Sunco Cooking Oil as a Basic Need For Consumers
Minyak Goreng Sunco Sebagai Kebutuhan Pokok Konsumen
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4240Keywords:
Price, Product Quality, Promotions, Purchasing Decisions, OilAbstract
This research was conducted to determine the influence of price, product quality and promotion on oil purchasing decisio ns. The main issue in this research is the debate regarding the price of vegetable oils and the challenges related to their availability on the market. This research uses a quantitative method, descriptive research type and uses a random sampling method with a sample size of 96 respondents. This research uses data collection techniques using questionnaires. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression analysis using the SPSS 22.0 statistical tool. Based on the results of research and discussions that have been carried out and described, it can be concluded that: Price, Product Quality and Promotion influence purchasing decisions
Downloads
References
Khairunnisa, “Kaleidoskop 2022: Minyak Goreng Langka Di Negeri Kaya Sawit,” Rabu Desember 2022, [Online]. Available: Https://Economy.Okezone.Com/Read/2022/12/21/320/2731287/Kaleidoskop-2022-Minyak-Goreng-Langka-Di-Negeri-Kaya-Sawit?Page=2
M. C. Anwar, “Daftar Alasan Minyak Goreng Langka Dan Mahal Versi Pemerintah,” Mar. 2022, [Online]. Available: Https://Money.Kompas.Com/Read/2022/03/14/115733726/Daftar-Alasan-Minyak-Goreng-Langka-Dan-Mahal-Versi-Pemerintah?Page=All#
F. Sandi, “Merek Migor Baru Bermunculan Di Pasar, Ternyata Ini Pemicunya,” May 2022, [Online]. Available: Https://Www.Cnbcindonesia.Com/News/20220510172200-4-337914/Merek-Migor-Baru-Bermunculan-Di-Pasar-Ternyata-Ini-Pemicunya
D. Andi And Handoyo, “Simak Persaingan Bisnis Minyak Goreng Di Tengah Tingginya Harga Cpo Global,” Jan. 2022, [Online]. Available: Https://Newssetup.Kontan.Co.Id/News/Simak-Persaingan-Bisnis-Minyak-Goreng-Di-Tengah-Tingginya-Harga-Cpo-Global?Page=All
Y. Nurfauzi, H. Taime, H. Hanafiah, M. Yusuf, And Asir, “Literature Review: Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif,” Vol. 4, Pp. 183–188, Jan. 2023.
D. P. P. Rustandi And W. Sastika, “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Brand Fashion Pull And Bear Di Bandung Tahun 2021,” Vol. 7, Pp. 23–35, Desember 2021.
H. Taan, “Kemudahan Penggunaan Dan Harga Terhadap Minat Beli Online Konsumen,” E-J. Ekon. Bisnis Dan Akunt., Vol. 8, No. 1, P. 89, Mar. 2021, Doi: 10.19184/Ejeba.V8i1.19502.
C. Cesariana, F. Juliansyah, And R. Fitriyani, “Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., Vol. 3, No. 1, Pp. 211–224, Feb. 2022, Doi: 10.38035/Jmpis.V3i1.867.
N. Arianto And S. A. Difa, “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pt Nirwana Gemilang Property,” J. Disrupsi Bisnis J. Ilm. Prodi Manaj. Fak. Ekon. Univ. Pamulang, Vol. 3, No. 2, P. 108, Jul. 2020, Doi: 10.32493/Drb.V3i2.6299.
M. T. Y. Suari, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian,” J. Manaj., Vol. 5, No. 1, 2019.
M. Marbun, H. Ali, And F. Dwikoco, “Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan Dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., Vol. 3, No. 2.
M. S. Tolan, F. A. O. Pelleng, And A. Y. Punuindoong, “Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Online Shop Mita (Studi Pada Masyarakat Kecamatan Wanea Kelurahan Karombasan Selatan Lingkungan Iv Kota Manado),” Vol. 2, No. 5, 2021.
A. Ferdiana Fasha, M. Rezqi Robi, And S. Windasari, “Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli: Brand Ambassador Dan Brand Image (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., Vol. 3, No. 1, Pp. 30–42, Jan. 2022, Doi: 10.38035/Jmpis.V3i1.840.
W. Amrita, “Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Sunco,” J. Manaj., Vol. 3, No. 1, 2023.
A. Sulistyowati, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Kemasan Bimoli Di Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember”.
O. Fachrunnisa, “Analisis Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Sebagai Upaya Menstimulus Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Minyak Goreng Sovia Di Alfamart Gondang Nganjuk”.
R. D. Naiboho, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Di Kota Medan.” Jan. 22, 2022.
C. L. R. Winasis, H. S. Widianti, And B. Hadibrata, “Determinasi Keputusan Pembelian: Harga, Promosi Dan Kualitas Produk (Literature Review Manajemen Pemasaran),” Vol. 3, No. 4, 2022.
S. Purba And D. Wahyudi, “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng (Studi Kasus Pada Masyarakat Desa Sipispis Kabupaten Serdang Bedagai)”.
R. F. A. Pasaribu, L. A. Kakana, T. E. Hutahuruk, And A. Hutasoit, “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Bimoli Pada Pt. Salim Ivomas Pratama, Tbk Lubuk Pakam,” Vol. 9, 2019.
Prof. Dr. Sugiyono, Metode Penelitian Manajemen, Ke-4. Bandung: Alfabeta, 2015.
M. Abdul Kohar Septyadi, M. Salamah, And S. Nujiyatillah, “Literature Review Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Konsumen Pada Smartphone: Harga Dan Promosi,” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., Vol. 3, No. 1, Pp. 301–313, Feb. 2022, Doi: 10.38035/Jmpis.V3i1.876.
“Pengertian Teknik Pengambilan Sampel Accidental Sampling,” Feb. 2021, [Online]. Available: Https://Kumparan.Com/Berita-Terkini/Pengertian-Teknik-Pengambilan-Sampel-Accidental-Sampling-1vcpcboui8b/1
F. Hidayah And H. M. K. Sari, “Consumer Purchase Intention For Imported Used Clothes (Thrift) In Sidoarjo City [Minat Beli Konsumen Terhadap Pakaian Baju Bekas Impor (Thrift) Di Kota Sidoarjo]”.
A. Sugianto And S. Rahman, “The Effect Of Product Quality, Price, And Promotion On Purchase Decision Of Shinyoku Lights At Cv. Sinar Abadi Pekanbaru,” Vol. 7, No. 2, 2019.
H. T. Hidayat, C. Pramono, And M. I. Indrawan, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Iklan Terhadap Minat Beli Air Minum Dalam Kemasan Merek Le Minerale Pada Pelanggan Alfamidi Gatot Subroto Medan,” Vol. 3, 2021.
A. Harini And Supardi, “Strategi Iklan, Kualitas Produk, Dan Harga Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Mie Kering Di Sidoarjo”.
A. M. Irfanudin, “Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Filma Minyak Goreng Di Pt Smart Tbk,” Vol. 1, 2018.
“Top Brand Index Minyak Goreng Tahun 2019-2023.” [Online]. Available: Https://Www.Topbrand-Award.Com/Top-Brand-Index/
A. Saputra, “Pengaruh Kemasan, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Pada Pt Pacific Batam Perkasa”.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.