The Influence of Service Quality, Price and Location on Customer Satisfaction and Loyalty in J&T Express Delivery Services in Sidoarjo
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Jasa Pengiriman J&T Express Di Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4239Keywords:
Service Quality, Price, Location, Customer Satisfaction, LoyaltyAbstract
This research aims to determine the effect of service quality, price and location on customer satisfaction and loyalty at the J&TExpress delivery service in Sidoarjo. This research uses a quantitative approach. Sampling in the research used an accidental sampling technique, with a total of 100 respondents from consumers who came to the office when they wanted to send goods. The data collection technique uses a questionnaire which is distributed via questionnaire, the data analysis technique in this research uses multiple linear regression analysis, the data processing in this research uses the SPSS 22 (Statistical Program for the Social Sciences) software program. The results of the research show results that can prove that service quality, price and location influence customer satisfaction and loyalty to J&TExpress shipping services in Sidoarjo.
Downloads
References
Tjiptono, Fandy (2019). Strategi Pemasaran Prinsip & Penerapan. Edisi 1. Yogyakarta.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2.Jakarta: PT Indeks.
Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Tjiptono & Chandra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Edisi Kedua. Yogyakarta Yogyakarta: ANDI
Basu, Swastha.(2010).Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE UGM.
Mahira, M., Hadi, P., & Nastiti, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas PelayananTerhadap Kepuasan Pelanggan Indihome. Konferensi Riset Nasional Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 2(1), 1267-1283.
Kasinem, K. (2020). Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Bukit Serelo Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 329-339.
Anggraini, F., & Budiarti, A. (2020). Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. JurnalPendidikanEkonomi (JUPE), 8(3), 86-94.
Kurniawati, T., Irawan, B., & Prasodjo, A. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Brand Image Terhadap Kepuasan Konsumen Restoran Pizza Hut Cabang Jember. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 6(2), 147-151.
Ramadhan, D., & Mahargiono, P. B. (2020). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Store Atmosphere dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Tepi Barat Rumah Kopi Rungkut Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 9(6).
Sumowo, S., & Saidah, N. (2023). Pengaruh Lokasi, Harga dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Stasiun Cafe Balung Jember. Jurnal Mahasiswa Entrepreneurship (JME), 2(1), 47-51.
Indria Sukma Sektiyaningsih, Arif Haryana Dan Sylvia Sari Rosalina. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan, Citra, Dan Loyalitas Pasien (Studi pada Unit Rawat Jalan Rsud Mampang Prapatan Jakarta Selatan). Journal Of Business Studies. Vol 4, No 1 :2443 – 3837.
Cardia, D. I. N. R., Santika, I. W., & Respati, N. N. R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 8(11), 6762.https://Doi.Org/10.24843/Ejmunud.2019.V08.I11.P19.
Aji Setyo Nugrahanto, A. S., Hatta, I. H., Subhan, M. N. 2021. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dan Loyalitas Konsumen Pada Layanan Internet Kartu Prabayar Simpati Pada Mahasiswa Di Jakarta. JIMP, 1(2), 69-67. E jurnal:
http://journal.univpancasila.ac.id/index.php/JIMP/
A. Muhtarom, M. I. Syairozi, And H. L. Yonita, “Analisis Persepsi Harga, Lokasi, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Keputusan Pembelian ( Studi Kasus Pada Umkm Skck ( Stasiun Kuliner Canditunggal Kalitengah ) Metode Structural Equation Modelling ( Sem ) - Partia,” Vol. 10, Pp. 391–402, 2022.
Nofindri, Maharesta Lutfhiana, Agus Sutarjo, and Rizka Hadya(2021). Pengaruh Harga Dan Lokasi Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening Di Mini Market Wirda Kota Padang. Matua Jurnal 3(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Ana Fitriyatul Bilgies, Ariefah Sundari, Ali Muhajir, dan Heni Purnama Putra (2021). Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Lokasi Terhadap Loyalitas Pelanggan Distro Mayang Madu Pacirian. Journal of Management and Accounting, 4(2), 75–91.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.
Pasolong, Harbani. (2012). Teori Administrasi Publik.. Yogyakarta: Alfabeta.
Ghozali, Imam. (2018.) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang.
Prasastono, Ndaru dan Sri Yulianto Fajar Pradapa.(2020). Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Kentucky Fried Chicken Semarang Candi. Dinamika Kepariwisataan XI, No. 2 13-23.
Sarjita, S. (2020). Pengaruh Pelayanan, Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pengguna Go-Jek di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Akuntansi, 5(1), 76-92.
Catrina Nora Saradissa. 2020. Pengaruh Harga, Promosi, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Vol 4 No.11.
Starini, Hygid. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Konsumen dengan Kepuasan sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Toko Basuki Jaya Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.
Bulan, T. P. L. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen pada PT Tiki Jalur Nugraha Ekakurir Agen Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan 5:2. 592–602.
Santoso, H., dan Hidayat, A. 2019. Pengembangan Wisata Berbasis Syariah (Halal Tourism) Di Kota Bima. Jurnal Sadar Wisata Volume 2, No 1, 40-55.
Oematan.S , C. L., & Subagio, H. (2015). Analisis Pengaruh Pelayanan Pelanggan, Atmosfer Toko, Periklanan dan Promosi, Lokasi Toko, Produk, dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen Ciputra World Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 1-9.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.