, no. 3, pp. 1462–1470, 2021.
B. A. Ihsanda, Darmiany, and B. N. Khair, “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas II di MI Raudatul Jannah Al Ma’arif,” J. Classr. Action Res., vol. 4, no. 4, pp. 27–34, 2022, doi: 10.29303/jcar.v4i3.2100.
E. D. Hapsari, “Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa,” AKSARA J. Bhs. dan Sastra, vol. 20, no. 1, pp. 10–24, 2019, doi: 10.23960/aksara/v20i1.pp10-24.
U. Jamaludin, S. Setiawan, D. Oktadri Yanti Putri, S. Mutia Yunita, and M. Afrizal, “Analisis Kesulitan Siswa Dalam Membaca Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar,” Didakt. J. Ilm. PGSD STKIP Subang, vol. 9, no. 2, pp. 3164–3170, 2023, doi: 10.36989/didaktik.v9i2.1185.
B. Purnama Sari and D. F. Dwi, “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD Negeri 101884 Limau Manis,” Contin. Educ. J. Sci. Res., vol. 3, no. 2, pp. 10–21, 2022, doi: 10.51178/ce.v3i2.783.
M. S. Reftiani Wulandari.W, Faizal Chan, “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar,” vol. 4, no. 3, pp. 917–929, 2022.
R. Septiana Soleha, E. Enawar, D. Fadhillah, and S. Sumiyani, “Analisis Kesulitan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas Ii Sekolah Dasar,” Berajah J., vol. 2, no. 1, pp. 58–62, 2021, doi: 10.47353/bj.v2i1.50.
S. Ritonga, R. N. Rambe, U. Islam, and N. Sumatera, “Jurnal Cakrawala Pendas PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK DALAM MENINGKATKAN,” vol. 8, no. 4, pp. 1266–1272, 2022.
Solchan Ghazali, M. Amin, Wulan Suci Nur Rahmawati, and Grisa Anecy, “Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal MINU Ngingas Waru Sidoarjo,” J. Mu’allim, vol. 4, no. 2, pp. 13–37, 2022, doi: 10.35891/muallim.v4i2.3141.
dan R. B. : Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif and C. Alfabeta, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 2013.
A. Harlinda, D. C. Nurani, and M. L. Okta Safitri, “Media Edutainment sebagai Solusi Permasalahan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar,” Dawuh Guru J. Pendidik. MI/SD, vol. 3, no. 2, pp. 123–132, 2023, doi: 10.35878/guru.v3i2.739.
Salmawati, “Peningkatan Minat Membaca Peserta Didik Melalui Media Big Book and Song Di Kelas 1 Sd,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 6, no. 6, pp. 550–557, 2017, [Online]. Available: https://ojs.nubinsmart.id/index.php/nsj/article/view/161.
E. Education, P. N. Elisa, and U. B. Perjuangan, “Jurnal basicedu,” vol. 5, no. 1, pp. 446–452, 2021.
N. Syelviana and H. Sri, “Pengembangan Media Big-Book Dalam Pembelajaran Membaca Menulis Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar,” JPGSD J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, vol. 7, no. 1, pp. 2559–2569, 2019.
Aco Karumpa and Muhammad Dahlan, “Efektivitas Penggunaan Media Pop Up Book dan Big Book terhadap Kemampuan Siswa Memahami Isi Bacaan,” J. Onoma Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, vol. 8, no. 2, pp. 818–825, 2022, doi: 10.30605/onoma.v8i2.2089.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.