Preprint / Version 1

Increasing the Learning Concentration of Children Aged 4 - 5 Years Through Weaving Sprouted Cloth Activities at TK A'syiyah Bustanul Athfal 1 Kemantren


Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia 4 - 5 Tahun Melalui Kegiatan Menganyam Kain Percah di TK A'isyiyah Bustanul Athfal 1 Kemantren

##article.authors##

DOI:

https://doi.org/10.21070/ups.3228

Keywords:

woven patchwork, children, study concentration

Abstract

This study discusses efforts to increase children's concentration in learning through weaving patchwork activities at TK A'isyiyah Bustanul Athfal 1 Kemantren. The research method used is the Classroom Action Research model of Kemmis and Mc. Taggart with the stages of planning, implementing, observing, and reflecting. Action subjects totaled 12 children. The procedure for weaving the rags is to arrange the rags one by one onto a patent sheet while differentiating the color of the rags that are inserted. The research process was carried out using two stages, namely Cycle I accompanied by class teachers and researchers and Cycle II the children studied alone with their friends and were observed by researchers. The results showed that the concentration of children's learning from Cycle I to Cycle II experienced a significant increase. This proves that there is an increase in children's learning concentration after using patchwork weaving activities.

Downloads

Download data is not yet available.

References

M. P. Manurung and D. Simatupang, “Meningkatkan Konsentrasi Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Penggunaan Metode Bercerita di TK ST Theresia Binjai,” J. Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 65, 2019.

S. H. Khotimah, T. Sunaryati, and S. Suhartini, “Penerapan Media Gambar Sebagai Upaya dalam Peningkatan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, p. 676, 2020, doi: 10.31004/obsesi.v5i1.683.

K. Latifah and Z. Habib, “Hubungan Persepsi Terhadap Keterampilan Guru Mengajar dengan Konsentrasi Belajar Siswa di Darul Karomah Randuagung Singosasri Malang,” Psikoislamika J. Psikol. dan Psikol. Islam, vol. 11, no. 1, 2014, doi: 10.18860/psi.v11i1.6375.

Hasnawati and M. Brantasari, “Meningkatkan Konsentrasi Anak Dengan Kegiatan Menganyam Kain Perca Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Tunas Muda Kersik,” vol. 02, no. 02, pp. 38–52, 2017.

S. N. Azizah, “Peningkatan Konsentrasi Dan Hasil Belajar IPA Melalui Mind Mapping Siswa Kelas V SDN Jombalangan,” J. Pendidik. Guru Sekol. Dasar Ed. 5 Tahun ke IV April 2015, vol. 4, no. 5, pp. 1–17, 2015, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.1080/01443410.2015.1044943%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.03.581%0Ahttps://publications.europa.eu/en/publication-detail/-/publication/2547ebf4-bd21-46e8-88e9-f53c1b3b927f/language-en%0Ahttp://europa.eu/.%0Ahttp://www.leg.st

S. Pratiwi and Y. N. Asi’ah, “Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menjahit,” Anaking J. Islam. Early Chilhood Educ., vol. 01, no. 02, pp. 1–9, 2022.

J. Hasrita, H. Herman, and I. Zainuddin, “Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam pada Anak di Taman Kanak-Kanak Usia 5–6 Tahun,” J. Profesi Kependidikan, pp. 217–224, 2022, [Online]. Available: https://ojs.unm.ac.id/JPK/article/view/29357%0Ahttps://ojs.unm.ac.id/JPK/article/viewFile/29357/13786

H. M. Sari and Y. Nofriyanti, “Peningkatan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Kegiatan Menganyam dengan Origami,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, no. 1, p. 146, 2019, doi: 10.31004/obsesi.v4i1.247.

N. K. A. R. Dewi, M. Suara, and S. Zulaikha, “Metode Pemberian Tugas Berbantuan Media Konkret Kegiatan Menganyam Kertas Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak,” e-Journal PG-PAUD Univ. Pendidik. Ganesha, vol. 2, no. 1, 2014.

T. Khoiriyah, R. Wahyu Pusari, and E. Rakhmawati, “Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Media Loose part Pada Kelompok B RA Prampelan Kecamatan Sayung Kabupaten Demak,” PAUDIA J. Penelit. dalam Bid. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 11, no. 1, pp. 459–465, 2022, doi: 10.26877/paudia.v11i1.11569.

W. C. Daulay and N. Nurmaniah, “Pengaruh Kegiatan Menganyam Terhadap Keterampilan Motorik Halus Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Al-Ihsan Medan T.A 2018/2019,” J. Usia Dini, vol. 5, no. 2, pp. 7–19, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jud/article/view/16200

D. Via, C. Bulan, and L. Suzanti, “Optimalisasi Perkembangan Motorik Halus Anak Menggunakan Media Menganyam Dengan Kertas,” JIEEC (Journal Islam. Educ. Early Childhood), vol. 4, no. 2, pp. 26–37, 2022, [Online]. Available: http://journal.umg.ac.id/index.php/jieec/article/view/4060

A. Isnaeni, “Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Bahan Alam,” J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 2, no. 10, 2021.

Y. R. Ardina, “Keterampilan Menganyam pada Anak TK Kelompok B Gugus II Kecamatan Pengasih Kulon Progo,” Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 4, pp. 1–4, 2016.

P. P. Ardini, S. Yusup, and S. Utoyo, “Pengaruh Kegiatan Menganyam Terhadap Konsentrasi Di Kelompok A TK Negeri Pembina Kota Selatan Gorontalo,” Efektor, vol. 8, no. 1, pp. 53–58, 2021, doi: 10.29407/e.v8i1.15879.

S. T. Rahayu, “Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Melalui Media Alphabet Pocket Board Pada Anak Usia 4 - 5 Tahun di TK Pertiwi Ngrami Kabupaten Nganjuk,” no. 8.5.2017, pp. 2003–2005, 2022.

S. Widayati, K. Rinakit Adhe, F. Nafisa, and E. Faiza Silvia, “Tahapan Menggunting Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini,” Child Educ. J., vol. 1, no. 2, pp. 50–57, 2019, doi: 10.33086/cej.v1i2.1402.

Posted

2023-09-02