Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

Implementation of Video Animation Media for Ablution Materials to Improve Student Understanding


Implementasi Media Video Animasi Materi Wudhu untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3850

Keywords:

Implementation, Video Animation, Student Comprehension

Abstract

This research examines how the implementation of video animation to improve students' understanding. This study aims to improve students' understanding of how to perform ablution correctly. This research uses a quantitative approach with an experimental method of pretest postets design. In this study, the population was grade 1 and grade 2 students, where grade 1 students were used as an experimental class with the treatment given, namely using video animation. While the 2nd grade student group was used as a control class, namely using the previous learning that had been applied, namely using the lecture method. From the results of data analysis using the t test, it shows that the sig. (2-tailed) 0.010 <0.05, which means that the use of video animation is proven to be effective to improve student understanding of ablution material at MI Muhammadiyah 2 Kedungbanteng.

Downloads

Download data is not yet available.

References

N. R. Adiyono, “Peran Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Mts Negeri 1 Paser,” J. Innov. Res. Knowl., Vol. 1, No. 5, 2021.

N. H. Siregar, “Pengembangan Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dilakukan Melalui Peningkatan Profesionalitas Guru,” J. Penelitian, Pendidik. Dan Pengajaran Jppp, Vol. 1, No. 1, P. 38, 2020, Doi: 10.30596/Jppp.V1i1.4454.

N. Faizah And E. F. Fahyuni, “Manajemen Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Self Efficasy Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Pada Masa Pandemi Covid-19,” Acad. Open, Vol. 6, Pp. 1–9, 2021, Doi: 10.21070/Acopen.6.2022.2324.

Z. D. Rahmawati, “Penggunaan Media Gadget Dalam Aktivitas Belajar Dan Pengaruhnya Terhadap Perilaku Anak,” Ta’lim J. Stud. Pendidik. Islam, Vol. 3, No. 1, Pp. 97–113, 2020, Doi: 10.52166/Talim.V3i1.1910.

H. Sri Rahayu, “Pembelajaran Sentra Imtaq Berbasis Media Audiovisual Pada Masa Pademi Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak,” Abata J. Pendidik. Islam Anak Usia Dini, Vol. 2, No. 2, Pp. 174–190, 2022, Doi: 10.32665/Abata.V2i2.553.

Nurtupia Hasyifa, “Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Agama Islam Pada Anak Di Sdn Sukamahi 02 Bogor,” Tarbiatuna J. Islam. Educ. Stud., Vol. 3, Pp. 117–128, 2023.

B. F. Ardiansari And D. Dimyati, “Identifikasi Nilai Agama Islam Pada Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, Vol. 6, No. 1, Pp. 420–429, 2021, Doi: 10.31004/Obsesi.V6i1.926.

A. Santoso, S. Afdal, And I. Syakban, “Analisis Materi Pendidikan Agama Islam Pada Film Animasi Nussa Dan Rarra,” At-Tarbiyah Al-Mustamirrah J. Pendidik. Islam, Vol. 4, No. 2, P. 65, 2023, Doi: 10.31958/Atjpi.V4i2.10589.

F. N. Nazia, “Perkembangan Sosial Emosi Anak Usia Dini Pada Keluarga Single Parent,” J. Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, Vol. 3, No. 1, Pp. 31–47, 2022, [Online]. Available: Https://Wawasan.Bdkjakarta.Id/Index.Php/Wawasan/Article/View/131

A. A. Barutu And R. Harfiani, “Pelaksanaan Pembelajaran Wudhu Dengan Media Gambar Bagi Anak Usia Dini Tadika Al Fikh Orcard Pendamar Indah 2 Selangor,” J. Educ., Vol. 5, No. 3, Pp. 8739–8749, 2023, Doi: 10.31004/Joe.V5i3.1668.

B. Subagiya, H. Humaira, M. Sukmawan, And M. Bilqis, “Tawazun Inovasi Pembelajaran Berwudhu Di Sekolah Dasar Melalui Penggunaan Media Audio Visual,” Tawazun J. Pendidik. Islam, Vol. 16, No. 1, Pp. 155–160, 2023.

