Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Effect of E-Books on Ecology and Biodiversity Materials on Science Cognitive Learning Outcomes


Pengaruh E-Book Materi Ekologi dan Keanekaragaman Hayati terhadap Hasil Belajar Kognitif IPA

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4061

Keywords:

E-book, Cognitive learning outcomes, Ecology and biodiversity

Abstract

This study aims to determine the effect of e-books on science cognitive learning outcomes. The science learning material used in the e-book is Ecology and Biodiversity which is carried out at SMP Negeri 3 Candi in class VII, Sidoarjo Regency. The research design used two group pretest-posttest design with random sampling technique. The research sample used two classes with the treatment of using e-books in the experimental class while the control class was given a BSNP book. The instrument used is a cognitive question instrument consisting of 25 items with C1-C6 indicators. The results showed that the t test (Independent Sample T-Test) on learning outcomes obtained a significance value of 0.000 <0.05 which means that there is an influence of e-book media. Reinforced by the N-gain value of the experimental class of 0.41 greater than the control class which shows the influence of e-books has an influence on learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

B. Trilling and P. Hood, “Learning , Technology , and Education Reform in the Knowledge Age,” Educ. Technol., p. 26, 1999, [Online]. Available: https://www.jstor.org/stable/44428527

E. Nurillahwaty, “Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan,” Pros. Semin. Nas. Pendidik., vol. 1, 2022.

D. Effendi and A. Wahidy, “Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Abad 21,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI PALEMBANG, vol., no., 2019.

D. I. Parawansa, “Pengaruh Penggunaan E-Book Materi Klasifikasi Makhluk Hidup terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP,” Skripsi, 2023.

I. Nurhatimah, “Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SDN Kalianget Timur IX melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw,” Pedagoogia, vol. 3, 2014.

D. Suwarto, “Pengembangan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik),” Yogyakarta: Pustaka Pelajar, p. 116, 2013.

Rusman, “Meningkatkan Prestasi Belajar IPA melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pairs-Share(TPS),” Pedagogia, vol. 3, 2014.

A. Widiarti, “Peningkatan Hasil Belajar Materi Mengidentifikasi Kelangsungan Hidup Makhluk Hidup Melalui Adaptasi, Seleksi Alam dan Perkembangbiakan menggunakan Model Pembelajaran Mind Map,” J. Educ. Res. Dev., 2019.

Hamalik, “Kurikulum dan Pembelajaran,” 2011, [Online]. Available: https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=EAgiEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA55&dq=kurikulum+dan+pembelajaran&ots=CHIa8f_Drn&sig=fsriBBRzNZe_iPkPXsOsC_ySm-M

W. B. Sulfemi, “Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Kabupaten Bogor,” J. Pendidik. DAN Adm. Pendidik., vol. 18, 2018.

E. Wahjudi, “Penerapan Discovery Learning dalam Pembelajaran IPA sebagai Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IX-I di SMP Negeri 1 Kalianget,” Lentera Sains, vol. 5, 2015.

R. Arizona, “Perbedaan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Jigsaw dan Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sman 11 Padang,” Pendidik. Ekon., 2014.

G. A. Yudasmara and D. Purnami, “Pengembangan Media Pembelajaran Interakif Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMP,” Pendidik. dan Pengajaran.

S. Sagala, Konsep dan MaknaPembelajaran. 2005.

Elia, “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Strategi Biosmart pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Kalianda,” Skripsi, 2018.

A. Yani, Muhsyanur, Sahriah, Haerunnisa, Salmawati, and Sri, “Efektivitas Pendekatan Saintifik dengan Media Booklet Higher Order Thinking terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kabupaten Wajo,” Biol. Sci. Educ., 2018.

D. Noviar and D. W. I. R. Hastuti, “Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Scientific Approach terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X di SMA N 2 Banguntapan,” 2015.

S. Sardiyanah, “Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya,” J. Al-Qalam J. Kaji. Islam Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 123–144, 2020, doi: 10.47435/al-qalam.v7i1.187.

C. Mukminin, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Book terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ipa Kelas VII SMP Unismuh Makassar,” Skripsi, 2021.

Mutmainnah, Aunurrahman, and Warneri, “Efektivitas Penggunaan E-Modul Terhadap Hasil Belajar Kognitif Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia di Madrasah Tsanawiyah,” J. BASICEDU, vol. 5, 2021.

K. Khairunnisa, K. Ningsih, and R. G. P. Panjaitan, “Kelayakan Media Booklet pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dan Lingkungannya Kelas VII,” J. Pendidik. Inform. dan Sains, 2022.

S. A. Fauziyah, M. Khasan Aedi, SS, and M. . Maman Dzul Iman, S.Ag, “Efektifitas Penggunaan E-Book pada Mata Pelajaran Bahasa Arab terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Daru’l Hikam Cirebon,” artikel.

C. N. Aini, “Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Booklet pada Materi Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungannya untuk Siswa Kelas VII SMP/MTs,” Skripsi, 2020.

