Preprint has been submitted for publication in journal
Preprint / Version 1

Design of a Performance Measurement System Using the Balanced Scorecard and Root Cause Analysis Method


Perancangan Sistem Pengukuran Kinerja dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard dan Root Cause Analysis

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3245

Keywords:

performance measurement, BalancedScorecard, root cause analysis

Abstract

PT. XYZ is a company that produces furniture. The company's financial performance has decreased and increased every year in 2019 the company's profits reached 32.95% in 2020 it reached 33.56% but in 2021 profits decreased by 4.35% with a yield of 29.21% and increased again in in 2022 with a yield of 35.07%. because financial profit is very important, it is necessary to measure non-financial performance in order to increase financial profit every year. Data processing using the balanced scorecard method and root cause analysis. The results of this study are known when viewed from the assessment of the balanced scorecard as a whole, it obtains a total score of 0.8 which is in the fairly good category, but what influences the financial decline is the internal business process perspective on the criterion of defective products in the unfavorable category, due to human factors, machinery, methods, materials and environment, improvements.

Downloads

Download data is not yet available.

References

T. A. N. Haidiputri, “Penggunaan Metode Balance Scorecard dalam Pengukuran Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Probolinggo,” J. Manaj. Bisnis, vol. 6, no. 2, pp. 14–23, 2019, doi: 10.33096/jmb.v6i2.221.

R. Ardiansyah and Fitria, “Penggunaan Metode Balance Scorecard Untuk Mengukur Kinerja Pekerjaan Pada PT. Bangun Cipta Karya Pamungkas (PT. BCKP),” Pros. Semin. Nas. Darmajaya, pp. 78–87, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/1703

E. S. Dwi, R. H. Koeshardjono, and J. Suharsono, “Penggunaan Metode Balanced Scorecard dan SWOT Sebagai Alat Pengukuran Kinerja Perusahaan Pada CV . Aqsha Kota Probolinggo,” J. Ilm. ilmu Ekon. dan Bisnis, vol. 8, no. 1, pp. 46–52, 2020.

M. Galib and M. Hidayat, “Analysis of Company Performance Using the Balanced Scorecard Approach in Bosowa Propertindo.,” Seiko J. Manag. Bus., vol. 2, no. 1, pp. 92–112, 2018, [Online]. Available: https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko

A. Alimudin, A. Z. Falani, S. W. Mudjanarko, and A. D. Limantara, “Analisis Pengaruh Penerapan Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Peningkatan Kinerja UMKM,” vol. 4, no. 1, pp. 1–17, 2019.

R. Dewi, “No Title,” vol. 4, 2019.

Lufriansyah, “Balance Scorecard dalam Mengukur Kinerja Perusahaan PT Pertamina (PERSERO),” J. Hum., vol. 4, no. 1, pp. 98–105, 2020.

K. Nisa, “Pengukuran Kinerja Perusahaan Menggunakan Analytic Network Process (ANP) pada Balanced Scorecard (BSC) dengan Pendekatan Fuzzy,” J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 7, no. 3, p. 184, 2019, doi: 10.26418/justin.v7i3.33196.

D. Pareto, D. A. N. Metode, R. Cause, and A. Rca, “Analisis pengendalian kualitas pada produk x menggunakan diagram pareto dan metode root cause analysis (rca),” vol. 1, no. 2, pp. 384–391, 2022.

M. R. Hamdalah, K. Muhammad, and T. anis Safitri, “Analisis Kinerja Perusahaan Sebagai Upaya Meningkatkan Kinerja Perusahaan Menggunakan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus: PT. XYZ),” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 1, no. 1, pp. 27–33, 2021, doi: 10.52436/1.jpti.6.

M. Metode, F. Dengan, and P. Rca, “MENGGUNAKAN METODE FMEA DENGAN PENDEKATAN RCA RISK ASSESSMENT IN THE SAMPLING PROCESS AT PT . XYZ USING FMEA METHOD WITH RCA APPROACH Setiap orang pasti tidak menginginkan terjadinya kecelakaan , serta terhindar dari penyakit,” vol. 06, no. 01, pp. 102–109, 2023.

I. Purnamasari and R. Fitriani, “Penggunaan Metode Balanced Scorecard untuk Analisis Kinerja Perusahaan,” vol. VIII, no. 3, pp. 6316–6322, 2023.

N. F. Husna and N. Sunandar, “PENGARUH CURRENT RATIO (CR), DEBT TO EQUITY RATIO (DER) DAN NET PROFIT MARGIN (NPM) TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2020),” Semin. Nas. Ekon. dan Akunt., vol. 1, no. 1, pp. 65–75, 2022.

F. Firda Inayah, “Analisis Perbandingan Net Profit Margin dan Gross Profit Margin Pada Perusahaan Telekomunikasi Di Indonesia,” JBMI (Jurnal Bisnis, Manajemen, dan Inform., vol. 18, no. 1, pp. 57–69, 2021, doi: 10.26487/jbmi.v18i1.13722.

M. V. N. Lewar, M. G. Mao Tokan, and Y. D. P. Rangga, “Kinerja Keuangan pada Kantor Pusat KSP Kopdit Pintu Air Rotat Ditinjau dari ROI, ROA dan ROE,” Ekon. Keuangan, Investasi dan Syariah, vol. 4, no. 4, pp. 1342–1351, 2023, doi: 10.47065/ekuitas.v4i4.3436.

