Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

The Effectiveness of Implementing The Singing Method in Improving Understanding of Arabic Vocabulary


Efektivitas Penerapan Metode Bernyanyi Terhadap Peningkatan Pemahaman Kosakata Bahasa Arab

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.4045

Keywords:

Effectiveness, Singing Method, Arabic Vocabulary

Abstract

Metode bernyanyi dapat menjadi inovasi yang dapat di terapkan untuk memudahkan siswa dalam mencerna pembelajaran kosakata bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peningkatan pemahaman kosakata bahasa Arab dengan menerapkan metode bernyanyi. Metode penelitian ini adalah eksperimen kuantitatif satu faktor dua sampel dengan populasi 22 siswa kelas V SD Muhammadiyah Lamongan yang berjumlah. Penilaian penelitian ini menggunakan Rubrik penilaian yang mengacu pada indikator penguasaan kosakata bahasa Arab yang diketahui dari hasil pre-test dan post-test. Dari hasil yang di dapat, di temukan data berupa nilai signifikansi (2-tailed) bernilai 0,000 pada hasil uji One sample T-Test. Dimana signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga ditolak dan diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa metode bernyanyi dapat meningkatkan pemahaman kosakata bahasa Arab siswa. Dampak dari penelitian ini adalah metode bernyanyi dapat dijadikan salah satu metode alternatif sebagai strategi pembelajaran kosakata bahasa Arab pada berbagai jenjang pendidikan di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. ahmad musa dr ’aqili Muhammad, “Penggunaan Pendekatan Estetika dalam Mengajar Bahasa Arab, Keterampilan Linguistik dan Pembangunan untuk Mencapai Tujuan Pendidikan Maharat kitabah yang berhubungan dengan keindahan sastra pada siswa SMA,” Kulliyatut tarbiyyah bil wadil jadid, asyud univerity mesir, 2018. akses 14 juli 2023.

M. Munawara, Rusydi Khalid, and H. Haniah, “Metode pengajaran buku ‘Pelajaran Bahasa Arab untuk Non Native Speaker karya Dr. F. Abdul Rahim’ dalam pengajaran bahasa Arab kepada mahasiswi di Institut Tinggi Pengkajian Islam dan Bahasa Arab, Makassar,” NUKHBATUL ’ULUM J. Bid. Kaji. Islam, vol. 8, no. 2, pp. 290–315, 2022, doi: 10.36701/nukhbah.v8i2.602. akses 7 juli 2023

N. R. hidayatur Rohmah, “Pembelajaran maharah lughowiyah dan problematika siswa dalam mempelajarinya di ma’had al-imam al-islamy metro kibang lampung timur tahun ajaran 2019/2020,” 2020. akses 7 juli 2023

F. R. S and R. U. Baroroh, “Strategies And Methods Of Learning Arabic Vocabulary/ Strategi Dan Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab,” Ijaz Arab. J. Arab. Learn., vol. 3, no. 2, pp. 291–312, 2020, doi: 10.18860/ijazarabi.v3i2.10062. akses 24 september 2023

A. Imron and D. F. Fajriyah, “Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Menghafal Mufrodat (Kosakata) Bahasa Arab di MI,” Dawuh Guru J. Pendidik. MI/SD, vol. 1, no. 1, pp. 41–56, 2021, doi: 10.35878/guru.v1i1.255. akses 7 juli 2023.

H. Jamil and N. Agung, “Al waraqah:,” Blended Learn. Dalam Pembelajaran Bhs. Arab Di Era Soc. 5.0 Probl. Dan Solusinya, vol. 2, no. 1, pp. 32–40, 2021. akses 7 juli 2023

F. W. Yudela, “Metode Bernyanyi untuk Meningkatkan Penguasaan Kosakata (Mufrodat) Bahasa Arab,” no. June, 2021. akses 7 juli 2023

H. Syukur, D. Jalal, and W. Wargadinata, “Shaut Al- ‘ Arabiyah,” vol. 11, no. 1, pp. 214–224, 2023. akses 21 september 2023

doktor sama’ turki dakhil prof. doktor sa’ad ali zair, “Kitab ‘Ittijahat Haditsah fi Tadris Al-Lughah Al Arabiyah,’” Kulliyatut Tarb. Jamiatu Baghdad, 2015. akses 26 oktober 2023

N. Y. Witrin, “Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Arab Dengan Penerapan Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Increasing Interest in Learning Arabic Language with The Application of Sing Methods In Learning Vocabulary in The Covid-19 Pandemic,” vol. 1, no. 9, pp. 32–43, 2021. akses 7 juli 2023