Suriati, “Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Application Of Demonstration Methods In Improving Students,” Vol. 1, No. 1, Pp. 116–129, 2021.

A. D. Agustin, A. Husnianingtyas, W. T. Jatnika, And A. N. Aeni, “Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Yuk Wudu Untuk Meningkatkan Antusiasme Pembelajaran Pai Bab Wudu Di Sd,” Fashluna J. Pendidik. Dasar Dan Kegur., Vol. 3, No. 1, Pp. 44–52, 2022, Doi: 10.47625/Fashluna.V3i1.358.

D. Aziz, “Pembelajaran Ilmu Fiqh Di Aliyah Dengan Pendekatan Interaktif Berbasis Multimedia,” Islam. Educ. Stud. An Indones. J., Vol. 3, No. 2, Pp. 76–87, 2020, Doi: 10.30631/Ies.V3i2.52.

N. Aulia, F. Rasyidah, And L. Rosdiana, “Pendidikan Sains Efektivitas Pengunaan Media Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil,” Pensa E-Jurnal, Vol. 11, No. 1, Pp. 74–79, 2023.

D. Fatinia, A. Rukajat, And K. Ramdhani, “Peranan Orang Tua Dalam Menumbuhkan Pemahaman Pada Anak Mengenai Pentingnya Ibadah Shalat Berjamaah,” As-Sabiqun, Vol. 4, No. 3, Pp. 656–669, 2022, Doi: 10.36088/Assabiqun.V4i3.1951.

R. Alyusfitri, Y. Nora, And H. I. Fadhillah, “Analisis Respon Siswa Terhadap Proses Pembelajaran Berbantuan Multimedia Interaktif Di Sekolah Dasar,” J. Inov. Pendidik. Dan Pembelajaran Sekol. Dasar, Vol. 7, No. 1, Pp. 113–126, 2023.

R. Hidayat, “Penerapan Kegiatan Praktek Dalam Pengenalan Tata Cara Berwudhu Pada Anak Usia Dini,” Jump. J. Educ. Multidiscip. Res., Vol. 1, No. 1, Pp. 1–6, 2022, Doi: 10.56921/Jumper.V1i1.27.

M. M. Nurul Fadhila, Mutiara Sari Dewi, “Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Animasi Powtoon Materi Dakwah Rasulullah Di Makkah,” J. Pendidik. Islam, Vol. 7, No. 20, 2022.

E. Puspita, “Peningkatan Kemampuan Berwudhu Dengan Menggunakan Metode Praktik Siswa Kelas Iv Di Sd Negeri 12 Seluma Tahun Pelajaran 2022/2023,” J. Pendidik. Profesi Guru Agama Islam, Vol. 2, No. 6, Pp. 1–8, 2022.

L. Mardian, “Peningkatan Keterampilan Berwudhu Melalui Media Video Murid Kelas Ii Sd Negeri Hamalau 1 Kecamatan Sungai Raya,” Pros. Pendidik. Profesi Guru …, Vol. 1, No. 1, Pp. 2418–2432, 2021, [Online]. Available: Https://E-Proceedings.Iain-Palangkaraya.Ac.Id/Index.Php/Ppgai/Article/View/429%0ahttps://E-Proceedings.Iain-Palangkaraya.Ac.Id/Index.Php/Ppgai/Article/Download/429/624

A. Afiyah And R. Pratama, “Evaluasi Pengenalan Tata Cara Berwudhu Dalam Pengembangan Pendidikan Agama Islam Melalui Media Gambar Pada Kelompok B Di Ra Asiah Kota Pekanbaru,” Gener. Emas, Vol. 2, No. 1, P. 71, 2019, Doi: 10.25299/Ge.2019.Vol2(1).3303.

I. Magdalena, A. Fatakhatus Shodikoh, A. R. Pebrianti, A. W. Jannah, I. Susilawati, And U. M. Tangerang, “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi,” Ed. J. Edukasi Dan Sains, Vol. 3, No. 2, Pp. 312–325, 2021, [Online]. Available: Https://Ejournal.Stitpn.Ac.Id/Index.Php/Edisi

N. R. Arifin, Zainal, “Pengembangan Media Pembelajaran Pai Dengan Audio Visual Untuk Keterampilan Berwudhu Di Smk Negeri 12 Surabaya,” J. Pemikir. Dan Pendidik. Islam, Vol. 7, No. 2, Pp. 229–241, 2023.

