DOI of the published article https://doi.org/10.37758/jat.v6i3.798
The Effectiveness of Using the Kahoot Application for PAI Learning Evaluation of Faith in Rosul Material
Efektivitas Penggunaan Kahoot untuk Evaluasi Pembelajaran PAI Materi Iman Kepada Rosul
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.3845Keywords:
Effectiveness, Kahoot, Evaluation.Abstract
This article discusses the effectiveness of Kahoot for evaluation. Kahoot is one of the educational quizzes, so students are more interested in PAI learning evaluation. This study aims to determine the effectiveness of using Kahoot application for PAI learning evaluation of Iman Kepada Rosul material at SMKN 1 Gempol. This study used a quantitative approach with an experimental method of pretest-posttest design. In this study, the population was class XI majoring in Computer and Network Engineering (TKJ) at SMKN 1 Gempol. The sample in this study consisted of 2 classes, namely TKJ 1 and TKJ 2. From the results of data analysis using the t test, it shows that the Sig. (2-tailed) of 0.000 <0.05, which means that the use of Kahoot is proven effective for evaluating PAI learning on Iman Kepada Rosul material.
Downloads
References
J. Tualaka, H. Sitompul, S. Lentera, H. Gunungsitoli, and U. P. Harapan, “Penerapan Kahoot ! Sebagai Media Pembelajaran Dalam,” vol. 1, no. 2, pp. 76–83, 2023.
S. Rahmawati, “Efektivitas penggunaan aplikasi kahoot dalam pembelajaran ipa sd,” vol. 6, no. 1, pp. 30–34, 2023.
Z. Haritsyah, “Pentingnya Media Audio Visual Dalam Peningkatan Hasil Belajar Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPS,” Work. Nas. Penguatan Kompetensi Guru Sekol. Dasar SHEs Conf. Ser., vol. 3, no. 3, pp. 2169–2175, 2020.
A. Parhusip, “Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Untuk Menciptakan Lapangan Pekerjaan. (Studi Kasus Balai Besar Pelatihan Vokasi & Produktivitas Kota Medan),” J. Ilm. Kohesi, vol. 6, no. 3, pp. 5–10, 2022.
S. Wulan Sari and S. R. Labetubun, “Efektivitas Pemanfaatan Media Kuis Kahoot Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Di Smk Kartika Xx-1 Makassar Makassar,” J. Educ., vol. 8, no. 1, pp. 29–28, 2022, [Online]. Available: https://blamakassar.ejournal.id/educandum/article/view/696
N. Indriani, “Jurnal Teknologi Pendidikan,” J. Teknol. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 1–7, 2022, [Online]. Available: https://ejournal.undikma.ac.id/index.php/jtp
I. M. Laily, A. P. Astutik, and B. Haryanto, “Instagram sebagai Media Pembelajaran Digital Agama Islam di Era 4.0,” Munaddhomah J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 3, no. 2, pp. 160–174, 2022, doi: 10.31538/munaddhomah.v3i2.250.
Husnussaadah, “Strategi Pembelajaran E-learning di Era Digitalisasi,” Iqra J. Magister Pendidik. Islam, vol. 1, pp. 10–16, 2021, doi:
26618/iqra.
S. Suyanti, “Peran Guru Sejarah Dalam Pendidikan Karakter Di Era Revolusi Industri 4.0,” Foundasia, vol. 10, no. 2, pp. 33–44, 2019, doi: 10.21831/foundasia.v10i2.27924.
E. Fatmawati and E. Safitri, “Kemampuan Literasi Informasi Dan Teknologi Mahasiswa Calon Guru Menghadapi Pembelajaran Di Era Revolusi Industri 4.0,” Edukasi J. Pendidik., vol. 18, no. 2, p. 214, 2020, doi: 10.31571/edukasi.v18i2.1863.
A. F. Purwianto and E. F. Fahyuni, “Pengaruh aplikasi Quizizz PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi COVID-19,” Ta’dibuna J. Pendidik. Islam, vol. 10, no. 4, p. 551, 2021, doi: 10.32832/tadibuna.v10i4.5829.
N. Fajri, A. Akbar, and S. Zakir, “Penerapan Aplikasi Kahoot Dalam Evaluasi Pembelajaran PAI Pada Materi Masuknya Islam Ke Nusantara Di Kelas IX Di SMP N 1 Banuhampu Kabupaten Agam,” J. Kaji. dan Pengemb. Umat, pp. 78–89, 2021, [Online]. Available: http://www.jurnal.umsb.ac.id/index.php/ummatanwasathan/article/view/3040 [13] T. S. Nugraha, “Inovasi Kurikulum,” pp. 250–261, 2022.