A. Muradi, “Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) di Indonesia,” Al-Maqoyis, vol. 1, no. 1, pp. 128–137, 2020, [Online]. Available: http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/maqoyis/article/viewFile/182/123 akses 24 september 2023

H. Bambang Setiawan, “Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat Bahasa Arab Siswa,” al-Nadwah al-;Alamiyyah fi Ta’lim al-Lughah al-’Arabiyyah, vol. 1, no. 1, p. 36, 2020. akses 7 juli 2023

doktor abdurrahman kamil abdurrahman Muhammad, “Kitab Thuruq Tadris Al-Lughoh Al Arabiyah.” kulliyatut tarbiyah, universitas kairo, 2005. akses 26 oktober 2023

prof. muhammad salim Muhammad, “Kitab Asalib Tadris al-Lughah al-Arabiyah,” Riyad Jami’u al khuquq Mahfudhoh lil Muallif., vol. 178–290, 1982. akses 26 oktober 2023

M. Dyramoti and R. Wahyuningsih, “Pengaruh Aktivitas Bernyanyi Terhadap Daya Ingat, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Anak di TK Methodist Jakarta Utara,” J. PAUD Agapedia, vol. 6, no. 2, pp. 197–208, 2022. akses 10 desember 2023

S. Gunasti and B. A. Sabra, “Journal of Islamic Studies Contents,” vol. 1, no. 1, pp. 21–22, 2023. akses 10 desember 2023

A. Furoidah and M. Amalia, “Pendampingan Belajar Bahasa Arab melalui Metode Bernyanyi di Musholla Hidayatul Muta’allimat Jember,” An-Nuqtah J. Educ. an Community Serv., vol. 1, no. 1, pp. 19–24, 2021. akses 9 juli 2023

J. Bashrah et al., “Afiliasi Penulis Izzudin Musthafa & Acep Hermawan, Metodologi Penelitian Bahasa Arab , Bandung: Rosda 51,” vol. 01, pp. 51–61, 2021. akses 9 juli 2023

Muhammad Holimi and Nur Faizah, “PEMBELAJARAN MUFRODAT DENGAN METODE BERNYANYI DI GUBUK BACA KALPATARU DUSUN BENDRONG,” Muhadasah J. Pendidik. Bhs. Arab, vol. 3, no. 2, 2021, doi: 10.51339/muhad.v3i2.369. akses 10 mei 2022

Mm. Ali, T. Hariyati, M. Yudestia Pratiwi, and S. Afifah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, “Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapan Nya Dalam Penelitian,” Educ. Journal.2022, vol. 2, no. 2, 2022. akses 21 september 2023

D. Firmansyah and Dede, “Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review,” J. Ilm. Pendidik. Holistik, vol. 1, no. 2, pp. 85–114, 2022, doi: 10.55927/jiph.v1i2.937. akses 21 september 2023

M. Harahap, B. Sulardiono, and D. Suprapto, “Analisis tingkat kematangan gonad teripang keling di perairan menjangan kecil, karimunjawa,” asysyiauth ad dirasah al-islamiyah, vol.1, no. 3, pp. 1–13, 2018, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1186/s13662-017-1121-6%0Ahttps://doi.org/10.1007/s41980-018-0101-2%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cnsns.2018.04.019%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.cam.2017.10.014%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apm.2011.07.041%0Ahttp://arxiv.org/abs/1502.020 akses 21 september 2023

M. BULUS, “Sample Size Determination and Optimal Design of Simple Pretest-Posttest Experimental Designs using G*Power, PowerUpR, and PowerUp!,” Adıyaman Üniversitesi Eğitim Bilim. Derg., vol. 11, pp. 48–69, 2021. akses 14 juli 2023

N. M. Ratminingsih, “Penelitian Eksperimental Dalam Pembelajaran Bahasa Kedua,” Prasi, vol. 6, no. 11, pp. 31–40, 2010. akses 27 oktober 2023

F. Jabnabillah and N. Margina, “… Korelasi Pearson Dalam Menentukan Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Pada Pembelajaran Daring,” J. Sintak, no. 1, pp. 14–18, 2022, [Online]. Available: https://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/view/23%0Ahttps://journal.iteba.ac.id/index.php/jurnalsintak/article/download/23/23 akses 14 juli 2023

S. Budiwanto, “BUKU - METODE STATISTIKA UNTUK MENGOLAH DATA KEOLAHRAGAAN,” Fak. Ilmu Keolahragaan, Univ. Negeri Malang, 2017. akses 24 september 2023.

A. C. Pembelajaran, “Pertemuan 12 analisis korelasi product momen pearson,” Anal. Korelasi Prod. Moment Pearson, p. 12, 2020. akses 17 agustus 2023

Posted

2024-02-20