W. Sulistyarini And S. Fatonah, “Pengaruh Pemahaman Literasi Digital Dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru Era Digital Learning,” J. Educ. Learn. Innov., Vol. 2, No. 1, Pp. 42–72, 2022, Doi: 10.46229/Elia.V2i1.383.

A. H. N. Rochmah And E. F. Fahyuni, “Penggunaan E-Comic Fiqih Sebagai Peningkatan Hasil Belajar Siswa Mi Ma’arif Ngering,” J. Pendidik. Islam, Vol. 12, No. 1, Pp. 129–141, 2021.

A. D. Melisa And M. N. Fadlan, “Pengembangan Video Animasi Berbantuan Doratoon Pada Tema Makanan Sehat Di Kelas V Sekolah Dasar,” Edukasia J. Pendidik. Dan Pembelajaran, Vol. 4, No. 2, Pp. 901–908, 2023, [Online]. Available: Http://Jurnaledukasia.Org

Y. P. Ikasari And F. Y. Satriyani, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Tata Surya Pada Muatan Ipa Di Kelas Vi Sekolah Dasar Muhammadiyah 06 Tebet Jakarta,” J. Inov. Pendidik. Dan Pembelajaran Sekol. Dasar, Vol. 5, No. 2, P. 195, 2022, Doi: 10.24036/Jippsd.V5i2.114878.

N. Oktavia And D. Desyandri, “Validitas Dan Praktikalitas Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash 8 Pada Pembelajaran Tematik Di Kelas Iv Sekolah Dasar Kota Padang,” J. Inov. Pendidik. Dan Pembelajaran Sekol. Dasar, Vol. 4, No. 2, P. 58, 2021, Doi: 10.24036/Jippsd.V4i2.112704.

D. P. Setiadi And Agung, “Pentingnya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Video Pembelajaran Berbasis Discovery Learning Muatan Ips Kelas V Sd,” J. Ilm. Pendidik. …, Vol. 6, Pp. 560–576, 2022, [Online]. Available: Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/Jipp/Article/View/54578

L. R. Nisa And N. Efendi, “Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar,” Pendas J. Ilm. Pendidik. Dasar, Vol. 08, No. 01, Pp. 1–23, 2023.

A. L. Komara, A. S. Pamungkas, And R. S. Dewi, “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Kartun Di Sekolah Dasar,” Prim. J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar, Vol. 11, No. 2, P. 316, 2022, Doi: 10.33578/Jpfkip.V11i2.8585.

A. F. Rijal, W. Nugroho, And S. Kardipah, “Optimalisasi Youtube Sebagai Media Pembelajaran Fiqih,” Jiip - J. Ilm. Ilmu Pendidik., Vol. 5, No. 12, Pp. 5690–5695, 2022, Doi: 10.54371/Jiip.V5i12.1287.

S. M. Risky, “Analisis Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sekolah Dasar,” Sekol. Dasar Kaji. Teor. Dan Prakt. Pendidik., Vol. 28, No. 2, Pp. 73–79, 2019, Doi: 10.17977/Um009v28i22019p073.

Windi Maryanti, “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Video Materi Wudhu Di Mts Nurul Ulum Warureja Tegal,” Vol. 1, Pp. 43–63, 2020.

R. R. V. Kesumadewi, “Penerapan Model Pembelajaran Daring Berbasis Whatsapp Dan Youtube Untuk Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pai Siswa Sekolah Dasar,” Jiip - J. Ilm. Ilmu Pendidik., Vol. 4, No. 5, Pp. 368–373, 2021, Doi: 10.54371/Jiip.V4i5.281.

S. Maymunah And S. Watini, “Pemanfaatan Media Video Dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19,” J. Pendidik. Tambusai, Vol. 5, Pp. 4120–4127, 2021, [Online]. Available: Https://Www.Jptam.Org/Index.Php/Jptam/Article/View/1520

A. Latifah And A. Prastowo, “Analisis Pembelajaran Daring Model Website Dan M-Learning Melalui Youtube Pada Mata Pelajaran Pai Kelas 2 Sd/Mi,” Limas Pendidik. Guru Madrasah Ibtidaiyah, Vol. 1, No. 1, Pp. 69–78, 2020, Doi: 10.19109/Limas_Pgmi.V1i01.7304.

