The Role Of Customer Motivation, Consumer Perceptions and Store Atmosphere to Influence Decisions to Purchase Mie Gacoan in Sidoarjo
Peran Motivasi Konsumen, Persepsi Konsumen dan Store Atmosphere untuk Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Mie Gacoan di Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.21070/ups.3273Keywords:
Consumer Motivation, consumer perception, Store AtmosphereAbstract
This study aims to determine the influence of consumer motivation, consumer perception and store atmosphere on the purchase decision of Gacoan Noodle products in Sidoarjo. This study used a quantitative approach. The population in this study is the entire Sidoarjo community who purchase Gacoan Sidoarjo Noodles. The sampling technique is carried out by non-probability sampling method with accidental sampling technique with the number of respondents as many as 100 people. Data collection techniques by distributing questionnaires to the Sidoarjo community using Likert scale / 5-point scale measurements with assessments strongly agree (5), agree (4), neutral (3), disagree (2), strongly disagree (1).
Downloads
References
Widiastuti, Erni and Dina Novita., “Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Mie Gacoan Cabang Solo Baru,” (Jeku: Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan) Vol. 22, No. 4, Desember 2022.
Salsabila, Aisyah and Ali Maskur., “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang),” Seiko: Journal of Management & Business, Vol. 5, No. 1, Pp. 2021–156, 2022, Doi: 10.37531/Sejaman.V5i1.1902.
Nuraini, Firda and Ivo Novitaningtyas., “Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mie Gacoan Cabang Magelang,” Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & Sumber Daya Manusia. E-ISSN: 2745-7257, Vol. 3, No. 2 Juni 2022.
Maruto, Danghyang Reksa., A.A.G. Agung Artha Kusuma and Ni Nyoman Kerti Yasa, “Pengaruh Motivasi, Persepsi Kualitas, Dan Sikap Konsumen Pada Perilaku Pembelian Ulang”. E-Jurnal Manajemen Unud, ISSN: 2302-8912. Vol. 4, No. 8; 2125-2144, 2015.
Rizkiana, Citra and Asih Niati., “Pengaruh Citra Merek, Inovasi Produk Paket Perjalanan, Kesan Kualitas Jasa Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Paket Umroh Pt. Madinah Imam Wisata Kabupaten Semarang.,” Majalah Ilmiah Solusi, Vol. 18, No. 2, 2020.
Fadhila, Siti., Darwin Lie, Andy Wijaya and Fitria Halim., “Pengaruh Sikap Konsumen Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada Mini Market Mawar Balimbingan,” Manajemen Dan Keuangan, Vol. 8, No. 1, Pp. 53–60, 2020.
Tanjung, Agustini,. “Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian,” Manajemen Pelita Bangsa, Vol. 05, No. 03 Desember, 2020.
Anggaraini, Balqis Anissah and Saino., “Pengaruh Harga, Physical Evidence, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan Surabaya,” Journal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Vol. 10, No. 1 Tahun 2022.
Adianto, Titania Elga and Dewi Komala Sari, “The Influence of Digital Marketing, Brand Equity, And Brand Ambassadors On Interest In Buying Skincare,” Indonesian Journal Of Innovation Studies, Vol. 21, Jan. 2023, Doi: 10.21070/Ijins.V21i.752.
Setyarko, Yugi, “Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas Layanan, Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online,” Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Budi Luhur Jakarta, ISSN: 2252-6226, Vol. 5 No. 2, Oktober 2016.
Sari, Desi Permata., “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian, Kualitas Produk, Harga Kompetitif, Lokasi (Literature Review Manajemen Pemasaran),” E-ISSN 2686-4924 P-ISSN 2686-5246vol. 2, No. 4. 17 Maret 2021, Doi: 10.31933/Jimt.V2i4.
Amelisa, Lisa., Sepris Yonaldi And Hesti Mayasari., “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Gula Tebu,” Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, ISSN: 2086 – 5031, Vol. 7, No. 3, September 2016.
Nasution, Deivy Z., Milkco Blanco., “Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kaulitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di One Zo Pantai Indah Kapuk,” Sekolah Tinggi Trisakti. YUME: Journal Of Management, Vol. 6, No. 1, Pp. 307–322, 2023, Doi: 10.37531/Yume.Vxix.348.
Huriartanto, Aditya., Djamhur Hamid and Pravissi Shanti., “Pengaruh Motivasi Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat (Survei Pada Konsumen Terminal Tiket Malang),” Jurnal Administrasi Bisnis, Univ. Brawijaya, Vol. 28, No. 1, November 2015.
