The Influence of Career Motivation, Knowledge of Taxation and Learning Effectiveness of Taxation Courses on the Interests of Accounting Students in Taxation With the Principle of Independence as a Moderating Variable
Pengaruh Motivasi Karir, Pengetahuan Perpajakan dan Efektivitas Pembelajaran Mata Kuliah Perpajakan terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Berkarir Dibidang Perpajakan dengan Asas Kemandirian sebagai Variabel Moderasi (Studi pada Mahasiswa Akuntansi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo)
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.3294Keywords:
career motivation, knowledge of taxation, effectiveness of learning subjects, career interestAbstract
This study aims to determine the effect of career motivation, knowledge of taxation and the effectiveness of learning taxation courses on accounting students interest in a career in taxation with the principle of independence as a moderating variable. The research method uses quantitative methods. The population in this study is the Muhammadiyah University of Sidoarjo. The data analysis technique uses Partial Least Square (PLS). The results analysis show that career motivation and course learning effectiveness affect interest in a career in the field of taxation, while knowledge of taxation does not affect interest in a career in the field of taxation, because independence is able to moderate the relationship between career motivation and weaknesses in studying taxation courses on interest in a career in the field of taxation meanwhile, being independent is unable to moderate the relationship between knowledge of taxation interest in a career in the field of taxation.
Downloads
References
I. Novianingdyah, “Pengetahuan Pajak , Persepsi Mahasiswa , Minat Mahasiswa Berkarir Dibidang Perpajakan : Asas Kemandirian Sebagai Variabel Moderasi,” J. Literasi Akunt., no. Accounting 2018, hal. 24, 2022.
Meilani dan Nisa, “Pengaruh etika profesi perpajakan, pengetahuan perpajakan, brevet pajak, dan motivasi terhadap minat berkarir di bidang perpajakan,” Prism. (Platform Ris. Mhs. Akuntansi), vol. 01, no. 02, hal. 13–26, 2020.
A. Ikhmawati, E., Askandar, N. S., & Malikah, “Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat, dan Pengetahuan Perpajakan Terhadap Pilihan Berkarir Di Bidang Perpajakan.,” 2021.
S. Andayani, “Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Dalam Berkarir Di Bidang PajakTitle,” 2021.
P. A. Prihatini dan N. A. Rachmawati, “Pengaruh motivasi, efektivitas pembelajaran mata kuliah perpajakan dan kesempatan kerja di bidang perpajakan terhadap minat mahasiswa akuntansi dalam berkarir di bidang perpajakan,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, hal. 1689–1699, 2018.
and H. P. Al Aslamiyah, Tsuwaybah, Punaji Setyosari, “Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., 2019.
A. N. Wahyuni dan S. Ayem, “Pengaruh Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Minat Menjadi Akuntan Publik dengan Asas Kemandirian sebagai Variabel Moderasi,” JAS-PT (Jurnal Anal. Sist. Pendidik. Tinggi Indones., vol. 5, no. 1, hal. 1, 2021, doi: 10.36339/jaspt.v5i1.393.
Z. Achmad, “Theory of Planned Behavior, Masihkah Relevan?,” Diambil dari http//zakarija. Staff. umm. ac. id/files/20, hal. 12, 2010, [Daring]. Tersedia pada: http://zakarija.staff.umm.ac.id/files/2010/12/Theory-of-Planned-Behavior
A. A. Yakin dan I. Widayati, “Pengaruh Motivasi , Mata Kuliah Perpajakan dan Literasi Perpajakan Terhadap Minat Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Negeri Surabaya dalam Berkarir di Bidang Perpajakan,” vol. 10, no. 2, hal. 176–187, 2022.
N. Vajarini, “Persepsi, Minat, Pengetahuan tentang Pajak, dan Pemahaman Trikon Terhadap Pilihan Berkarir dibidang Perpajakan,” J. Literasi Akunt., vol. 1, no. 1, hal. 40–53, 2021, doi: 10.55587/jla.v1i1.4.
