DOI of the published article https://doi.org/10.23887/jet.v7i3.69409
Audio-Visual Based Picture Story Media for Elementary School Students
Media Cerita Bergambar Berbasis Audio Visual pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.3839Keywords:
Learning Media, Islamic Illustrated Stories, Prayer, Quasi-Experiment, Elementary SchoolAbstract
Pendidikan agama memainkan peran penting dalam membentuk pemahaman dan praktik keagamaan siswa. Penelitian mempunyai tujuan untuk mengembangkan media pembelajaran cerita bergambar Islami berbasis audio dan visual dalam meningkatkan pemahaman sholat kepada siswa Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model ADDIE. Uji validitas produk yaitu 1 ahli materi pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 1 ahli pembelajaran. Uji coba produk (uji kepraktisan produk) yaitu 19 orang siswa kelas III Sekolah Dasar. Hasil penelitian yaitu hasil penilaian dari ahli materi pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli pembelajaran mendapatkan nilai 98%, sehingga mendapatkan kualifikasi sangat baik. Hasil penilaian yang diberikan oleh siswa mendapatkan nilai sebesar 93.55% sehingga mendapatkan kualifikasi sangat baik. Hasil uji-t menunjukan terdapat perbedaan yang signifikan dalam meningkatkan pemahaman sholat antara grup kelas experimen dan grup kelas kontrol. Disimpulkan bahwa media pembelajaran cerita bergambar Islami berbasis audio dan visual efektif meningkatkan pemahaman sholat kepada siswa Sekolah Dasar.
Downloads
References
I. Mujtaba and D. Rosyidin, “Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Masa Pandemi Covid-19 Untuk Mempertahankan Student Wellbeing’s Kelas 2 Sd Lab School FIP UMJ,” Holistika: Jurnal Ilmiah PGSD, vol. 5, no. 1, 2021, doi: 10.24853/holistika.5.1.1-10.
A. Mulyani, D. Kurniadi, and M. A. Musadad, “Rancang Bangun Aplikasi Pengenalan Rukun Islam Sebagai Media Pembelajaran Menggunakan Teknologi Augmented Reality,” Jurnal Algoritma, vol. 18, no. 1, pp. 50–61, 2021, doi: 10.33364/algoritma/v.18-1.936.
K.-Y. Chin and C.-S. Wang, “Effects of augmented reality technology in a mobile touring system on university students’ learning performance and interest,” Australasian Journal of Educational Technology, vol. 37, no. 1, 2021, doi: 10.14742/ajet.5841.
S. Sukendro et al., “Using an extended Technology Acceptance Model to understand students’ use of e-learning during Covid-19: Indonesian sport science education context,” Heliyon, vol. 6, no. 11, p. e05410, 2020, doi: 10.1016/j.heliyon.2020.e05410.
G. M. Alam and S. Asimiran, “Online technology: Sustainable higher education or diploma disease for emerging society during emergency—comparison between pre and during COVID-19,” Technol Forecast Soc Change, vol. 172, 2021, doi: 10.1016/j.techfore.2021.121034.
T. Kartal, İ. S. Kiziltepe, and B. Kartal, “Extending Technology Acceptance Model with Scientific Epistemological and Science Teaching Efficacy Beliefs: A Study with Preservice Teachers,” J Educ Environ Sci Health, 2022, doi: 10.21891/jeseh.1055590.
P. Rizkiyah and M. A. Ningrum, “Pengembangan Buku Cerita Bergambar Digital untuk Meningkatkan Kecakapan Literasi Digital Anak Usia Dini,” Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, vol. 4, pp. 2655–6561, 2022, doi: 10.35473/ijec.v4i1.
M. Swandhina and R. A. Maulana, “Generasi Alpha : Saatnya Anak Usia Dini Melek Digital Refleksi Proses Pembelajaran Dimasa Pandemi Covid-19,” Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA, vol. 6, no. 1, 2022.
A. Faisal, F. Handayanna, and I. Purnamasari, “Implementation Technology Acceptance Model (Tam) on Acceptance of the Zoom Application in Online Learning,” Jurnal Riset Informatika, vol. 3, no. 2, pp. 85–92, 2021, doi: 10.34288/jri.v3i2.195.
D. Sahin and R. M. Yilmaz, “The effect of Augmented Reality Technology on middle school students’ achievements and attitudes towards science education,” Comput Educ, vol. 144, 2020, doi: 10.1016/j.compedu.2019.103710.
U. Hasanah and M. Sukri, “Implementasi Literasi Digital Dalam Pendidikan Islam : Tantangan dan Solusi,” Equilibrium: Jurnal Pendidikan, vol. 11, no. 2, pp. 117–188, 2023, doi: 10.26618/equilibrium.v11i2.10426.
N. Ketut Sumiati and L. Ayu Tirtayani, “Pemanfaatan Buku Cerita Bergambar Digital Berbasis Audio Visual terhadap Stimulasi Kemampuan Empati Anak Usia Dini,” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, vol. 9, no. 2, pp. 220–230, 2021, doi: 10.23887/paud.v9i2.35514.
E. Konstantinidou and R. Scherer, “Teaching with technology: A large-scale, international, and multilevel study of the roles of teacher and school characteristics,” Comput Educ, vol. 179, p. 104424, 2022, doi: 10.1016/j.compedu.2021.104424.
H. A. Alfadda and H. S. Mahdi, “Measuring Students’ Use of Zoom Application in Language Course Based on the Technology Acceptance Model (TAM),” J Psycholinguist Res, vol. 50, no. 4, pp. 883–900, 2021, doi: 10.1007/s10936-020-09752-1.
R. Rony, “Urgensi Manajemen Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik,” Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, vol. 2, no. 1, pp. 98–121, 2021, doi: 10.31538/tijie.v2i1.26.
A. S. Rahmatullah, F. Suud, and N. Azis, “Healing Bullying Behavior on Santri at Islamic Boarding School,” Cendekia: Jurnal Kependidikan dan Kemasyarakatan, vol. 20, no. 2, pp. 240–258, Dec. 2022, doi: 10.21154/cendekia.v20i2.4872.
N. T. Maghfiroh and S. Sugito, “Perilaku Bullying pada Anak di Taman Kanak-kanak,” Jurnal Obsesi, vol. 6, no. 3, 2021, doi: 10.31004/obsesi.v6i3.1845.
M. Wahdah and Y. Mujiwati, “Penanggulangan Kekerasan di Lingkungan Sekolah Melalui Implementasi Program Sekolah Ramah Anak,” Jurnal Pendidikan Edutama, vol. 7, no. 1, 2020, doi: 10.30734/jpe.v7i1.598.
S. Khaerunnisa and M. Muqowim, “Peran Guru dalam Menanamkan Nilai Karakter Peduli Sosial,” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, vol. 9, no. 2, p. 206, 2020, doi: 10.21043/thufula.v8i2.7636.
G. Istiningsih and D. S. A. Dharma, “Integrasi Nilai Karakter Diponegoro dalam Pembelajaran Untuk Membentuk Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar,” Kebudayaan, vol. 16, no. 1, 2021, doi: 10.24832/jk.v16i1.447.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2024 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.