Anano, Mohammad and Nora Pitri Nainggolan., “Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Jaringan Internet Pada PT Telekomunikasi Indonesia Di Kota Batam,” Jurnal Akuntansi Barelang, Vol. 4, No. 1, 2019.
Damiati Dkk., Perilaku Konsumen, Vol. 56. Depok: PT. Grafindo Persada, 2017.
Miauw, Kevin Yonathan Harry., “Motivasi Konsumen Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Wild,” Jurnal Performa: Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 1(5), 567–575, 13 April 2017. Https://Doi.Org/10.37715/Jp.V1i5.345.
Lestari, Fitri Dwi and Hasan Ubaidillah., “The Influence of Internship Experience, Motivation, and Academic Achievement on Students’ Readiness in Entering the World of Work with Self Efficacy as a Moderating Variable (Study on Management Students at Muhammadiyah University of Sidoarjo),” Journal of Islamic and Muhammadiyah Studies, vol. 3, Aug. 2022, doi: 10.21070/jims.v3i0.1565.
Nurmayanti and Pristiyono., “Pengaruh Daya Tarik Iklan Motivasi Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mitsubishi Pajero Sport Pada PT. Sumatera Berlian Motor Rantauprapat,” ECOBISMA, Vol. 3, No. 1, Jan. 2016.
Dewi, Siti Kumala., Pemasang S. Siburian and Herning Indriastuti., “Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil,” Vol. 9, No. 2, Pp. 105–110, 2017.
Tompunu, Merna M.M., “Analisis Motivasi, Persepsi, Pembelajaran, Dan Sikap Konsumen Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Di Kfc Bahu Mall Manado,” Jurnal Emba, ISSN: 2303-1174, Hal. 610-621, Vol.2 No.3 September 2014.
Maulana, Muhamad Fajar., Nawangsih and Riza Bahtiar Sulistyan., “Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana IM3,” Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Widya Gama Lumajan. Jurnal Riset Manajemen, Vol. 2, No.1, Maret 2019.
Anhar, Rival Ali and Intisari Haryati., “Analisis Persepsi Konsumen Pada Pemasaran Di Media Online Consumer Perception Analysis of Marketing On Media Online.,” Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima. Dimensi, Vol. 9, No. 3, Pp. 412–421, 2020.
Lagautu, Jainudin., Agus Supandi Soegoto and Jantje L Sepang., “Pengaruh Citra Perusahaan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT. Matahari Department Store Mantos,” 751 Jurnal Emba, Vol. 7, No. 1, Pp. 751–760, 2019.
Priansa, Donni Juni, “Perilaku Konsumen Dalam Persaingan Bisnis Kontempo.’’ Bandung: CV. Alfabeta, 2017.
Sanjaya, Tjiong William., “Faktor Gaya Hidup Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Bang Kribo,” Jurnal Manajemen Bisnis. Univ. Ciputra Surabaya, Vol. 1, No. 3, Agustus 2016.
Devica, Sadana., “Persepsi Konsumen Terhadap Flash Sale Belanja Online Dan Pengaruhnya Pada Keputusan Pembelian,” Jurnal Bisnis Terapan, Vol. 4, No. 1, Pp. 47–56, Jun. 2020, Doi: 10.24123/Jbt.V4i1.2276.
Cenora, Ellen and Daniel Hermawan., “Asuransi Dan Pandemi Covid-19: Peran Persepsi Konsumen Dalam Keputusan Pembelian,” Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (Ekuitas), Univ. Katolik Parahyangan, Bandung. Vol. 3, No. 3, Feb. 2022, Doi: 10.47065/Ekuitas.V3i3.1033.
Rico Saputra and M. S. Prof. Hatane Semuel.S.E., “Analisa Pengaruh Motivasi, Persepsi, Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Sidoarjo”.
Rahmawati, Ita and Rissalatul Illiyin., “Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Hp Oppo,” Jurnal Ilmiah Hospitaly, Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen, P-ISSN: 2088-4834 E-Issn: 2685- 5534, Vol. 1, 2021.
Yanti, Mutia Meiva and Agung Budiatmo., “Pengaruh Store Atmosphere Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Gelael Ciputra Mall Semarang),” Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 9, No. 4, 2020.
An’nisa, Vita., “Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cafe Little Wings di Bandung Tahun 2016,” Jurnal Bisnis dan Ekonomi (JBE). Issn: 2442-5826, Vol. 2, No. 2, Agustus 2016.
Dessyana, Cindy Juwita., “Store Atmosphere Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Texas Chicken Multimart II Manado,” Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen. Univ. Sam Ratulangi, Issn: 2303-1174 Vol. 1, Pp. 844–852, 2013.
