Preprint has been published in a journal as an article
Preprint / Version 1

BTQ Learning Management Iqro’ Method at Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Takerharjo


Manajemen Pembelajaran BTQ Metode Iqro' di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Takerharjo

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3788

Keywords:

Learning Management, Baca Tulis Al-Quran (BTQ), Iqra' Method

Abstract

This research aims to determine the BTQ learning management system using the Iqra' method at Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Takerharjo. This research focuses on 4 sub-topics that will be discussed, namely planning, organizing, implementing and evaluating. This research uses a qualitative descriptive research method. Data analysis techniques in this research include data reduction, data presentation and then drawing conclusions. The data source for this research was obtained from primary data obtained from informants when conducting observations at the research location. Meanwhile, secondary data sources were obtained from reference books and journals that have related studies. The results of this research indicate that the management mechanism at Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 03 Takerharjo has been well realized based on the learning objectives that have been set. To achieve BTQ learning management, the Iqra' method really depends on the teacher's ability to manage the learning management itself.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A. Kurniawan, “Efektifitas metode pembelajaran baca tulis al-qur’an (BTQ) terhadap kemampuan membaca al-qur’an siswa SMA Fatahillah Ciledug Tengerang,” hal. 1–62, 2019.

Nurhana, Al- Qur ’ an ( Btq ) Di Madrasah Diniyah Kecamatan Bungku Barat Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan ( Ftik ) Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Palu. 2020.

W. Al Qurni dan E. Guslina, “Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Kelas XI AK2 Di SMK Pelita Gedongtataan,” hal. 49–58, 2019.

A. Sewang, Manajemen Pendidikan. Wineka Media, 2008.

Aliwar, “Penguatan Model Pembelajaran BTQ dan Manajemen Pengelolaan Organisasi (TPA),” Al-Ta’dib, vol. 9, no. 1, hal. 21–36, 2019.

Syafaruddin dan I. Nasution, “Manajemen Pembelajaran.Pdf.” hal. 233, 2005.

A. Sutianah, “Manajemen Pembelajaran Btq Melalui Metode Iqra Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran,” J. Pendidik. Islam. Sains, Sos. dan Budaya, vol. 2, hal. 53–63, 2020.

A. Fatmawati, “Manajemen Pembelajaran Di Sekolah Dasar Negeri 4 Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli,” Eklektika J. Pemikir. dan Penelit. Adm. Pendidik., vol. 5, no. 2, hal. 138–149, 2019.

A’yun Q, “Implikasi Penerapan Manajemen Kurikulum Baca Tulis Qur’an (BTQ) Dalam Membentuk Karakter Religius Siswa,” hal. 17–18, 2019.

A. Erwinsyah, “Manajemen Pembelajaran Dalam Kaitannya Dengan Peningkatan Kualitas Guru,” Tadbir J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 5, no. 1, hal. 69–84, 2020.

I. Soulisa, Evaluasi Pembelajaran, vol. 5, no. 3. 2022.

D. Dwijayanto, “Evaluasi Program Baca Tulis Al-Qur’an Menggunakan Model CIPP Di SMPN 7 Rejang Lebong,” hal. 11–16, 2019.

A. Malik Iskandar, H. B. Anriani, dan M. Masdar, “Penerapan Metode Iqra Dalam Pembelajaran Al-Qur’an,” J. Train. Community Serv. Adpertisi, vol. 3, no. 1, 2022.

Srijatun, “Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur ’ an Dengan Metode Iqro Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal . Srijatun UIN Walisongo Semarang Pendahuluan Usia dini merupakan periode awal yang paling penting dan mendasar dalam sepanjang,” J. Pendidik. Islam, vol. 11, no. 1, hal. 25–42, 2021.

A. Rahmadhanti, A. Sobarna, dan M. Rasyid, “Analisis Tentang Proses Pembelajaran BTQ dengan Metode Al-Barqy di SD Muhammadiyah 7 Kota Bandung,” Bandung Conf. Ser. Islam. Educ., vol. 2, no. 2, hal. 812–817, 2022, doi: 10.29313/bcsied.v2i2.4613.

S. Khusnul Aulyah, “Implementasi Manajemen Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Metode Al-Tartil Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Sdn Kepanjen 2 Jombang,” Syntax Lit. J. Ilm. Indones., vol. 6, no. 1, hal. 496–512, 2021, [Daring]. Tersedia pada: https://jurnal.syntaxliterate.co.id/index.php/syntax-literate/article/view/4755/2715

A. N. Mahfuda, “Management of the Al Barqi Qur’an Learning Method at Darul Khair Foundation, Biting, Jember,” J. Islam. Educ. Res., vol. 4, no. 01, 2023, doi: 10.35719/jier.v4i1.304.

N. Wijayanti, “Manajemen Pembelajaran BTQ Dengan Metode Qiroaati di MI Nurul Islam Ringinwok Semarang,” Skripsi Inst. Agama Islam Negeri Walisongo Semarang, 2019.

F. Rosi dan F. Faliyandra, “Urgensi Pembelajaran AL-Quran Bagi Siswa Madrasa Ibtidaiyah,” J. Auladuna, no. Mi, hal. 37–49, 2020.

Nabila, “Tujuan Pendidikan Islam,” vol. 10, hal. 6, 2021.

K. Safitri, “Pentingnya Pendidikan Karakter Untuk Siswa Sekolah,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 4, hal. 264–271, 2020.

Zulfitria dan Z. Arif, “Penerapan Metode Iqro’ Sebagai Kemampuan Dasar Membaca Al-Quran,” Pendidikaan Agama Islam, vol. 84, no. 10, hal. 1511–1518, 2019, doi: 10.1134/s0320972519100129.

A. Rahman, S. A. Munandar, A. Fitriani, Y. Karlina, dan Yumriani, “Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan,” Al Urwatul Wutsqa Kaji. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 1, hal. 1–8, 2022.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Edisi Ke-2. Cv. ALFABETA, 2018.

Nuraini, “Administrasi Pembelajaran di Kelas Inklusi dan Kelas Klasifikasi,” Cross-border J. Kaji. Perbatasan Antarnegara, Diplomasi dan Hub. Int., vol. 3, no. 1, hal. 111–123, 2020.

I. Istiqomah, “The Use of Business Model Canvas For The Organizational Development At The Al Hanif Integrated Islamic High School,” Nidhomul Haq J. Manaj. Pendidik. Islam, vol. 7(1), hal. 103–115, 2022, [Daring]. Tersedia pada: https://doi.org/10.31538/ndh.v7i1.1945

A. A. Angelya, Nurmalasari, Enggin Rios Saputra, Naziha Amani, Sukatin, dan Mashudi Hariyanto, “Pengorganisasian Dalam Manajemen Pendidikan,” J. Ris. Manaj. dan Akunt., vol. 2, no. 3, hal. 97–105, 2022, doi: 10.55606/jurima.v2i3.856.

M. Komalasari dan A. B. Yakubu, “Implementation of Student Character Formation Through Islamic Religious Education,” At-tadzkir Islam. Educ. J., vol. 2, no. 1, hal. 52–64, 2023, doi: 10.59373/attadzkir.v2i1.16.

Posted

2024-01-25