N. Nadia, D. Wardiah, And A. Kuswidyanarko, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Materi Ipa,” Innov. J. Soc. Sci. Res., Vol. 2, No. 1, Pp. 133–139, 2021, Doi: 10.31004/Innovative.V2i1.2872.

Ariani, “Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Listening Skill Anak Usia Dini,” Vol. 9, Pp. 43–52, 2021.

H. R. Sari And I. Yatri, “Video Animasi Melalui Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar,” Edukasiana J. Inov. Pendidik., Vol. 2, No. 3, Pp. 159–166, 2023, Doi: 10.56916/Ejip.V2i3.381.

Ariska, “Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Materi Tata Cara Wudhu Berbasis Audio Visual Terintegrasi Kearifan Lokal Pada Skripsi Siswa Kelas Ii Di Sdn 161 Lampuawa Kabupaten Skripsi,” 2020.

E. A. Febriani, D. Astriani2, And A. Qosyim, “Penerapan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Tekanan Zat Cair.,” Pensa E-Jurnal Pendidik. Sains, Vol. 10, No. 1, Pp. 21–25, 2022, [Online]. Available: Https://Ejournal.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Pensa/Article/View/41235

F. F. N. Fisabilillah And N. C. Sakti, “Pengembangan Video Animasi Sebagai Upaya Peningkatan Minat Belajar Peserta Didik Materi Perpajakan Di Sekolah Menengah Atas,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., Vol. 3, No. 4, Pp. 1271–1282, 2021, Doi: 10.31004/Edukatif.V3i4.562.

M. Cholik And S. T. Umaroh, “Pemanfaatan Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Di Era Digital,” Jipi (Jurnal Ilm. Penelit. Dan Pembelajaran Inform., Vol. 8, No. 2, Pp. 704–709, 2023, Doi: 10.29100/Jipi.V8i2.4121.

R. Elfariyanti And E. F. Fahyuni, “The Effect Of Finger Painting Activities On Raudhatul Atfal’s Children’s Creativity,” Acad. Open, Vol. 6, Pp. 1–10, 2021, Doi: 10.21070/Acopen.6.2022.2454.

A. Jusmiana, H. Herianto, And R. Awalia, “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp Di Era Pandemi Covid-19,” Pedagog. J. Pendidik. Mat., Vol. 5, No. 2, Pp. 1–11, 2020, Doi: 10.30605/Pedagogy.V5i2.400.

A. D. Putri, R. S. Hilmia, S. Almaliyah, S. Permana, And U. Pendidikan, “Pengaplikasian Uji T Dalam Penelitian Eksperimen,” Jurnalilmiahpendidikan Mat. Mat. Dan Stat., Vol. 4, No. 3, Pp. 1978–1987, 2023.

H. Susanto, I. Irmawati, H. Akmal, And E. W. Abbas, “Media Film Dokumenter Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa,” Hist. J. Progr. Stud. Pendidik. Sej., Vol. 9, No. 1, P. 65, 2021, Doi: 10.24127/Hj.V9i1.2980.

L. Parnabhakti And N. D. Puspaningtyas, “Penerapan Media Pembelajaran Powerpoint Melalui Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” J. Ilm. Mat. Realis., Vol. 1, No. 2, Pp. 8–12, 2020, Doi: 10.33365/Ji-Mr.V1i2.459.

U. Usmadi, “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas),” Inov. Pendidik., Vol. 7, No. 1, Pp. 50–62, 2020, Doi: 10.31869/Ip.V7i1.2281.

Paisal, N. Satyahadewi, And H. Perdana, “Pengembangan Aplikasi Statistika Berbasis Web Interaktif Untuk Analisis Uji- T,” Bul. Ilm. Math. Stat. Dan Ter., Vol. 10, No. 3, Pp. 331–340, 2021.

Posted

2024-01-29