R. Riska et al., “Kreativitas Guru Ekonomi Dalam Menerapkan Model Pembelajaran di Era Digital/Revolusi 4.0 Di SMA Negeri 2 Palangka Raya,” Edunomics J., vol. 4, no. 2, pp. 210–220, 2023, doi: 10.37304/ej.v4i2.10062.
Astuti, S. B. Waluya, and M. Asikin, “Strategi Pembelajan Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi 4.0,” Semin. Nas. Pascasarj. 2019, vol. 2, no. 1, pp. 469–473, 2019, [Online]. Available: https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/327
F. A. Zahwa and I. Syafi’i, “Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi,” Equilib. J. Penelit. Pendidik. dan Ekon., vol. 19, no. 01, pp. 61–78, 2022, doi: 10.25134/equi.v19i01.3963.
A. P. Wulandari, A. A. Salsabila, K. Cahyani, T. S. Nurazizah, and Z. Ulfiah, “Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar,” J. Educ., vol. 5, no. 2, pp. 3928–3936, 2023, doi: 10.31004/joe.v5i2.1074.
Idrus, “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Idrus L 1,” Eval. Dalam Proses Pembelajaran, no. 2, pp. 920–935, 2019.
I. P. Nurfadilla, “Optimalisasi Guru Dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Inggris Di Sekolah Dasar,” J. Inov. Pendidik. dan
Pengajaran …, vol. 1, no. 3, pp. 120–134, 2022, [Online]. Available:
I. Magdalena, D. Oktavia, and P. Nurjamilah, “Analisis Evaluasi Sumatif dalam Pembelajaran Tematik Siswa Kelas VI SDN Batujaya di Era Pandemi Covid-19,” Arzusin, vol. 1, no. 1, pp. 137–150, 2021, doi: 10.58578/arzusin.v1i1.114.
J. Hikmah et al., “Nanik Suhartini – Penerapan Media Interaktif Quizizz Sebagai Sarana Evaluasi Belajar Siswa... 187,” vol. 11, pp. 187–202, 2022.
H. Bahar, D. Setiyaningsih, L. Nurmalia, and L. Astriani, “Efektifitas Kahoot Bagi Guru Dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar,” KACANEGARA J. Pengabdi. pada Masy., vol. 3, no. 2, pp. 155–162, 2020, doi: 10.28989/kacanegara.v3i2.677.
F. Daryanes and D. Ririen, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa,” J. Nat. Sci. Integr., vol. 3, no. 2, p. 172, 2020, doi: 10.24014/jnsi.v3i2.9283.
A. P. Prayoga, “Tanya-Jawab Online Pilihan Pendidik Dalam Model Pembelajaran Game-,” ARS J. Seni Rupa dan Desain, vol. 24, no. 2, pp. 109–122, 2021.
W. Sulistiyawati, R. Sholikhin, D. S. N. Afifah, and T. Listiawan, “Peranan Game Edukasi Kahoot! dalam Menunjang Pembelajaran Matematika,” Wahana Mat. dan Sains J. Mat. Sains, dan Pembelajarannya, vol. 15, no. 1, pp. 46–57, 2021.
N. M. Rusydiana, “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Evaluasi Kahoot,”, no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022, [Online]. Available: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders
S. U. Niama, A. Nurwahyunani, S. Sumarno, and ..., “Pemanfaatan Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permainan dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Biologi,” J. Pendidik. …, vol. 7, pp. 11250–11256, 2023, [Online].
Available:
M. S. Sakdah, A. Prastowo, and N. Anas, “Implementasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Based Learning Terhadap Hasil Belajar dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0,” Edukatif J. Ilmu Pendidik., vol. 4, no. 1, pp. 487–497, 2021, doi:
31004/edukatif.v4i1.1845.
S. Muhamad Subhi, I. Nursuprianah, and N. Izzati, “Pengaruh Pembelajaran Matematika Al-Qur’an dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa,” J. Ris. Pendidik. Mat. Jakarta, vol. 2, no. 2, pp. 1–12, 2020, doi: 10.21009/jrpmj.v2i1.16207.