S. A. M. Arma, N. A. R. Ridho, D. T. Safitri, and M. F. Raihan, “Analisis Perbandingan Return on Investment (Roi) Dalam Menilai Kinerja Keuangan Sektor Customer Cylicals Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2020 (Studi Pada Pt Surya Citra Media Tbk (Scma)),” J. March Manag. Res., vol. 4, no. 1, pp. 90–99, 2021, [Online]. Available: https://www.scm.co.id/

Sawukir, Nurmono, and N. Muhamad, “KREATIF : Jurnal Ilmiah Prodi Manajemen Universitas Pamulang, Vol. 9, No.1, Juni 2021,” J. Ilm. Kreat., vol. 8, no. 1, pp. 112–128, 2020.

S. Hartini, “Analisis Balanced Scorecard Mempengaruhi Kinerja Pdam Kota Palangka Raya,” Al – Ulum Ilmu Sos. Dan Hum., vol. 6, no. 2, pp. 105–114, 2020.

C. Fatimah, “Analisis Kesulitas Siswa Sekolah Menengah Pertama Dalam Mempelajari Operasi Perkalian,” J. Dunia Ilmu, vol. 1, no. 3, pp. 1–11, 2021, [Online]. Available: http://duniailmu.org/index.php/repo/article/view/56%0Ahttp://duniailmu.org/index.php/repo/article/download/56/53

U. A. Soetardjo, “Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan pada Borma Toserba Antapani Bandung,” Ekon. J. Econ. Bus., vol. 7, no. 1, p. 95, 2023, doi: 10.33087/ekonomis.v7i1.711.

S. Bastuti, D. Kurnia, and A. Sumantri, “Analisis Pengendalian Kualitas Proses Hot Press Pada Produk Cacat Outsole Menggunakan Metode Statistical Processing Control (Spc) Dan Failure Mode Effect and Analysis (Fmea) Di Pt. Kmk Global Sports 2,” Teknol. J. Ilm. dan Teknol., vol. 1, no. 1, p. 72, 2018, doi: 10.32493/teknologi.v1i1.1419.

C. Andri, P. Studi Akuntansi, and U. Musi Rawas, “Penerapan Pengukuran Kinerja Dengan Pendekatan Balanced Scorecard Pada Pt Bank Sumselbabel Capem Muara Beliti,” J. AkunStie, vol. 5, no. 2, 2019.

D. H. Prakoso, “Analisis Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja Pada Pt. Telkom Indonesia Tbk,” vol. 6, no. 2, pp. 114–125, 2016, [Online]. Available: https://eprints.umm.ac.id/44894/

I. S. Haq and M. A. Purba, “Kajian Penyebab Kerusakan Door Packing pada Tabung Sterilizer Menggunakan Metode Root Cause Analysis (RCA) di Sungai Kupang Mill,” J. Vokasi Teknol. Ind., vol. 2, no. 2, 2020, doi: 10.36870/jvti.v2i2.177.

N. Susendi, A. Suparman, and I. Sopyan, “Kajian Metode Root Cause Analysis yang Digunakan dalam Manajemen Risiko di Industri Farmasi,” Maj. Farmasetika, vol. 6, no. 4, p. 310, 2021, doi: 10.24198/mfarmasetika.v6i4.35053.

Anggi Mayasari Lubis, Dini Azlina Pane, and Putria Nurjanah, “ANALISIS BALANCED SCORECARD SEBAGAI ALAT PENGUKUR KINERJA PERUSAHAAN (Studi Kasus pada PT Toyota Astra Motor),” Trending J. Manaj. dan Ekon., vol. 1, no. 1, pp. 209–228, 2022, doi: 10.30640/trending.v1i1.516.

A. Zuniawan, O. Julyanto, Y. B. Suryono, and Z. F. Ikatrinasari, “MPLEMENTASI METODE BALANCED SCORECARD UNTUK MENGUKUR KINERJA DI PERUSAHAAN ENGINEERING (Study Case PT. MSE),” J. Ind. Serv., vol. 5, no. 2, pp. 251–256, 2020, doi: 10.36055/jiss.v5i2.8008.

S. Lestari and Sumarsih, “Pengukuran Kinerja dengan Pendekatan Balanced ScoreCard Pada Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Gombong Tahun 2013 dan 2014,” Skripsi, vol. 1, no. 1, pp. 1–16, 2017.

F. Rafsyan Zani and H. Supriyanto, “Analisis Perbaikan Proses Pengemasan Menggunakan Metode Root Cause Analysis Dan Failure Mode and Effect Analysis Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Pada Cv. Xyz,” Semin. Nas. Sains dan Teknol. Terap., p. 141, 2021.

M. Rizki and A. Saputra, “Analisa Risiko Supply Chain Management dengan Metode Grey Failure Mode and Effect Analysis dan Root Cause Analysis di PT Pertamina Fuel Terminal Meulaboh,” J. Serambi Eng., vol. 7, no. 1, pp. 2783–2790, 2022, doi: 10.32672/jse.v7i1.3888.

Posted

2023-09-05