The Influence of the Guided Inquiry Learning Model on the Cognitive Learning Outcomes of MTS Students in Natural Science Subjects
Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa MTs Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.4063Keywords:
Inquiry Learning Model, Cognitive Learning OutcomesAbstract
This research aims to determine the influence of the Guided Inquiry Learning Model on Student Learning Outcomes on Vibration and Wave material for class VIII MTS Kholid bin Walid Kebonagung Porong students Sidoarjo. The research population was class VIII of MTs Khalid bin Walid Kebonagung Porong Sidoarjo. Sampling The technique used was saturated sampling of 55 people. The research instrument uses a test consisting of 25 multiple choice questions. The results of the ANOVA test produced a value of 0.099>0.05. The N-Gain test produces a value of 0.5490. This shows that the Guided Inquiry learning model consistently experiences improvement in the medium category.
Downloads
References
A. Elath, H. Taunaumang, and P. M. Silangen, “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Materi Gerak Lurus Pada Siswa Kelas VII SMP Kristen Tomohon,” Charm Sains J. Pendidik. Fis., vol. 3, no. 1, pp. 1–8, Feb. 2022, doi: 10.53682/charmsains.v3i1.142.
T. Nabillah and A. P. Abadi, “FAKTOR PENYEBAB RENDAHNYA HASIL BELAJAR SISWA,” 2019.
L. Nurmayani, A. Doyan, and N. N. S. P. Verawati, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK,” J. Penelit. Pendidik. IPA, vol. 4, no. 2, Jul. 2018, doi: 10.29303/jppipa.v4i2.113.
L. Komariyah and M. Syam, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) DAN MOTIVASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA,” 2016.
H. Fahmia, V. Karjiyati, and D. Dalifa, “Pengaruh Model Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Matematika Siswa SD Kota Bengkulu,” JURIDIKDAS J. Ris. Pendidik. Dasar, vol. 2, no. 3, pp. 237–244, Jan. 2020, doi: 10.33369/juridikdas.2.3.237-244.
I. Magdalena, N. F. Islami, E. A. Rasid, and N. T. Diasty, “TIGA RANAH TAKSONOMI BLOOM DALAM PENDIDIKAN,” vol. 2, 2020.
F. Wulandari, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar,” Pedagog. J. Pendidik., vol. 5, no. 2, pp. 267–278, Aug. 2016, doi: 10.21070/pedagogia.v5i2.259.
Y. E. Kristanto and H. Susilo, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP”.
S. Juliana, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMPN 5 SIAK KECIL KECAMATAN SIAK KECIL KABUPATEN BENGKALIS,” J. PAJAR Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 2, no. 4, p. 530, Jul. 2018, doi: 10.33578/pjr.v2i4.5694.
S. M. Ngguna and V. O. Bano, “Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dibantu Media Gambar Meningkatkan Hasil Belajar Kelas VIII SMPN 2 Nggoa,” vol. 10, no. 1, 2023.
“247832-none-7bc139bd.pdf.”
D. Kurniasih, H. Novia, and A. Jauhari, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DENGAN PENDEKATAN MULTIREPRESENTASI TERHADAP PENINGKATAN PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA SMA,” J. Phi J. Pendidik. Fis. Dan Fis. Terap., vol. 1, no. 2, p. 5, Jun. 2020, doi: 10.22373/p-jpft.v1i2.6619.
D. Riskayanti, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA BIOLOGI KELAS XI SMA,” vol. 3, no. 1.
U. U. Arham and K. Dwiningsih, “KEEFEKTIFAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA,” pp. 111–118, 2016.
A. Maulidia, A. D. Lesmono, and B. Supriadi, “INOVASI PEMBELAJARAN FISIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN STEM EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI SMA,” Semin. Nas. Pendidik. Fis., vol. 4, no. 1, pp. 185–190, 2019.
R. A. Gani, R. Purnamasari, and F. Mujahidah, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM,” J. Elem., vol. 5, no. 2, p. 170, Jun. 2022, doi: 10.31764/elementary.v5i2.9083.
D. Ramadhan, “Pengaruh Pembelajaran Model Inkuiri terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Siswa di SMK Negeri 2 Pagar Alam,” Prosiding Seminar Nasional Sains dan Entrepreneurship VI, 2019.
D. H. Simbolon and S. --, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen Riil dan Laboratorium Virtual terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa,” J. Pendidik. Dan Kebud., vol. 21, no. 3, pp. 299–316, Dec. 2015, doi: 10.24832/jpnk.v21i3.192.
N. M. P. Dwi Apriliani, I. M. C. Wibawa, and N. W. Rati, “Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar IPA,” J. Penelit. Dan Pengemb. Pendidik., vol. 3, no. 2, p. 122, Apr. 2019, doi: 10.23887/jppp.v3i2.17390.
L. Mufidah, “Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Program Moodle untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa,” J. Pendidik. Sains, vol. 2, no. 1, pp. 18–27, 2014.
F. S. Sundari and E. Indrayani, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA,” J. Pendidik. Dan Pengajaran Guru Sekol. Dasar JPPGuseda, vol. 2, no. 2, pp. 72–75, 2019.
I. Iswatun, M. Mosik, and B. Subali, “Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan KPS dan hasil belajar siswa SMP kelas VIII,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 3, no. 2, p. 150, Oct. 2017, doi: 10.21831/jipi.v3i2.14871.
C. W. Aprilia, L. T. Biru, and V. D. A. Resti, “Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Pada Tema Bahaya Air Yang Tercemar Untuk Menumbuhkan Berpikir Kreatif Siswa,” PENDIPA J. Sci. Educ., vol. 7, no. 2, pp. 304–311, Aug. 2023, doi: 10.33369/pendipa.7.2.304-311.
L. S. Amijaya, A. Ramdani, and I. W. Merta, “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK,” J. Pijar Mipa, vol. 13, no. 2, pp. 94–99, Sep. 2018, doi: 10.29303/jpm.v13i2.468.
F. Alexander and F. R. Pono, “PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA,” vol. 1, no. 2, 2019.
A. S. Dakhi, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA,” J. Educ. Dev., vol. 8, no. 2, pp. 468–470, 2020.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.