M. M. Ali, T. Hariyati, M. Y. Pratiwi, and S. Afifah, “Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Penerapannya Dalam Penelitian,” Educ. J., vol. 2, no. 2, pp. 1–6, 2022.
E. Rahmi, “Efektivitas Penggunaan Media Big Book Untuk Meningkatkan Keterampilan Berwudhu Anak Usia Dini Di Tk Islam Harapan Ibu Lima Kaum,” p. 36, 2021.
R. Akbar, Weriana, R. A. Siroj, and M. W. Afgani, “Experimental Reseacrch Dalam Metodologi Pendidikan,” J. Ilm. Wahana Pendidikan, Januari, vol. 2023, no. 2, pp. 465–474, 2023.
G. W. Pradana, M. F. Ma’ruf, and D. F. Eprilianto, “Penerapan Student T-Test Untuk Menilai Efektivitas Pengembangan Buku Ajar Mata Kuliah Desentralisasi Fiskal di Jurusan Administrasi Publik Unesa,” J. Dimens. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 10, no. 2, pp. 182–190, 2022, doi: 10.24269/dpp.v10i2.5096.
R. Sianturi, “Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis,” J. Pendidikan, Sains Sos. dan Agama, vol. 8, no. 1, pp. 386–397, 2022, doi: 10.53565/pssa.v8i1.507.
T. Yuliatun, K. Uskenat, S. Kostaria Jua, and J. Pendidikan Fisika, “INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi Efektivitas Media
Pembelajaran Kahoot! dalam Mengukur Pemahaman Konsep Suhu dan Kalor,” Media Cetak), vol. 1, no. 6, pp. 854–860, 2022, doi:
55123/insologi.v1i6.1208.
N. S. Permana, “Implementasi Aplikasi Kahoot Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Dalam Pelajaran Pendidikan Agama Katolik,” JPAK J. Pendidik. Agama Katolik, vol. 21, no. 2, pp. 128–135, 2021, doi: 10.34150/jpak.v21i2.334.
I. Hidayat, A. Supriani, A. Setiawan, and A. Lubis, “Implemantasi aplikasi kahoot sebagai media pembelajaran interaktif dengan siswa SMP negeri 1 Kunto Darussalam,” J. Educ., vol. 6, no. 1, pp. 6933–6942, 2023.
B. Alika Dewi and M. Masniladevi, “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Kahoot sebagai Alat Evaluasi pada Kegiatan Penutup Pembelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD,” J. Basic Educ. Stud., vol. 4, no. 1, pp. 2952–2968, 2021, [Online]. Available: www.kahoot.com,
S. A. P. dan R. I. Permatasari, “Pengaruh Penerapan Standar Operasional Prosedur Dan Kompetensi Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Divisi Ekspor Pt. Dua Kuda Indonesia,” J. Ilm. M-Progress, vol. 11, no. 1, pp. 38–47, 2021, doi: 10.35968/m-pu.v11i1.600.
U. Usmadi, “Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas),” Inov. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 50–62, 2020, doi: 10.31869/ip.v7i1.2281.
A. F. Hasyim, B. Munawar, and M. Ma’arif, “Penggunaan Media Video Untuk Meningkatkan Pemahaman Karakteristik Arus Searah Dan Bolak-Balik Pada Peserta didik MAN 1 Pandeglang,” J. Pendidik., vol. 9, no. 1, pp. 5–24, 2021.
A. Aprizan, S. Subhanadri, and N. Avana, “Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo,” J. Basicedu, vol. 5, no. 5, pp. 3445–3459, 2021, [Online]. Available: https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1325
A. S. Sandy, Supurwoko, and Surantoro, “Remediasi Pembelajaran Fisika dengan Model Guided Discovery Learning pada Materi Momentum Dan Impuls Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Fisika Siswa Kelas X MIPA SMA Negeri Kebakkramat,” J. Mater. dan Pembelajaran Fis., vol. 2, no. 8, pp. 9–16, 2018, [Online]. Available: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/61898/Remediasi-
Pembelajaran-Fisika-dengan-Model-Guided-Discovery-Learning-pada-Materi-Momentum-dan-Impuls-untuk-MeningkatkanKemampuan-Kognitif-Fisika-Siswa-Kelas-X-MIPA-SMA-Negeri-Kebakkramat
L. Sumantri, Nabila R dan jannah, “Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi,” J. Ris. Manaj. dan Akunt., vol. 1, no. 3, pp. 68–76, 2021.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.