Improving Brand Image, Product Quality on New Balance Shoes Sales Level Through Customer Loyalty as an Intervening Variable
Peningkatan Citra Merek, Kualitas Produk Terhadap Tingkat Penjualan Sepatu New Balance Melalui Loyalitas Pelanggan Sebagai Variable Intervening
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.3276Keywords:
Brand Image, Product Quality, Customer Loyalty, Sales RateAbstract
This study aims to determine the increase in Brand Image, Product Quality to the sales level of New Balance Shoes through Customer Loyalty as an Intervening Variable. This research is a quantitative study with data collection using a questionnaire. The research sample is consumers of the Sidoarjo community who have bought New Balance shoes totaling 96 with the sampling technique, namely purposive sampling. The results of the study concluded that Brand Image and Product Quality affect Sales Level, then Brand Image and Product Quality affect Customer Loyalty, Customer Loyalty affects Customer Loyalty and Product Quality has no effect on Sales Level through Customer Loyalty as an Intervening Variable and Brand Image has no effect on Sales Level through Customer Loyalty as an Intervening Variable.
Downloads
References
P. Universitas and I. Malang, “Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli Ulang Sepatu Adidas Di Malang Melalui Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Toko Sport Station Dinoyo , Malang ) Ummi Fitria Kalsum Fakaubun PENDAHULUAN Minat beli ulang pelanggan atas ,” vol. 4, no. September, pp. 221–234, 2019.
G. Triyandana, L. A. Putri, and Y. Umaidah, “Penerapan Data Mining Pengelompokan Menu Makanan dan Minuman Berdasarkan Tingkat Penjualan Menggunakan Metode K-Means,” J. Appl. Informatics Comput., vol. 6, no. 1, pp. 40–46, 2022, doi: 10.30871/jaic.v6i1.3824.
R. S. N. Afiah, A. Eldine, and S. A. Sume, “Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan,” Manag. J. Ilmu Manaj., vol. 3, no. 3, p. 374, 2020, doi: 10.32832/manager.v3i3.3890.
C. Cesariana, F. Juliansyah, and R. Fitriyani, “Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Manaj. Pendidik. Dan Ilmu Sos., vol. 3, no. 1, pp. 211–224, 2022, doi: 10.38035/jmpis.v3i1.867.
D. D. Deccasari and A. Amin, “Terhadap Loyalitas Konsumen Dengan Kepuasan Konsumen Sebagai Variabel Intervening ( Studi Kasus Pada Sepatu Merek Sketchers ),” J. Ekon. dan Bisnis, vol. 14, no. 1, pp. 67–82, 2021.
G. Hasan et al., “the Influence of Consumers in Purchasing Branded Shoes,” vol. 9, pp. 38–46, 2021.
S. Handoko, F. Fauziah, and E. T. E. Handayani, “Implementasi Data Mining Untuk Menentukan Tingkat Penjualan Paket Data Telkomsel Menggunakan Metode K-Means Clustering,” J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 25, no. 1, pp. 76–88, 2020, doi: 10.35760/tr.2020.v25i1.2677.
T. Sudrartono, “Pengaruh Segmentasi Pasar Terhadap Tingkat Penjualan Produk Fashion Usaha Mikro Kecil,” Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 55–66, 2019, [Online]. Available: http://journal.ikopin.ac.id/index.php/coopetition/article/view/40.
Sambodo Rio Sasongko, “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Ilmu Manaj. Terap., vol. 3, no. 1, pp. 104–114, 2021, doi: 10.31933/jimt.v3i1.707.
R. Putra, “Determinasi Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan Terhadap Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga (Literature Review Manajemen Pemasaran),” J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 4, pp. 516–524, 2021, doi: 10.31933/jemsi.v2i4.461.
F. Anggraini and A. Budiarti, “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek,” J. Pendidik. Ekon., vol. 8, no. 3, pp. 86–94, 2020, doi: 10.26740/jupe.v8n3.p86-94.
I. Miati, “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen Gea Fashion Banjar),” Abiwara J. Vokasi Adm. Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 71–83, 2020, doi: 10.31334/abiwara.v1i2.795.
M. R. I. Yulian and D. Prapanca, “The Influence of Price, Product Quality and Service Quality on Purchase Decisions in Sidoarjo Leather Craft Products,” Acad. Open, vol. 8, no. 1, pp. 1–14, 2023, doi: 10.21070/acopen.8.2023.3545.
M. R. Ramadhan and R. Arifiansyah, “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Sofia Restaurant Jakarta,” Humantech J. Ilm. Multidisiplin Indones., vol. 1, no. 11, pp. 1667–1682, 2022.
H. Egha, H. Widiastomo, and A. Achsa, “Strategi pemasaran terhadap tingkat penjualan,” Kinerja, vol. 18, no. 1, pp. 15–23, 2021, [Online]. Available: https://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA/article/view/7523.
Y. Kristanto, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Yang Dimediasi Oleh Kepuasan Konsumen, Studi Kasus Pada Usaha Susu Murni Siliwangi A Karsan Bandung,” J. Ilmu Manaj., vol. 19, no. 1, pp. 13–22, 2022, doi: 10.21831/jim.v19i1.50173.
R. R. Fauzan, S. Hermawan, S. Supardi, and H. Fitriyah, “The Influence of Promotional Media and Brand Image on the Decision to Choose a High School with Digital Marketing as an Intervening Variable,” Indones. J. Innov. Stud., vol. 21, pp. 1–15, 2023, doi: 10.21070/ijins.v21i.750.
A. Ashari, “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Proses Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Vixion,” Institutional Repos. Sci. Journals, p. 34, 2017.
D. I. Indrako and R. Gusrizaldi, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Penjualan di Indrako Swalayan Teluk Kuantan,” Valuta, vol. 2, no. 2, pp. 286–303, 2016.
B. A. B. Ii and A. L. Pelanggan, “Loyality is defined as non random purchase expressed over time by some decision making unit,” pp. 28–47, 2005.
Rahmah, M. (2022). Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Penjualan Private Label di Alfamart (Doctoral dissertation, Prodi Manajemen).
Saragih, R. (2022). Pengaruh Citra Merek, Harga Dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pt. Lestari Alam. Jurnal Manajemen, 8(1), 165-172.
Widyaningrum, V. R., Trisnowati, J., & Pujiani, D. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Teh Merk Gambyong (Studi Kasus di Pondok Gambyong dan Homestay Karanganyar). Surakarta Management Journal, 5(1), 1-8.
Ismiah, T., & Defrizal, D. (2023). Pengaruh Lokasi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pasar Tradisional (Studi Kasus Pada Pasar Tradisional di Kabupaten Tulang Bawang Barat.). Jurnal Ilmiah Akuntansi Rahmaniyah, 6(2), 150-163.
Laksono, A. W., & Suryadi, N. (2020). Pengaruh Citra Merek, Kepercayaan Merek, Dan Kualitas Merek Terhadap Loyalitas Merek Pada Pelanggan Geprek Bensu Di Kota Malang. Holistic Journal of Management Research, 3(1), 8-16.
Dennisa, E. A, & Santoso, S. B. (2016). “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Citra Merek terhadap Loyalitas Pelanggan melalui Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Klinik Kecantikan Cosmedic Semarang)” Journal Of Management : Volume 5, Nomor 3, Tahun 2016. ISSN : 2337-3792
Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB), 1(1), 11-25.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.