Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Effect of Entrepreneurial Orientation, Market Orientation, and Competitive Advantage on Marketing Performance at MSMEs Tanggulangin Bag Sidoarjo


Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Keunggulan Bersaing terhadap Kinerja Pemasaran pada UMKM Tas Tanggulangin Sidoarjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4295

Keywords:

Entrepreneurial Orientation, Market Orientation, Competitive Advantage, Marketing Performance

Abstract

The creative economy sector is very important to do to improve the economy in Sidoarjo. This is shown by the significant development of the creative economy until the city of Sidoarjo is dubbed the city of MSMEs in Indonesia. This type of research uses quantitative research. The population in this study is all bag MSME actors in Tanggulangin Sidoarjo. The number of samples used was 71 respondents. The sampling used in this study uses probability sampling techniques with simple random sampling techniques. Data analysis using multiple linear regression data analysis with SPSS 22 application program. The results of the study prove that there is an influence of digital entrepreneurial orientation on marketing performance, there is an influence of market orientation on marketing performance, and there is an influence of competitive advantage on marketing performance.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Mochammad, Achmad dan Ni Wayan Puspitadewi. 2021. Hubungan Antara Modal Psikologi dengan Produktivitas Kerja Pada Pengusaha UMMKM Kerajinan Kulit Dan Koper di Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo. penelitian psikologi. Vol8(1). 70–83.

Apris. 2021. Pengaruh Relationship Marketing dan Cross Selling terhadap Kinerja Pemasaran pada PT. Asuransi Umum Videi Kantor Pemasaran Jambi. Tesis tidak dipublikasikan. Jambi : Universitas jambi. Vol 4(1), 6.

Fatmawati. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing dan Kinerja Pemasaran Pada Warung Angkringan di Kota Semarang.

Aristiyo, M. 2017. Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing Dengan Orientasi Kewirausahaan, Orientasi Pasar dan Kemitraan. Management Analysis Journal.

Elvina. 2020. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan dan Orientasi Pasar terhadap Kinerja UMKM. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan.

Adinoto. 2012. Pengaruh Orientasi Pasar dan Perilaku Kewirausahaan Terhadap Kepekaan Perusahaan dan Implikasinya Pada Kinerja Perusahaan: Studi Pada Penyalur Sepeda Motor di Indonesia . Ultima Manajemen.

Lapian, M. O. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhdap Kinerja Pemasaran Pada PT. BPR PRISMA DANA AMURANG. EMBA

Kuswanti. 2017. Pengaruh Orientasi Pelanggan dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing. Management Analysis Journal.

Kholifah. 2020. Pengaruh Orientasi Pasar dan Orientasi Kewirausahaan Terhadap Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing pada UMKM Sarung Goyor Kabupaten Pemalang.

Supranoto, Meike 2009. “Strategi Menciptakan Keunggulan Bersaing Produk Melalui Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Orientasi Kewirausahaan Dalam Rangka Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi Empiris Pada: Industri Pakaian Jadi Skala Kecil Dan Menengah Di Kota Semarang).” Tesis. Universitas Diponegoro Semarang.

Rundengan, Marsela Gladis. 2019. Pengaruh Bauran Promosi, Sales Cycle, Keunggulan Bersaing, Relationship Merketing, Cross Selling, Terhadap Kinerja Pemasaran Produk Asuransi Jiwa Pada PT.Asuransi Jiwa Brilife Kantor Wilayah Manado. Riset bisnis dan manajemen. Vol. 7. 15–30.

Utama, L., 2018. Pengaruh Sumber Daya Pemilik Waralaba Terhadap Kinerja Penerima Waralaba Dengan Orientasi Kewirausahaan sebagai mediasi. Conference On Management and Behavioral Studies.

Aji, W. P. Sugiarto, S. 2014. Analisis Pengaruh Orientasi Pasar, Orientasi Kewirausahaan, dan Daya Saing Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Knalpot (Studi Pada Home Industri Knalpot di Kabupaten Purbalingga) [Skripsi] UNDIP: Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Poudel, K. P., Carter, R., & Lonial, S. 2012. The process aspect of entrepreneurial orientation-performance relationship uncovering the mediating roles of technological capabilites, innovationa and firm growth. Frontiers of Entrepreneurship Research, 32(12), 16.

Hanifah, 2011, “Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Budaya Organisasi dan Strategi Bisnis terhadap Kinerja Perusahaan”, Proseding Seminar Nasional Call for Paper, ISSN ISBN 978- 979-3649-65-8

Wahyono, 2001. Orientasi Pasar dan Inovasinya: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia,

Kotler, Philip, and Armstrong. 2008. Principle of Marketing. 10 th. New Jersey Pearson education.

Kotler, P. & Keller, K.L., 2009. Manajemen Pemasaran 13th Ed., Jakarta:Erlangga.

Manek, Daniel. 2013. “Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Proses Orientasi Pasar, Adaptasi Produk, Kausalitas Strategi dan Keunggulan Bersaing”. Tesis Program Magister Manajemen. Universitas Diponegoro.

Wahyono. 2002. “Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran”. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia. Vol.1,No.1,Mei.

Danang, Sunyoto. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Buku Seru.

Pattipeilohy, Victor. 2018. Inovasi Produk dan Keunggulan Bersaing: Pengaruhnya terhadap Kinerja Pemasaran (Studi pada Usaha Nasi Kuning di Kelurahan Batu Meja Kota Ambon). Jurnal Maneksi. Vol. 7(1). 66.

Djodjoba, Cyntya Vaness dan Hendra Tawas. 2020. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Inovasi Produk Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Pemasaran Umkm. Jurnal EMA. Vol5(2). 1214–1224. doi: 10.47335/ema.v5i2.55.

Haji, Samsuul, Rois Arifin dan M. Khairul. 2017. Pengaruh Orientasi Kewirausahaan, Inovasi Produk, Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran Usaha Cengkeh di Bawean. ¬jurnal Riset Menejemen. .83–95.

Helia, R., Farida, N., & Prabawani, B. 2015. Pengaruh Orientasi Pasar Dan Orientasi kewirausahaan Terhadap Keunggulan Bersaing Melalui Inovasi Produk Sebagai Variabel Antara. Journal Of Social And Political, 1-11.

Wulandari, A. 2013. Pengaruh Orientasi Pelanggan, Orientasi Pesaing dan Inovasi 6823 Made Surya Artana Putra, Peran Inovasi Memediasi Produk Terhadap Kinerja Pemasaran. Management Analysis Journal, 1(2), 17–21.

Uncles, Mark. 2000. “Market Orientation.” Australian Journal of Management 25 (2).

Utaminingsih, A. 2016. Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, Dan Kreativitas Strategi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran Pada Ukm Kerajinan Rotan Di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2), 77–87.

Merakati, I, Rusdarti, and Wahyono. 2017. “Pengaruh Orientasi Pasar,Inovasi, Orientansi Kewirausahaan Melalui Keunggulan Bersaing Terhadap Kinerja Pemasaran.” Journal of Economic Education 6 (2): 114–23

Nurdiyanto, Ahmad Dwi, and Mochamad Purnomo. 2021. “Studi Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening Pada Orientasi Pasar Terhadap Kinerja Pemasaran.” Jurnal Ekonomi Dan Bisnis STIE Anindyaguna 3 (1): 137–45.

Posted

2024-02-28