Fatmawati, Erni and Lilik Indayani, “The Influence of Brand Image, Atmosphere and Satisfaction on Consumer Loyalty,” Indonesian Journal of Law and Economics Review, vol. 17, Nov. 2022, doi: 10.21070/ijler.v17i0.825.
Nasution, Ria Hafni and Wan Dian Safina., “Pengaruh Store Atmosphere, Product Quality Dan Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Kopi Bel Medan Johor,” Jbma: Jurnal Bisnis Manajemen Dan Akuntansi, ISSN: 2252-5483. E-ISSN: 2715-8594, Vol. 9, No. 2, September 2022.
Situngkir, Muhammad Bayu., Yekti Intyas Rahayu and Zulkifli., “Pengaruh Store Atmosphere, Ketersediaan Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Konsumen Meteor Cell Di Jalan Gajayana Kota Malang)”, Widyagama National Conference on Economics and Bussines (WNCEB 2021). P-ISSN: 2598-5272. E-ISSN: 2598-5280. [Online]. Available: Http://Publishing-Widyagama.Ac.Id/Ejournal-V2/Index.Php/WNCEB.
Agustin, Rini Ayu and Dewi Komala Sari., “The Influence of Store Atmosphere, Food Quality, Service Quality on Purchase Decisions on Chinese Food And Beverages In Sidoarjo,” Academia Open, Vol. 8, Jun. 2023, Doi: 10.21070/Acopen.8.2023.4115.
Tanjung, Agustini., “Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian,” Jurnal Manajemen Pelita Bangsa, Vol. 05, No. 03 Desember, 2020.
Djohansjah, Christian and Cornelius Victor Pratomo, “Analisa Pengaruh Store Atmosphere, Kualitas Produk, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Caturra Espresso,” Jurnal hospitality dan Manajemen Jasa, Fakultas Ekonomi, Universitas Petra, 2017.
Djollong and Andi Fitriani, “Tehnik Pelaksanaan Penelitian Kuantitatif,” Technique of Quantitative Research, Vol. II, 2014.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Cetakan Ke. Bandung: Alfabeta, 2019.
Setiono, M Agus and Riwinoto., “Analisa Pengaruh Visual Efek Terhadap Minat Responden Film Pendek Eyes for Eyes Pada Bagian Pengenalan Cerita (Part 1) Dengan Metode Skala Likert,” Jurnal Komputer Terapan, Jakarta, November 2015.
Maulina, Anita., Nur Fitri Rahmawati and Yoka Mai Patria., “Praktek Model Perilaku Niat Beli Konsumen Ramah Lingkungan Dari Perspektif Teori Perilaku Terencana,” Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan, Adbispreneur, Vol. 7, No. 1, P. 85, Aug. 2022, Doi: 10.24198/Adbispreneur.V7i1.36239.
Silva, Putri Mistia., “Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Motivasi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Polis Asuransi,” Jurnal Ilmiah Psikologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Univ. Mulawarman Samarinda, 2017. ISSN: 2477-2666/E-ISSN: 2477-2674, Vol. 5, No. No.3, Pp. 352–357.
Reppi, Jesica Monica., Altje Tumbel and Rotinsulu Jopie Jorie., “The Analysis of The Influence of Quality Perception, Motivation and Consumer Behaviour Towards Buying Decision of Iphone Cellphone Product at Itc Shopping Center Manado,” Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi, Univ. Sam Ratulangi, Vol. 15, No. 05 Tahun 2015.
Zuhriyah, Faridatul., “Pengaruh Persepsi, Motivasi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Kuota Smartfren (Studi Kasus Di Desa Wotgalih Kecamatan Yosowilngun)”. 17 Juni 2020, Http://Repository.Itbwigalumajang.Ac.Id/Id/Eprint/802.
A. F. Mantik, L. Mananeke, and H. Tawas, “Motivasi dan persepsi…,” Jurnal EMBA, vol. 378, no. 1, pp. 378–387, 2015.
Tantowi, Achmad Imam and Anton Widio Pratomo., “Pengaruh Store Atmosphere Dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Kopi Daong Pancawati,” Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, Institut Bisnis Dan Informatika Kesatuan. Bogor, Juli 2020. Vol. 8 No. 2, 2020, pp. 65-78 IBI Kesatuan. ISSN 2337 – 7860, E-ISSN 2721-169X.
Arkam, M Mabrur., “Pengaruh Lokasi dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian di Warkop Suka Kopi Lesehan,” Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, Vol. 5, No. 1, Surabaya, April. 2020.
Downloads
Additional Files
Posted
License
Copyright (c) 2023 UMSIDA Preprints Server
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.