P. Pasar, T. Keputusan, M. Prodi, A. Untuk, B. Di, dan B. Perpajakan, “2) 1, 2),” vol. 20, no. 4, hal. 484–492, 2020.
Y. Nugroho, Pengaruh Persepsi, Motivasi, Minat, dan Pengetahuan Mahasiswa Tentang Pajak Terhadap Pilihan Berkarir di Bidang Perpajakan (Studi Empiris Universitas Bhayangkara Surabaya). 2019.
P. Herlinda, “Pengaruh Motivasi, Self-efficacy,Efektivitas Pembelajaran Mata Kuliah Perpajakan, dan Pertimbangan Pasar Kerja terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi untuk Berkarir sebagai Akuntan Pajak (Studi Empiris Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Negeri di Pe,” Skripsi, vol. 3, no. April, hal. 49–58, 2022.
P. & S. Wahyuni, “Pengaruh motivasi kuaitas, MOTIVASI PENGETAHUAN PERPAJAKAN, MOTIVASI KARIR DAN MOTIVASI SOSIAL TERHADAP MINAT MAHASISWA MENGIKUTI PROGRAM BREVET PAJAK (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Program S1 Universitas Pendidikan Ganesha),” E-Journal, vol. 7, 2017.
I. N. P. Yasa dan M. A. Prayudi, “Perilaku Kepatuhan Perpajakan dalam Perspektif Teori Perilaku Terencana,” Semin. Nas. Ris. Inov., vol. 3, hal. 247–252, 2017.
E. I. N. S. A. A. Malikah, “E-JRA Vol. 10 No. 07 Februari 2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang,” E-Jra, vol. 10, no. 07, hal. 13–24, 2021.
Vita Lisya, Siti Rosyafah, dan Syafi’i, “PENGARUH PENGETAHUAN PERPAJAKAN DAN PERSEPSI TERHADAP MINAT MENJADI AKUNTAN PAJAK (Studi Pada Mahasiswa Akuntansi FEB Universitas Bhayangkara Surabaya),” Akunt. ’45, vol. 2, no. 1, hal. 28–37, 2021, doi: 10.30640/akuntansi45.v2i1.103.
S. Lestari, F. Ekonomi, D. A. N. Bisnis, U. I. Negeri, dan R. I. Lampung, PERPAJAKAN DALAM PERSPEKTIF ISLAM ( Studi Pada Mahasiswa Akuntansi Syariah UIN Raden Intan Lampung Angkatan 2019 ). 2023.
T. Al Aslamiyah, P. Setyosari, dan H. Praherdhiono, “Blended Learning Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Teknologi Pendidikan,” J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 2, hal. 109–114, 2019, doi: 10.17977/um038v2i22019p109.
I. M. A. Arya Pering, “Kajian Analisis Jalur Dengan Structural Equation Modeling (Sem) Smart-Pls 3.0,” J. Ilm. Satyagraha, vol. 3, no. 2, hal. 28–48, 2020, doi: 10.47532/jis.v3i2.177.
Hadiah Fitriyah, Bambang Tjahjadi, dan Noorlailie Soewarno, “Peran Green Product Innovation Dalam Memediasi Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Bisnis Industri Kreatif,” J. Account. Sci., vol. 4, no. 1, hal. 12–28, 2020, doi: 10.21070/jas.v4i1.397.
P. P. Perpajakan, “PERPAJAKAN,” 2017.
S. R. Dayshandi, Dody Handayani dan F. Yaningwati, “Pengaruh Persepsi dan Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Program StudiPerpajakan Untuk Berkarir di Bidang Perpajakan (Studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya),” J. Perpajak., vol. 1, no. 1, hal. 1 – 11, 2015.
G. O. Warmana dan I. W. Widnyana, “Pengaruh Pemberian Mata Kuliah Perpajakan Dan Pelatihan Pajak Terhadap Minat Mahasiswa Berkarir Di Bidang Perpajakan,” J. Mitra Manaj., vol. 2, no. 5, hal. 476–483, 2018, doi: 10.52160/ejmm.v2i5.144.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.