N. Beama, T. Paulus, M. Nirmala, and T. Sarlota, “Media Pembelajaran Booklet berbasis Pendekatan Saintifik Pokok Bahasan Interaksi Makhluk Hidup dengan Lingkungan,” Pendidik. dan sains Biol., 2019.

R. ZULKARNAIN, “Pengembangan Digis-Book Materi Adaptasi Makhluk Hidup untuk Menginkaatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Siswa Kelas VI UPT SDN Trajeng 1 Kota Pasuruan,” Skripsi, 2022.

A. F. Nizatama, R. B. Rudibyani, and E. Sofya, “Efektivitas Media E-Book untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi dan Penguasaan Konsep Siswa,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Kim., vol. 8, 2019.

A. Izza, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Book (Flip Book Maker) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 39 Surabaya,” Skripsi, 2018.

F. A. Kusumastuti, “Pengaruh Integrasi E-Book Interaktif pada Kegiatan Belajar Mengajar Sains,” Bus. Econ. Commun. Soc. Sci. J., vol. 2, no. 1, pp. 83–88, 2020, doi: 10.21512/becossjournal.v2i1.6063.

H. Haning and L. Khusnah, “Penerapan Media E-Book Berekstensi Epub untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMP pada Mata Pelajaran Ipa,” J. Pena Sains, vol. 4, 2017.

E. Suryani and I. S. A. Khoiriyah, “Pemanfaatan E-Book Sebagai Sumber Belajar Mandiri bagi Siswa SMK/SMK/MA,” Int. J. Community Serv. Learn., vol. 2, 2018.

K. A. Josephine, Baedhowi, and M. Tri, “Penerapan E-Book dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” 2017.

R. Rahmayani, M. Palennari, and R. Rachmawaty, “Pengaruh Sumber Belajar Biologi Berbasis E-Book terhadap Regulasi Diri Peserta Didik SMA pada Materi Plantae,” Indones. J. Educ. Sci., vol. 4, no. 1, pp. 51–59, 2021, doi: 10.31605/ijes.v4i1.1175.

Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan,” p. 39, 2016.

M. A. McGowen and G. E. Davis, “Individual gain and engagement with mathematical understanding”.

Rosida, N. Fadiawati, and T. Jalmo, “Efektivitas Penggunaan Bahan Ajar E-Book Interaktif dalam Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa”.

Sudjana, “Metoda Statistika. Bandung,” 2005.

D. A. A. Wahyuni, Misdalina, and Noviati, “Dampak Media Pembelajaran berbasis Teknologi pada Aplikasi Tiktok terhadap Daya Tangkap siswa kelas V,” Pendidik. dan Konsleing, vol. 4, 2022.

U. Usmadi, “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas),” Inov. Pendidik., vol. 7, 2020.

Ghazali I., “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (Sembilan),” Semarang, Univ. Diponegoro, p. 490, 2011, [Online]. Available: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:64890624

N. Kucirkova, “An integrative framework for studying, designing and conceptualising interactivity in children’s digital books,” Br. Educ. Res. J., vol. 43, no. 6, pp. 1168–1185, 2017, doi: 10.1002/berj.3317.

K. Hadi, D. Dazrullisa, B. Manurung, and H. Hasruddin, “Tingkat Kesukaran Soal Tes Berpikir Tingkat Tinggi Berbasis Kearifan Lokal Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di Sma,” Bio-Lectura, vol. 6, no. 2, pp. 99–108, 2019, doi: 10.31849/bl.v6i2.3565.

N. Nguyen, J. Williams, and T. Nguyen, “The use of ict in teaching tertiary physics: Technology and pedagogy,” Asia-Pacific Forum Sci. Learn. Teach., vol. 13, no. 2, 2012.

I. Aedo, P. Díaz, C. Fernández, G. M. Martín, and A. Berlanga, “Assessing the utility of an interactive electronic book for learning the PASCAL programming language,” IEEE Trans. Educ., vol. 43, no. 4, pp. 403–413, 2000, doi: 10.1109/13.883350.

K. Kasmir, “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Resitasi dengan Media Gambar pada Mata Pelajaran IPA Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan di Kelas VIII-1 Semester 1 SMPN 4 Bolo Tahun Pelajaran 2020/2021,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Indones., vol. 1, no. 2, pp. 340–350, 2021, doi: 10.53299/jppi.v1i2.58.

S. P. Sari, H. Hasibuan, E. M. Suri, A. Afriwes, and K. Mere, “Pengaruh Pemanfaatan E-book sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajaran, vol. 6, no. 4, pp. 1829–1832, 2023.

M. Umami, H. Hasbiyati, and I. B. Muslim, “Upaya peningkatan hasil belajar kognitif dan kemampuan berfikir kreatif siswa melalui media e-book berekstensi epub,” J. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 26–35, 2019.

Hasanah, H. Hasbiyati, and U. Nujannah, “Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Media E-Book Berekstensi Epub Di Mts. Al-Amin Silo,” J. Educ., vol. 7, no. 1, pp. 8–17, 2019.

Posted

2024-02-16